Sunday 5 April 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT MAPEL KIMIA -SMA



LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN MODEL IBL (INQUIRI BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA
SMAN 2 ........... KABUPATEN ...........
TAHUN PELAJARAN ……/…….




Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan






Oleh :

………………………………………..
NIP. ……………..







SMA …………………………………………..
Jln. .......................................
............
KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik. Dalam Penelitian tindakan kelas ini peneliti menentukan judul yaitu Penerapan Model IBL (Inquiri Based Learning) dengan Pendekatan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA  SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran ……/…….. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Pengawas SMA/MA ……………
3.    ……………….., selaku Kepala Sekolah SMAN 2 Bukti
4.    Segenap warga SMAN 2 Bukti …………….  khususnya guru-guru SMAN 2 Bukti yang telah membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.
............,     ............
Penulis









LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Penerapan Model IBL (Inquiri Based Learning) dengan Pendekatan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA  SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran ……/……..
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kabupaten/Kota
f.    Provinsi
g.   Alamat Kantor
h.   Telepon

3.
Lama Penelitian

4.
Sumber Dana
Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

                      Kepala Dinas                                           Kepala Sekolah
                        Pendidikan



                 …………………….                                   ………………….
NIP.……………………..      NIP.……………………..
PENERAPAN MODEL IBL (INQUIRI BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA
SMAN 2 ........... KABUPATEN ...........
TAHUN PELAJARAN ……/…….


Oleh
…………………………………………
NIP. ………………..

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia dengan menggunakan model IBL (Inquiri
based learning
) berbantuan multimedia pada materi
kelarutan dan hasil kali kelarutan  Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Tahapan-tahapan dalam setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 SMAN 2 ........... Kabupaten ............ Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran berupa data hasil belajar siswa, data yang dianalisis meliputi data hasil observasi kegiatan guru dan aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  peningkatan aktivitas dan hasil belajar yang signifikan antara nilai pretes dan nilai posttes setelah implementasi model IBL berbantuan multimedia dimana ketuntasan siswa berdasarkan aktivitas belajar pada kondisi awal hanya 4 siswa atau 18,18%,  siklus I ada 17 siswa atau 77,72%, dan pada siklus II ada 22 siswa atau 100%, peningkatan ketuntasan hasil belajar per siklus nya dimana pada pra siklus siswa yang tuntas ada 2 siswa atau 9,09%, pada siklus I mengalami kenaikan yaitu ada 11 siswa atau 50%, dan pada siklus II ada 22 siswa atau 100%, dan nilai rata-rata hasil belajar dari 56,36 menjadi 65,45 dan 75,45 pada siklus terakhir. Kesimpulannya adalah model IBL (Inquiri based learning) berbantuan multimedia terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan  siswa kelas XI IPA1 SMAN 2 ........... Kabupaten ........... tahun pelajaran ……/……

Kata kunci : inkuiri, multimedia, aktifitas, hasil belajar.




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................      
KATA PENGANTAR........................................................................................      
DAFTAR ISI.......................................................................................................      
ABSTRAK..........................................................................................................      
DAFTAR TABEL...............................................................................................      
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................      
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................      

BAB    I     PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah ...........................................................      
B.       Identifikasi Masalah .................................................................      
C.       Pembatasan Masalah Penelitian ................................................      
D.      Rumusan Masalah .....................................................................      
E.       Tujuan Penelitian ......................................................................      
F.        Kegunaan Hasil Penelitian ........................................................      
BAB    II   KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori.................................................................................      
B.  Kerangka Pikir.............................................................................      
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................      
BAB    III METODE PENELITIAN           
A.  Lokasi dan Subjek penelitian ......................................................      
B.  Fokus Penelitian ..........................................................................      
C.  Data dan Sumber Data.................................................................      
D.  Teknik Pengumpulan Data...........................................................      
E.   Prosedur Penelitian Tiap Siklus ...................................................      
F.   Teknik Analisis Data ...................................................................      
G.  Indikator Keberhasilan ................................................................      
BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian............................................................................      
B.  Pembahasan Hasil Penelitian.......................................................      
BAB    V   PENUTUP           
A.  Kesimpulan .................................................................................      
B.  Saran ...........................................................................................      

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN





DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman
Tabel      3.1    Kriteria Penilaian Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa...
Tabel      3.2    Kriteria Penilaian Hasil Belajar..............................................            
Tabel      4.1    Rekapitulasi Hasil Tes Formatif pada Kondisi Awal ............            
Tabel      4.2    Data Aktivitas Belajar Siswa Pada Pelaksanaan  Observasi Awal                
Tabel      4.3    Rekapitulasi  Nilai Hasil Belajar Siswa Pada Pelaksanaan  Siklus Pertama               
Tabel      4.4    Data Aktivitas Belajar Siswa Pada Pelaksanaan  Siklus Pertama                  
Tabel      4.5    Rekapitulasi  Nilai Hasil Belajar Siswa Pada Pelaksanaan  Siklus Kedua                 
Tabel      4.6    Data Aktivitas Belajar Siswa Pada Pelaksanaan Siklus Kedua                     
Tabel      4.7    Peningkatan  Hasil belajar Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II.            
Tabel      4.8    Peningkatan  Aktivitas Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                     





















DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman
Gambar 2.1    Kerangka Pikir Model IBL Pendekatan  Multimedia............            
Gambar 4.1    Peningkatan  Ketuntasn Belajar Berdasarkan Nilai Tes Hasil Belajar pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II..........................................................................            
Gambar 4.2    Peningkatan  Aktivitas Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                     
























DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran                                                                                                                  
Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Surat Pernyataan Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    5     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    6     :    Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7     :    Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8     :    Data Hasil Tes Formatif Pembelajaran IPA Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     :    Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 
Lampiran    10   :    Lembar Observasi Kegiatan Guru Dalam Proses Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    11   :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    12   :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 





Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini