UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM PADA MATERI
PERILAKU-PERILAKU TERPUJI MELALUI PENERAPAN METODE CARD
SORT SISWA KELAS
XII SMAN 2 ........... KABUPATEN ...........
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Sebagai Salah Satu Syarat Kenaikan Pangkat dari
Golongan …….. ke Golongan ……….
……………………………..
Disusun Oleh
……………………….
NIP …………………..
SMA
NEGERI 2 ...........
Jl.
....................................................
2014
LEMBAR PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : Upaya Meningkatkan
Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Perilaku-Perilaku Terpuji Melalui
Penerapan Metode Card Sort Siswa Kelas
XII SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2014/2015
b.
Bidang Ilmu : Pendidikan
Agama Islam
c.
Kategori Penelitian : Teknik
Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian
Tindakan Kelas
2. Ketua
Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : …………………
b.
NIP : ………………..
c. Pangkat / Golongan : Pembina, IV/a
d. Jabatan :
e. Instansi :
SMAN 2 ...........
f.
Tempat Penelitian : SMAN 2 ...........
3. Lama
Penelitian : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ………)
4. Sumber
Biaya : Swadaya
Kepala Sekolah Pengelola
Perpustakaan
....................................
....................................
NIP. .......................... NIP.
..........................
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua
PGRI
Kabupaten ........... Kecamatan ................
....................................
....................................
NIP. .......................... NIP.
..........................
KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat
Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya
sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTS ini peneliti menentukan judul yaitu Upaya Meningkatkan
Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Perilaku-Perilaku Terpuji Melalui
Penerapan Metode Card Sort Siswa Kelas
XII SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini
diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke
golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang
telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.
……………….., selaku Kepala Dinas ………………..
2.
……………….., selaku Pengawas SMP Dinas ……………….
3.
……………….., selaku SMAN 2 ........... Kabupaten ...........
4.
Segenap warga SMAN 2 ........... Kabupaten ........... khususnya guru-guru yang telah membantu
penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca
demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini
dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya
manusia.
...........,
………………………
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL .......................................................................................... ....... i
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ...... ii
KATA PENGANTAR .................................................................................... ..... iii
DAFTAR ISI .................................................................................................. ..... iv
DAFTAR TABEL ........................................................................................... ...... v
DAFTAR GAMBAR ...................................................................................... ..... vi
DAFTAR LAMPIRAN .................................................................................. .... vii
ABSTRAK ...................................................................................................... ... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .....................................................................
B. Identifikasi Masalah ............................................................................
C. Rumusan Masalah.................................................................................
D. Tujuan Penelitian..................................................................................
E. Manfaat
Penelitian...............................................................................
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A. Kajian Teori .........................................................................................
B. Kerangka Berpikir.......................................................................
C. Hipotesis Tindakan ..............................................................................
BAB III PELAKSANAAN
PERBAIKAN
A. Setting
Penelitian..................................................................................
B. Teknik
dan Instrumen Pengumpulan Data...........................................
C. Rancangan
Penelitian............................................................................
D. Analisa
Data.........................................................................................
E. Kriteria
Keberhasilan............................................................................
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Hasil Penelitian.....................................................................
B. Pembahasan Hasil Penelitian...............................................................
BAB V KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
................................................................................ ........
B. Saran............................................................................................ ........
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel
4.1 Rekapitulasi
Prestasi Belajar Pada Kondisi Awal..............................
Tabel
4.2 Rekapitulasi
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Kondisi Awal
Tabel
4.3 Rekapitulasi
Prestasi Hasil Belajar Pada Siklus I...............................
Tabel
4.4 Rekapitulasi
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada
Siklus Pertama
Tabel
4.5 Rekapitulasi
Prestasi Hasil Belajar Pada Siklus II.............................
Tabel
4.6 Rekapitulasi
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus Kedua
Tabel
4.7 Rekapitulasi
Peningkatan Nilai Prestasi Belajar Siswa Pada Setiap Siklus Pelaksanaan
Kegiatan Penelitian ...........................................................................................
Tabel
4.8 Rekapitulasi
Peningkatan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Setiap Siklus Pelaksanaan Kegiatan
Penelitian ...........................................................................................
Tabel
4.9 Rekapitulasi
Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II....................................................................................
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar
4.1 Peningkatan
Nilai Prestasi Belajar Siswa Pada Setiap Siklus Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
............................................................................................................
Gambar
4.1 Peningkatan
Ketuntasan Siswa Berdasarkan Prestasi Belajar Pada Setiap Siklus Pelaksanaan
Kegiatan Penelitian ...........................................................................
Gambar
4.3 Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran pada
Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..............................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran
1 Surat
Ijin Penelitian
Lampiran
2 Surat
Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran
3 Jurnal
Kegiatan Penelitian
Lampiran
4 Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran
5 Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran
6 Daftar
Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran
7 Daftar
Hadir Peneliti Dan Observer
Lampiran
8 Daftar
Nilai Kegiatan Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran
9 Lembar
Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran pada Pra
Siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran
10 Lembar
Observasi Hasil Pengamatan Kegiatan Guru Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus
II
Lampiran
11 Contoh
Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran
12 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM PADA MATERI
PERILAKU-PERILAKU TERPUJI MELALUI PENERAPAN METODE CARD
SORT SISWA KELAS
XII SMAN 2 ........... KABUPATEN ........... TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Oleh:
……………………………………..
NIP. ………………….
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi
belajar siswa yang masih
perlu ditingkatkan. Tujuan
dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah
penerapan model pembelajaran Card Sort
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa siswa pada
pembelajaran PAI di Kelas XII
SMAN 2 ........... Kabupaten ...........
Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan
kelas (Classroom Action Research) yang mencakup
perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Penelitian
ini berlangsung selama 2
siklus. Subyek penelitian
adalah siswa Kelas
XII SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 41
siswa. Teknik pengambilan data
melalui lembar test dan dokumentasi. Keabsahan data
yang digunakan dalam
penelitian ini adalah
teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis
data kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa
setelah dilakukan penerapan
model pembelajaran Card
Sort menunjukkan bahwa rata-rata
nilai siswa
mengalami peningkatan. Hal
ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan. Penelitian dengan metode
card sort
dapat diketahui dari
hasil tes pada
siklus I dan
siklus II selalu terjadi
peningkatan. Nilai rata-rata
pada kondisi awal sebesar 57,80, meningkat pada siklus
I menjadi 64,88 dan merupakan nilai pada kategori cukup,
sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pada siklus ini sebesar 74,15
merupakan nilai dalam kategori baik dan telah mencapai nilai ketuntasan minimal
yaitu 70,00. Ketuntasan belajar
meningkat dari 10 siswa atau 24,39% pada kondisi awal, menjadi 21 siswa atau
51,22% dan 37 siswa atau 90,24% pada siklus terakhir. Adapun penjelasan
mengenai aktivitas belajar siswa dari 13 siswa atau
31,71% siswa dinyatakan tuntas, pada siklus kedua sebesar 51,22% atau 21 siswa
dinyatakan tuntas dan pada akhir siklus kedua menjadi 100% atau 41 siswa
dinyatakan tuntas. Hasil yang dicapai pada siklus
II merupakan bukti
bahwa pembelajaran card sort
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas Kelas XII
SMAN 2 ........... Kabupaten ...........
Tahun Pelajaran 2014/2015
Kata kunci: Model Card Sort, PAI, Prestasi Belajar
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Pendidikan
diartikan upaya secara
sadar yang di
lakukan oleh pendidik terhadap perkembangan
jasmani dan rohani
peserta didik menuju
terbentuknya kepribadian yang utama. Oleh karena itu, pendidikan
dipandang sebagai salah satu aspek
yang memiliki peranan
pokok dalam membentuk generasi muda
agar memiliki kepribadian yang
baik. Maka peserta didik
akan menjadi manusia yang berguna bagi nusa bangsa dan
agamanya. Dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara, pendidikan
memegang peranan amat penting
untuk menjamin kelangsungan
hidup bangsa dan
negara, karena pendidikan
merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumberdaya manusia.
Masyarakat Indonesia dengan
laju perkembangan
pembangunan yang pesat
masih menghadapi masalah
masalah pendidikan yang berat terutama berkaitan dengan dana,
sarana prasarana, tenaga pengajar, kualitas, relevansi dan
efisiensi pendidikan.
Sehubungan
dengan kondisi tersebut, seharusnya ilmu pengetahuan dan
tehnologi didayagunakan untuk mempengaruhi pola dan sikap maupun gaya hidup
masyarakat. Hal ini penting
karena sebagian besar
masyarakat Indonesia hidup
di pedesaan dan masih
banyak lagi ketimpangan
antara masyarakat yang
hidup di kota dan masyarakat yang hidup di desa terutama tentang masalah
ekonomi dan pendidikan. Sedangkan masalah teknologi terutama teknologi
informasi semakin lama semakin otonom.
Masalahnya apakah otonomi
tersebut mempengaruhi
perkembangan pola pikir
yang terjadi di
kalangan masyarakat, baik
sekarang maupun masa yang akan datang.
Tidak
dapat dipungkiri bahwa
pendidikan akhlak menjadi
suatu hal yang sangat
penting dalam sistem
pendidikan Nasional. Hal
tersebut dikarenakan akhlak menjadi
sebuah landasan dalam
bertindak oleh semua pendidik dan peserta didik. Untuk mencerdaskan
kehidupan bangsa seperti
yang diamanatkan dalam pembukaan
Undang-Undang Dasar 1945, tentu tidak hanya diperlukan ranah kognitif saja,
namu demikian ranah afektif dan psikomotorik juga perlu dikembangkan. Ranah
afektif dalam pendidikan
harus dilandasi dengan akhlaqul karimah.
Undang-
Undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional menyatakan
bahwa pendidikan adalah
usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk
memiliki kekuatan
spiriritual keagamaan, pengendalian
diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa, dan Negara.
Untuk itu dalam
mewujudkan hal tersebut
pemerintah membentuk institusi
pendidikan formal maupun non formal yang di dalamnya menyangkut pendidikan akhlak.
Dalam pendidikan di sekolah mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam merupakan pelajaran
pokok yang memperkenalkan perilaku-perilaku terpuji pada proses
pembelajarannya. Dalam pelajaran tersebut anak dituntut untuk mampu,
menjelaskan dan menerapkan perilaku-perilaku terpuji tersebut dapat kehidupan
sehari-hari pada siswa.
Guru sebagai
salah satu sumber
belajar berkewajiban menyediakan lingkungan belajar
yang kreatif bagi
kegiatan belajar anak
didik di kelas, sebagai pendidik
profesional guru harus
memiliki pengetahuan dan kemampuan
profesional (Syaodih, 2011:191).
Perpaduan dua kegiatan
yaitu proses belajar pada murid dan mengajar pada guru dapat
direalisasikan dalam jenis metode. Metode ialah
suatu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan (Djamarah, 1997:46).
Dengan metode ini
diharapkan tumbuh berbagai kegiatan
belajar siswa, sehubungan
dengan kegiatan mengajar guru
dengan menciptakan sebuah
pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Oleh karena metode itu sendiri fungsinya adalah
sebagai alat untuk
mencapai tujuan. Banyak
metode pembelajaran, salah satunya
adalah Metode Card Sort
yang tepat digunakan
untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi,
fakta tentang obyek
atau interview informasi. Gerakan
fisik yang dominan
dalam metode ini
dapat membantu mendinamisir kelas
yang jenuh atau
membosankan. Metode ini juga
sangat efektif untuk
melatih keterampilan menghafalkan
nama-nama malaikat. Dengan pembelajaran
yang menarik siswapun
akan bersemangat dalam belajar dan akan mengingatnya dalam waktu yang
cukup lama di bandingkan
jika Ia hanya
mendengarkan saja, sehingga
prestasi belajarpun akan meningkat
seiring dengan meningkatnya
semangat dalam belajar.
Pembelajaran aktif adalah sesuatu pembelajaran yang
mengajak siswa untuk belajar secara aktif. Ketika siswa belajar dengan aktif,
berarti mereka mereka mendominasi aktifitas pembelajaran. Dengan ini mereka
secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi,
memecahkan persoalan atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari ke
dalam persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Dengan belajar aktif ini,
peserta didik diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak
hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Dengan cara ini biasanya
peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil
belajar dapat dimaksimalkan. Belajar aktif itu sangat diperlukan oleh peserta
didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum. Ketika peserta didik
pasif, atau hanya menerima dari pengajar, ada kecenderungan untuk cepat
melupakan apa yang telah diberikan. Oleh sebab itu, diperlukan perangkat
tertentu untuk dapat mengikat informasi yang baru saja diterima dari guru.
Belajar aktif adalah suatu cara untuk mengikat
informasi yang baru kemudian menyimpannya dalam otak. Karena salah satu faktor
yang menyebabkan informasi cepat dilupakan adalah faktor kelemahan otak manusia
itu sendiri. Belajar yang hanya mengandalkan indera penginderaan mempunyai
beberapa kelemahan, padahal hasil belajar seharusnya disimpan sampai waktu yang
lama. Meskipun pembelajaran aktif memerlukan banyak waktu, namun tetap dapat mendatangkan manfaat karena metode belajar aktif
dapat memberi tantangan kepada peserta didik untuk bekerja keras, jadi siswa
tidak hanya berfokus pada aktivitas bermain saja akan tetapi siswa berusaha
memahami materi yang sedang dipelajari. Metode card sort merupakan salah
satu metode pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan peserta didik.
Metode ini sangat berguna dalam proses pembelajaran karena dengan belajar aktif
tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik dan efisien. Seorang guru
hendaknya dapat mengetahui apa yang menjadi kebutuhan peserta didik dan tidak
terlalu memonopoli proses pembelajaran dan dapat menyebabkan peserta didik
jenuh dan bosan.
Melalui pemakaian metode card sort ini
diharapkan guru mengajar dan peserta didik dapat belajar pula. Jadi antara guru
dan siswa sama-sama aktif. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat
mengaktualisasikan potensi mereka sehingga dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Atas dasar alur pikir seperti digambarkan di atas
maka penulis tertarik melakukan
penelitian tentang “Upaya
Meningkatkan Prestasi Belajar
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
pada materi perilaku-perilaku terpuji melalui penerapan metode Card
Sort pada siswa
kelas XII SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2014/2015”
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah
dan penegasan istilah
seperti dikemukan di atas, maka pokok permasalahan yang menjadi fokus
penelitian ini adalah: “Apakah dengan
penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi
belajar mata pelajaran PAI materi Perilaku-Perilaku Terpuji
pada siswa kelas XII SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2014/2015? “
C.
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan
permasalahan-permasalahan
tersebut, maka tujuan penelitian adalah
: Untuk mengetahui
apakah dengan penerapan
metode Card Sort dapat meningkatkan
prestasi belajar mata
pelajaran PAI perilaku-perilaku terpuji pada siswa
kelas XII SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2014/2015?
D.
Manfaat Penelitian
1.
Secara Teoritis
a. Mendapatkan teori
baru tentang teori
belajar menggunakan metode Card
Sort.
b. Sebagai
dasar untuk penelitian selanjutnya.
2.
Secara Praktis
a. Bagi
Siswa
1) Membantu
mempermudah siswa dalam mempelajari materi Pendidikan Agama Islam
2) Untuk
membantu meningkatkan prestasi siswa dalam belajar.
b. Bagi
Guru
1) Meningkatkan
profesionalisme dalam pengelolaan pembelajaran
2) Menambah pengetahuan
guru tentang tentang
teori belajar menggunakan metode Card Sort.
c. Bagi
Sekolah
1) Sebagai landasan
bagi sekolah dalam
menentukan kebijaksanaan untuk
meningkatkan mutu pendidikan
2) Memberikan masukan
bagi sekolah akan
pentingnya melaksanakan pembelajaran dengan berbagai metode.