LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
PENERAPAN MODEL IBL (INQUIRI
BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS
DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA
SMAN 2 ...........
KABUPATEN ...........
TAHUN PELAJARAN ……/…….
Diajukan
untuk Memenuhi Persyaratan Kenaikan
Pangkat
............................... dst disesuaikan
Oleh :
………………………………………..
NIP.
……………..
SMA
…………………………………………..
Jln. .......................................
............
KATA
PENGANTAR
Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat
Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya
sehingga Laporan Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam Penelitian tindakan kelas ini peneliti menentukan judul yaitu Penerapan Model IBL (Inquiri Based Learning) dengan
Pendekatan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia
Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 ...........
Kabupaten ........... Tahun
Pelajaran ……/…….. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari
golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang
telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.
……………….., selaku Kepala Dinas ………………..
2.
……………….., selaku Pengawas SMA/MA ……………
3.
……………….., selaku Kepala Sekolah SMAN 2 Bukti
4.
Segenap warga SMAN 2 Bukti ……………. khususnya guru-guru SMAN 2 Bukti yang telah
membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca
demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini
dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya
manusia.
............, ............
Penulis
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
Penerapan
Model IBL (Inquiri Based Learning) dengan
Pendekatan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia
Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 ...........
Kabupaten ........... Tahun
Pelajaran ……/……..
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kabupaten/Kota
f. Provinsi
g. Alamat Kantor
h. Telepon
|
|
3.
|
Lama Penelitian
|
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
…………….,…………………….
Petugas Perpustakaan Peneliti
…………………….. ………………………
NIP. …………………….. NIP. ……………………..
Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Dinas Kepala
Sekolah
Pendidikan
……………………. ………………….
NIP.…………………….. NIP.……………………..
PENERAPAN MODEL IBL (INQUIRI BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA
PENERAPAN MODEL IBL (INQUIRI BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA
SMAN 2 ...........
KABUPATEN ...........
TAHUN PELAJARAN ……/…….
Oleh
…………………………………………
NIP. ………………..
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran kimia dengan menggunakan model IBL (Inquiri
based learning) berbantuan multimedia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Tahapan-tahapan dalam setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 SMAN 2 ........... Kabupaten ............ Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran berupa data hasil belajar siswa, data yang dianalisis meliputi data hasil observasi kegiatan guru dan aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar yang signifikan antara nilai pretes dan nilai posttes setelah implementasi model IBL berbantuan multimedia dimana ketuntasan siswa berdasarkan aktivitas belajar pada kondisi awal hanya 4 siswa atau 18,18%, siklus I ada 17 siswa atau 77,72%, dan pada siklus II ada 22 siswa atau 100%, peningkatan ketuntasan hasil belajar per siklus nya dimana pada pra siklus siswa yang tuntas ada 2 siswa atau 9,09%, pada siklus I mengalami kenaikan yaitu ada 11 siswa atau 50%, dan pada siklus II ada 22 siswa atau 100%, dan nilai rata-rata hasil belajar dari 56,36 menjadi 65,45 dan 75,45 pada siklus terakhir. Kesimpulannya adalah model IBL (Inquiri based learning) berbantuan multimedia terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA1 SMAN 2 ........... Kabupaten ........... tahun pelajaran ……/……
based learning) berbantuan multimedia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Tahapan-tahapan dalam setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 SMAN 2 ........... Kabupaten ............ Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran berupa data hasil belajar siswa, data yang dianalisis meliputi data hasil observasi kegiatan guru dan aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar yang signifikan antara nilai pretes dan nilai posttes setelah implementasi model IBL berbantuan multimedia dimana ketuntasan siswa berdasarkan aktivitas belajar pada kondisi awal hanya 4 siswa atau 18,18%, siklus I ada 17 siswa atau 77,72%, dan pada siklus II ada 22 siswa atau 100%, peningkatan ketuntasan hasil belajar per siklus nya dimana pada pra siklus siswa yang tuntas ada 2 siswa atau 9,09%, pada siklus I mengalami kenaikan yaitu ada 11 siswa atau 50%, dan pada siklus II ada 22 siswa atau 100%, dan nilai rata-rata hasil belajar dari 56,36 menjadi 65,45 dan 75,45 pada siklus terakhir. Kesimpulannya adalah model IBL (Inquiri based learning) berbantuan multimedia terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA1 SMAN 2 ........... Kabupaten ........... tahun pelajaran ……/……
Kata kunci : inkuiri, multimedia, aktifitas, hasil belajar.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL..........................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................
KATA PENGANTAR........................................................................................
DAFTAR ISI.......................................................................................................
ABSTRAK..........................................................................................................
DAFTAR TABEL...............................................................................................
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ...........................................................
B. Identifikasi Masalah .................................................................
C. Pembatasan Masalah Penelitian ................................................
D. Rumusan Masalah .....................................................................
E. Tujuan Penelitian ......................................................................
F.
Kegunaan
Hasil Penelitian ........................................................
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A. Kajian
Teori.................................................................................
B. Kerangka
Pikir.............................................................................
C. Hipotesis
Tindakan......................................................................
BAB III METODE
PENELITIAN
A. Lokasi dan Subjek penelitian ......................................................
B. Fokus Penelitian ..........................................................................
C. Data dan Sumber Data.................................................................
D. Teknik Pengumpulan Data...........................................................
E. Prosedur Penelitian Tiap Siklus ...................................................
F. Teknik Analisis Data ...................................................................
G. Indikator Keberhasilan ................................................................
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Penelitian............................................................................
B. Pembahasan
Hasil Penelitian.......................................................
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
.................................................................................
B. Saran ...........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 3.1
Kriteria Penilaian Hasil Observasi
Aktivitas Belajar Siswa...
Tabel 3.2
Kriteria Penilaian Hasil Belajar..............................................
Tabel 4.1
Rekapitulasi Hasil Tes Formatif pada
Kondisi Awal ............
Tabel 4.2
Data Aktivitas Belajar Siswa Pada
Pelaksanaan Observasi Awal
Tabel 4.3
Rekapitulasi Nilai Hasil Belajar Siswa Pada
Pelaksanaan Siklus Pertama
Tabel 4.4
Data Aktivitas Belajar Siswa Pada
Pelaksanaan Siklus Pertama
Tabel 4.5
Rekapitulasi Nilai Hasil Belajar Siswa Pada
Pelaksanaan Siklus Kedua
Tabel 4.6
Data Aktivitas Belajar Siswa Pada
Pelaksanaan Siklus Kedua
Tabel 4.7 Peningkatan
Hasil belajar Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II.
Tabel 4.8 Peningkatan
Aktivitas Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 2.1 Kerangka Pikir Model IBL
Pendekatan Multimedia............
Gambar 4.1 Peningkatan Ketuntasn Belajar Berdasarkan Nilai Tes Hasil
Belajar pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II..........................................................................
Gambar 4.2 Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran 1 : Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 : Surat Pernyataan Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran 3 : Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 4 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus I
Lampiran 5 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus II
Lampiran 6 : Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I
dan Siklus II
Lampiran 7 : Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 8 : Data Hasil Tes Formatif Pembelajaran IPA
Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 9 : Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Kegiatan
Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 10 : Lembar Observasi Kegiatan Guru Dalam Proses Pembelajaran Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 11 : Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 12 : Dokumentasi Pelaksanaan
Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini