Tuesday, 22 December 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT MAPEL BAHASA INGGRIS SMP






LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
                                                                                


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE  MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IX-3 SMPN 7 ....................
 TAHUN PELAJARAN 2012/2013’’




Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan





Oleh :

………………………………………..
NIP. ……………..









SMPN 7 ....................
Jl. ………………………………….
2012

LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IX-3 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2012/2013
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kabupaten/Kota
f.    Provinsi
g.   Alamat Kantor
h.   Telepon

3.
Lama Penelitian

4.
Sumber Dana
Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           



Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Sekolah





………………….
NIP.……………………..
KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur senantiasa saya panjatkan kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa pengayom segenap alam yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga dalam penulisan karya ilmiah ini saya tidak mengalami kendala yang berarti hingga terselesaikannya karya ilmiah yang saya beri judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IX-3 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2012/2013’’ Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Pengawas SMP/MTs Dinas …………..
3.    ……………….., selaku Kepala SMPN 7 ....................  ………
4.    Bapak dan Ibu Rekan-rekan Guru SMPN 7 ....................  yang telah membantu penyelesaian PTK ini.
5.    Semua pihak yang telah membantu, dan tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.

............,     ............
Penulis





PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE  MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IX-3 SMPN 7 ....................
 TAHUN PELAJARAN 2012/2013’’

Oleh

…………………………………………
NIP. ………………..

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas IX-3 SMPN 7 ....................  dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa untuk menyusun teks procedure. Subjek penelitian yang diambil adalah kelas IX-3 SMPN 7 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa, terdiri dari siswa laki-laki ........ orang dan perempuan ....... orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan urutan kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran make a match dapat meningkatkan  Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dari kondisi awal hanya ada 7 siswa atau 30,43% yang masuk dalam ketegori aktif, pada siklus pertama meningkat menjadi 14 siswa atau 60,87% dan pada siklus kedua menjadi 22 siswa atau 95,65%, dan meningkatkan  hasil test writing menyusun kalimat dari kondisi awal hanya ada 4 siswa atau 17,39% yang masuk dalam kriteria tuntas, pada siklus pertama meningkat menjadi 10 siswa atau 43,48% dan pada siklus kedua menjadi 22 siswa atau 95,65%. Kesimpulannya adalah impelmentasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk prosedur dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.


Kata Kunci: make a match, proses dan hasil belajar siswa




DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL..........................................................................................      
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................      
KATA PENGANTAR........................................................................................      
ABSTRAK..........................................................................................................      
DAFTAR ISI.......................................................................................................      
DAFTAR TABEL...............................................................................................      
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................      
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................      

BAB    I     PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah............................................................      
B.       Identifikasi Masalah..................................................................      
C.       Pembatasan Masalah..................................................................      
D.      Rumusan Masalah......................................................................      
E.       Tujuan Penelitian.......................................................................      
F.        Manfaat Penelitian.....................................................................      
BAB    II   KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori.................................................................................      
B.  Kerangka Pikir.............................................................................      
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................      
BAB    III METODE PENELITIAN           
A.  Setting Penelitian.........................................................................      
B.  Prosedur Penelitian......................................................................      
C.  Teknik Pengumpulan Data ..........................................................      
D.  Teknik Analisi Data ....................................................................      
E.   Indikator Keberhasilan ................................................................      
BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian............................................................................      
B.  Pembahasan Hasil Penelitian.......................................................      
BAB    V   PENUTUP          
A.  Kesimpulan .................................................................................      
B.  Saran ...........................................................................................      

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN






DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman
Tabel      3.1    Penilaian Aspek Observasi ....................................................            
Tabel      4.1    Hasil Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Siklus I....................................            
Tabel      4.2    Rekapitulasi Hasil Test Writing Menyusun Kalimat Siklus 1            
Tabel      43     Hasil Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Siklus II..................................            
Tabel      4.4    Rekapitulasi Hasil Test Writing Menyusun Kalimat Siklus II                       
Tabel      4.5    Rekapitulasi Hasil Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                 
Tabel      4.6    Rekapitulasi Hasil Test Writing Menyusun Kalimat pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...............................................................................................            





















DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar 4.1    Diagram Peningkatan Hasil Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...............................................................................................            
Gambar 4.2    Diagram Peningkatan Hasil Test Writing Menyusun Kalimat pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.................................................................................            






















DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Surat Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran    5     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran    6     Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran    7     Daftar Hadir Peneliti dan Observer
Lampiran    8     Daftar Nilai Tes Formatif Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran    9     Lembar Observasi Aktivitas Kelompok Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran    10   Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    11   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya Pendidikan merupakan usaha untuk mengantarkan manusia pada jenjang yang lebih sempurna yaitu keberhasilan guru atau pendidik untuk mencapai tujuan pengajarannya. Setiap pendidik dan pengajar harus mengerti jelas tentang tujuan tujuan pengajaran tersebut untuk bisa mencapai tujuan pengajaran tersebut, maka seorang guru harus pandai- pandai menentukan strategi atau metode mana yang cocok untuk di gunakan dalam mengajar. Di harapkan dengan penerapan strategi atau metode yang tepat dapat mendorong peserta didik lebih giat dan semangat dalam belajar sehingga tercapailah tujuan pendidikan dengan sempurna.
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling mendunia yang digunakan untuk komunikasi antar bangsa dan pengantar ilmu pengetahuan. Sesuai dengan rasional fungsi bahasa Inggris tersebut, pendidikan bahasa Inggris Tingkat SMP, dimana siswa yang lulus ditargetkan untuk memiliki tingkat literasi atau kewicaraan informational (Depdiknas 2004:2-3).
Siswa kelas IX-3 dituntut untuk dapat menjelaskan berbagai fenomena alam dan sosial yang terjadi di sekitar mereka. Oleh karena itu salah satu tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris di kelas IX-3 adalah memahami dan mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog yang berbentuk monologue (procedure/report) dan discussion  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari. Jika siswa mampu memahami teks monologue (procedure/report) baik struktur teks, ciri kebahasaan, maupun tujuan penulisan teks dengan benar maka mereka akan mampu menjelaskan berbagai fenomena alam dan sosial yang terjadi di sekitar mereka secara baik dan sistematis.
Siswa kelas IX-3 SMPN 7 .................... tahun pelajaran 2012/2013 memiliki kompetensi bahasa Inggris yang kurang baik. Hal ini terlihat dari rata-rata kondisi awal siswa kelas IX-3 hanya 62,17 pada nilai rata-rata klasikal dan telah mencapai tingkat ketuntasan 17,39% . Pencapaian tersebut sudah cukup baik namun kurang maksimal sebab KKM yang dipersyaratkan adalah 70. Data tersebut menggambarkan  bahwa sedikit siswa yang mendapatkan nilai sekitar KKM  dan masih banyak yang belum melampaui KKMnya. Penulis meyakini bahwa prestasi belajar siswa masih dapat dipacu dan ditingkatkan lebih tinggi lagi dengan teknik pengelolaan penilaian yang menantang mereka untuk lebih termotivasi meningkatkan prestasinya yang tidak hanya sekedar tuntas KKM.
Dalam proses pembelajaran penulis merasakan bahwa anak-anak yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi sering merasa kurang puas dengan hanya mencapai KKM yang telah ditetapkan di kelas. Mereka ingin jauh melampauinya dengan menunjukkan prestasi dengan menguasai kompetensi yang diajarkan setinggi-tingginya. Mereka harus diberikan tawaran untuk mencapai target KKM secara individu yang telah ditetapkan sebelumnya. Maka guru juga harus mempunyai kriteria penilaian yang sistematis untuk mewadahi anak-anak dengan motivasi belajar yang tinggi tersebut dengan tidak segan-segan memberikan penghargaan yang tinggi terhadap prestasi mereka secara bertanggung jawab. Adalah kewajiban guru untuk membimbing mereka mewujudkan target nilai yang hendak mereka raih di akhir pembelajaran.
Sebaliknya untuk siswa yang kurang termotivasi, guru harus mampu membangkitkan motivasi mereka untuk meraih prestasi yang lebih tinggi tidak hanya sekedar tuntas KKM. Mereka harus dibangkitkan semangatnya agarlebih termotivasi untuk menetapkan target prestasi/hasil belajar yang lebih tinggi dari biasanya. Guru harus mampu meyakinkan bahwa mereka mampu mencapai target tersebut secara rasional dengan jalan merancang model pembelajaran dan penugasan yang sesuai dengan kemampuan mereka.
Model pembelajaran sangat dibutuhkan oleh pendidik agar peserta didiknya bisa menerima informasi atau pesan dengan baik, karena melalui model pembelajaran guru dapat membantu peserta didik mendapatkan informasi, ide, keterampilan, cara berfikir, dan mengekspresikan ide. Model pembelajaran berfungsi pula sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para guru dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar (Suprijono, 2011:46).
Salah satu model pembelajaran yang tepat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) merupakan sistem pembelajaran yang memberi kesempatan pada anak didik untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas yang terstruktur. Taniredja (2011:55) menyebutkan bahwa pembelajaran kooperatif dikenal sebagai pembelajaran secara berkelompok. Akan tetapi, belajar kooperatif lebih dari sekedar belajar kelompok atau kerja kelompok karena dalam belajar kooperatif ada struktur dorongan dan tugas yang bersifat kooperatif sehingga memungkinkan terjadinya interaksi secara terbuka.
Belajar secara kelompok merupakan salah satu upaya untuk  mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam wilayah afektif, pembelajaran kooperatif berpengaruh signifikan terhadap sikap-sikap positif siswa terhadap teman-teman mereka meskipun mereka berasal dari kebudayaan dan latar belakang sosial yang beragam, serta memiliki kebutuhan-kebutuhan khusus. Pembelajaran kooperatif juga membantu siswa bersikap positif terhadap pembelajaran, bersedia untuk terlibat bersama teman-temannya, dan bekerja sama untuk saling meningkatkan pembelajarannya masing-masing (Huda, 2011:265).
Isjoni (2012:77) menjelaskan bahwa pembelajaran model make a match  merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang mendorong anak didik/siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal.  Sehingga pembelajaran dengan menggunakan model yang tepat akan turut menentukan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Adapun pembelajaran perlu dilakukan dengan metode yang berpusat pada guru serta lebih menekankan ada interaksi peserta didik. Penggunaan model yang bervariasi akan sangat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Penulis berasumsi bahwa dengan meminta siswa untuk menyatakan target nilai yang hendak mereka raih di akhir pembelajaran akan mampu membangkitkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar pada penguasaan teks monologue (procedure/report). Penulis menganggap bahwa siswa mempunyai harga yang tinggi sehingga harus dihargai setinggi-tingginya.
Model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini mengajak siswa untuk mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep melalui suatu permainan kartu pasangan. Sehingga hal yang perlu dipersiapkan jika pembelajaran dikembangkan dengan model make a match adalah kartu- kartu, kartu- kartu tersebut terdiri dari kartu yang berisi pertanyaan- pertanyaan dan kartu- kartu lainnya yang berisi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut (Zaini, 2008:67).
Dengan adanya model pembelajaran (make a match) siswa lebih aktif untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Disamping itu (make a match) juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat serta berionteraksi dengan siswa yang menjadikan aktif dalam kelas. Oleh karena itu, peneliti mencoba melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IX-3 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2012/2013’’.
B.     Identifikasi Masalah
Ada beberapa masalah yang perlu dipecahkan dalam pembelajaran teks monologue (procedure/report).
1.         Mengapa motivasi dan hasil belajar siswa dalam mempelajari teks monologue (procedure/report) masih rendah?
2.         Bagaimana cara meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam memahami teks monologue (procedure/report)?
3.         Apakah Model pembelajaran make a match sebagai model pengelolaan penilaian dapat meningkatkan motivasi dan hasil siswa dalam memahami teks monologue (procedure/report)?
C.    Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah tersebut di atas  agar penulis lebih terfokus pada pembahasan maka perlu dilakukan pembatasan menjadi dua masalah.
1.         Apakah penerapan Model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar teks monologue (procedure/report) siswa Kelas IX-3 SMPN 7 .................... semester 1 tahun pelajaran 2012/2013?
2.         Apakah penerapan Model pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi/hasil belajar teks monologue (procedure/report) siswa Kelas IX-3 SMPN 7 .................... semester 1 tahun pelajaran 2012/2013?

D.    Rumusan Masalah
Sesuai dengan paparan di atas, rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah penerapan Model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar teks monologue (procedure/report) siswa Kelas IX-3 SMPN 7 .................... semester 1 tahun pelajaran 2012/2013?
E.     Tujuan Penelitian
1.         Untuk mengetahui apakah penerapan Model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar teks monologue (procedure/report) siswa kelas IX-3 SMPN 7 .................... tahun pelajaran 2012/2013.
2.         Untuk mengetahui bagaimana Model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar teks monologue (procedure/report) siswa kelas IX-3 SMPN 7 .................... tahun pelajaran 2012/2013.
F.     Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
a.       Menyumbang teori baru dalam teknik pengelolaan penilaian bahasa Inggris.
b.      Memberikan alternatif dari teknik pengelolaan penilaian kepada pembaca dengan menantang dan mendorong siswa untuk menunjukkan prestasi belajar yang setinggi-tingginya dengan mencapai target prestasi yang telah ditetapkan sendiri.
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi Siswa
Kompetensi siswa dalam berbahasa Inggris akan meningkat, khususnya kompetensi teks monologue (procedure/report), sehingga diharapkan siswa mampu menjelaskan berbagai fenomena alam dan sosial yang terjadi dengan menggunakan bahasa Inggris yang benar.
b.      Bagi guru
Bersama-sama dengan para siswa, guru akan mendapatkan masukan yang berguna tentang berbagai fenomena alam dan sosial  yang dijelaskan oleh siswa. Dengan demikian temuan siswa tadi akan memperkaya guru dalam menyampaikan pembelajaran teks monologue (procedure/report) pada masa depan.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.  Landasan Teori
1.    Teks Procedure
Teks procedure merupakan salah satu Genre text selain dari beberapa genre yang dipelajari di tingkat SMP. Teks procedure bertujuan untuk memberikan petunjuk tentang langkah- langkah/metoda/cara-cara melakukan sesuatu (Otong Setiawan Djuharie, 2006 :38). Teks procedure umumnya berisi tips atau serangkaian tindakan atau langkah dalam membuat suatu barang atau melakukan suatu aktifitas. Teks procedur dikenal pula dengan istilah directory.  Teks procedure umumnya memiliki struktur :
a.    Goal, tujuan kegiatan,
b.    Materials, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat suatu barang/melakukan suatu aktifitas yang sifatnya opsional,
c.    Steps, serangkaian langkah.
2.    Contextual Teaching and Learning (CTL)
Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan proses pembelajaran yang holistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga siswa memiliki pengetahuan/ keterampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya. CTL disebut pendekatan kontekstual karena konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat. Hal ini senada dengan Mulyasa (2006: 188) siswa memiliki rasa ingin tahu dan memiliki potensi untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Oleh karena itu tugas guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan belajar yang menyenangkan agar dapat membangkitkan rasa ingin tahu semua siswa sehingga tumbuh minat atau siswa termotivasi untuk belajar.  Mulyasa (2006:103) juga mengemukakan : pentingnya lingkungan belajar dalam pembelajaran kontekstual; (1) belajar efektif itu dimulai dari lingkungan belajar yangberpusat pada siswa. Dari guru akting  di depan kelas, siswamenonton ke siswa aktif bekerja dan berkarya, guru mengarahkan; (2) pembelajaran harus berpusat pada bagaimana cara siswa menggunakan pengetahuan baru mereka. Strategibelajar lebih dipentingkan dibandingkan hasilnya; (3) umpan balik amat penting bagi siswa;  (4) menumbuhkan komunitas belajar dalam bentuk kerja kelompok itu penting. 
3.    Cooperative Learning (CL)
Pendekatan Kooperatif (Cooperative Learning) merupakan suatu pendekatan pengajaran yang mengutamakan siswa untuk saling bekerjasama satu dengan lainnya untuk memahami dan mengerjakan segala tugas belajar mereka. Kegiatan bekerjasama dapat mengembangkan tingkat pemikiran yang tinggi, keterampilan komunikasi yang penting, meningkatkan minat, percaya diri, kesadaran bersosial dan sikap toleransi terhadap perbedaan individu. Menurut  Anita  Lie (1:10)  ada  tiga  hal  yang  perlu diperhatikan dalam cooperative learning, :  Pengelompokan, semangat Gotong Royong, penataan ruang kelas
Belajar kelompok, memiliki kesempatan mengungkapkan gagasan, mendengarkan pendapat orang lain, serta bersama-sama membangun pengertian, menjadi sangat penting dalam belajar karena memiliki unsur yang berguna menantang pemikiran dan meningkatkan harga diri seseorang. Dengan pengalaman belajarnya siswa dapat mengkonstruk pengetahuannya sendiri.
Lundgren mendeskripsikan keterampilan kooperatif yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran kooperatif sebagai keterampilan interpersonal dalam belajar. Keterampilan kooperatif tersebut meliputi tiga (3) tingkatan, yaitu tingkat awal, tingkat menengah dan tingkat mahir, dalam setiap tingkat terdapat beberapa keterampilan yang perlu dimiliki oleh siswa agar dapat melaksanakan pembelajaran kooperatif dengan baik. Keterampilan tersebut antara lain menggunakan kesepakatan, menghargai kontribusi, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong partisipasi (tingkat awal), mendengarkan dengan aktif, menunjukkan penghargaan dan simpati, bertanya, menerima tanggung jawab, dan membuat ringkasan (tingkat menengah), mengelaborasi, memeriksa dengan cermat, menanyakan kebenaran dan berkompromi (tingkat mahir).
 Cooperative Learning merupakan satu strategi pembelajaran yang terbaik yang telah diteliti. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa memiliki kesempatan untuk bekerja bersama-sama, belajar lebih cepat dan efisien, memiliki daya ingat yang lebih besar dan mendapat pengalaman belajar yang lebih positif. Pembelajaran kooperatif siswa belajar dan membentuk pengalaman dan pengetahuannya sendiri secara bersama-sama dalam kelompoknya.
Penulis sepakat bahwa pendekatan kooperatif sangat cocok untuk digunakan dalam pembelajaran di era KTSP ini, hanya saja tujuh pilar kooperatif ini dianggap terlalu berat jika akan dilaksanakan semua dalam pembelajaran di SMPN 7 .................... Kelas IX-3. Maka dari itu, penulis mendesain satu teknik pembelajaran yang lebih sederhana tanpa mengurangi esensi dari kooperatif itu sendiri. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan model pembelajaran Make A Match.
4.    Model Pembelajaran Make a Match
Guna meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam kelas, guru menerapkan model pembelajaran make a match. Metode make a match atau mencari pasangan merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan kepada siswa. Penerapan metode ini dimulai dari teknik yaitu siswa disuruh mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban/soal sebelum batas waktunya, siswa yang dapat mencocokkan kartunya diberi poin.
Model pembelajaran make a match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran (1994). Salah satu keunggulan tehnik ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Langkah-langkah penerapan metode make a match sebagai berikut:
1.        Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
2.        Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban.
3.        Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
4.        Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya. Pemegang kartu yang bertuliskan penggalan kalimat prosedur A akan berpasangan dengan kalimat berikutnya yang dipegang oleh siswa di kelompok lain yang memegang kalimat prosedur B dan seterusnya.
5.        Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
6.        Jika siswa tidak dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya (tidak dapat menemukan kartu soal atau kartu jawaban) akan mendapatkan hukuman, yang telah disepakati bersama.
7.        Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.
8.        Siswa juga bisa bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainnya yang memegang kartu yang cocok.
9.        Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran.
5.    Movitasi Dan Prestasi Belajar
a.      Hakikat  Motivasi
Setiap perbuatan siswa selalu didasari oleh sebuah dorongan dari dalam atau motivasi tertentu. Motivasi merupakan salah satu aspek psikis yang memiliki pengaruh terhadap tindakan dan tujuan belajar siswa. Guru sangat perlu membangun dan mengarahkan motivasi belajar siswa agar mereka dapat mengaktualisasikan diri dan maksimal dalam prestasinya.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia motivasi adalah keinginan atau dorongan yang timbul pada diri seseorang baik secara sadar maupun tidak sadar untuk melakukan sesuatu perbuatan dengan tujuan tertentu.
Selanjutnya, penulis akan menyajikan beberapa pendapat mengenai motivasi: WS Winkel, motivasi adalah daya penggerak yang telah menjadi aktif, motif menjadi aktif pada saat tertentu, bahkan kebutuhan untuk  mencapai tujuan sangat dirasakan atau dihayati.  Dan alam buku psikologi pendidikan, Drs. M. Dalyono memaparkan bahwa “Motivasi adalah daya penggerak/pendorong untuk melakukan sesuatu pekerjaan, yang bisa berasal dari dalam diri dan juga dari luar” (Dalyono, 2005: 55). Selanjutnya M. Ngalim Purwanto mengatakan bahwa motivasi adalah pendorong suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.  Sedang menurut A.M. Sadiman motivasi merupakan suatu perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan (feeling) dan didahului dengan tanggapan adanya tujuan.
Penulis menyimpulkan bahwa motivasi sebagai suatu perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan dan didahului dengan adanya tujuan, maka dalam motivasi terkandung tiga unsur penting, yaitu :
1)   Bahwa motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu manusia, perkembangan motivasi akan membawa beberapa perubahan energi di dalam dirinya
2)   Motivasi ditandai dengan munculnya rasa "feeling", afeksi seseorang. Dalam hal ini motivasi relevan dengan persoalan-persoalan kejiwaan, afeksi dan emosi yang dapat menentukan tingkah laku manusia.
3)   Motivasi akan dirangsang karena adanya tujuan. Jadi motivasi dalam hal ini sebenarnya merupakan respons dari suatu aksi yakni tujuan
Dengan demikian motivasi merupakan suatu energi dari dalam diri manusia yang mendorongnya untuk mencapai tujuannya. Motivasi akan mempengaruhi tingkah laku seseorang dalam mengerjakan sebuah tindakan. Siswa perlu dibangkitan motivasinya dalam belajar sehingga mereka mempunyai dorongan yang kuat dari dirinya untuk senantiasa belajar untuk mencapai tujuannya. Jika motivasi dari dalam diri siswa kurang maka guru perlu membangkitkannya dengan berbagai rangsangan dari luar.
b.      Hakikat  Belajar
Tugas utama siswa adalah belajar. Siswa belajar setiap hari mengenai berbagai ilmu pengetahuan yang baru dan permasalahan kehidupan yang kelak akan mereka hadapi baik di sekolah maupun di masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Dan kadang proses belajar seorang siswa terjadi tanpa proses yang terarah dan kurang sadar.
Belajar dalam arti luas dapat diartikan sebagai suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah laku sebagai hasil dari terbentuknya respon utama, dengan sarat bahwa perubahan atau munculnya tingkah laku baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau oleh adanya perubahan sementara oleh suatu hal (Nasution, dkk: 1995).
Sementara menurut Sudjana belajar merupakan  suatu proses yamg ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan dalam diri seseorang dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti berubahnya pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilan dan kemampuannya, daya reaksinya, daya penerimaannya dan lain-lain aspek yang ada pada individu.
Sementara menurut Slameto belajar ”merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya” (Slameto, 2003).
Belajar merupakan usaha yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan perubahan dalam diri seseorang baik itu pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dan tingkah lakunya yang bersifat menetap. Dengan demikian, belajar adalah panggilan hidup kita, bukan karena disuruh orang tua/guru/dosen atau siapa-pun, tetapi merupakan konsekuensi logis dari kehidupan. Tanpa belajar, kita tidak dapat melakukan ’proses menjadi’ diri kita yang lebih baik di masa yang akan datang
c.       Hakikat Motivasi Belajar
Motivasi sangat berperan dalam belajar, siswa yang dalam proses belajar mempunyai motivasi yang kuat dan jelas pasti akan tekun dan berhasil belajarnya. Makin tepat motivasi yang diberikan, makin berhasil pelajaran itu. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa motivasi merupakan faktor yang mempunyai arti penting bagi siswa. Apalah artinya bagi seorang siswa pergi ke sekolah tanpa mempunyai motivasi belajar. Bahwa diantara sebagian siswa ada yang mempunyai motivasi untuk belajar dan sebagian lain belum termotivasi untuk belajar.  Motivasi belajar merupakan suatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang individu dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan belajarnya.
Berkaitan dengan proses belajar siswa, motivasi belajar sangatlah diperlukan. Diyakini bahwa hasil belajar akan meningkat kalau siswa mempunyai motivasi belajar yang kuat. Motivasi belajar adalah keinginan siswa untuk mengambil bagian di dalam proses pembelajaran. Siswa pada dasarnya termotivasi untuk melakukan suatu aktivitas untuk dirinya sendiri karena ingin mendapatkan kesenangan dari pelajaran, atau merasa kebutuhannya terpenuhi. Ada juga Siswa yang termotivasi melaksanakan belajar dalam rangka memperoleh penghargaan atau menghindari hukuman dari luar dirinya sendiri, seperti: nilai, tanda penghargaan, atau pujian dari guru.
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Kegiatan itu dilakukan dengan kesungguhan hati dan terus menerus dalam rangka mencapai tujuan.
d.      Prestasi/Hasil Belajar
Tujuan dari siswa belajar adalah agar mereka dapat berprestasi dalam belajarnya. Prestasi/hasil belajar terdiri merupakan sebuah frase yang terdiri dari dua kata “prestasi/hasil” dan “belajar”. Untuk memahaminya berikut penulis sajikan pengertian mengenai istilah prestasi/hasil belajar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan dan sebagainya). Sedangkan Saiful Bahri Djamarah dalam bukunya Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,yang mengutip dari Mas'ud Hasan Abdul Qahar, bahwa prestasi adalah apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja. Kemudian berdasarkan beberapa pendapat sebelumnya bahwa belajar merupakan kegiatan yang dilakukan secara sadar dan rutin pada seseorang sehingga akan mengalami  perubahan secara individu baik pengetahuan, keterampilan, sikap dan tingkah laku yang dihasilkan dari proses latihan dan pengalaman individu itu sendiri dalam  berinteraksi dengan lingkungannya.
Adapun pengertian prestasi belajar dalam Kamus Besar Bahasa  Indonesia adalah "penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata  pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.  Dalam hal ini prestasi/hasil belajar merupakan suatu kemajuan dalam perkembangan siswa setelah ia mengikuti kegiatan belajar dalam waktu tertentu. Seluruh  pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan perilaku individu terbentuk dan berkembang melalui proses belajar. Selanjutnya prestasi belajar akan disebutkan dengan hasil belajar.
Jadi hasil belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu, umumnya hasil belajar dalam sekolah berbentuk pemberian nilai (angka) dari guru kepada siswa sebagai indikasi sejauh mana siswa telah menguasai materi pelajaran yang  disampaikannya, biasanya hasil belajar ini dinyatakan dengan angka, huruf, atau kalimat dan terdapat dalam periode tertentu.
6.    Rencana Tindakan Pembelajaran Model Make a Match
Teknik metode pembelajaran make a match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran (1994). Salah satu keunggulan tehnik ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Langkah-langkah penerapan metode make a match sebagai berikut:
a.    Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
b.     Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/jawaban.
c.       Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya. Pemegang kartu yang bertuliskan penggalan kalimat prosedur A akan berpasangan dengan kalimat berikutnya yang dipegang oleh siswa di kelompok lain yang memegang kalimat procedure B dan seterusnya.
d.     Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
e.      Jika siswa tidak dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya (tidak dapat menemukan kartu soal atau kartu jawaban) akan mendapatkan hukuman, yang telah disepakati bersama.
f.      Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.
g.     Siswa juga bisa bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainnya yang memegang kartu yang cocok.
h.     Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran.
B.  Kerangka Berpikir
Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, peneliti melakukan tindakan yaitu menggunakan pengelolaan penilaian dengan Model pembelajaran make a match. Tindakan pertama yang dilakukan adalah meminta setiap siswa untuk menetapkan target nilainya sendiri yang hendak dicapai diakhir pembelajaran teks monologue (procedure/report). Hal itu berarti bahwa setiap siswa mempunyai target nilai sendiri yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Itulah kontrak nilai antara siswa dan guru untuk diwujudkan di akhir pembelajaran dengan cara yang benar, baik, dan bermartabat. Selanjutnya setiap nilai yang harus dicapai oleh siswa untuk setiap kompetensi dasar teks monologue (procedure/report) tidak boleh lebih rendah dari nilai target tersebut.
Tindakan selanjutnya adalah siswa mengikuti pembelajaran seperti biasanya dan guru mengamati tingkah laku mereka dalam mengejar target nilai yang ditetapkan. Guru tidak boleh bosan untuk selalu mengingatkan target nilai masing-masing siswa selama proses pembelajaran. Selanjutnya setiap selesai tes, guru harus segera mengoreksi dan melaporkan nilai yang dirah oleh setiap siswa untuk mengetahui apakah target nilai siswa sudah tercapai belum. Untuk siswa yang belum mencapai target nilainya diberikan kesempatan untuk mengikuti remedi.  Secara sederhana penggunaan Model pembelajaran make a match untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar teks monologue (procedure/report) bagi siswa Kelas XII SMPN 7 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat digambarkan dalam bentuk kerangka berpikir sebagai berikut:
Tindakan
Kondisi Awal
Guru belum menggunakan Model pembelajaran make a match
Siswa 
Motivasi dan prestasi belajar rendah



Menggunakan Model pembelajaran make a match

Siklus I
Mengungkapkan teks monologue (procedure / report)  secara lisan
Siklus II
Memahami teks monologue (procedure / report)    secara tertulis
Kondisi Akhir

Diduga melalui penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar teks monologue (procedure/report) siswa Kelas XII SMPN 7 Palangka Raya
 





























Gambar 2.1 Kerangka Pikir Penelitian Tindakan Kelas


C.    Hipotesis Tindakan
Berdasarkan kajian teori dan kerangka berpikir di atas, hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Penerapan Model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar Siswa Kelas XII SMPN 7 .................... Semester Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam memahami teks monologue (procedure/report).
2.      Penerapan Model pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar  siswa Kelas XII SMPN 7 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam memahami teks monologue (procedure/report).







Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini Terima Kasih.