Wednesday 23 December 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU SMP MATA PELAJARAN IPS SMP



















LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS
SISWA KELAS VIII-2 SMPN 7 ....................
TAHUN PELAJARAN 2011/2012




Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan









Oleh :

………………………………………..
NIP. ……………..

UPT ………………………………….





SMPN 7 ....................
Jl. ............................................................
2011
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)



1.   a.  Judul Penelitian         :    Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS  Siswa Kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012
       b. Kategori Penelitian     :    Penelitian Tindakan Kelas
2.    Identitas Peneliti
            a.                                 Nama Lengkap            :           …………………………………
            b.                                 NIP      :           ……………………………
            c.                                 Pangkat / Golongan     :          
            d.                                Jabatan             :          
            e.                                 Sekolah            :          
3.     Jumlah peneliti               :    1 orang
4.     Lokasi                             :    IX-3 SMPN 7 ....................
5.     Jangka waktu                 :    3 (tiga) bulan


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti





                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah
                                  



………………….
NIP.……………………..

 



KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS  Siswa Kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012”. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten …………….. ..
2.      Pengawas SMP/MTS Dinas ………………. yang telah memberikan pengarahan dan bimbingan dalam penyusunan PTK ini.
3.      Kepala SMPN 7 .................... yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMPN 7 .................... yang telah memotivasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Serta kerabat-kerabat dekat dan rekan-rekan seperjuangan yang penulis banggakan. Semoga Allah SWT, memberikan balasan atas kebaikan yang telah diberikan kepada penulis. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
…………………..
Penulis




ABSTRAK


Rendahnya  hasil  belajar dan minat  belajar  IPS  dipengaruhi oleh  berbagai  faktor.  Faktor  yang  mendukung  pelaksanaan  pembelajaran  pada  dasarnya sangat kompleks dan bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang  paling mendasar dan menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran diantaranya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  situasi  dan  kondisi  yang  kondusif,  faktor  guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan penggunaan model pembelajaran. Upaya perbaikan dengan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. sebelum dilaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning tipe STAD. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 SMPN 7 .................... dengan  jumlah  siswa  sebanyak 25  orang. Teknik  yang  digunakan  penulis  dalam  penelitian  tindakan  kelas  ini  adalah observasi, penilaian  atau  tes, dan dokumentasi. Analisis data adalah data dari seluruh responden atau sumber data lain terkumpul. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning STAD menunjukan adanya peningkatan hal ini terbukti dari hasil tes formatif dan observasi secara individu dari tiap siklus. Adapun hasil rata-rata tes formatif secara individu adalah sebagai berikut :  pra siklus adalah 68,80, siklus I  menjadi 75,60,  siklus  II  adalah  81,60,  dan penilaian hasil observasi aktivitas belajar yang juga meningkat di mana pada kondisi awal sebesar 28% atau 7 siswa, siklus I sebesar 72% atau 18 siswa, meningkat menjadi 100% atau 25 siswa. Sedangkan aktivitas guru dari nilai 37,50 dalam kategori (C) menjadi 61,25 dalam kategori (B) dan 86,25 dalam kategori (SB). Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model cooperative learning tipe STAD  dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial  di kelas VIII-2 SMPN 7 .....................

Kata Kunci : cooperative learning,  aktivitas,  hasil, belajar















DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................      
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.   Analisis Masalah ....................................................................       
D.  Pembatasan Masalah ..............................................................       
E.   Rumusan Masalah ..................................................................       
F.   Tujuan Penelitian....................................................................       
G.  Manfaat Penelitian..................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................       
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian ...................................................................       
B.     Subyek Penelitian ..................................................................       
C.     Data dan Sumber Data...........................................................       
D.    Teknik dan Alat Pengumpulan Data.......................................       
E.     Validitas Data.........................................................................       
F.      Teknik Analisa Data ..............................................................       
G.    Prosedur Penelitian ................................................................       
H.    Kriteria Keberhasilan..............................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian.......................................................................       
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     PENUTUP
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran dan Tindak Lanjut........................................................       

DAFTAR PUSTAKA                       
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Hasil Observasi Guru......................................         
Tabel   3.2     Kriteria Penilaian Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa.........         
Tabel   3.3     Kriteria Penilaian Hasil Belajar....................................................         
Tabel   4.1     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Kondisi Awal                             
Tabel   4.2     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal                
Tabel   4.3     Tabel Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal ......         
Tabel   4.4     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Siklus Pertama                
Tabel   4.5     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Siklus Pertama               
Tabel   4.6     Tabel Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Siklus Pertama  ....         
Tabel   4.7     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Siklus Kedua                  
Tabel   4.8     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Siklus Kedua                 
Tabel   4.9     Tabel Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Siklus Kedua........         
Tabel   4.10   Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua   ............................................................................         
Tabel   4.11   Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua   .......................................................................................         
Tabel   4.12   Tabel Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua                                                                                                              










DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1 Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas.........................         

Gambar    4.1 Peningkatan Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua   .....................................................................................         

Gambar    4.2 Peningkatan Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua........................................................................................         

Gambar    4.3 Peningkatan Tes Hasil Belajar, Ketuntasan dan Daya Serap  Siswa pada Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua........................................................         































DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                              Halaman

Lampiran   1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran   2     Surat Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran   3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran   5     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran   6     Daftar Hadir Siswa Pra siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   7     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer
Lampiran   8     Hasil Nilai Tes Formatif Siklus I
Lampiran   9     Hasil Nilai Tes Formatif Siklus II
Lampiran   10   Data Hasil Observasi Siklus I
Lampiran   11   Data Hasil Observasi Siklus II
Lampiran  12   Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran   13   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra siklus, Siklus I dan Siklus II



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah

Pada  pasal  3  Undang-undang  No.  20  Tahun  2003  tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional menjelaskan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk  mewujudkan  suasana  belajar  dan  proses  pembelajaran  agar  peserta  didik  secara  aktif  mengembangkan  potensi  dirinya  untuk  memiliki  kekuatan  spiritual  keagamaan,  pengendalian  diri,  kepribadian,  kecerdasan,  akhlak  mulia,  serta  keterampilan  yang  diperlukan  dirinya,  masyarakat  bangsa  dan  negara.  Yang  bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang  beriman  dan  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta  bertanggung jawab.
Tuntutan  karakteristik  pendidikan  IPS  sebagaimana  oleh  KTSP  masih  jauh  dari  yang  dimaksudkan.  Implementasi  KTSP  lebih  terfokus  pada  pembenahan  jenis-jenis  administrasi  pembelajaran, sedangkan  dalam  pelaksanaan  KBM  belum  menunjukkan  perubahan  yang  sangat  berarti.  Hal  ini  disebabkan  antara  lain,  pemberlakukan  KTSP  belum  disertai  dengan  pelatihan  bagi  guru-guru bagaimana  mengelola  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  tuntutan  kurikulum.  Selain  itu,  fasilitas  pembelajaran  IPS  seperti  media  dan  alat  peraga,  kualitas  dan kuantitasnya tidak banyak berubah, yaitu jauh dari memadai.
Hasil penelitian awal yang telah peneliti lakukan masih terdapat perbedaan antara harapan dengan kenyataan yang terjadi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI. Harapan yang demikian itu nyata belum bisa dipenuhi oleh seluruh siswa kelas VIII-2 SMPN 7 ....................
Hal ini dibuktikan dengan hanya lima siswa yang mencapai nilai standar KKM (80) ke atas dari  25  siswa atau 20%%, dengan minat belajar siswa yang hanya mencapai angka 28% atau hanya 7 siswa dari 25 siswa serta perolehan nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 68,80.  Rendahnya  hasil  belajar dan minat  belajar  IPS  dipengaruhi oleh  berbagai  faktor.  Faktor  yang  mendukung  pelaksanaan  pembelajaran  pada  dasarnya sangat kompleks dan bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang  paling mendasar dan menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran diantaranya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  situasi  dan  kondisi  yang  kondusif,  faktor  guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan penggunaan model pembelajaran.
Di antara  berbagai  model  pembelajaran,  satu  diantaranya  adalah  model  cooperative learning tipe STAD, yaitu pembelajaran berkelompok dimana siswa dapat saling  membantu dalam proses pembelajaran sehingga siswa yang kurang dapat dibantu  oleh  teman  kelompoknya  selain  oleh  guru  sebagai  pembimbing.  Model  ini  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  belajar  secara  bersama-sama  atau  gotong  royong  sehingga  makna  kebersamaan  sangat  dominan.  Selain  itu,  model  ini  dapat  mengaktifkan  siswa  dalam  belajar  karena  siswa  didorong  untuk mengemukakan pendapat atau menyanggah berbagai masalah  yang diajukan oleh  rekan sekelompoknya.

B.       Identifikasi  Masalah

Upaya untuk mengatasi hal sebagaimana uraian di atas, peneliti mencoba berkolaborasi dengan kepala sekolah, rekan sejawat. Dari hasil diskusi dapat teridentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :
a.    Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru tidak kondusif, dalam arti tidak memberikan kesan menyenangkan siswa saat dibelajari materi pembelajaran.
b.    Pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat adalah yang menjadi pemicu perilaku guru saat mempelajari siswa hingga tidak banyak berbuat sesuatu demi keberhasilannya.
c.    Kreativitas siswa untuk menanyakan sesuatu kepada guru sama sekali tidak muncul.
d.   Sebagian besar siswa mengalami kesulitan pada saat proses mempelajari materi ajar, dan ini telah menyebabkan mereka tidak tuntas belajar karena kekurang tepatan pemilihan metode pembelajaran
e.    Penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.
f.     Ketidakaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi pada saat proses pembelajaran berlansung.

C.    Analisis  Masalah

Melalui refleksi diri, kaji literatur, dan diskusi dengan supervisor, kepala sekolah dan teman sejawat dapat diketahui bahwa faktor penyebab rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar serta minat belajar siswa adalah :
a.    Model pembelajaran yang diambil tidak tepat sehingga guru tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif.
b.    Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi.
c.    Guru tidak mampu membaca situasi dan kondisi pada saat pembelajaran berlangsung.
d.   Guru dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang lebih aktif.
e.    Metode penyajian materi yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik dan tahap perkembangan siswa.
f.     Guru kurang mampu mengelola kelas dan ini berdampak pada proses edukatif yang diharapkan kurang berhasil
Melihat kondisi awal sebagaimana tersebut di atas, maka peneliti berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI.
Adapun prioritas masalah yang menjadi tujuan perbaikan proses pembelajaran adalah :
a.    Memperbaiki proses pembelajaran  IPS materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI dengan menggunakan strategi Cooperative Learning  tipe STAD.
b.    Meningkatkan minat dan hasil belajar siswa belajar sehingga tingkat ketuntasan belajar siswa dapat tercapai.
Atas dasar itu peneliti merasa terpanggil untuk melakukan upaya perbaikan, karena jika hal tersebut dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi sumber utama penyebab turunnya hasil dan motivasi belajar siswa saat mempelajari materi pembelajaran selanjutnya. Seiring dengan menurunnya motivasi belajar siswa berarti pula pada menurunnya kualitas belajar. Sebelum hal ini terjadi pada siswa, akan lebih baiknya jika diupayakan segera solusi alternatif dari persoalan tersebut dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI dengan harapan dapat  meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 7 ....................

D.    Pembatasan Masalah

Untuk mengefektifkan proses penelitian, peneliti memberikan batasan pengkajian sebagai berikut.
1. Penelitian ini hanya dilaksanakan untuk materi pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI dengan menerapkan model cooperative leraning tipe STAD yang terangkum dalam suatu penelitian tindakan kelas  (Classroom Action Research) siswa kelas VIII-2 SMPN 7 ..................... Tahun Pelajaran ……/…..
2. Target penelitian diarahkan pada siswa kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran …../……


E.     Rumusan Masalah
1.    Apakah dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD dapat  meningkatkan minat siswa kelas VIII.A SMP ..............  Kecamatan ................ Kabupaten ............. mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI?
2.    Apakah dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD dapat  meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.A SMP ..............  Kecamatan ................ Kabupaten ............. mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI?

F.     Tujuan Penelitian
Upaya melakukan penelitian perbaikan pembelajaran ini tidak lepas dari tujuan yang diharapkan, yaitu sebagai berikut.
1.    Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa mata kelas VIII.A SMP ..............  Kecamatan ................ Kabupaten ............. pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI setelah menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD
2.    Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII.A SMP ..............  Kecamatan ................ Kabupaten ............. mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI setelah menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD.
G.    Manfaat Penelitian
Diharapkan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis  :
  1. Manfaat Teoritis
Melalui  kegiatan  penelitian  ini  diperoleh  alat  dan  teknik  penunjang  yang lebih realistis dan aplikatif untuk keperluan optimalisasi penggunaan model Cooperative Learning tipe STAD pada kelas dan mata pelajaran yang berbeda.
  1. Manfaat Praktis
a.       Siswa dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar menjadi lebih baik daripada sebelumnya, serta menumbuhkembangkan sikap kritisnya terhadap aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar yang telah diperolehnya.
b.      Guru dapat memperbaiki kinerjanya secara profesional, karena itu rasa percaya dirinya akan meningkat dan ikut serta berperan aktif dalam rangka mengembangkan inovasi pembelajaran khususnya untuk bidang studi IPS.
c.       Membantu sekolah untuk terus berkembang karena adanya peningkatan kemampuan pada diri guru dan siswa yang menunjukkan lebih unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas dari sekolah lain.





BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS PENELITIAN

A.      Kajian Teori

1.    Pembelajaran IPS
a.    Pengertian Pembelajaran IPS
Pendidikan  adalah  usaha  manusia  untuk  mendewasakan  anak  sesuai dengan  cita-cita  masyarakat.  Usaha  pendidikan  itu  sendiri  dilaksanakan  dalam bentuk  proses  pengajaran  di  sekolah-sekolah  dasar  sebagai  suatu  intitusi  sosial yang  diharapkan  mampu    mendidik  anak  dalam  rangka  mencapai  cita-cita tersebut.
Ilmu  pengetahuan  sosial  merupakan  suatu  bidang  studi  yang  didalamnya merupakan  kombinasi  atau  hasil  perpaduan  dari  sejumlah  mata  pelajaran seperti geografi, sejarah, ekonomi-politik, sosiologi, antropologi, dan tata Negara. Hal ini sesuai dengan pendapat tentang pengertian IPS, yang menyatakan bahwa : Ilmu  Pengetahuan  Sosial  (IPS)  ialah  :  suatu  program  Pendidikan  yang merupakan  suatu  keseluruhan  yang  pada  pokoknya  mempersoalkan  manusia dalam  lingkungan  fisik  maupun  dalam  lingkungan  sosialnya.  Bahan  ajarnya diambil  dari  berbagai  ilmu  sosial  seperti  geografi,  sejarah,  ekonomi, sosiologi, antropologi dan tata Negara (Nasution, 1975).  Sedangkan  menurut  Berhard  G.  Killer  (1992:6)  pada  garis  besar  menyatakan  bahwa:  Ilmu  Pengetahuan  Sosial  adalah  studi  yang  memberikan  pemahaman/pengertian-pengertian  tentang  cara-cara  manusia  hidup,  tentang  kebutuhan-kebutuhan  dasar  manusia,  tentang  kegiatan-kegiatan  dalam  usaha  memenuhi  kebutuhan  itu  dan  tentang  lembaga-lembaga  yang  dikembangkan  sehubungan dengan hal-hal tersebut.
Menurut Hasan (1996:5), menyatakan bahwa : Pendidikan IPS dapat diartikan  sebagai pendidikan memperkenalkan konsep, generalisasi, teori, cara berfikir, dan  cara bekerja berbagai disiplin ilmu sosial.” 
Pendidikan  IPS  merupakan  perwujudan  dari  suatu  pendekatan  interdisipliner  dari  ilmu-ilmu  sosial,  Pendidikan  IPS  merupakan  integrasi  dari  berbagai  cabang  ilmu-ilmu  sosial  seperti  geografi,  sejarah,  ekonomi,  sosiologi,  antropologi  dan  sebagainya yang disajikan secara psikologis untuk kepentingan pendidikan.  Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Menurut Ischak SU (1997:130) adalah :  Bidang  studi  yang  mempelajari,  menelaah,  menganalisis  gejala  dan  masalah  sosial  dimasyarakat  dengan  meninjau  dari  berbagai  aspek  kehidupan  atau  satu  perpaduan  berkenaan  dengan  gejala  dan  masalah  kehidupan  masyarakat  bukan  pada  teori  dan  keilmuannya,  melainkan  pada  kenyataan  hidup  bermasyarakat  dalam kehidupan sehari-hari.
Sesuai dengan  uraian  di  atas  jelaslah  bahwa  Ilmu  Pengetahuan  Sosial  erat  kaitannya  dengan  manusia  sebagai  anggota  masyarakat  dan  interaksinya  dengan  dunia  sekitarnya.  Selain  itu  ,  perhatian  ditujukan  pula  pada  cita-cita  hidup  dan  bekerja  sama  memperhatikan  lingkungan  untuk  memperoleh  dan  memenuhi  kebutuhan  manusia,  adat  istiadat,  nilai-nilai  hidup,  situasi  hidup  dan  kebudayaan  yang dinamis untuk mencapai suatu kehidupan sosial bermasyarakat  yang serasi,  selaras dan seimbang.
b.    Ruang Lingkup dan Tujuan Pembelajaran IPS
Pendidikan  IPS  harus  berperan  bagi  anak  dalam  mengembangkan  berbagai  aspek kehidupan dalam masyarakat. Peranan dalam pendidikan IPS  meliputi :
1)   Sosialisasi, membantu anak didik menjadi anggota masyarakat yang berguna.
2)   Pengambilan  Keputusan,  membantu  anak  didik  mengembangkan  keterampilan berfikir dan keterampilan akademis.
3)   Sikap  dan  nilai,  membantu  anak  didik  menandai,  mengembangkan  keterampilan,  dan  nilai  diri  sendiri  dalam  hubungannya  dalam  dengan  kehidupan masyarakat sekitar.
4)   Kewargaan Negara, membantu anak didik menjadi warga Negara yang baik.  
5)   Pengetahuan,  tanggap  dan  peka  terhadap  perkembangan  pengetahuan  dan  teknologi, serta dapat mengambil manfaatnya.
Tujuan  umum  pembelajaran  IPS  di  sekolah  dasar  adalah  agar  siswa  mampu  mengembangkan  pengetahuan  dan  keterampilan  dasar  yang  berguna  bagi  dirinya  dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan  Pendidikan  IPS  pada  umumnya  berlaku  secara  universal  (Jarolimek,  1982)  yang  menggambarkan  bahwa  pendidikan  IPS  merupakan  bentuk  pengetahuan,  keterampilan,  nilai  dan  sikap  yang  memungkinkan  anak  berpartisipasi dalam kelompoknya, kelompok utama dalam keluarga dan sekolah,  selanjutnya  dalam  masyarakat  yang  lebih  luas  dalam  kelompok  bangsa  dan  negaranya  dan  akhirnya  masyarakat  dunia.  Brucee  Joyce  (1979)  terdapat  tiga  tujuan pendidikan IPS, yaitu : 1)  Pendidikan humanistic sebagai tujuan utama, 2)  Pendidikan kewarganegaraan, dan 3)  Pendidikan Intelektual.
Sedangkan Gross (1978) dua tujuan utama Pendidikan IPS, yaitu : 1)  Mempersiapkan  siswa  agar  dapat  berfungsi  sebagai  warga  Negara  yang  baik di dalam masyarakat yang demokratis, dan 2)  Menolong  siswa  membuat  banyak  kemungkinan  keputusan  yang  rasional  di masyarakat.
Dalam KTSP disebutkan bahwa tujuan pembelajaran IPS adalah  agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1)  Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat  dan  lingkungannya, 
2)  Memiliki  kemampuan  dasar  untuk  berpikir  logis  dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan  dalam  kehidupan  sosial, 
3)  Memiliki  komitnen  dan  kesadaran  terhadap  nilai-nilai  sosial  dan  kemanusiaan, 
4)  Memiliki  kemampuan  berkomunikasi,  kerja  sama  dan  berkompetisi  dalam  masyarakat  yang  majemuk, di tingkat lokal, nasional dan global (Depdiknas, 2006 : 575).

Sesuai dengan uraian di atas, jelaslah bahwa pembelajaran IPS mempunyai  peranan  dan  tujuan  yang  sagat  penting  bagi  kehidupan  manusia  baik  dalam  kedudukannya sebagai mahluk pribadi maupun mahluk sosial.
c.    Karakteristik Pembelajaran IPS
Djahiri dalam Sapriya, Dkk (2008:8) mengungkapkan pembelajaran IPS  memiliki karakteristik sebagai berikut :
1)        IPS  berusaha  mempertautkan  teori  ilmu  dan  fakta  atau  sebaliknya  (menelaah fakta dari segi ilmu).
2)        Penelaahan  dan  pembahasan  IPS  tidak  hanya  dari  satu  bidang  disiplin  ilmu  saja,  melainkan  bersifat  kompehernsif  (meluas/dari  berbagai  ilmu  sosial  dan  lainnya,  sehingga  berbagai  konsep  ilmu  secara terintegrasi  terpadu)  digunakan  untuk  menelaah  satu  masalah/tema/topik.
3)        Mengutamakan  peran  aktif  siswa  melalui  proses  belajar  inkuiri  agar siswa mampu mengembangkan berpikir kritis, rasional, dan analitis.
4)        Program  pembelajaran  disusun  dengan meningkatkan atau menghubungkan  bahan-bahan  dari  berbagai  disiplin  ilmu  sosial  dan lainnya  dengan  kehidupan  nyata  di  masyarakat,  pengalaman, permasalahan, kebutuhan dan memproyeksikannya kepada kehidupan di masa depan baik dari lingkungan fisik / alam maupun budayanya.
5)        IPS dihadapkan secara konsep dan kehidupan sosial yang sangat labil (mudah berubah), sehingga titik berat pembelajaran adalah terjadinya  proses  internalisasi  secara  mantap  dan  aktif  pada  diri  siswa  agar  siswa  memiliki  kebiasaan  dan  kemahiran  untuk  menelaah  permasalahan  kehidupan nyata pada masyarakatnya.
6)        IPS mengutamakan hal-hal, arti dan penghayatan hubungan antara  manusia yang bersifat manusiawi.
7)        Pembelajaran  tidak  hanya  mengutamakan  pengetahuan  semata,  tetapi juga nilai dan keterampilnya.
8)        Berusaha  memuaskan  setiap  siswa  yang  berbeda  melalui  program  maupun  pembelajarannya  dalam  arti  memperhatikan  minat  siswa  dan  masalah-masalah kemasyarakatan yang dekat dengan kehidupannya.
9)        Dalam  pengembangan  program  pembelajaran  senantiasa  melaksanakan  prinsip-prinsip,  karakteristik  (sifat  dasar)  dan pendekatan-pendekatan yang menjadi ciri IPS itu sendiri.
2.    Pengertian Belajar
Menurut  Herman  Hudoyo  (1995:7)  belajar  adalah  suatu  proses  mendapat  pengetahuan  atau  pengalaman  sehingga  mengubah  tingkah  laku. Melalui  proses  belajar  maka  seseorang  akan  mengalami  perubahan  yang kompleks.  Perubahan  dapat  terjadi  pada  tingkah  laku,  penambahan pengetahuan, sikap, keterampilan, serta kecakapan.
Menurut  Piaget  (dalam Asrori, 2008: 49-50)  manusia  tumbuh,  beradaptasi  dan  berubah melalui  perkembangan  fisik,  perkembangan  kepribadian,  perkembangan  sosioemosional dan perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif sebagian besar  bergantung  kepada  seberapa  jauh  anak  memanipulasi  dan  aktif  dalam berinteraksi sebagian besar dengan lingkungannya.
Moh. Surya (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Belajar  sangat  ditentukan  oleh  kondisi  dan  lingkungan,  namun  paling besar ditentukan oleh lingkungan individu itu sendiri yang mencakup rumah, letak  geografis  dan  fisik  sekolah  serta  berbagi  lingkungan  social  lainnya. Selain  itu  proses  belajar  ditandai  dengan  perubahan  tingkah  laku  secara keseluruhan,  dari  yang  paling  sederhana  yang  bersifat  reflektif  sampai  ke yang paling kompleks yang bersifat pemecahan masalah.
Dalam  keseluruhan  proses  pendidikan  disekolah,  kegiatan  belajar  merupakan  kegiatan  yang  paling  pokok.  Ini  berarti  bahwa  berhasil  tidaknya  pencapaian  tujuan  pendidikan  banyak  bergantung  kepada  bagaimana  proses  belajar  yang  dialami  oleh  siswa  sebagai  anak  didik (Slameto. 2003:45).  Belajar  itu  sendiri adalah  suatu  perubahan  dalam  perilaku,  keterangan,  pengetahuan,  pemahaman,  sikap,  keterampilan  atau  kemampuan  yang  dapat  dipertahankan  dan  tidak  dapat  dianggap  berasal  dari  pertumbuhan  jasmaniah  atau  pengembangan  polapola  perilaku  yang  terwariskan. 
3.    Minat Belajar
Lingkungan  sebagai  sumber  belajar  adalah  system  kondisional  yang  mempengaruhi  tingkah  laku  individu  yang  dapat  membangkitkan  minat  siswa  dalam belajarnya. Adapun pengertian mengenai minat antara lain :  Minat  adalah  kecenderungan  hati  yang  tinggi  terhadap  sesuatu  (Kamus  Besar Bahasa Indonesia 1989).  Pendapat lain menurut Sudjana (1991: 24) “ minat  berasal  dari    pengalaman  yang  dilakukan  sesuatu  yang  menarik  akan  mendatangkan  kesenangan  yang  sangat  besar  pengaruhnya  pada  diri  sendiri   sehinga timbul keingintahuan yang mendalam”.
Menurut Hilgard (1997 :19) memberi rumusan pengertian tentang minat sebagai berikut: “Interest is persisting tendency to pay attention to and enjoy some activity or content” yang berarti minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati seseorang, diperhatikan terus-menerus yang disertai dengan rasa senang dan diperoleh suatu kepuasan.
Menurut Slameto (2003 : 57) minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati siswa, diperhatikan terus-menerus yang disertai rasa senang dan diperoleh rasa kepuasan. Lebih lanjut dijelaskan minat adalah suatu rasa suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh.
Minat adalah kecenderungan dalam diri individu untuk tertarik pada sesuatu objek atau menyenangi sesuatu objek (Sumadi Suryabrata, 1988 :109). Minat adalah sesuatu pemusatan perhatian yang tidak disengaja yang terlahir dengan penuh kemauannya dan yang tergantung dari bakat dan lingkungan.
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa minat adalah kecenderungan tertarik pada sesuatu yang relatif tetap untuk lebih memperhatikan dan mengingat secara terus-menerus yang diikuti rasa senang untuk memperoleh suatu kepuasan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam belajar diperlukan suatu pemusatan perhatian agar apa yang dipelajari dapat dipahami. Sehingga siswa dapat melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. Terjadilah suatu perubahan kelakuan. Perubahan kelakuan ini meliputi seluruh pribadi siswa; baik kognitip, psikomotor maupun afektif. Untuk meningkatkan minat, maka proses pembelajaran dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami apa yang ada di lingkungan secara berkelompok.
Dalam  hal  ini    minat  dalam  belajar  berarti  siswa  merasa  tertarik  untuk  dapat  mempelajari  bahan  pelajaran  ,  dia  akan  bersungguh-sungguh  perhatian  terhadap  apa  yang  diberikan  oleh  guru,  rasa  ingin  tahunya  tinggi,    merasa  penasaran  dengan  apa  yang  dipelajari  dan  dilihatnya.  Minat  akan  menjadikan suatu  tujuan  belajar  yang  diharapkan  akan  tercapai.  Menurut  Purwanto  (1990:6)  “menaruh  minat  dari  pengalaman  yang  dilakukan,  timbul/berkembang minat mendatangkan kesenangan/keputusan. Minat sangat besar pengaruhnya  dalam  kegiatan  proses  belajar  mengajar,  karena  kalau  pelajaran  tidak  menaruh  minat siswa, maka tidak akan terjadi proses belajar dengan baik”.  Agar  siswa  menaruh  minat  terhadap  proses  belajar  mengajar  maka  guru  harus  berusaha  menumbuhkan  minat  dan  kiinginan  yang  kuat  agar  siswa  dapat  mengikuti  proses  belajar  mengajar  dengan  baik.  Sehingga  apabila  siswa  telah menaruh  minatnya  maka  akan  terlihat  keseriusan  dari  cara  siswa  mengikuti  kegiatan proses belajar mengajar dan akan memudahkan siswa dalam  memahami  pelajaran.
Minat berperan sangat penting dalam kehidupan peserta didik dan mempunyai dampak yang besar terhadap sikap dan perilaku. Siswa yang berminat terhadap kegiatan belajar akan berusaha lebih keras dibandingkan siswa yang kurang berminat.
Menurut Slameto (2003 :58) siswa yang berminat dalam belajar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1)  Mempunyai kecenderungan yang tetap untuk untuk memperhatikan dan mengenang sesuatu yang dipelajari secara terus menerus.
2) Ada rasa suka dan senang pada sesuatu yang diminati.
3)  Memperoleh suatu kebanggaan dan kepuasan pada sesuatu yang diminati. Ada rasa keterikatan pada sesuatu aktivitas-aktivitas yang diminati.
4)  Lebih menyukai suatu hal yang menjadi minatnya daripada yang lainnya.
5) Dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan.
Minat sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar, karena apabila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat, siswa tidak akan belajar dengan baik sebab tidak menarik baginya. Siswa akan malas belajar dan tidak akan mendapatkan kepuasan dari pelajaran itu. Bahan pelajaran yang menarik minat siswa, lebih mudah dipelajari sehingga dapat mingkatkan prestasi belajar.
Minat terhadap sesuatu hal tidak merupakan yang hakiki untuk dapat mempelajari hal tersebut, asumsi umum menyatakan bahwa minat akan membantu seseorang mempelajarinya. Membangkitkan minat terhadap sesuatu pada dasarnya adalah membantu siswa melihat bagaimana hubungan antara materi yang diharapkan untuk dipelajari dengan diri sendiri sebagai individu.
Menurut Slameto (2003 :180) proses ini berarti menunjukkan pada siswa bagaimana penetahuan atau kecakapan tertentu mempengaruhi dirinya, melayani tujuan-tujuannya, dan memuaskan kebutuhan-kebutuhannya. Bila siswa menyadari bahwa belajar merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan yang dianggap penting, dan bila siswa melihat bahwa hasil dari pengalaman belajar akan membawa kemajuan pada dirinya, ia akan lebih berminat untuk mempelajarinya.
Minat pada dasarnya merupakan penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri, semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minatnya.  Jika terdapat siswa yang kurang berminat dalam belajar dapat diusahakan agar mempunyai minat yang lebih besar dengan cara menjelaskan hal-hal yang menarik dan berguna bagi kehidupannya serta berhubungan dengan cita-cita yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai suatu hal dari pada hal lainnya, dapat pula dimanifestasikan melalui partisipasi dalam suatu aktivitas. Siswa yang memiliki minat terhadap subyek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subyek tersebut. Minat tidak dibawa sejak lahir, melainkan diperoleh kemudian. Minat terhadap pelajaran mempengaruhi belajar selanjutnya serta mempengaruhi minat-minat baru. Menurut ilmuwan pendidikan cara yang paling efektif untuk membangkitkan minat belajar pada siswa adalah dengan menggunakan minat-minat siswa yang telah ada dan membentuk minat-minat baru pada diri siswa. Hal ini dapat dicapai dengan jalan memberikan informasi pada siswa mengenai hubungan antara suatu bahan pengajaran yang akan diberikan dengan bahan pengajaran yang lalu, menguraikan kegunaan bagi siswa dimasa yang akan datang. Minat dapat dibangkitkan dengan cara menghubungkan materi pelajaran dengan suatu berita sensasional yang sudah diketahui kebanyakan siswa.
Indikator-indikator minat belajar siswa terdiri dari: adanya perhatian, adanya ketertarikan, dan rasa senang. Indikator adanya perhatian dijabarkan menjadi tiga bagian yaitu: perhatian terhadap bahan pelajaran, memahami materi pelajaran dan menyelesaikan soal-soal pelajaran. Ketertarikan dibedakan menjadi ketertarikan terhadap bahan pelajaran dan untuk menyelesaikan soal-soal pelajaran. Rasa senang meliputi rasa senang mengetahui bahan belajar, memehami bahan belajar, dan kemampuan menyelesaikan soal-soal.
4.    Hasil Belajar
Belajar  dan  mengajar  merupakan  konsep  yang  tidak  bisa  dipisahkan.  Belajar  merujuk  pada  apa  yang  harus  dilakukan  seseorang  sebagai subjek dalam belajar, sedangkan mengajar marujuk pada apa yang  seharusnya dilakukan seorang guru sebagai pengajar.    Dua  konsep  belajar  mengajar  yang  dilakukan  oleh  siswa  dan  guru  terpadu  dalam  satu  kegiatan.  Diantara  keduannya  itu  terjadi  interaksi  dengan  guru.  Kemampuan  yang  dimiliki  siswa  dari  proses  belajar  mengajar  saja  harus  bisa  mendapatkan  hasil  bisa  juga  melalui  kreatifitas  seseorang itu tanpa adanya intervensi orang lain sebagai pengajar. 
Oleh  karena  itu  hasil  belajar  yang  dimaksud  disini  adalah  kemampuan-kemampuan yang dimiliki seorang siswa setelah ia menerima perlakukan dari pengajar (guru),  seperti yang dikemukakan oleh Sudjana.  Hasil  belajar  adalah  kemampuan-kemampuan  yang  dimiliki  siswa  setelah  menerima  pengalaman  belajarnya  (Sudjana,  2004  :  22).  Sedangkan  menurut Horwart Kingsley dalam bukunya Sudjana membagi tiga macam  hasil belajar mengajar : (1). Keterampilan dan kebiasaan, (2). Pengetahuan  dan pengarahan, (3). Sikap dan cita-cita (Sudjana, 2004 : 22). 
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah  kemampuan  keterampilan,  sikap  dan  keterampilan  yang  diperoleh  siswa  setelah  ia  menerima  perlakuan  yang  diberikan  oleh  guru  sehingga  dapat  mengkonstruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari. 
Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor yakni  faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa (Sudjana, 1989 :  39). Dari pendapat ini faktor yang dimaksud adalah faktor dalam diri siswa  perubahan  kemampuan  yang  dimilikinya  seperti  yang  dikemukakan  oleh  Clark  (1981  :  21)  menyatakan  bahwa  hasil  belajar  siswa  disekolah  70  %  dipengaruhi  oleh   kemampuan  siswa  dan  30  %  dipengaruhi  oleh  lingkungan.  Demikian  juga  faktor  dari  luar  diri  siswa  yakni  lingkungan  yang  paling  dominan  berupa  kualitas  pembelajaran  (Sudjana,  2002  :  39). 
"Belajar   adalah  suatu  perubahan  perilaku,  akibat  interaksi  dengan  lingkungannya"  (Ali  Muhammad,  2004  :  14).  Perubahan  perilaku  dalam proses  belajar  terjadi  akibat  dari  interaksi  dengan  lingkungan.  Interaksi biasanya  berlangsung  secara  sengaja.  Dengan  demikian  belajar  dikatakan berhasil apabila terjadi perubahan dalam diri individu. Sebaliknya apabila  terjadi  perubahan  dalam  diri  individu  maka  belajar  tidak  dikatakan  berhasil. 
Abin Syamsudin (2003:23) mengemukakan bahwa ‘Hasil  belajar  merupakan  perubahan-perubahan  yang  diharapkan  terjadi  pada  perilaku  dan  pribadi  siswa setelah mengalami dan melalui proses belajar’. Ada juga yang mengemukakan bahwa ‘Hasil belajar merupakan kemampuan  melakukan  sesuatu secara permanent,  dapat diulang-ulang dengan hasil yang sama’.  Hasil belajar merupakan perilaku yang dimiliki peserta didik sebagai akibat dari proses  belajar  yang  ditempuhnya  dan  berupa  suatu  konsep  yang  bersifat  umum  didalamnya  tercakup prestasi. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah belajar,  yang  wujudnya  berupa  kemampuan  kognitif,  afektif  dan  pisikomotor.  Derajat  kemampuan  yang diperoleh siswa diwujudkan dalam bentuk nilai hasil belajar IPS. Dalam pembelajaran  IPS,  hasil  proses  pembelajaran  yang  penting  yakni  sesuai  dengan  tujuan/sasaran  hasil  pembelajaran  atau  standar  kompetensi  dan  kompetensi  dasar  tertuang  dalam  silabus
Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  (KTSP)  yang  terjabarkan  pada  silabus  tersebut  dan  guru pun menyusun beberapa indikator yang dapat menjelaskan dan menunjukan jenis-jenis  tingkah  laku  yang  perlu  dimiliki  oleh  siswa  setelah  mengikuti  proses  pembelajaran,  dan  tercapai tidaknya indikator tersebut baru dapat diketahui setelah dilakukan serangkaian tes.    
Hasil  belajar  siswa  dipengaruhi  oleh  kamampuan  siswa  dan  kualitas  pengajaran.  Kualitas  pengajaran  yang  dimaksud  adalah  profesional  yang  dimiliki  oleh  guru.  Artinya  kemampuan  dasar  guru  baik  di bidang kognitif (intelektual), bidang sikap (afektif) dan bidang perilaku  (psikomotorik). 
Dari  beberapa  pendapat  di  atas,  maka  hasil  belajar  siswa  dipengaruhi oleh dua faktor dari dalam individu siswa berupa kemampuan  personal  (internal)  dan  faktor  dari  luar  diri  siswa  yakni  lingkungan. Dengan demikian hasil belajar adalah sesuatu yang dicapai atau diperoleh  siswa berkat adanya usaha atau fikiran yang mana hal tersebut dinyatakan  dalam bentuk penguasaan, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat  dalam  berbagai  aspek  kehidupa  sehingga  nampak  pada  diri  indivdu  penggunaan  penilaian  terhadap  sikap,  pengetahuan  dan  kecakapan  dasar  yang terdapat dalam berbagai aspek kehidupan sehingga nampak pada diri  individu perubahan tingkah laku secara kuantitatif. 
5.    Model Pembelajaran
Model  pembelajaran  merupakan  suatu  perencanaan  atau  suatu  pola  yang  digunakan  sebagai  pedoman  dalam  merencanakan  pembelajaran  di  kelas  atau  pembelajaran  dalam  tutorial  dan  untuk  menentukan  perangkat-perangkat  pembelajaran termasuk di dalam buku- buku , film, computer, kurikulum dan lain-lain  (Joyce, 1992:4 ).  Selanjutnya  Joyce  menyatakan  bahwa  setiap  model  pembelajaran  mengarahkan  kita  ke  dalam  mendesain  pembelajaran  untuk  membantu peserta didik sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Adapun Soekamto, dkk (dalam Nurulwati,2000: 20) mengemukakan maksud  dari model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang  sistematik  dalam  mengorganisasikan  pengalaman  belajar  untuk  mencapai  tujuan  belajar  tertentu,  dan  berfungsi  sebagai  pedoman  bagi  para  perancang  pembelajaran  dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Dengan demikian  aktivitas  pembelajaran  benar-benar  merupakan  kegiatan  bertujuan  yang  tertata  secara sistematik.
Istilah model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas daripada strategi,  metode atau prosedur. Model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak  dimiliki oleh strategi, metode atau prosedur. Ciri-ciri tersebut antara lain ialah :
1)   Rasional teoritik logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangannya.
2)   Landasan  pemikiran  tentang  apa  dan  bagaimana  siswa  belajar  (tujuan pembelajaran yang akan dicapai).
3)   Tingkah  laku  mengajar  yang  diperlukan  agar  model  tersebut  dapat  dilaksanakan  dengan berhasil.
4)   Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai (Kardi dan Nur , 2000 : 9 )
Istilah model pembelajaran meliputi pendekatan suatu model pembelajaran yang  luas dan menyeluruh.  Model-model  pembelajaran  dapat  diklasifikasikan  berdasarkan  tujuan  pembelajarannya, sintaks (pola urutannya) dan sifat lingkungan belajarnya. Sebagai  contoh  pengklasifikasian  berdasarkan  tujuan  adalah  pembelajaran  langsung,  suatu  model  pembelajaran  yang  baik  untuk  membantu  siswa  mempelajari  keterampilan  dasar  seperti  tabel  perkalian  atau  topik-topik  yang  banyak  berkaitan  dengan  penggunaan alat.
Tiap-tiap  model  pembelajaran  membutuhkan  sistem  pengelolaan  dan  lingkungan  belajar  yang  sedikit  berbeda.  Misalnya,  model  pembelajaran  kooperatif  memerlukan lingkungan belajar yang fleksibel seperti tersedianya meja dan kursi yang  mudah  dipindahkan.  Pada  model  pembelajaran  diskusi  para  siswa  duduk  di  bangku  yang    di  susun  secara  melingkar  atau  seperti  tapal  kuda.  Sedangkan  model  pembelajaran langsung siswa duduk secara berhadap hadapan dengan guru.
6.    Model Cooperative Learning
a.    Pengertian Coopertive Learning
Model  Coopertive Learning  atau  model  pembelajaran  gotong  royong  ini  didasari  oleh  falsafah  homo  homoni  socius,  yang  menekankan  manusia  adalah  makhluk  sosial.  Ini  mengandung  arti,  kerja  sama  merupakan  kebutuhan  sangat  penting  bagi  kelangsungan  hidup  manusia.  Model  Coopertive Learning  menekankan  pada  pemberian  kesempatan  belajar  yang  lebih  luas  dan  suasana  yang  kondusif  kepada  siswa  untuk  memperoleh  dan  mengembangkan pengetahuan, sikap, nilai serta keterampilan-keterampilan sosial yang bermanfaat  bagi kehidupannya di masyarakat.
Coopertive Learning  ini  dianggap  perlu  dalam  pendidikan,    karena  tidak  setiap  orang  bisa  dan  mampu  bekerja  sama.  Tidak  ada  seorang  pun  yang  sejak  lahir  mempunyai  kemampuan  untuk  bekerja  sama  dengan  baik.  Kemampuan  itu  harus  dipelajari.  Ini  termasuk  yang  disebut  dengan  social-skill  atau  kecakapan  hidup  bermasyarakat.    Melalui  belajar  bekerja  sama  akan  muncul  berbagai  sikap  sosial  yang  positif,  di  antaranya  saling  menghargai  dan  menghormati,  toleransi,  tenggang rasa, kemampuan mengendalikan emosi, kesediaan untuk saling berbagi  (take and give).
Terdapat beberapa definisi pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning  yang dikemukakan oleh beberapa ahli pendidikan sebagai berikut :
1)   Davidson dan Korl (Sutardi dkk, 2007: 57), mendefinisikan bahwa   “Pembelajaran  kooperatif  (Coopertive Learning)  ialah  kegiatan  yang  berlangsung  di  lingkungan  belajar  siswa  dalam  kelompok  kecil  yang  saling  berbagi  ide-ide  dan  bekerja  secara  kolaboratif  untuk  memecahkan  masalah- masalah yang ada dalam tugas mereka ”.
2)   Karli dan Margaretha (2004: 47) menjelaskan bahwa “Model  belajar  kooperatif  adalah  suatu  strategi  belajar  mengajar  yang  menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu  diantara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok yang  terdiri atas dua orang atau lebih untuk memecahkan masalah ”.
3)   Sedangkan menurut Sanjaya (2006: 240)  “Pembelajaran  kooperatif  (Coopertive Learning)  merupakan  model  pembelajaran  dengan  menggunakan  sistem  pengelompokan  tim  kecil,  yaitu  antara  empat  sampai  enam  orang  yang  mempunyai  latar  belakang  akademis,  jenis kelamin, ras, atau suku yang berbeda”. Melalui  beberapa  pendapat  di  atas  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  yang  dimaksud  dengan  model  Coopertive Learning  adalah  cara  belajar  bersama sama  dalam  sebuah  kelompok  heterogen  yang  terdiri  atas  dua  orang  atau  lebih  yang  saling  membantu  antar  satu  dengan  yang  lainnya  untuk  membahas  dan  menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah.
b.    Prinsip Cooperative Learning
Pembelajaran kooperatif  atau Cooperative Learning setidaknya memiliki lima  prinsip yaitu:
1)   Belajar siswa aktif ( student active learning )   
Proses  pembelajaran  berpusat  pada  siswa,  aktivitas  belajar  lebih  dominan  oleh  siswa,  pengetahuan  yang  dibangun  dan  ditemukan  adalah  belajar  bersama-sama  dengan  anggota  kelompok  sampai  masing-masing  siswa  memahami  materi  pembelajaran dan diakhiri dengan membuat laporan kelompok dan individual.
2)   Belajar bekerjasama (Cooperative Learning)
Proses  pembelajaran  dilalui  dengan  bekerjasama  dalam  kelompok  untuk  membangun  pengetahuan  yang  tengah  dipelajari.    Prinsip  pembelajaran  inilah  yang  melandasi  keberhasilan  penerapan  model  Coopertive Learning.  Seluruh  siswa  terlibat  secara  aktif  dalam  kelompok  untuk  melakukan  diskusi,  memecahkan  masalah  dan  mengujinya  secara  bersama.  Pengetahuan  yang  diperoleh hasil kerjasama diyakini lebih bernilai permanen.
3)   Pembelajaran Parsipatorik (Participatoric learning)
Melaui model pembelajaran ini, siswa belajar dengan melakukan sesuatu atau  learning  by  doing    secara  bersama-sama  untuk  menemukan  dan  membangun  pengetahuan yang menjadi tujuan pembelajaran.
4)   Mengajar Reaktif (Reactive teaching)
Motivasi  siswa  dapat  dibangkitkan  jika  guru  mampu  menciptakan  suasana  belajar  yang  menyenangkan  dan  menarik  serta  dapat  meyakinkan  siswanya  akan  manfaat pelajaran untuk masa depan mereka. 
5)   Pembelajaran yang menyenangkan ( Joyfull leraning)
Pembelajaran yang menyenangkan harus dimulai dari sikap dan perilaku guru  di luar mapun di dalam kelas.
c.    Tujuan Cooperative Learning  
Model Cooperative Learning berbeda dengan pengajaran langsung atau direct  learning.  Model  ini  disamping  dikembangkan  untuk  mencapai  hasil  belajar  akademik juga efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial di sekolah dasar  serta  mengajarkan  kepada  siswa  keterampilan  bekerjasama  dan  kolaborasi.  Keterampilan  ini  sangat  penting  untuk  membekali  siswa  kelak  untuk  hidup  di  masyarakat  yang  banyak  berhubungan  dengan  orang  dewasa  dan  dalam  kegiatan  berorganisasi yang penuh saling ketergantungan satu sama lain, apalagi mengingat  keragaman budaya yang semakin cepat berkembang.
Model  pembelajaran  kooperatif  dikembangkan  untuk  mencapai  setidak  – tidaknya  tiga  tujuan  pembelajaran  penting,  yaitu  hasil  belajar  akademik,  penerimaan  terhadap  keragaman,  dan  pengembangan  keterampilan  sosial.  Efek penting  yang  pertama  pembelajaran  kooperatif  bertujuan  untuk  meningkatkan kinerja  siswa  dalam  tugas-tugas  akademik.  Beberapa  ahli  berpendapat  bahwa  model  ini  unggul  dalam  membantu  siswa  memahami  konsep-konsep  yang  sulit.
Di  samping  mengubah  norma  yang  berhubungan  dengan  hasil  belajar,  pembelajaran  kooperatif  dapat  memberikan  keuntungan  baik  pada  siswa  kelompok  bawah  maupun  kelompok  atas  yang  bekerja  bersama  menyelesaikan  tugas-tugas  akademik.  Siswa  kelompok  atas  akan  menjadi  totur  bagi  siswa  kelompok  bawah,  jadi  memperoleh  bantuan  khusus  dari  teman  sebaya,  yang  memiliki orientasi dan bahasa yang sama. 
d.   Unsur-unsur dan Karakteristik Cooperative Learning
Unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif  adalah sebagai berikut :
1)        Siswa dalam kelompoknya harus merasakan bahwa mereka sama. 
2)        Siswa  bertanggung  jawab  atas  segala  sesuatu  di  dalam  kelompoknya,  seperti milik mereka sendiri. 
3)        Siswa  harus  melihat  bahwa  semua  anggota  di  dalam  kelompoknya  memiliki tujuan yang sama. 
4)        Siswa  harus  membagi  tugas  dan  tanggung  jawab  yang  sama  diantara  anggota kelompoknya. 
5)        Siswa  akan  dievaluasi  atau  diberikan  penghargaan  yang  juga  akan  dikenakan untuk semua anggota kelompok.
6)        Siswa  berbagi  kepemimpinan  dan  mereka  membutuhkan  keterampilan  untuk belajar bersama selama proses belajarnya. 
7)        Siswa akan diminta mempertangung jawabkan secara individu materi yang  ditangani dalam kelompok kooperatif.
Beberapa karakteristik model pembelajaran kooperatif,  antara lain :
1)        Individual  Acountability  atau  tanggung  jawab  individu  yaitu  :  bahwa  setiap  individu  dan  dalam  kelompok  mempunyai  tanggung  jawab  untuk  menyelesaikan  permasalahan  yang  dihadapi  kelompok  secara  tuntas,  sehingga  keberhasilan  kelompok  sangat  ditentukan  oleh  tanggung  jawab  setiap anggota.
2)        Social Skills, meliputi seluruh hidup sosial, kepekaan sosial dan mendidik  siswa untuk menumbuhkan pengekangan diri demi kepentingan kelompok.
3)        Positve  Interdependence  yaitu  sifat  yang  menunjukan  saling  ketergantungan  satu  terhadap  yang  lainnya  didalam  kelompok  secara  positif.
4)        Group  Processing,  proses  perolehan  jawaban  permasalahan  dikerjakan  oleh kelompok secara bersama-sama. (Karli dan Margaretha, 2004: 49).
7.    Cooperative Learning Teknik STAD
Salah  satu  model  pembelajaran  kooperatif  adalah  model  Student  Team  Achievement  Divisions  (STAD).  STAD  adalah  salah  satu  tipe  pembelajaran  kooperatif  yang  sederhana.  Model  pembelajaran  Coopertive Learning  Tipe  STAD  adalah  model  pembelajaran  dengan  strategi  kelompok  belajar  yang  terdiri  dari 4 sampai 5 siswa yang heterogen dari kemampuan belajarnya, ada siswa yang  kemampuan belajarnya tinggi, sedang maupun rendah. 
Dalam  kelompok  tersebut  ada  tanggung  jawab  bersama,  jadi  setiap  anggota aling  membantu  untuk  menutupi  kekurangan  temannya.  Ada  proses  diskusi, saling  bertukar  pendapat,  menghargai  pendapat,pembelajaran  teman  sebaya. kepemimpinan  dalam  mengatur  pembelajaran  di  kelompoknya  sehingga  yang  terjalin  adalah  hubungan  positif.  Guru  menyajikan  pelajaran  kemudian  siswa  bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai  pelajaran  tersebut.  Akhirnya  seluruh  siswa  diberi  kuis  tentang  materi  itu  dengan  catatan  saat  kuis  mereka  tidak  boleh  saling  membantu.  Tipe  pembelajaran  inilah  yang akan diterapkan dalam pembelajaran IPS.
Keunggulan  dari  metode  pembelajaran  kooperatif  teknik  STAD  adalah  adanya  kerja  sama  dalam  kelompok  dan  dalam  menentukan  keberhasilan  kelompok  tergantung  keberhasilan    individu,  sehingga  setiap  anggota  kelompok  tidak  bisa  menggantungkan  pada  anggota  yang  lain.  Pembelajaran  kooperatif  teknik STAD menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling  memotivasi  saling  membantu  dalam  menguasai  materi  pelajaran  guna  mencapai  prestasi yang maksimal. 
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1)   Guru memberikan penjelasan
Jelasnya  guru  menerangkan  (ekspositori)  materi  baru,  memberi  contoh  cara  mengerjakan soal baru, meragakan keterampilan baru dsb. 
2)   Murid belajar dalam tim atau kelompok
Dalam tim atau kelompok itu murid-murid secara bersama memperdalam atau   memperluas  materi  pelajaran,  atau  “menderes”  (mengulang  menghapalkan)  materi  pelajaran),  atau  berlatih  bersama-sama  (bekerja  sama)  mengerjakan  soal-soal (“quiz latihan,” LKS, dsb.). Jadi, untuk tahap kedua STAD itu (kerja  tim)   guru  harus  menyediakan  tugas  yang  harus  dikerjakan  oleh  semua kelompok.  Misalnya  murid  bersama-sama  berlatih  menghitung  luas  segi  tiga  dengan ukuran yang berbeda-beda yang sudah disediakan guru.
3)   Tes akhir sesi
Pada  akhir  “sesi,”  bisa  akhir  satu  pertemuan,  dua  pertemuan,  atau  tiga  pertemuan,  tergantung  pada  isi  pokok  bahasan  atau  materi  pelajaran,  dan  perkiraan  siswa  dapat  menangkap  atau  menguasai  pelajaran,  diadakanlah  tes  individual, dengan “quiz tes,” misalnya. Dalam tes ini tentu tidak ada lagi kerja  sama.
4)   Penilaian dan pemberian penghargaan. 
Tes  akhir  sesi  dikoreksi  (dinilai)  guru  untuk  nantinya  diberitahukan  kepada  seluruh  siswa.  Ada  pemberian  bonus  atau  penghargaan  (tidak  harus  selalu  berupa materi) kepada tim terbaik.   Model  Coopertive Learning  teknik  STAD  menitikberatkan  pada  kerjasama  dalam satu kelompok untuk memecahkan masalah secara bersama-sama.
8.    Strategi Cooperative Learning Teknik STAD dalam Pelaksanaan Pembelajaran  IPS  Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI
Penerapan strategi Learning Community pada pembelajaran IPS dimulai dengan melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang berkompeten.  Guru hendaknya bersedia membuka kelas untuk diamati yaitu: proses pembelajaran yang dilakukan diamati oleh guru lain, bahkan oleh orang tua siswa dan masyarakat. Kolaborasi itu dilaksanakan sejak melaksanakan perencanaan (plan) yaitu menyusun rencana pembelajaran (RP), melakukan pembelajaran (do) yang diamati oleh pengamat (see) dan diakhiri dengan melakukan refleksi untuk mendapatkan masukan dalam rangka peningkatan pembelajaran lebih lanjut. Kegiatan plan, do, see dan refleksi ini dikenal sebagai Lesson Study.
Siswa-siswa sebelumnya sudah mencari informasi tentang tokoh perjuangan proklamasi kemerdekaan, dan berdasarkan informasi yang dia dapat mereka berdiskusi dalam kelompok.  Dalam kegiatan diskusi para siswa diharapkan dapat memecahkan masalah tokoh perjuangan proklamasi kemerdekaan, yang sebelumnya tidak mereka pahami menjadi lebih mereka pahami. Kegiatan selanjutnya adalah melaksanakan diskusi, dengan pelaksanaan diskusi para siswa diahrapkan dapat menghargai pendapat/kemampuan teman sehingga terjadi hubungan antar teman yang saling menghargai, dan pada akhir kegiatan para siswa diharapkan dapat  menemukan sendiri masalah baru dan berusaha memecahkan masalah baru tentang tokoh perjuangan proklamasi kemerdekaan.
Guru membuat siswa berkelompok agar siswa dapat meneliti diri sendiri, dan guru harus mengamati/mengikuti proses berfikir setiap siswa, misalnya siswa sedang dalam tahapan seperti apa, apa kesulitan siswa.. Guru harus mempunyai kemampuan untuk menangkap hal yang tak terungkapkan siswa,  yang terpenting guru tidak menggurui tetapi harus mampu menghubungkan proses pembelajaran setiap siswa agar saling belajar.  Jadi keahlian seorang guru bukan terletak pada kemampuan untuk mengajar sesuatu, tetapi pada kemampuan mendorong setiap siswa agar  dapat belajar dengan siswa lain.

B.       Kerangka Berpikir

Rendahnya  hasil  belajar dan minat  belajar  IPS pada materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI dipengaruhi oleh  berbagai  faktor.  Faktor  yang  mendukung  pelaksanaan  pembelajaran  pada  dasarnya sangat kompleks dan bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang  paling mendasar dan menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran diantaranya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  situasi  dan  kondisi  yang  kondusif,  faktor  guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan penggunaan model pembelajaran.
Hasil penelitian awal yang telah peneliti lakukan masih terdapat perbedaan antara harapan dengan kenyataan yang terjadi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Proklamasi Kemerdekaan dan Proses Terbentuknya Negara RI dan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan RI. Harapannya selain siswa dapat mengalami proses belajar yang benar juga berhasil mencapai suatu kompetensi yang menjadi target pembelajaran.
Sebagai upaya perbaikan maka perlu pemilihan dan penggunaan model pembelajaran yang tepat agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Di antara  berbagai  model  pembelajaran,  satu  diantaranya  adalah  model  cooperative learning tipe STAD, yaitu pembelajaran berkelompok dimana siswa dapat saling  membantu dalam proses pembelajaran sehingga siswa yang kurang dapat dibantu  oleh  teman  kelompoknya  selain  oleh  guru  sebagai  pembimbing.  Model  ini  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  belajar  secara  bersama-sama  atau  gotong  royong  sehingga  makna  kebersamaan  sangat  dominan.  Selain  itu,  model  ini  dapat  mengaktifkan  siswa  dalam  belajar  karena  siswa  didorong  untuk mengemukakan pendapat atau menyanggah berbagai masalah  yang diajukan oleh  rekan sekelompoknya. Dalam  kelompok  tersebut  ada  tanggung  jawab  bersama,  jadi  setiap  anggota aling  membantu  untuk  menutupi  kekurangan  temannya.  Ada  proses  diskusi, saling  bertukar  pendapat,  menghargai  pendapat,pembelajaran  teman  sebaya. kepemimpinan  dalam  mengatur  pembelajaran  di  kelompoknya  sehingga  yang  terjalin  adalah  hubungan  positif.  Guru  menyajikan  pelajaran  kemudian  siswa  bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai  pelajaran  tersebut.  Akhirnya  seluruh  siswa  diberi  kuis  tentang  materi  itu  dengan  catatan  saat  kuis  mereka  tidak  boleh  saling  membantu.  Tipe  pembelajaran  inilah  yang akan diterapkan dalam pembelajaran IPS
Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan dua siklus, dan tiap-tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan aktivitas dan kompetensi yang dicapai, berdasarkan perencanaan yang telah didesain sebelumnya. Pengamat melakukan observasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan sebagai bahan  untuk tujuan perbaikan.  Kondisi akhir yang diharapkan sebagai hasil dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model  cooperative learning tipe STAD adalah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran ……/……. Adapun bagan kerangka berpikir dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :

 



















Gambar 2.1. Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas

C.      Hipotesis Tindakan

Berdasarkan pada uraian di atas, peneliti dapat merumuskan hipotesis tindakan, yaitu sebagai berikut.
a.    Penggunaan model Cooperative Learning Tipe STAD dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi peranan tokoh-tokoh dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan minat belajar siswa VIII-2 SMPN 7 .....................
b.    Penggunaan model Cooperative Learning Tipe STAD dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi peranan tokoh-tokoh dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 7 .....................


Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini