Wednesday 23 December 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU SMP MATA PELAJARAN IPS SMP



















LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUIMETODE BERMAIN PERAN PEMBELAJARAN IPS
KELAS IX-3 SMPN 7 ....................
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan








Oleh :

………………………………………..
NIP. ……………..

UPT ………………………………….





SMPN 7 ....................
Jl. .....................................................
2012


HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)



1.   a.  Judul Penelitian         :    Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran Pembelajaran IPS Kelas IX-3 SMPN 7 ....................  Tahun Pelajaran 2011/2012
       b. Kategori Penelitian     :    Penelitian Tindakan Kelas
2.    Identitas Peneliti
            a.                                 Nama Lengkap            :           …………………………………
            b.                                 NIP      :           ……………………………
            c.                                 Pangkat / Golongan     :          
            d.                                Jabatan             :          
            e.                                 Sekolah            :          
3.     Jumlah peneliti               :    1 orang
4.     Lokasi                             :    IX-3 SMPN 7 ....................
5.     Jangka waktu                 :    3 (tiga) bulan


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti





                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah
                                  



………………….
NIP.……………………..

 



KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran Pembelajaran IPS kelas IX-3 SMPN 7 ....................  Tahun Pelajaran 2011/2012”. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Pengawas SMP/MTs……………………
3.    ……………….., selaku Kepala Sekolah ……………………………..
4.    Segenap warga …………….  khususnya guru-guru ……… yang telah membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.
............,     ............
Penulis


ABSTRAK


Kondisi  pembelajaran  IPS  khususnya di SMPN 7 .................... masih didominasi model  pembelajaran  konvensional  seperti ceramah. Metode ceramah itu lebih menitikberatkan guru sebagai pusat informasi atau  guru  hanya  menyalurkan  ilmu  saja  kepada  siswanya  (teacher  centre), sedangkan  siswa hanya  sebagai pendengar  setia  saja. Pada akhirnya sering kali kita mendengar bahwa pelajaran IPS itu  sangat  membosankan,  jenuh  bahkan  siswa  menjadi  pasif  dalam  proses pembelajaran  berlangsung.  Siswa  tidak  antusias  dalam  proses  pembelajaran tersebut, yang berdampak tidak berhasilnya siswa dalam pembelajaran IPS di IX-3 SMPN 7 ....................  Tahun Pelajaran 2011/2012. Upaya perbaikan  yang dilakukan adalah melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode bermain peran. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa siswa kelas IX-3 SMPN 7 ....................  Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan penerapan metode bermain peran melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dan dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada masing-masing siklusnya. Subjek penelitian siswa kelas X-3 SMPN 7 .................... sebanyak 24 siswa. Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan observasi, lembar Kerja Siswa, lembar Wawancara, dan lembar Evaluasi. Analisis data ini dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian membuktikan penerapan metode bermain peran mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS, hal ini dibuktikan dengan peningkatan keaktifan belajar dari dari 33,33% atau 8 siswa  pada studi awal menjadi, 54,17% atau 13 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 100%, dan peningkatan nilai rata-rata kelas dari  57,50 pada studi awal menjadi 62,08 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 71,25 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 5 orang siswa (20,83%) pada studi awal, menjadi 41,67% atau 10 siswa, dan pada siklus terakhir menjadi 87,50% atau 21 siswa dari 24 siswa yang mengikuti pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Kesimpulannya adalah penerapan metode bermain peran mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX-3 SMPN 7 ....................  Tahun Pelajaran 2011/2012. 

Kata Kunci : peningkatan, bermain peran, keaktifan, hasil, belajar










DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................      
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.   Analisis Masalah ....................................................................       
D.  Pembatasan Masalah ..............................................................       
E.   Rumusan Masalah ..................................................................       
F.   Tujuan Penelitian....................................................................       
G.  Manfaat Penelitian..................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................       
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian....................................................................       
B.     Subyek Penelitian ..................................................................       
C.     Data dan Sumber Data...........................................................       
D.    Teknik Pengumpulan Data .....................................................       
E.     Validitas Data.........................................................................       
F.      Teknik Analisa Data ..............................................................       
G.    Indikator Keberhasilan...........................................................       
H.    Prosedur Penelitian ................................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian.......................................................................       
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     PENUTUP
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran dan Tindak Lanjut........................................................       

DAFTAR PUSTAKA                       
LAMPIRAN-LAMPIRAN




DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal...........................         

Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan  Siswa Pada  Kondisi Awal                 

Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif pada  Siklus I............................         

Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pada  Siklus I                 

Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif pada  Siklus II..........................         

Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi ...............................................................................         

Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II              

Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus I dan Siklus II                      





















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1  Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas.........................         

Gambar    4.1  Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan II..................................................................................................         
                
Gambar    4.2  Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                   

Gambar    4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Siklus I dan II         ..................................................................................................































DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                               Halaman

Lampiran   1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran   2     Surat Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran   3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran   5     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran   6     Daftar Hadir Siswa Pra siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   7     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer
Lampiran   8     Hasil Nilai Tes Formatif Siklus I
Lampiran   9     Hasil Nilai Tes Formatif Siklus II
Lampiran   10   Data Hasil Observasi Siklus I
Lampiran   11   Data Hasil Observasi Siklus II
Lampiran  12   Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran   13   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra siklus, Siklus I dan Siklus II



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Kondisi  pembelajaran  IPS  di  negara  kita  sampai  saat  ini  masih    banyak diwarnai  dengan  menggunakan  model  pembelajaran  konvensional  seperti ceramah. Metode ceramah itu lebih menitikberatkan guru sebagai pusat informasi atau  guru  hanya  menyalurkan  ilmu  saja  kepada  siswanya  (teacher  centre), sedangkan  siswa hanya  sebagai pendengar  setia  saja. Ditambah  lagi  guru  sering menugaskan siswa untuk menghapal atau menulis (mencatat) semua materi dalam pembelajaran IPS. Pada akhirnya sering kali kita mendengar bahwa pelajaran IPS itu  sangat  membosankan,  jenuh  bahkan  siswa  menjadi  pasif  dalam  proses pembelajaran  berlangsung.  Siswa  tidak  antusias  dalam  proses  pembelajaran tersebut, yang berdampak  tidak berhasilnya siswa dalam pembelajaran  IPS.
Pada akhirnya sering kali kita mendengar bahwa pelajaran IPS itu  sangat  membosankan,  jenuh  bahkan  siswa  menjadi  pasif  dalam  proses pembelajaran  berlangsung.  Siswa  tidak  antusias  dalam  proses  pembelajaran tersebut,  yang berdampak tidak berhasilnya siswa dalam pembelajaran  IPS. Oleh karena  itu,  keberhasilan  dalam  proses  belajar  mengajar  dipengaruhi  oleh kemampuan  guru  dalam  menggunakan  strategi,  metode  dan  teknik  belajar  serta kurang  variatifnya  guru  dalam  menggunakan  metode-metode  pembelajaran tersebut  yang  sesuai  dengan    materi  yang  akan  disampaikan  oleh  guru  ketika proses belajar mengajar berlangsung.
Oleh karena  itu,  keberhasilan  dalam  proses  belajar  mengajar  dipengaruhi  oleh kemampuan  guru  dalam menggunakan  strategi, metode  dan  teknik  belajar  serta kurang  variatifnya  guru  dalam  menggunakan  metode-metode  pembelajaran tersebut  yang  sesuai  dengan    materi  yang  akan  disampaikan  oleh  guru  ketika proses belajar mengajar berlangsung.
Permasalahan yang muncul pada saat proses pembelajaran terbukti dengan rendahnya  hasil tes formatif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Politik dan Ekonomi Indonesia Pascapengakuan Kedaulatan ternyata hanya terdapat 5 siswa (20,83%) dari 24 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan atau penguasaan materi 80% ke  atas., sedangkan sisanya sebanyak 19 siswa (79,17%) dinyatakan belum tuntas, dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 57,50 serta tingkat keaktifan belajar yang masih sangat rendah yaitu 33,33% atau hanya 8 siswa dari jumlah siswa sebanyak 24 siswa.

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas, peneliti meminta bantuan supervisor dan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu :
1.    Penguasaan siswa tentang  konsep pembelajaran masih rendah
2.    Tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran  IPS yang berdampak hasil belajar rendah.
3.    Keaktifan  siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran kurang sesuai dengan harapan.
4.    Ketidakseriusan siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang kurang memperhatikan penjelasan yang diberikan guru selama proses pembelajaran berlangsung.

C.    Analisis Masalah  

Melalui refleksi diri, kaji literatur dan diskusi dengan supervisor dan teman sejawat dapat diketahui bahwa kemungkinan faktor penyebab timbulnya masalah di atas adalah :
1.    Model pembelajaran yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar sehingga penguasaan konsep materi pembelajaran menjadi kurang baik.
2.    Guru tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan penemuan informasi.
3.    Guru tidak mampu membaca situasi dan kondisi pada saat pembelajaran berlangsung.
4.    Ketidakmampuan  guru  memperhatikan perbedaan kemampuan siswa
5.    Guru yang terkesan kaku dalam penyampaian materi
Apabila hal ini dibiarkan akan berakibat makin merosotnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba melakukan upaya perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada pembelajaran IPS materi Politik dan Ekonomi Indonesia Pascapengakuan Kedaulatan di kelas IX-3 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan penerapan metode bermain peran dengan harapan dapat memecahkan masalah pembelajaran yang terjadi.

D.    Perumusan Masalah

1.      Apakah dengan penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IX-3 SMPN 7 .................... pada materi Politik dan Ekonomi Indonesia Pascapengakuan Kedaulatan?
2.      Apakah dengan penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-3 SMPN 7 .................... pada materi Politik dan Ekonomi Indonesia Pascapengakuan Kedaulatan ?

E.     Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah sebagaimana tersebut di atas, agar memiliki arah yang jelas, ditetapkan tujuan penelitian sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa siswa kelas IX-3 SMPN 7 ....................  materi Politik dan Ekonomi Indonesia Pascapengakuan Kedaulatan dengan penerapan metode bermain peran.
2.      Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa siswa kelas IX-3 SMPN 7 .................... pada materi Politik dan Ekonomi Indonesia Pascapengakuan Kedaulatan dengan penerapan metode bermain peran

F.     Manfaat Penelitian

Diharapkan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis  :
  1. Manfaat Teoritis
a.       Manfaat dari pembahasan masalah ini adalah untuk menambah pengetahuan bentuk dan cara mengatasi masalah kurangnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Politik dan Ekonomi Indonesia Pascapengakuan Kedaulatan dengan penerapan metode bermain peran.
b.      Sebagai dasar penelitian lebih lanjut.
  1. Manfaat Praktis
a.       Siswa yaitu :
1)      Memperbaiki cara belajar siswa agar lebih baik lagi
2)      Memberikan rangsangan dan keaktifan belajar siswa
3)      Meningkatkan hasil belajar siswa
4)      Siswa merasa mendapat perhatian khusus dari guru
b.      Guru yaitu :
1)      Dapat memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya karena sasaran akhir dari penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran
2)      Guru dapat berkembang secara profesional karena dapat menunjukkan bahwa ia mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya
3)      Membuat guru jadi lebih percaya diri
4)      Guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan sendiri.
c.       Sekolah yaitu :
1)      Mengembangkan mutu dan hasil belajarnya
2)      Meningkatkan kualitas pendidikan
3)      Mempunyai kesempatan untuk berkembang pesat
4)      Menciptakan hubungan kolegial yang sehat





BAB II
KAJIAN  PUSTAKA

A.    Kajian Teori

1.      Hakikat Mata Pelajaran IPS Di SMP/MTs
a.       Definisi Mata Pelajaran IPS Di SMP/MTs
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP dan MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa SMP dan MTs sebagaimana yang diungkapkan oleh Sapriya (2009: 12) bahwa IPS pada kurikulum sekolah (satuan pendidikan), pada hakikatnya merupakan mata pelajaran wajib sebagaimana dinyatakan dalam Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 37 yang berbunyi bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat ilmu pengetahuan sosial. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sebagai mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh peserta didik, merupakan mata pelajaran yang disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Pembelajaran IPS yang disusun secara terpadu, memiliki tujuan agar peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan. Oleh sebab itu, pembelajaran IPS di tingkat SMP dan MTs di Indonesia seharusnya menerapkan pembelajaran IPS secara terpadu.
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Indonesia banyak dipengaruhi dari perkembangan Social Studies di negara barat. Social Studies adalah sebutan mata pelajaran IPS yang ada di sekolah luar negeri seperti di Amerika. Sapriya (2009: 34) menyatakan bahwa “sejumlah teori dan gagasan Social Studies telah banyak mempengaruhi perkembangan mata pelajaran IPS sebagai bagian dari sistem kurikulum di Indonesia”.
Pendapat senada dijelaskan oleh Ross (2006: 22) yang menjelaskan beberapa pendekatan, isi, dan maksud tentang mata pelajaran IPS sebagai kurikulum, yakni:
Subcjet-centered approaches argue that the Social Studies curriculum derives its content and purposes from disciplines taught in higher education. Some advocates would limit Social Studies curriculum ti the study of traditional history and geography while others would also include the traditional social sciences (e.g., anthropology, economics, political science, sociology, psychology). Still other would inter and multidisciplinary areas such as ethnic studies, law, women’s studies, cultural studies, and gay/lesbian studies.

Berdasarkan pendapat Ross, maka mata pelajaran IPS atau yang dikenal dengan Social Studies tidak hanya sebatas disiplin ilmu sosial yang terdiri dari antropologi, ekonomi, geografi, sejarah, dan hukum namun dapat dikaitkan dengan berbagai multidispliner keilmuan yang terdiri dari suku, gender, budaya, dan penyimpangan sosial.
Begitu pula dengan mata pelajaran IPS yang ada di Indonesia. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Sapriya (2009:7) bahwa “mata pelajaran IPS merupakan sebuah nama mata pelajaran integrasi dari mata pelajaran sejarah, geografi, dan ekonomi serta pelajaran ilmu sosial lainnya”. Muhammad Numan Somantri (2001: 44) menjelaskan dan merumuskan tentang IPS di tingkat sekolah adalah “suatu penyederhanaan disiplin ilmu-ilmu sosial, psikologi, filsafat, ideologi negara, dan agama yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan”.
Dengan demikian, maka mata pelajaran IPS di  Indonesia ialah penyederhanaan ilmu-ilmu sosial yang disajikan secara ilmiah dan psikologis yang memiliki tujuan untuk bidang pendidikan. Dari berbagai macam pendekatan yang diungkapkan oleh para ahli, maka pada hakikatnya mata pelajaran IPS untuk tingkat SMP dan MTs adalah integrasi dan penyederhanaan dari berbagai macam displin ilmu ilmu sosial yang disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu. Dengan pendekatan tersebut, diharapkan peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam.
b.      Tujuan Mata Pelajaran IPS Di SMP/MTs
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP dan MTs di Indonesia memiliki salah satu tujuan untuk mengembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2006 (Supardi, 2010: 185). Hal ini sejalan dengan tujuan mata pelajaran IPS di negara barat yang dikenal dengan Social Studies. Ada beberapa tujuan social studies di Amerika sebagaimana yang diungkapkan oleh Ross (2006: 18) yaitu

Social Studies in the broadest sense, that is, the preparation of young people so that they possess the knowledge, skills, and values neccessary for active participation in society, has been a primary part of schooling in North America since colonial times.

Menurut Ross, Social Studies memiliki tujuan untuk mempersiapkan kemampuan peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai agar siswa mampu berpatisipasi aktif dalam kehidupan sosial dan masyarakat.
Begitu pula dengan tujuan mata pelajaran IPS di Indonesia tingkat SMP dan MTs, sebagaimana yang diungkapkan oleh Arnie Fajar (2005: 114), yakni:
1)      Mengembangkan kemampuan berpikir, inkuiri, pemecahan masalah, dan keterampilan sosial.
2)      Membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan
3)      Meningkatkan kemampuan berkompetisi dan bekerja sama dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Muhammad  Numan Somantri (2001: 44) mendefinisikan dan merumuskan tujuan IPS untuk tingkat sekolah sebagai mata pelajaran, yaitu 1) menekankan pada tumbuhnya nilai-nilai kewarganegaraan, moral ideologi negara, dan agama, 2) menekankan pada isi dan metode berpikir ilmuan sosial, dan 3) menekankan pada reflective inquiry. Berdasarkan pendapat Numan Somantri, maka mata pelajaran IPS di tingkat SMP, menekankan kepada tumbuhnya nilai-nilai kewarganegaraan, moral, ideologi, agama, metode berpikir sosial, dan inquiry. Berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka tujuan mata pelajaran IPS di tingkat Sekolah Menengah Pertama di Indonesia, untuk mengembangkan kemampuan berpikir, inkuiri, keterampilan sosial, dan membangun nilai-nilai kemanusiaan yang majemuk baik skala lokal, nasional, dan global.
c.       Ruang Lingkup Mata Pelajaran IPS Di SMP/MTs
Berdasarkan tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang telah dijelaskan di atas, maka untuk mengembangkan tujuan tersebut diperlukan suatu ruang lingkup keilmuan untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS di kelas. Arnie Fajar (2005: 114) menjelaskan beberapa ruang lingkup mata pelajaran IPS di SMP dan MTs yang dapat dikaji oleh peserta didik, yaitu sebagai berikut:
1)   Sistem Sosial dan Budaya
2)   Manusia, Tempat, dan Lingkungan
3)   Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
4)   Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
5)   Sistem Berbangsa dan Bernegara
Supardi (2011: 186), menjelaskan dan merumuskan beberapa hal tentang ruang lingkup IPS yang didasarkan kepada pengertian dan tujuan dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2006 yakni:
1)   Materi kajian IPS merupakan perpaduan atau integrasi dari berbagai cabang-cabang ilmu-ilmu sosial dan humaniora, sehingga akan lebih bermakna dan kontekstual apabila materi IPS didesain secara terpadu.
2)   Materi IPS juga terkait dengan masalah-masalah sosial kemasyarakatan dan kebangsaan, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, serta tuntutan dunia global.
3)   Jenis materi IPS dapat berupa fakta, konsep, dan generalisasi, terkait juga dengan aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan nilai-nilai spritual.
Dengan demikian ruang lingkup mata pelajaran IPS di SMP dan MTs, merupakan perpaduan dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial, ilmu humaniora, dan masalah-masalah sosial baik berupa fakta, konsep, dan generalisasi untuk mengembangkan aspek kognitif, psikomotor, afektif, dan nilai-nilai spiritual yang dimiliki oleh peserta didik.
2.      Belajar dan Pembelajaran
a.   Belajar
Menurut  Gangne  belajar  merupakan  dis  posisi  atau  kecakapan  manusia yang berlangsung selama periode waktu tertentu dan perubahan prilaku itu tidak berasal dari proses pertumbuhan (Anonim, 2004: 4).Suparno  (2001:  2)  belajar  yaitu  suatu  aktifitas  yang  menimbulkan perubahan  yang  relatif  permanen  sebagai  akibat  dari  upaya-upaya  yang dilakukan.  Perubahan-perubahan  tersebut  tidak  disebabkan  faktor  kelemahan, kematangan ataupun mengkonsumsi obat.
Selanjutnya  Edi  (1995:  249)  menyimpulkan  tentang  pengertian  belajar yaitu:
1)      bahan  belajar  itu  menambah  perubahan  (behavioral  change,  actual  maupun pontensial)
2)      bahwa perubahan itu pada pokoknya adalah didapatkan kecakapan baru.
3)      bahan perubahan itu terjadi karena usaha (dengan sengaja).
Anonim  dalam  pisikologi  belajar  (2004:  2)  mengungkapkan  bahwa konsep tentang belajar mengajar unsur utama yaitu:
1)      Belajar berkaitan dengan perubahan prilaku
2)      Perubahan prilaku itu terjadi karena didahului oleh proses pengalaman.
3)      Perubahan perilaku karena belaja bersifat relatif permanen. 
Dapat  disimpulkan  dari  keempat  pendapat  di  atas  bahwa  belajar  adalah suatu  perubahan  dalam  tingkah  laku,  di mana  perubahan  itu  dapat  mengarah kepada  tingkah  laku  yang  lebih  baik  atau  kemungkinan  mengarah  pada  tingkah laku  yang  lebih  buruk  yang  terjadi  melalui  latihan  atau  pengalaman  dan perubahan  itu  harus  relatif  mantap,  harus  merupakan  akhir  dari  pada  suatu periode  waktu  yang  cukup  panjang  di mana  berapa  lama  periode  waktu  itu berlangsung.
Selama  hidup  manusia  selalu  mengalami  proses  belajar  tetapi  manusia tidak  pernah  menyadari  bahwa  manusia  sedang  belajar.  Dalam  pendidikan sekolah,  siswa  merasakan  belajar  karena  sistem  pengajaran  di  sekolah  telah terarah  memiliki  tujuan  tertentu.  Untuk  mencapai  tujuan  yang  telah  ditentukan tersebut,  maka  para  guru  mengunaka  sebagai  macam  metode  mengajar  dan media  pembelajaran  agar  kelak  di  kemudian  hari  para  siswa  mampu menerapkan apa yang telah diperolehnya dalam kehidupan di masa mendatang.
b.   Pembelajaran
Pembelajaran  adalah  upaya  menciptakan  iklim  dan  pelayanan  terhadap kemampuan,  potensi,  minat,  bakat  dan  kebutuhan  siswa  yang  beragam  agar  terjadi interaksi optimal antara guru dengan siswa serta antara siswa dengan siswa (Suyitno, 2004:2).  Matematika  merupakan  mata  pelajaran  yang  cukup  mendasar,  hampir  di setiap  jenjang  pendidikan  diajarkan.  Beberapa  sifat  atau  karakteristik  pembelajaran matematika adalah sebagai berikut.
1)      Pembelajaran matematika adalah berjenjang (bertahap).
2)      Pembelajaran matematika mengikuti metode spiral.
3)      Pembelajaran matematika menekankan pola pikir deduktif.
4)      Pembelajaran matematika mengikuti kebenaran konsistensi. (Suherman  dkk,  2003:68). 
Prinsip  pembelajaran  yang  bersumber  dari  teori behavioristik  yaitu  pembelajaran  dapat  menimbulkan proses belajar dengan baik bila (1) si belajar berpartisipasi secara aktif, (2) materi disusun dalam bentuk unit-unit kecil dan  diorganisir  secara  sistematis  dan  logis,  dan  (3)  tiap  respon  si  pebelajar  diberibalikan  dan  disertai  penguatan  (Sugandi,  2004:10).  Menurut  Mandigers  agar  anak mudah  dan  berhasil  dalam  belajar,  dalam  mengajar  guru  perlu  memperhatikan,  (1) prinsip  aktivitas  mental,  (2)  prinsip  menarik  perhatian,  (3)  prinsip  penyesuaian perkembangan  siswa,  (4)  prinsip  appersepsi,  (5)  prinsip  peragaan,  dan  (6)  prinsip  aktivitas motorik (Sugandi, 2004:12). Piaget mengemukakan  tiga  prinsip  utama  pembelajaran,  yaitu  (1)  belajar  aktif,  (2) belajar lewat  interaksi  sosial,  dan  (3)  belajar  lewat  pengalaman  sendiri.  Belajar  aktif  merupakan  proses  pembelajaran  yang  aktif  karena  pengetahuan  terbentuk  dari  dalam  subjek  belajar.  Belajar  lewat  interaksi  sosial  yaitu  proses  pembelajaran  perlu  diciptakan  suasana  yang  memungkinkan  terjadinya  terjadinya  interaksi  di  antara  subjek  belajar.  Sedangkan  belajar  lewat  pengalaman  sendiri  berarti  dalam  proses  pembelajaran dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa (Sugandi, 2004:36).
3.      Keaktifan
Menurut Anton M. Mulyono (2001 : 26) keaktifan adalah kegiatan atau aktivitas atau segala sesuatu yang dilakukan atau kegiatankegiatan yang terjadi baik fisik maupun non fisik. Menurut Sanjaya (2007:101-106) aktivitas tidak hanya ditentukan oleh aktivitas fisik semata, tetapi juga ditentukan oleh aktivitas non fisik seperti mental, intelektual dan emosional. Keaktifan yang dimaksudkan di sini penekanannya adalah pada siswa, sebab dengan adanya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan tercipta situasi belajar aktif.
Menurut Rochman Natawijaya (dalam Depdiknas 2005 : 31) belajar aktif adalah suatu sistem belajar mengajar yang menekankan keaktifan siswa secara fisik, mental intelektual dan emosional guna memperoleh hasil belajar yang berupa perpaduan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Belajar aktif sangat diperlukan oleh siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum. Ketika siswa pasif atau hanya menerima informasi dari guru saja, akan timbul kecenderungan untuk cepat melupakan apa yang telah diberikan oleh guru, oleh karena itu diperlukan perangkat tertentu untuk dapat mengingatkan yang baru saja diterima dari guru.
Menurut Raka Joni (1992: 19-20) dan Martinis Yamin (2007: 80- 81) menjelaskan bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan manakala : (1) pembelajaran yang dilakukan lebih berpusat pada siswa, (2) guru berperan sebagai pembimbing supaya terjadi pengalaman dalam belajar (3) tujuan kegiatan pembelajaran tercapai kemampuan minimal siswa (kompetensi dasar), (4) pengelolaan kegiatan pembelajaran lebih menekankan pada kreativitas siswa, meningkatkan kemampuan minimalnya, dan mencapai siswa yang kreatif serta mampu menguasai konsep-konsep, dan (5) melakukan pengukuran secara kontinu dalam berbagai aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Menurut kamus besar bahasa Indonesia, keaktifan adalah kegiatan (Poerwodarminto, 1992 : 17), sedang belajar merupakan proses perubahan pada diri individu kearah yang lebih baik yang bersifat tetap berkat adanya interaksi dan latihan. Jadi keaktifan belajar adalah suatu kegiatan individu yang dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik pada diri individu karena adanya interaksi antara individu dengan individu dan individu dengan lingkungan.
Dari penjelasan di atas maka dapat penulis simpulkanbahwa keaktifan belajar adalah suatu kegiatan yang menimbulkan perubahan pada diri individu baik tingkah laku maupun kepribadian yang bersifat kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian yang bersifat konstan dan berbekas. Keaktifan belajar akan terjadi pada diri siswa apabila terdapat interaksi antara situasi stimulus dengan isi memori, sehingga perilaku siswa berubah dari waktu sebelum dan sesudah adanya situasi stimulus tersebut.


4.      Hasil Belajar
Sebagai  pendidik  senantiasa  ingin  mengetahui  keberhasilan  proses pembelajaran  yang  dilakukan  telah  mencapai  tujuan  pendidikan  yang  ada  dalam KTSP  atau  belum.  Untuk  itu  harus  ditentukan  apa  yang  akan  kita  nilai  sehingga hasil belajar siswa sesuai dengan yang di harapkan.  Menurut Wahab, A. A (2007:85) bahwa ’hasil belajar adalah merupakan kerjasama antara guru dan siswa’.  Namun demikian metode atau teknik mengajar hanyalah  salah  satu  komponen  penting  di  dalam  keseluruhan interaksi  belajar mengajar atau interaksi edukatif. Hasil  belajar  adalah  pola-pola  perbuatan,  nila-nilai,  pengertian-pengertian,  sikap-sikap,  apresiasi,  abilitas  dan  keterampilan.  Siswa  memperoleh informasi  dan  perubahan  dari  segi  afektif,  kognitif,  dan  psikomotor  dari pembelajaran yang dilakukan. Hasil  belajar  merupakan  tingkat  keberhasilan  siswa  setelah  mengikuti suatu  kegiatan  belajar  mengajar  yang  ditampilkan  dalam  beberapa  bentuk  hasil belajar.  Proses  belajar  mengajar  yang  optimal  memungkinkan  hasil  belajar optimal  pula.  Oleh  karena  itu,  perlu  menggunakan  metode  atau  teknik  mengajar yang tepat agar mencapai hasil belajar yang optimal. Untuk mengumpulkan informasi tentang kemampuan belajar siswa dapat dilakukan beragam teknik, baik berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar.  Teknik  untuk  mengumpulkan  informasi  tersebut  pada  prinsipnya  adalah cara  penilaian  kemajuan  belajar  siswa  terhadap  pencapaian  standar  kompetensi dan  kompetensi  dasar.  Penilaian  satu  kompetensi  dasar  dilakukan  berdasarkan indikator-indikator pencapaian hasil belajar, baik berupa domain kognitif, afektif, maupun  psikomotor.  Ada  7  (tujuh)  teknik  yang  yang  dapat  digunakan,  yaitu penilaian  unjuk  kerja,  penilaian  sikap,  penilaian  tertulis,  penilaian  proyek, penilaian  produk,  penggunaan  portifolio  dan  penilaian  diri  (Pedoman  Model Penilaian Kelas, 2006:41). Untuk  mengetahui  hasil  belajar  siswa  pada  konsep  masalah-masalah sosial  dengan menggunakan metode bermain peran (role playing), alat ukur atau teknik  penilaian  yang digunakan  salah  satunya  adalah  penilaian  unjuk  kerja  dan penilaian tertulis.
5.      Ketuntasan Belajar
Konsep ketuntasan belajar didasarkan pada konsep pembelajaran tuntas. Pembelajaran tuntas merupakan istilah yang diterjemahkan dari istilah “mastery learning”. Mastery learning atau belajar tuntas, artinya penguasaan penuh. Penguasaan penuh ini dapat dicapai apabila siswa mampu menguasai materi tertentu secara menyeluruh yang dibuktikan dengan hasil belajar yang baik pada materi tersebut. Nasution, S (1982: 38) juga menyebutkan beberapa faktor yang mempengaruhi penguasaan penuh, yaitu: (1) bakat untuk mempelajari sesuatu, (2) mutu pengajaran, (3) kesanggupan untuk memahami pengajaran, (4) ketekunan, (5) waktu yang tersedia untuk belajar. Kelima faktor tersebut perlu diperhatikan guru, ketika melaksanakan pembelajaran tuntas. Sehingga siswa dapat mencapai ketuntasan belajar sesuai kriteria yang telah ditetapkan.
Mastery learning dapat memberikan semangat pada pembelajaran di sekolah dan dapat membantu mengembangkan minat dalam pembelajaran tersebut. Pembelajaran yang berkesinambungan ini harus menjadi tujuan utama dalam pendidikan yang modern. Ciri-ciri pembelajaran tuntas antara lain: (1) pendekatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa (child center), (2) mengakui dan melayani perbedaan-perbedaan perorangan siswa (individual personal), (3) strategi pembelajaran berasaskan maju berkelanjutan (continuous progress), (4) pembelajaran dipecah-pecah menjadi satuan-satuan (cremental units).  (Block, James H, 1991: 62)
Standar ketuntasan belajar siswa ditentukan dari hasil prosentase penguasaan siswa pada Kompetensi Dasar dalam suatu materi tertentu. Kriteria ketuntasan belajar setiap Kompetensi Dasar berkisar antara 0-100%. Menurut Departemen Pendidikan Nasional, idealnya untuk masing-masing indikator mencapai 75%. Sekolah dapat menetapkan sendiri kriteria ketuntasan belajar sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing.
6.      Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran adalah suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam setting tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum dan lain-lain. Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar. (Saripuddin, 1996: 78)
Metode adalah cara yang digunakan oleh guru/peserta didik dalam mengolah informasi yang berupa fakta, data, dan konsep pada proses pembelajaran yang mungkin terjadi dalam suatu strategi.  Dengan demikian dalam proses pembelajaran terdapat hubungan yang erat antara strategi dan metode.  Untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Pada saat menetapkan strategi yang digunakan, guru harus cermat memilih dan menetapkan metode yang sesuai.
Dari kedua pandangan di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran itu tidak lain adalah suatu pola atau kerangka konseptual yang berisi prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. metode atau pola ini menjadi pedoman bagi guru dan perancang pembelajaran dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran
7.      Metode Bermain Peran
Banyak pendapat para ahli yang mengungkapkan tentang pengertian metode bermain peran  (role palying).  Di bawah ini  akan  dipaparkan sebagian pengertian metode tersebut, diantaranya sebagai berikut:
a)      Sagala (2007:213) mengungkapkan bahwa: metode bermain peran (role playing) merupakan cara menyajikan bahan pelajaran  dengan  mempertunjukkan  dan  mempertontonkan  atau mendramatisasikan  cara  tingkah  laku  dalam  hubungan  sosial.  Jadi, metode bermain peran (role playing) ialah metode mengajar yang dalam pelaksanaannya  peserta  didik  mendapat  tugas  dari  guru  untuk mendramatisasikan suatu situasi sosial  yang  mengandung suatu problem agar peserta didik dapat memecahkan masalah yang muncul dari situasi. 

b)      Fanie  dan  Shaftel  (1967)  yang  di  kutip  oleh  Wahab,  A.  A  (2007:109) mengungkapkan bahwa: metode  bermain  peran  (role  playing)  dirancang  khususnya  untuk membantu para siswa mempelajari nilai-nilai sosial dan pencerminannya dalam  perilaku.  Dan  bahwa  metode  bermain  peran  (role  playing) mempunyai  berbagai  fungsi  namun  dua  fungsi  utamanya  adalah “education for citizen” dan “group counseling” yang dilakukan oleh guru di kelas. 

c)      Surachman (1984:102) mengemukakan bahwa : metode  bermain  peran  (role  playing)  dalam  pelaksanaannya  sering disilihgantikan.  Bermain  peran  (role  playing)  menekankan  kenyataan dimana  siswa  diturutsertakan  dalam  memainkan  peranan  dan mendramatisasikan masalah-masalah hubungan sosial. 

d)     Menurut Drs. H. Martinis Yamin (2007 : 166), Metode bermain peran adalah metode yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Siswa melakukan peran masing sesuai dengan tokoh yang ia lakoni, mereka berinteraksi sesama meraka melakukan peran terbuka. Metode ini dapat dipergunakan di dalam mempraktikkan isi pelajaran yang baru, mereka diberi kesempatan seluas-luasnya untuk memerankan sehingga menemukan kemungkinan masalah yang akan dihadapi dalam pelaksanaan sesungguhnya. Metode ini menuntutkan guru untuk mencermati kekurangan dari peran yang diperagakan siswa.


Metode bermain peran adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang diperankan. Permainan merupakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak. Apa yang dilakukan siswa adalah suatu bentuk permainan, untuk itu bermain peran juga sangat mendukung kemampuan dan daya pikir siswa, karena dengan bermain peran siswa dapat merasakan perasaan orang lain, tenggang rasa, dan toleransi yang menimbulkan diskusi yang hidup karena siswa menghayati sendiri perannya. (Roetiyah, NK : 1998 : 87).
Penggunaan  metode  yang  sesuai  dapat  ditemui  pada  metode  bermain peran.  Dalam  metode  bermain  peran  siswa  bisa  berperan  atau  memainkan peranan  dalam  dramatisasi  masalah  sosial  itu  (Roestiyah,  1989:90).  Metode bermain  peran  berarti  cara  menyajikan  bahan  pelajaran  dengan mempertunjukkan  dan  mempertontonkan  cara  tingkah  laku  dalam  hubungan sosial,  di mana  siswa  berkesempatan  terlibat  secara  aktif  di  dalam  proses pembelajaran.
Metode  adalah  salah  satu  komponen  yang  harus  diperhatikan  dalam  setiap proses  belajar  mengajar.  Sebagaimana  Suradisastra,  dkk  (1991/1992:91) mengungkapkan bahwa: Metode adalah cara yang dianggap efisien yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan suatu mata pelajaran tertentu kepada siswa-siswa agar tujuan yang  telah  dirumuskan  sebelumnya  dalam  proses  kegiatan  pembelajaran dapat tercapai dengan efektif.
Sebagai  sebuah  cara  dan  alat,  maka  akan  sangat  tergantung  kepada keterampilan  pemakainya  serta  kondisi  dan  keadaan  yang  dihadapi.  Untuk mencapai  suatu  tujuan  tertentu  maka,  sebuah  alat  harus  difungsikan  dengan  baik oleh pemakainya. Dalam hal ini guru sebagai orang  yang menggunakan alat atau metode  dalam  mengajar  harus  memilih  metode  yang  tepat  dalam  proses  belajar mengajar,  karena  banyak  sekali  jenis-jenis  metode  dalam  pengajaran.  Salah  satu metode  dalam  proses  belajar  mengajar  adalah  bermain  peran  (role  playing).  Wahab, A. A (2007:109) mengemukakan dalam bukunya bahwa: Bermain  peran  (role  palying)  adalah  berakting  sesuai  dengan  peran  yang telah  ditentukan  terlebih  dahulu  untuk  tujuan-tujuan  tertentu  seperti menghidupkan  kembali  suasana  historis  misalnya  mengungkapkan  kembali perjuangan  para  pahlawan  kemerdekaan,  atau  mengungkapkan kemungkinan keadaan yang akan datang. 
Kelebihan metode bermain peran pada pelaksanaan proses pembelajaran sebagai berikut.
a.   Seluruh siswa mempunyai kesempatan untuk memajukan kemampuannya dalam bekerja sama.
b.      Siswa bebas mengambil keputusan dan berekspresi secara utuh.
c.       Permainan merupakan penemuan yang mudah dan dapat digunakan dalam situasi dan waktu yang berbeda.
d.      Guru dapat mengevaluasi pemahaman tiap siswa melalui pengamatan pada waktu melakukan permainan.
e.       Permainan merupakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak.
Adapun penjelasan mengenai kelemahan metode bermain peran pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran adalah
a.   Tidak semua guru menguasai kompetensi yang akan disimulasikan sehingga jika dipaksa menerapkan metode bermain peran, maka simulasi tidak mewakili kondisi nyata.
b.   Tidak semua guru memiliki kompetensi merancang kegiatan simulasi
c.   Memerlukan persiapan dan penyiapan yang matang serta membutuhkan banyak waktu dan sumberdaya lainnya
d.   Bisa terjadi demotivasi dalam diri siswa yang kurang berperan dalam kegiatan tersebut atau memainkan peran yang kurang disukainya.

B.     Kerangka Berpikir

Suriasumantri, 1986 dalam (Sugiyono, 2009:92) mengemukakan bahwa seorang peneliti harus menguasai teori-teori ilmiah sebagai dasar menyusun kerangka pemikiran yang membuahkan  hipotesis.  Adapun kerangka berpikir pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :

 















Gambar 2.1. Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas

C.    Hipotesis Tindakan

Berdasarkan penjelasan sebagaimana kajian terori di atas maka dapat dirumuskan hipotesis tindakan untuk penelitian ini, yaitu sebagai berikut :
1.      Penggunaan dengan penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan materi Politik dan Ekonomi Indonesia Pascapengakuan Kedaulatan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
2.      Penggunaan dengan penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan materi Politik dan Ekonomi Indonesia Pascapengakuan Kedaulatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini