Tuesday, 22 December 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU SMP MATA PELAJARAN IPS SMK













LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



PENERAPAN  MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS
SISWA KELAS X SMK PERSIAPAN NEGERI ...............
TAHUN PELAJARAN 2013/2014







Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan ..... ke ....







Oleh

..........................................
NIP. ..............................



SMK PERSIAPAN NEGERI ...............
Jl. ………………………………….
……………..

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Penerapan  Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPS  Siswa Kelas X SMK Persiapan Negeri ...............  Tahun Pelajaran 2013/2014
      b.   Bidang Ilmu                         : Ilmu Pengetahuan Sosial
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMK Persiapan Negeri ...............
      f.    Tempat Penelitian                :  SMK Persiapan Negeri ...............
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya



                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah



………………….
NIP.……………………..



KATA PENGANTAR



Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis  dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di kelas X SMK Persiapan Negeri ............... dengan judul : Penerapan  Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPS  Siswa Kelas X SMK Persiapan Negeri ...............  Tahun Pelajaran 2013/2014. Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan ….. ke …...
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala Dinas………………..
2.      Pengawas SMA/SMK Dinas …………………………….
3.      Kepala sekolah SMK Persiapan Negeri ............... yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMK Persiapan Negeri ............... yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Penulis



DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................     iv
DAFTAR TABEL..............................................................................................      v
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................     vi
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................    vii
ABSTRAK.........................................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah ........................................................       
B.       Identifikasi  Masalah .............................................................       
C.       Analisis Masalah ....................................................................       
D.      Pembatasan Masalah .............................................................       
E.       Rumusan Masalah..................................................................       
F.        Tujuan Penelitian    ................................................................       
G.      Manfaat Penelitian    .............................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Setting Penelitian...................................................................       
B.       Subjek Penelitian ...................................................................       
C.       Teknis dan Alat Pengumpulan Data.......................................       
D.      Teknik Analisa Data ..............................................................       
E.       Prosedur Pelaksanaan.............................................................       
F.        Rancangan Kegiatan Penelitian..............................................       
G.      Validitas Data........................................................................       
H.      Indikator Kinerja....................................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Tindakan
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     PENUTUP
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Motivasi Belajar Siswa...................................         
Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal...........................         
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Pada  Kondisi Awal                    
Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siklus I                                                                                                                 
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada  Siklus I...............................................................................         
Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siklus II                  
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi .........................................................................................         
Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II              
Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I dan Siklus II            





















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


Gambar    2.1 Bagan Kerangka Pikir...............................................................         

Gambar    3.1  Daur PTK (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, 2006 : 46)..........         
Gambar    4.1  Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan II..................................................................................................         
Gambar    4.2 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II           ..................................................................................................































DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                              

Lampiran   1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran   2     :    Surat Pernyataan Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran   3     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran   5     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran   6     :    Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   7     :    Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   8     :    Data Hasil Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   9     :    Lembar Observasi Peningkatan Keaktifan  Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   10   :    Lembar Observasi Kegiatan Guru Dalam Proses Pembelajaran 
Lampiran   11   :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran   12   :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 













PENERAPAN  MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS
SISWA KELAS X SMK PERSIAPAN NEGERI ...............
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Oleh :

..............................................
NIP. ...........................

ABSTRAK


Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPS harus mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa kelas X SMK Persiapan Negeri ............... belum menerapkan model pembelajaran berbasis portopolio. Sebagian siswa belum mampu mencapai criteria ketuntasan kelas 75% dan ketuntasan individu 70 dari materi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa  X SMK Persiapan Negeri ............... dalam pembelajaran IPS dengan model penerapan pembelajaran berbasis portopolio. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Metode Kemmis dan Mc Tanggart dengan 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X SMK Persiapan Negeri ................ Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil analisis data setelah penerapan model penerapan pembelajaran berbasis portopolio menunjukkan bahwa motivasi belajar meningkat dari 43,75% atau 7 siswa  pada studi awal menjadi, 68,75% atau 11 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 100%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 59,38 pada studi awal menjadi 66,25 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 73,13 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 3 orang siswa (18,75%) pada studi awal, menjadi 62,50% atau 10 siswa, dan pada siklus terakhir menjadi 100% atau 16 siswa dari 16 siswa yang mengikuti pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Kesimpulan penelitian adalah pembelajaran IPS dengan penerapan penerapan pembelajaran berbasis portopolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dari hasil yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah penerapan model penerapan pembelajaran berbasis portopolio, post test siklus I dan post test siklus II yang terus mengalami peningkatan.

Kata Kunci : portopolio, motivasi, hasil, belajar


BAB I
PENDAHULUAN
A.         Latar Belakang Masalah
Pendekatan  pembelajaran  IPS yang  efektif  adalah  dengan  menerapkan kurikulum  terpadu  yang  mengangkat  permasalahan  atau  topik-topik  dari kehidupan  siswa  yang  dialami,  diamati  dan  dipahami  sehari-hari  dengan melakukan  penilaian  secara  berkala  dan  berkesinambungan  yang  mencakup proses  dan  hasil  pertumbuhan  perkembangan  wawasan  pengetahuan,  sikap, dan keterampilan  yang dicapai siswa dalam belajar. Kegiatan belajar mengajar dalam mata  pelajaran  IPS  di sekolah  dasar  yang  dilakukan  guru  akan  dirasakan  lebih  beramakna  dan  lebih  berkesan,  apabila  dapat  melibatkan  partisipasi  siswa  secara  aktif.  Terjadinya  partisipasi  siswa  dalam  belajar  melalui  strategi  dan  cara  yang  diciptakan  guru  dalam  kegiatan  belajar  mengajar  sehingga  akan  tercipta  kualitas  pengajaran yang menuju kepada pencapaian kualitas pendidikan.
Sebagai  salah  satu  solusi  pada  permasalahan  tersebut,  dalam  penelitian  ini  bagaimana  cara  meningkatan  hasil  belajar  siswa  dengan  cara  melibatkan  siswa  dalam  pembelajaran  IPS  sehingga  diharapkan  siswa  dapat  memahami  materi  tersebut.  Seperti  yang  diungkapkan  bahwa  materi  pembelajaran  studi  sosial  ini  dipersiapkan untuk menyegarkan ingatan dan bukan untuk dihafal.  Maka peneliti  menyimpulkan  bahwa  dalam  pembelajaran,  siswa  diharapkan  dapat  mengembangkan pengetahuannya. Materi IPS terutama topik yang dipilih peneliti  yakni  mengenai  sistem ekonomi  akan  lebih  bermakna  apabila  siswa  belajar  mencari  informasi  sendiri  tentunya  dengan bimbingan dan pengwasan dari guru
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS materi sistem ekonomi di kelas X SMK Persiapan Negeri ............... masih belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu mendapat nilai minimal 70. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar sehingga berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa.
Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan dengan dikuasainya materi pembelajaran siswa. Tercapainya tujuan pembelajaran siswa dapat diukur dengan tes hasil pembelajaran atau formatif. Temuan di lapangan, di tempat peneliti bertugas menunjukkan adanya kesenjangan antar harapan dan kenyataan.
Pada studi awal pembelajaran IPS materi sistem ekonomi, hasil dari tes formatif menunjukkan rendahnya tingkat penguasaan materi yang diajarkan. Ini dapat ditunjukkan hanya 3 orang siswa (18,75%) dari 16 siswa yang mengikuti tes formatif dapat mencapai tingkat penguasaan materi 70% ke atas atau mendapat nilai di atas  KKM sebesar 70, sedangkan siswa lainnya belum memenuhi kriteria ketuntasan yang ditentukan, dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 59,38 dan motivasi belajar sebesar dari 43,75% atau 7 siswa  dari jumlah siswa seluruhnya sebanyak 16 orang siswa.
B.         Identifikasi  Masalah
Berdasarkan uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas, peneliti meminta bantuan supervisor, kepala sekolah dan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu :
1.      Rendahnya motivasi, dan minat belajar siswa
2.      Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran  IPS yang berdampak hasil belajar rendah.
3.      Rendahnya keaktifan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran
4.      Kondisi ruangan kelas yang kurang mendukung pelaksanaan proses pembelajaran
C.         Analisis Masalah
Melalui refleksi diri, kaji literatur, dan diskusi dengan supervisor, kepala sekolah dan teman sejawat dapat diketahui bahwa faktor penyebab rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran, dan rendahnya motivasi serta minat belajar siswa adalah :
1.      Model pembelajaran yang diambil tidak tepat
2.      Penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.
3.      Guru tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif.
4.      Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi
Berdasarkan  pernyataan  di  atas  maka  perlu  kiranya  dilakukan Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  mengenai  implementasi  model  pembelajaran  berbasis  portofolio  dilihat  dari  hasil  belajar  siswa  dalam  proses  belajar  mengajar  pendidikan  Ilmu  Pengetahuan  Sosial  di  Sekolah  Dasar.  Sehubungan  dengan  hal  di  atas,  penulis  ingin  mencoba  menerangkan  model  pembelajaran  IPS  berbasis  portofolio  sebagai  upaya  memecahkan  masalah  yang  terjadi  di  Kelas X SMK Persiapan Negeri ............... Tahun Pelajaran 2013/2014.  Dengan  pemberian model pembelajaran berbasis portofolio diharapkan siswa dapat  meningkatkan  hasil  belajarnya  pelajaran  IPS  dalam  materi sistem ekonomi.
D.          Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah dalam penulisan laporan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini  ini dipusatkan pada upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi sistem ekonomi dengan penerapan model  pembelajaran berbasis  portofolio siswa kelas X SMK Persiapan Negeri ............... Tahun Pelajaran 2013/2014.
E.           Rumusan Masalah
Dari uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas, maka perumusan masalahnya adalah :
1.      Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS materi sistem ekonomi dengan penerapan model  pembelajaran berbasis  portofolio?
2.      Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi sistem ekonomi di Indonesia dengan penerapan model  pembelajaran berbasis  portofolio?
F.           Tujuan Penelitian   
Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, peneliti jabarkan  sebagai berikut :
1.      Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran  IPS materi sistem ekonomi melalui penerapan model  pembelajaran berbasis  portofolio.
2.      Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi sistem ekonomi melalui penerapan model  pembelajaran berbasis  portofolio.
G.          Manfaat Penelitian   
Diharapkan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini juga dapat memberikan manfaat bagi :
1.   Manfaat Teoritis
Secara teoritis dapat memberikan pemahaman yang  lebih  baik  tentang  penggunaan  metode  pembelajaran  berbasis  portofolio.
2.   Manfaat Praktis
a.   Bagi Siswa
1)   Dengan  pembelajaran  berbasis  portofolio  siswa  diharapkan  akan  lebih  termotivasi untuk aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. 
2)   Dengan  pembelajaran  berbasis  portofolio  siswa  dapat  menggali  informasi  sendiri, sehingga teori yang menunjang lebih konkret di dapat anak.
3)   Dengan pembelajaran berbasis portofolio siswa bisa lebih kritis untuk bisa  menjawab segala permasalahan yang di bahas.
b.   Bagi Guru
1)   Guru  dapat  menambah  wawasan  pengetahun  dan  kemampuan  dalam  pengembangan pembelajaran dengan berbasis portofolio.
2)   Dengan  keluasan  materi  IPS  dan  dengan  keterbatasan  waktu  dalam  pengajaran,  diharapkan  pembelajaran  portofolio  dapat  menjadi  solusi  dalam memudahkan guru dalam menyampaikan materi.
c.   Bagi Sekolah
1)   Dapat  memberikan  masukan  yang  positif  bagi  sekolah  sehingga  dapat  meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran.
2)   Dapat  memberikan  masukan  kepada  guru-guru  yang  lain  untuk  mencoba menerapkan pembelajaran berbasis portofolio.


 
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori
1.      Hakikat Pembelajaran IPS
IPS  adalah  perpaduan  dan  pilihan  konsep-konsep  ilmu-ilmu  sosial  seperti  sejarah,  ekonomi,  antropologi,  budaya  dan  sebagainya  yang  diperuntukkan  sebagai  bahan  pembelajaran  tingkat  persekolahan,  ada  juga  yang  menjelaskan  bahwa IPS adalah pembelajaran Ilmu Sosial (Social Science) yang disederhanakan  pada tingkat persekolahan.
IPS adalah sebagai suatu mata pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial  yang didasarkan pada bahan kajian geografi ekonomi, sosiologi, antropologi, tata  Negara, dan sejarah (Depdikbud, 1993 : 151).
Ilmu  Pengetahuan  Sosial  (IPS)  adalah  mata  pelajaran  yang  mengkaji  kehidupan  sosial  yang  bahannya  dirasakan  pada  kajian  sejarah,  geografi,  ekonomi,  sosiologi,  antropologi,  dan  tata  negara.  IPS  yang  di  ajarkan  di  Sekolah  Menengah  terdiri  atas  dua  bahan  ujian  pokok  Pengetahuan  sosial  dan  Sejarah. Bahan  kajian  Pengetahuan  Sosial  mencakup  Antropologi,  Sosiologi,  Geografi,  Ekonomi  dan  Tata  Negara.  Bahan  kajian  sejarah  meliputi  perkembangan  masyarakat  Indonesia  sejak  masa  lampau  hingga  masa  kini  (Depdikbud, 1999 :14).
Secara  mendasar,  pengajaran  IPS  berkenaan  dengan  kehidupan  manusia  yang  melibatkan  segala  tingkah  laku  dan  kebutuhannya.  IPS  berkenaan  dengan  usaha  manusia  dalam  memenuhi  kebutuhan  materinya,  memenuhi  kebutuhan  budayanya,  kebutuhan  jiwanya,  pemanfaatan  sumber  daya  yang  ada  dipermukaan  bumi,  mengurus  kesejahteraan dan pemerintahannya (Suma Atmaja 1990: 11).
Dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) IPS bertujuan:
a.    Mengenal  konsep-konsep  yang  berkaitan  dengan  kehidupan  masyarakat dan lingkungannya.
b.    Memiliki  kamampuan  dasar  untuk  berfikir  logis  dan  kritis,  rasa  ingin  tahu,  inkuiri,  memecahkan  masalah  dan  keterampilan  dalam  kehidupan sosial.
c.    Memiliki  komitmen  dan  kesadaran  terhadap  nilai-nilai  sosial  dan    kemanusiaan.
d.   Memiliki  kemampuan  berkomunikasi,  bekerjasama,  dan  berkompetesi  dalam  masyarakat  yang  majemuk,  ditingkat  lokal,  nasional dan global.
Dengan pembelajaran IPS siswa tidak hanya tahu dan mengerti namun siswa  bisa  memahami,  menghargai  dan  bangga  terhdap  bangsanya,  serta  lebih  terampil  untuk  melihat  kenyataan  sosial  dalam  kehidupan  sehari-hari.  Sehingga  dapat  dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu  yang panjang, baik oleh siswa sendiri  maupun bagi bangsa dan Negara Indonesia. 
Pembelajaran  IPS  adalah  bagaimana  membina  kecerdasan  sosial  siswa  yang mampu berfikir kritis, analitis, kreatif, inovatif, berwatak dan berkepribadian  luhur,  bersikap  ilmiah  dalam  cara  memandang  menganalisa  serta  menelaah  kehidupan nyata yang dialaminya. 
Terdapat  berbagai  pengertian  pembelajaran  IPS  (Sapriya,dkk,  2006:  14)  yang terumuskan dalam ide pokok:
a.    Ilmu  pengetahuan yang merupakan perpaduan dari ilmu sosial 
b.    Diorganisasikan secara selektif
c.    Prinsip pertimbangan ilmiah, psikologis dan praktis
d.   Untuk tujuan pendidikan di sekolah
Dari  beberapa  definisi  di atas  penulis  mencoba  mengenal  pembelajaran  IPS  adalah  proses  belajar  yang  dirancang  guru  dalam  mempelajari  ilmu  yang  memadukan  berbagai  macam  disiplin  ilmu  lainnya  secara  terstruktur  dan  selektif  dengan  mempertimbangkan  keragaman  yang  ada  di  sekitar  siswa  ataupun  masyarakat  secara  luas.  Maka  untuk  itu  seorang  guru  IPS  yang  profesional  dituntut  agar  dapat  menjalankan  kompetensi  standar  yang  dijadikan  acuan  dan  sekaligus  menjadi  standar  guru  IPS  I  telah  ditetapkan  telah  ditetapkan  dalam  permendiknas  nomor  16  tahun  2007  tentang  standar  kualifikasi  akademik  dan kompetensi guru sebagai berikut :
a.    Menguasai  materi  keilmuan  yang  meliputi  dimensi  pengetahuan,  nilai,  dan  keterampilan IPS
b.    Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS
c.    Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial  dalam  konteks  kebhinekaan  masyarakat  Indonesia  dan  dinamika  kehidupan  global
d.   Memahami  fenomena  intraksi  perkembangan  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  seni,  kehidupan  agama  dan  perkembangan  masyarakat  serta  saling  katergantungan global.
2.      Motivasi  dalam Belajar
a.       Pengertian dan Jenis Motivasi
Guru-guru  sangat  menyadari  pentingnya  motivasi  dalam  bimbingan  belajar  siswa  berbagai  macam  teknik  misalnya  penghargaan,  pujian  dan  celaan  telah dipergunakan untuk mendorong para siswa agar mau belajar. Seorang guru  dalam  proses  belajar  mengajar  harus  benar-benar  mengoptimalkan  dalam  memanfaatkan  atau  menggunakan  sarana  dan  prasarana  pendidikan  yang  telah  tersedia.  Oleh  karena  itu,  masalah  memotivasi  siswa  dalam  belajar,  merupakan masalah  yang  sangat  kompleks.  Guru  hendaknya  mengetahui  prinsip-prinsip  motivasi  yang  dapat  membantu  pelaksanaan  tugas  mengajar  dan  dapat  membangkitkan  motivasi  belajar  siswa,  sehingga  mereka  dapat  mencapai  hasil  belajar yang diharapkan.
Motif  adalah  dorongan  atau  kekuatan  dari  dalam  diri  seseorang  yang  mendorong  orang  untuk  bertingkah  laku  atau  berbuat  sesuatu  untuk  mencapai  suatu  tujuan  tertentu.  Motif  dapat  berupa  kebutuhan  dan  cita- cita.  Motif  ini  merupakan  tahap  awal  dari  proses  motivasi,  sehingga  motif baru merupakan suatu kondisi intern atau disposisi (kesiapsiagaan)  saja.  Sebab  motif  tidak  selamanya  aktif.  Motif  aktif  pada  saat  tertentu  saja,  yaitu  apabila  kebutuhan  untuk  mencapai  tujuan  sangat  mendesak.(Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, 2004). Jadi,  apabila  suatu  kebutuhan  dirasakan  mendesak  untuk  dipenuhi  maka  motif  atau  daya  penggerak  menjadi  aktif.  Motif  atau  daya  penggerak  yang  telah  menjadi aktif inilah yang disebut motivasi. Menurut Alisuf Sabri, Motivasi adalah  segala  sesuatu  yang  menjadi  pendorong  tingkah  laku  yang  menuntut/mendorong  orang untuk memenuhi suatu kebutuhan. Dan sesuatu yang dijadikan motivasi itu  merupakan  suatu  keputusan  yang  telah  ditetapkan  individu  sebagai  suatu  kebutuahan/tujuan  yang  nyata  ingin  dicapai.(  M.  Alisuf  Sabri,1993:128).
Dengan demikian, kebutuhan inilah yang akan menimbulkan dorongan atau motif  untuk  melakukan  tindakan  tertentu,  di  mana  diyakini  bahwa  jika  perbuatan  itu  telah dilakukan, maka tercapailah keadaan keseimbangan dan timbullah perasaan  puas dalam diri individu. Adapun  Jenis  motivasi  dapat  dipandang  dari  segi  sumber,  maka  dapat  dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
a.         Motivasi Intrinsik
Motivasi intrinsik timbul dari setiap individu seperti kebutuhan, bakat,  kemauan,  minat  dan  harapan  yang  terdapat  pada  diri  seseorang.  Sebagai  misal,  seseorang  yang  gemar  membaca  tidak  memerlukan  orang  lain  yang  memotivasinya  tetapi  ia  sendiri  butuh,  berminat  atau  berkemauan  untuk  mencari sumber-sumber bacaan dan rajin membacanya.
b.        Motivasi Ekstrinsik
Yaitu  motivasi  yang  datang  dari  luar  diri  seseorang,  timbul  karena  adanya  stimulus  (rangsangan)  dari  luar  lingkungannya.  Sebagai  contoh,  seseorang yang berlatih atletik karena terangsang oleh gelar kejuaraan, hadiah,  dan meningkatkan nama baik organisasi olah raga yang ia masuki.   Dengan  demikian  bahwa  motivasi  yang  berasal  dari  diri  sendiri  (intrinsik)  dan  motivasi  yang  berasal  dari  luar  diri  (ekstrinsik),  kedua-duanya  sangatlah  berpengaruh  pada  tindakan  seseorang.  Dengan  adanya  kedua  motivasi  tersebut,  maka  seseorang  dapat  melakukan  tindakan-tindakan  atau  perbuatan- perbuatan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
b.       Belajar
Banyak pengertian belajar yang dapat diungkap oleh para ahli, namun pada  dasarnya  terletak  pada  perubahan  prilaku.  Belajar  adalah  proses  perubahan  pengetahuan  atau  perilaku  sebagai hasil dari pengalaman. Pengalaman ini terjadi melalui interaksi antara individu  dengan  lingkungannya  (  Anita  E.  Wool  Folk,  1995  :  196  ) yang dikutip Kartadinata (1998 : 57).   Belajar  adalah  proses  tingkah  laku  (dalam  arti  luas)  ditimbulkan  atau diubah  melalui  praktek  dan  latihan  (  Garry  &  Kingsley,  1970  :  15  )  yang dikutip Kartadinata (1998 : 57). Belajar berarti mengasah daya (mengasah otak ) agar ia tajam sehingga ia  berguna,  untuk  menyayat  atau  memecah  persoalan-persoalan  ataupun dalam hidup ini ( Makmun, 2002 : 159 ). Belajar  ditunjukkan  oleh  suatu  perubahan  tingkah  laku  sebagai  hasil daripada  pengalaman  (  Cronbach,  1954  :  47  )  yang  dikutip  Kartadinata (1998 : 57). Belajar  merupakan  suatu  upaya  yang  dilakukan  secara  sadar  oleh individu  atau  kelompok  masyarakat  dalam  meningkatkan  serta mengoptimalisasikan  potensi  yang  dimiliki  sehingga  terjadi  perubahan perilaku sesuai dengan tahapan perkembangan usia, fisik, dan psikis. Seperti yang  dikemukakan  oleh  Bloom  dan  Krathwohl  (Ahmad  Rohani  dan  Abu Ahmadi, 1995 : 41-42 ) yaitu aspek kognitif, Afektif, dan psikomotorik. Aspek  kognitif  berhubungaan  dengan  kemampuan  nalar  individu.
Secara  hierakis  tahap-tahap  dalam  aspek  kognitif  terdiri  atas  6  tingkatan, yaitu  (1)  pengetahuan,  (2)  pemahaman,  (3)  penerapan  atau  aflikasi,  (4) analisis,  (5)  sintesis,  dan  (6)  evaluasi.  Aspek  afektif  berhubungan  dengan sikap  individual,  terdiri  atas  5  tingkatan,  yaitu  (1)  penerimaan,  (2) partisifasi,  (3)  penilaian  atau  penentuan  sikap,  (4)  organisasi,  dan  (5) pembentukan  pola  hidup.  Adapun  aspek  psikomotorik  berhubung  dengan perilaku  atau  skill  seseorang.  Kemampuan  psikomotorik  ini  berkaitan dengan 7 kategori, yakni (1) persepsi, (2) kesiapan, (3) gerakan terbimbing, (4)  gerakan  terbiasa,  (5)  gerakan  yang  kompleks,  penyesuain  pola  gerakan, dan (7) kreatifitas.
Konsep pembelajaran muncul Corey (Syaiful Sagala, 2003: 65) adalah suatu  proses  dimana  lingkungan  seseorang  secara  disengaja  dikelola  untuk memungkinkan  ia  turut  serta  dalam  tingkah  laku  tertentu  dalam  kondisi kondisi  khusus atau menghasilkan respon terhadap sitiasi tertentu. 
Syaiful  Sagala  (2003:  65)  menjelaskan  Kesiapan  guru  untuk  mengenal  karakteristik  siswa  dalam  pembelajaran  adalah  modal  utama  dalam  penyampaian  bahan ajar dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran   
c.       Hakikat Hasil Belajar 
Menurut  Nana  Sudjana  (2004)  yang  dikutip  Bara  Hidayat  (2006:  8)  mendefinisikan  hasil  belajar  siswa  yaitu  kemampuan-kemampuan  yang  dimiliki  siswa  setelah  ia  menerima  pengalaman  belajar.  Pembelajaran  yang  telah  dilaksanakan  pada  akhirnya  bertujuan  untuk  melihat  hasil  belajar  siswa.  hasil  belajar ini meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Hasil  yang  diperoleh  siswa  dapat  diukur  berdasarkan  perbedaan  perilaku  sebelum  dan  sesudah  belajar  dilakukan.  Hal  ini  sejalan  dengan  pendapat  Nana  Syaodih  (1983:  124-125)  yang  menyatakan  bahwa  “hasil  belajar  merupakan  segala  perilaku  yang  dimiliki  siswa  sebagai  akibat  dari  proses  belajar  yang  berlangsung di sekolah maupun  di luar sekolah yang bersifat kognitif, afektif dan  psikomotor yang sengaja maupun yang tidak disengaja”.
Dalam sistem pendidikan rumusan tujuan pendidikan, baik tujuan kurikuler  maupun tujuan intruksional, menggunakan klasifikasi hasil belajar dari Benjamin Bloom  dalam  Nana  Sudjana  (1989)  yang  dikutip  oleh  Bara  Hidayat  (2006:  9)  yang  secara  garis  besar  membaginya  menjadi  tiga  aspek  ,  yaitu  aspek  kognitif,  afektif, dan psikomotor. Berikut penjelasan dari ketiga aspek tersebut :
1)      Aspek kognitif (pengetahuan/ pemahaman)
Dalam  Susilana  Rudi  (2006)  yang  dikutip  oleh  Bara  Hidayat  (2006:  9)  untuk  aspek  kognitif,  menyebutkan  6  tingkatan  1)  pengetahuan    2)  pemahaman  3)  pengertian 4) aplikasi 5) analisa 6) sintesa, dan 7) evaluasi 
2)      Aspek afektif
Hasil belajar  afektif tampak pada siswa dalam berbagai tingkah laku seperti  perhatiannya terhadap pelajaran, disiplin, motivasi belajar, menghargai  guru dan  teman,  kebiasaan  belajar  dan  hubungan  sosial.  Ranah  afektif  ini  terdiri  dari  lima  aspek  yaitu  penerimaan,  jawaban,  atau  reaksi,  penilaian,  organisasi,  dan  internalisasi nilai atau karakteristik nilai.  
3)      Aspek psikomotor
Hasil  belajar  pada  aspek  psikomotor  berkenaan  dengan  keterampilan  atau   kemampuan bertindak setelah ia menerima pengalaman belajar tertentu. Terdapat   enam  tingkatan  kererampilan  psikomotor  yaitu  gerak  reflek,  keterampilan  pada  gerakan-gerakan  dasar,  kemampuan  konseptual,  keharmonisan  atau  ketepatan,  gerakan keterampilan kompleks, gerakan ekspresif dan interpretatif. Hasil belajar  afektif yang baru tampak dalam kecendrungan-kecendrungan untuk berprilaku.    
Dari  berbagai  pernyataan  di atas,  dapat  disimpulkan  bahwa  hasil  belajar  merupakan  perubahan  tingkah  laku  sebagai  akibat  dari  proses.  Hasil  belajar  ini  dapat berupa kemampuan intelektual, sikap maupun keterampilan psikomotor.  
3.      Model Pembelajaran Berbasis portofolio
a.       Pengertian
Portofolio  berasal  dari  bahasa  inggris    portofolio”  yang  artinya  dokumen  atau surat-surat.dapat juga diartikan sebagai kumpulan kertas-kertas berharga dari  suatu  pekerjaan  tertentu.  Pengertian  portofolio  disini  adalah  suatu  kumpulan  pekerjaan  siswa  dengan  maksud  tetentu  dan  terpadu  yang  diseleksi  menurut  panduan-panduan  yang  ditentukan.  Panduan-panduan  ini  beragam  tergantung  pada  mata  pelajaran  dan  tujuan  penilaian  portofolio.  Biasanya  portofolio  merupakan karya terpilih dari seorang siswa, tetapi dalam model pembelajaran ini setiap  siswa  ini  setiap  portofolio  berisi  karya  terpilih    dari  suatu  kelas  secara  keseluruhan  yang  bekerja  secara  kooperatif  memilih,  membahas,  mencari  data,  mengolah,  menganalisa  dan  mencari  pemecahan  terhadap  suatu  masalah  yang  dikaji. Tampilan porofolio berupa tampilan visual dan audio  yang disusun secara  sistematis,  melukiskan  proses  berfikir  yang  didukung  oleh  seluruh  data  yang  relevan.  Secara  utuh  melukiskan  “integrated  learning  experiences”  atau  pengalaman  belajar  yang  terpadu  dan  dialami  oleh  siswa dalam  kelas  sebagai  suatu kesatuan.  
Menurut  Sapriya,  dkk  (2006:  273)    portofolio  merupakan  kumpulan  informasi/  data  yang  tersusun  dengan  baik  yang  menggambarkan  rencana  kelas  siswa  berkenaan  dengan  suatu  isu  kebijakan  publik  yang  telah  diputuskan  untuk  dikaji oleh mereka, baik dalam kelompok kecil maupun kelas secara keseluruhan.
Portofolio  kelas  berisi  bahan-bahan  seperti  pernyataan-pernyataan  tertulis,  peta  grafik, fotografi dan karya asli : 1).  Hal-hal  yang  dipelajari  siswa  berkenaan  dengan  suatu  masalah  yang  telah  mereka pilih, 2).  Hal-hal  yang  telah  dipelajari  siswa  berkenaan  dengan  alternatif-alternatif  pemecahan terhadap masalah tersebut, 3).  Kebijakan  publik  yang  telah  dipilih  atau  dibuat  oleh  siswa  unutuk  mengatasi  masalah tersebut, 4).  Rencana  tindakan  yang  telah  dibuat  siswa  untuk  digunakan  dalam  mengusahakan agar pemerintah menerima kebijakan yang telah diusulkan.       
Menurut  Budimansyah  (2002:1)  portofolio  dapat  diartikan  sebagai  suatu  benda  fisik,  sebagai  suatu  proses  sosial  pedagogis,  maupun  adjective,   sebagai bentuk  benda  fisik  portopolio  itu  adalah  bundel,  yakni  kumpulan  atau  dokumentasi  hasil  pekerjaan  peserta  didik  yang  disimpan  pada  suatu  bundel.  Sebagai  suatu  proses  sosial  pedagogis,  portofolio  adalah  collection  of  learning  experience  yang  terdapat  di  dalam  pikiran  peserta  didik  baik  yang  berujud  pengetahuan    (kognitif),  keterampilan  (skill),  maupun  nilai  dan  sikap  (afektif).  Adapun  sebagai  suatu  adjective  portofolio  sering  kali  disandingkan  dengan  konsep  lain,  misalnya  dengan  konsep  pembelajaran  dan  penilaian.  Jika  disandingkan  dengan  konsep  pembelajaran  maka  dikenal  dengan  istilah  pembelajaran  berbasis  portofolio  (portofolio  based  learning)  sedangkan  jika disandingkan  dengan  konsep  penialaian    maka  dikenal  istilah  penilaian  berbasis portofolio (portofolio based assesment).
Menurut  Sapriya,  dkk  (2006:  273)  model  pembelajaran  portofolio  adalah  suatu  kumpulan  pekerjaan  siswa  dengan  maksud  tertentu  dan  terpadu  yang diseleksi  dan  terpadu  yang  diseleksi  menurut  pandangan-pandangan  yang  ditentukan.  Panduan-panduan  ini  beragam  tergantung  pada  mata  pelajaran  dan  tujuan  penilaian  portofolio.  Dalam  IPS,  istilah  portofolio  dapat  diterapkan sedikitnya  untuk  dua  aktivitas.  Pertama,  portofolio  dimanfaatkan  sebagai  bahan proses  pembelajaran  sehingga  dalam  IPS  dikenal  ada  model  pembelajaran  IPS berbasis  portofolio.  Kedua,  portofolio  sebagai  bahan  penilaian  (portofolio assessment). 
Menurut  Arnie  Fajar  (2002:  47)  portofolio  sebagai  model  pembelajaran  merupakan  usaha  yang  dilakukan  guru  agar  siswa  memiliki  kemampuan  untuk  mengungkapkan  dan  mengekspresikan  dirinya  sebagai  individu  maupun  kelompok.  Kemampuan  tersebut  diperoleh  siswa  melalui  pengalaman  belajar sehingga  memiliki  kemampuan  mengorganisir  informasi  yang  ditemukan, membuat laporan dan menuliskan apa yang ada dalam pikirannya, dan selanjutnya dituangkan secara penuh dalam pekerjaannya/ tugas-tugasnya. Arnie Fajar (2002: 43)  menambahkan  model  pembelajaran  berbasis  portofolio  adalah  teori  belajar kontruktivisme,  yang  pada  prinsipnya  menggambarkan  bahwa  si  pelajar membentuk  atau  membangun  pengetahuannya  melalui  interaksinya  dengan lingkungannya.  
b.      Bentuk-bentuk Portofolio
Menurut  Cole,  Ryan  dan  Kick  tahun  1995  (Surapranata  dan  Hatta,  2004: 46-47) pada hakekatnya terdapat dua bentuk portofolio, yaitu portofolio  proses dan portofolio produk.
1)      portofolio  proses  (procces  oriented)  adalah  portofolio  yang  menekankan  pada  tinjauan  bagaiman  perkembangan  peserta  didik  dapat  diamati  dari  wqaktu  ke  waktu.  Pendekatan  ini  lebih  menekankan  kepada  bagaimana  peserta  didik  belajar,  berkreasi,  termasuk mulai dari draf awal, bagaimana proses awal itu terjadi, dan  tentunya sepanjang proses itu terjadi peserta didik dinilai.
2)      Portofolio ditinjau dari hasil (product oriented) adalah portofolio yang menekankan pada tinjauan hasil terbaik  yang telah dilakukan peserta
3)      didik,  tanpa  memperhatikan  bagaimana  proses  untuk  mencapai evidence  itu  terjadi.  Portofolio  semacam  ini  bertujuan  untuk  mendokumentasikan  dan  merefleksikan  kualitas  prestasi  yang  telah  dicapai.
Penelitian  yang  dilakukan  oleh  peneliti  adalah  gabungan  dari  portofolio  proses  dan  portofolio  produk.  Meninjau  judul  penelitian  yaitu  penggunaan  model  pembelajaran  berbasis  portofolio  dalam  meningkatkan  wawasan siswa tentang manfaat eksport dan import,  maka  dalam  penelitian  ini  peneliti  lebih  menekankan  pada  bagaimana  proses  belajar  mengajar  terjadi  atau  dengan  kata  lain  lebih  menekankan  pada  portofolio  proses  (proccess  oriented)  sehingga  dapat  mencapai  hasil  yang  maksimal.  Portofolio  produk  yang  ditampilkan  dalam  penelitian  ini  adalah  hasil  kerja  siswa  secara  individu  dan  juga  hasil  kerja  kelompok,  karena  portofolio  bukan  hanya  berbentuk  karya  siswa  secara  individu,  melainkan  portofolio  itu  juga  merupakan  hasil  karya  kelas  secara  keseluruhan  yang bekerja secara kooperatif dalam kelompok-kelompok.
c.       Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Portofolio
Budimansyah (2002: 14) menetapkan enam langkah pembelajaran berbasis  portofolio  yaitu  mengidentifikasi  masalah,  memilih  masalah  untuk  kajian  kelas,  megumpulkan  informasi  tentang  masalah  yang  akan  dikaji  oleh  kelas,  mengembangkan  portofolio  kelas,  penyajian  portofolio  dan  penilaian. 
Berikut adalah uraian dari setiap tahap atau langkah-langkah pembelajaran  berbasis portofolio.
1)      Mengidentifikasi  Masalah:  pada  tahap  ini  dilakukan  dalam  dua  bentuk  kegiatan  yaitu:  Kegiatan  kelompok  kecil,  yang  beranggotakan  3-4  orang  siswa guna mencari masalah yang akan dikaji, namun karena pembelajaran  ini  untuk  kepentingan  penelitian  maka  masalah  yang  akan  dibahas  dapat  diberikan  langsung  oleh  peneliti.  Bentuk  kedua  adalah  berupa  pekerjaan  rumah,  untuk  mengumpulkan  informasi  lebih  banyak  mengenai  masalah  yang  akan  dibahas,  maka  siswa  dalam  kelompok  kecil  tadi  diberi  tugas  pekerjaan  rumah,  namun  dalam  hal  ini  peneliti  langsung  memberikan  sumber-sumber  yang  dapat  dijadikan  acuan  untuk  memperoleh  informasi  dari masalah yang dibahas.
2)      Memilih  masalah  untuk  kajian  kelas.  Apabila  tahap  pertama  sudah  dilakukan,  maka  tahap  selanjutnya  adalah  memilih  masalah  untuk  kajian  kelas  dan  dalam  hal  ini  ditempuh  melalui  dua  langkah  yaitu:  membuat  daftar  masalah,  ini  dilakukan  setelah  kelompok  kecil  selesai mengidentifikasi  dan  menganalisis  masalah  dengan  dukungan  informasi  yang memadai. Kemudian langkah kedua dari tahap ini adalah melakukan  pemungutan  suara  (voting).  Setelah  semua  masalah  didaftar,  maka  siswa  menentukan masalah yang akan dikaji melalui voting secara demokratis.
3)      Mengumpulkan  informasi  tentang  masalah  yang  akan  dikaji  oleh  kelas.  Setelah  kelas  memilih  satu  masalah  untuk  dikaji,  maka  selanjutnya  kelas  harus memutuskan untuk mencari informasi lebih banyak. 
4)      Mengembangkan  portofolio  kelas.  Pada  tahap  ini  setiap  kelompok  menyiapkan  hasil  karyanya  untuk  dipresentasikan,  tentunya  setelah  melalui kegiatan diskusi untuk memecahkan masalah yang telah dipilih. 
5)      Penyajian  portofolio.  Setelah  hasil  karya  selesai  dikerjakan,  kegiatan  selanjutnya  adalah  show-case  (gelar  kasus)  dihadapan  dewan  juri,  tetapi  dalam hal ini yang akan menjadi penilai adalah peneliti dan juga kelompok  yang  lain  yang  belum  mendapat  giliran  dalam  bentuk  memberikan komentar, tanggapan, reaksi dan respon.
6)      Penilaian.  Dalam  tahap  ini  terdapat  dua  kriteria  utama  penilaian  yaitu:  portofolionya itu sendiri  dan penyajian lisan, hasil penilaian terhadap dua  hal  ini  dijadikan  pedoman  untuk  menentukan  kualitas  portofolio  dan penyajian secara keseluruhan.
d.      Penilaian pembelajaran IPS berbasis portofolio
Penilaian  berbasis  portofolio  (Portofolio  Based  Assessment)    adalah  suatu  usaha  untuk  memperoleh  berbagai  informasi  secara  berkala,  berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil pertumbuhan  dan perkembangan wawasan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta  didik  yang  bersumber  catatan  dan  dokumentasi  pengalaman  belajarnya  (Dasim Budimansyah: 107)
Kunci  utama  keberhasilan  penilaian  berbasis  kelas  terletak  pada metode  yang  digunakan  yang  dapat  menolong  guru  dan  pesrta  didik  dalam mengukur  keberhasilan  tercapai  tidaknya  tujuan  pembelajaran. Oleh karena itu,  guru harus pandai-pandai dalam memilih dan menentukan metode strategi  yang tepat dalam melakukan penelitian.
Penilaian  portofolio  merupakan  penilaian  berbasis  kelas  terhadap  sekumpulan  karya  peserta  didik  yang  tersusun  secara  sistematis  dan  terorganisir  yang  diambill  selama  proses  pembelajaran  dalam  waktu  tertentu,  digunakan  oleh  guru  dan  peserta  didik  untuk  memantau perkembangan  pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap  peserta  didik  dalam  mata pelajaran tertentu.
Penilaian  portofolio  merupakan  salah  satu  alternatif  untuk  meningkatkan kemampuan peserta didik melalui evaluasi umpan balik dan  penilaian sendiri (self assessment) .  Melalui penilaian portofolio peserta didik dapat mengukur perbedaan  kemampuan  dalam  menyelesaikan  tugas  yang  diberikan  oleh  guru  dari  waktu ke waktu dan atau juga dibandingkan dengan evidence peserta didik  lain.   Hal yang paling menarik  dalam penilaian portofolio adalah ;
1)  Adanya  kerjasama  yang  terpadu  antara  peserta  didik  lain  maupun  antara peserta didik dengan guru,
2)   Peserta  didik  dapat  memperbaiki  dan  menyempurnakan  evidence  mereka,
3)   Peserta  didik  dan  guru  berkonsentrasi  pada  karya  individual  maupun  karya kelompok.
4)   Peserta  didik  memahami  dan  menggunakan  standar  yaitu  kompetensi  dasar  dan  indikator  yang  terdapat  dalam  kurikulum  untuk  menilai  evidence mereka baik perorangan ataupun kelompok,
5)  Peserta  didik  memiliki  kebanggaan,  dapat  mempublikasikan  dan   memamerkan evidence mereka. ( Rahayu,2003: 23 ).
Hasil  belajar  pendidikan  IPS  dengan  model  pembelajaran  berbasis  Portofolio,  diharapkan  meliputi  aspek  kehidupan  siswa  yang  harus ditampilkan  dalam  kehidupan  sehari-hari  dengan  berbagai  bentuk  kemampuan,  baik  kemampuan  kognitif,  afektif,  dan  psikomotor.  Namun  yang terpenting dalam hasil belajar IPS, tidak sekedar hasil yang diperoleh setelah mengikuti proses belajar mengajar. Hal  yang  penting  dalam  hasil  belajar  yang  diperoleh  adalah diharapkan  materi  pembelajaran  IPS  dapat  diserap  dan  disosialisasikan secara  optimal  dan  mantap  dengan  keterampilan  belajar  yang  tinggi, sehingga  peserta  didik  mampu  menampilkan  sikap  prilaku  yang  baik dalam kehidupan sosial di lingkungan masyarakat. 
B.     Kerangka Berpikir
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS materi sistem ekonomi di kelas X SMK Persiapan Negeri ............... Tahun Pelajaran 2013/2014 masih belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu mendapat nilai 65. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar sehingga berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan dengan dikuasainya materi pembelajaran siswa. Tercapainya tujuan pembelajaran siswa dapat diukur dengan tes hasil pembelajaran atau formatif. Temuan di lapangan, di tempat peneliti bertugas menunjukkan adanya kesenjangan antar harapan dan kenyataan. Pada studi awal pembelajaran IPS materi sistem ekonomi, hasil dari tes formatif menunjukkan rendahnya tingkat penguasaan materi yang diajarkan. Guru  melakukan  pengamatan  dan  bimbingan  ketika  pembelajaran  di  dalam  kelas  berlangsung.  Baik  itu  pada  saat  siswa  melakukan  diskusi  dalam  kelompok  kecil  ataupun  juga  ketika  melakukan  diskusi  kelas.  Selain  itu  juga  guru  mengamati  hasil  catatan  siswa  setelah  melakukan  diskusi  kelas,  yang  dilakukan  pada saat siswa melakukan post-test. 
Melihat kondisi tersebut di atas, maka peneliti berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai dengan penerapan pendekatan demontrasi. Melalui pendekatan demontrasi ini pembelajaran yang dilaksanakan diharapkan  siswa memperoleh pengalaman nyata belajar tentang materi pembelajaran sistem ekonomi dan dapat memahami konsep pembelajaran tentang materi pembelajaran sistem ekonomi. Sadar akan hal tersebut agar tidak berdampak buruk bagi proses dan hasil belajar selanjutnya, peneliti termotivasi untuk melakukan upaya untuk memperbaiki pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran berbasis portopolio pada pembelajaran IPS materi sistem ekonomi di kelas X SMK Persiapan Negeri ............... Tahun Pelajaran 2013/2014.
Secara ringkas bagan kerangka berpikir pelaksanaan pembaikan pembelajaran dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :

 

























Gambar 2.1 Kerangka Berpikir
C.    Hipotesis Tindakan
Dengan mempertimbangkan pendapat di atas, maka hipotesis tindakan adalah sebagai berikut :
1.      Penerapan model pembelajaran berbasis portopolio dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap materi sistem ekonomi. 
2.      Penerapan model pembelajaran berbasis portopolio dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi sistem ekonomi.  



Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini