Tuesday, 22 December 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU SMP MATA PELAJARAN IPS






Loggo Daerah





LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING (BOLA SALJU) PADA MATA PELAJARAN IPS 
DI KELAS VII SMPN 3 .................
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat Golongan dari ..... ke .....




Oleh

.........................................
NIP. .................








SMPN 3 .................
.............................................
.............................
20...



LEMBAR PENGESAHAN


1. Judul Penelitian
Upaya Meningkatkan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) pada mata pelajaran IPS  di Kelas VII SMPN 3 ................. Tahun Pelajaran 2013/2014
2. Identitas Peneliti
    a. Nama Lengkap dan Gelar
 b. Jenis Kelamin
 c. Pangkat, Golongan, NIP
 d. Asal Sekolah
 e. Alamat Kantor

 f. Alamat Rumah


.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
Telp/HP. ..............................
3. Lama Penelitian


4. Sumber Biaya
3 bulan / dari bulan ............ sampai dengan bulan .................. 20....

Swadana

 


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           



Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah




………………….
NIP.……………………..



UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING (BOLA SALJU) PADA MATA PELAJARAN IPS 
DI KELAS VII SMPN 3 .................
TAHUN PELAJARAN 2013/2014



Oleh


……………………………..
NIP. ……………………



ABSTRAK


Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah Apakah pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Snowball Throwing (Bola Salju) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 3 .................. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMPN 3 ................., dengan subjek penelitian adalah kelas VII berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (Bola Salju), motivasi siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Dari kondisi awal sebesar 6 siswa (18,18%), pada siklus I meningkat menjadi  19 siswa atau 57,58% dan meningkat menjadi 31 siswa atau 93,94% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, nilai rata-rata  pada kondisi awal sebesar 58,18,  siklus I sebesar 64,85 meningkat menjadi 71,21 pada siklus II.  Dengan persentase ketuntasan belajar pada kondisi awal 6 siswa atau 81,83%,  siklus I sebesar 18 siswa atau  54,55% dan 93,94% atau 31 siswa pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (Bola Salju) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS  pada siswa kelas VII di SMPN 3 ................. Tahun Pelajaran 2013/2014.

Kata Kunci:  motivasi, hasil belajar, Snowball Throwing



KATA PENGANTAR




Penulis bersyukur kepada  Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuniaNyalah seluruh proses penelitian sampai penulisana laporan berjudul “Upaya Meningkatkan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) pada mata pelajaran IPS  di Kelas VII SMPN 3 ................. Tahun Pelajaran 2013/2014” dapat terselesaikan. Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat dan golongan dari ….. ke …….
Peneliti mengakui, dengan terselesaikannya penulisan karya tulis ini, tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, melalui tulisan ini peneliti mengucapkan terimakasih kepada :
1.      ………………….., Kepala Dinas ……………. yang telah mengijinkan dan mendukung dilakukannya Penelitia Tindakan Kelas ini.
2.      ………….., Pengawas SMP/MTs pada Dinas ……………. yang telah memberikan pengarahan dan bimbingan pada penulisan karya tulis ini.
3.      ………………….. serta teman-teman guru SMPN 3 ................. yang senantiasa memberi semangat dan dorongan selama penelitian dan penulisan karya tulis ini berlangsung.
4.      Siswa-siswa kami kelas VIII, yang telah ikut terlibat dalam Penelitian  Tindakan Kelas ini.
Penelitipun menyadari,  bahwa penulisan karya tulis ini masih banyak kekurangannya. Untuk itu, segala kritik dan saran yang sifatnya membangun, akan peneliti terima dengan senang hati.
Akhirnya peneliti berharap semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.
                                                                        …………………… …….
                                               

                       

DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................         i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................        ii
ABSTRAK.........................................................................................................       iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................       iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................        v
DAFTAR TABEL..............................................................................................       vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................      vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................     viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang ......................................................................         
B.      Identifikasi Masalah ..............................................................         
C.      Rumusan Masalah ..................................................................         
D.      Tujuan Penelitian ...................................................................         
E.       Manfaat Penelitian .................................................................         
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................         
B.   Kerangka Berpikir .................................................................         
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................         
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Desain Penelitian ...................................................................         
B.      Tempat dan Waktu.................................................................         
C.      Subjek dan Objek ..................................................................         
D.      Teknik dan Alat Pengumpulan Data......................................         
E.       Teknik Analisa Data ..............................................................         
F.       Prosedur Penelitian ................................................................         
G.      Kriteria Keberhasilan Tindakan..............................................         
BAB     IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian ......................................................................         
B.   Pembahasan............................................................................         
BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................         
B.   Saran.......................................................................................         

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN




DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman


Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa.........         
Tabel   3.2     Kriteria Penilaian Hasil Belajar....................................................         
Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Motivasi Siswa Pada Kondisi Awal              
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Kondisi Awal.................         
Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Motivasi Siswa Pada Siklus I....         
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Siklus I...........................         
Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Motivasi Siswa Pada Siklus II
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Siklus II.........................         
Tabel   4.7     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Motivasi Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                                                                                                        
Tabel   4.8     Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                 












DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1 Kerangka Pikir Peningkatan Motivasi Belajar IPS dengan
Menggunakan Metode Snowball Throwing..............................         

Gambar    3.1 Model Penelitian Tindakan Kelas (Suharsimi, 2011: 16)..........         

Gambar    4.1  Peningkatan Hasil Pengamatan Motivasi Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II ..................................................................................................

Gambar    4.2  Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II              































DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 
                                                                                                                                   
Lampiran   1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran   2     :    Surat Pernyataan Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran   3     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran   5     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran   6     :    Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   7     :    Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   8     :    Data Hasil Tes Formatif Pembelajaran IPA Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   9     :    Lembar Observasi Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 
Lampiran   10   :    Lembar Observasi Kegiatan Guru Dalam Proses Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   11   :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran   12   :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 












PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA  PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMAHAMI TEKS DAN CERITA ANAK YANG DIBACAKAN MELALUI MEDIA GAMBAR
DI KELAS VI SD NEGERI GEDUNG TENGAH
KABUPATEN BENER MERIAH
TAHUN ………..



Oleh

.........................................
NIP. .................

ABSTRAK


Pokok permasalahan yang akan diteliti adalah apakah dengan penggunaan media gambar pada pembelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)  dapat meningkatkan keaktifan dan hasil siswa? Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan  hasil belajar siswa setelah  menggunaan media gambar pada pembelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat). Prosedur yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya terdapat dua pertemuan dengan menggunakan media gambar. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil keaktifan belajar dari 28,57% atau 2 siswa  pada studi awal menjadi, 71,43% atau 5 siswa, meningkat menjadi 100% atau 7 siswa, dan kenaikan nilai rata-rata kelas terus mengalami peningkatan dari 57,14 pada studi awal menjadi 67,14  pada siklus pertama, meningkat menjadi 77,14 dan tingkat ketuntasan belajar juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 1 orang siswa (14,29%) pada studi awal, menjadi 57,14% atau 4 siswa, pada siklus terakhir menjadi 100% atau 7 siswa dari 7 siswa yang mengikuti pelaksanaan perbaikan pembelajaran sehingga secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penggunaan alat peraga gambar  keaktifan dan  hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) sehingga diharapkan dapat diterapkan pada pembelajaran-pembelajaran lainnya.


Kata Kunci : keaktifan, hasil belajar, cerita, gambar seri

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Intereaksi belajar mengajar dapat menjadi intereaksi edukatif, bila sebuah proses sebuah intereaksi yang menghimpun sejumlah nilai (norma) yang merupakan substansi, sebagai medium antara guru dan anak didik dalam rangka nencapai tujuan pembelajaran. Ada dua kegiatan yang timbul dari Intereaksi edukatif ini yakni kegiatan guru dan kegiatan anak didik, guru mengajar dengan gayanya sendiri, dan anak didik belajar dengan gayanya sendiri pula. Upaya untuk menciptakan terjadinya intereaksi, guru harus berusaha agar anak didik bisa aktif dan kreatif secara optimal.
Kerelevasian antar gaya mengajar dengan gaya belajar anak didik, mempermudah guru dalam menciptakan intereaksi edukatif yang kondusif, dan intereaksi yang harmonis akan terjadi bila dalam prosesnya tercipta keselarasan, keseimbangan, keserasian antara kedua komponen yakni anak didik dan guru. Namun yang perlu diingat bahwa intereaksi edukatif tidak pernah sepi dengan permasalahan. Masalah bisa terjadi berasal dari anak didik itu sendiri, dimana anak kurang mampu menerapkan perolehan pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai kedalam situasi yang nyata. Kadangkala siswa hanya menerima informasi dan kurang memahami hubungan dengan dunia lingkungannya. Dan kesalahan yang lainnya adalah yang berasal dari guru sebagai pemberi materi. Guru memberi materi pembelajaran, kurang tepat dalam penjelasannya atau bahkan tidak menghungkannya dengan lingkungan nyata. Olehnya guru dalam tugasnya sebagai pengajar hendaknya memperhatikan Prinsip-prinsip interaksi edukatif agar tujuan pembelajaran yang dilaksanakan tercapai. Prinsip dimaksud adalah sebagai berikut: Motivasi, Prinsip berangkat dari persepsi yang dimiliki, prinsip mengarah pada titik pusat perhatian tertentu atau fokus, prinsip keterpaduan, pemecahan masalah dihadapi, belajar sambil bekerja, hubungan sosial dan terakhir prinsip perbedaan individual.
Olehnya kesuksesan guru dalam mengajar dapat terujud dengan baik jika dalam tugasnya guru menerapkan Strategi pembelajaran secara tepat, tersistem, terstrukstur, dan dilaksanakan melalui 3 tahap yakni: tahap sebelum pengajaran (pre active) tahap pengajaran (inter-active) tahap sesudah pengajaran (post-active) Syarat utama dalam pengajaran yang sukses adalah ditentukan oleh pengelolaan dan pengendalian kelas yang baik. Salah satu indikator kelas yang kondusif dibuktikan dengan giat dan asyiknya anak didik belajar dengan penuh perhatian mendengarkan penjelasan guru yang sedang memberikan materi pelajaran. Dalam penyampaian materi hendaknya guru tidak berlama-lama duduk di tempat duduk. Mengajar yang gagal adalah mengajar yang tidak mendapat tanggapan dari siswa.
 Semua hal tersebut di atas hanya bisa dikendalikan oleh guru melalui penggunaan strategi pembelajaran yang benar guru perlu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dengan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar melalui strategi pengajaran. Kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan memecahkan masalah. strategi pembelajaran yang Paikem dengan menggunakan metode, model teknik, pendekatan yang disesuaikan dengan pokok bahasan.
Penerapan strategi pembelajaran yang sesuai, berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Salah satunya guru dapat mengefektifkan waktu pembelajaran sedang disisi lain dapat aktif berpikir analisis bahkan sintesis memecahkan masalah yang didiskusikan melalui presentasi kelompok kecil dan kemudian diteruskan pada berpresentasi melalui kelompok besar.
Hasil survey di lapangan, bahwa dalam masih terfokus pada guru. Pembelajaran khususnya kelas VII di SMPN 3 ................., masih banyak didominasi oleh ceramah guru dengan menetap disuatu tempat dan siswa hanya mendengarkan khususnya  mata pelajaran IPS pada kompetensi dasar mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial seperti ini jelas sangat berkonsekwensi negatif terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran sebagai intereaksi edukatif tidak nampak, keaktifan serta kreativitas dan inovasi yang berasal dari siswa juga tidak ada. Siswa kurang memiliki kemampuan memecahkan permasalahan yang ada, akibatnya hasil belajar anak menjadi menurun, dan kondisi ini jelas tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh kurikulum sebagai standar proses pembelajaran.
Bertolak dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, pada objek dan subjek penelitian yang ada dengan jumlah siswa berjumlah 33 orang, dalam pembelajaran yang ada, hanya 6 orang atau 18,18% siswa mendapatkan nilai di atas angka 70, dan 27 orang atau 81,82% siswa mendapatkan nilai di bawah angka 70 pada mata pelajaran dimaksud di,atas. Kenyataan ini, dapat dikatakan bahwa capaian nilai yang ada dilihat dari besarnya nilai, sudah baik namun dilihat dari segi jumlah siswa yang mencapai nilai tersebut masih dibawah standar ketuntasan yang diharapkan.
Penyebab hal tersebut diatas, oleh karena dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya menggunakan strategi Pengajaran yang benar. Selain itu, ketuntasan belajar anak dalam mengikuti pelajaran belum terlaksana dalam situasi yang terkendali. Di samping itu guru belum dapat mempertahankan situasi yang kondusif terkendali. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang tepat, guna memberikan kesempatan yang cukup kepada anak untuk aktif dan kreatif dalam pembelajaran, sehingga hasil pembelajaran akan meningkat
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti termotivasi dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas sebagai usaha perbaikan kualitas proses dan hasil pembelajaran pada mata pelajaran IPS dengan judul: "Meningkatkan hasil belajar siswa melalui Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) pada mata pelajaran IPS  pada kompetensi dasar mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial di kelas VII SMPN 3 ................. Tahun Pelajaran 2013/2014".
B.  Identifikasi Masalah
Bertolak dari uraian latar belakang diatas, dapat diidentifikasi masalah dalam penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) antara lain: Rendahnya intereaksi edukatif dalam pengajaran yang ada, keaktifan siswa dalam berpresentasi masih kurang, Guru tidak dapat mempertahankan situasi belajar yang kondusif, belum ada kejelasan inovasi siswa dalam proses pembelajaran, siswa kurang memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah melalui prensentasi, hasil belajar siswa belum sesuai dengan diharapkan,.
C.  Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut “Apakah pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan model Snowball Throwing (Bola Salju) pada mata pelajaran IPS pada kompetensi dasar mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial di kelas VII SMPN 3 .................  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa ?
D.  Tujuan Penelitian
 Bertolak dari uraian diatas, maka peenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) pada mata pelajaran IPS pada kompetensi dasar mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas VII SMPN 3 ................. Tahun Pelajaran 2013/2014.
E.  Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Praktis
a.    Manfaat bagi siswa
(1) Mempermudah siswa menerima materi pelajaran IPS yang diajarkan.
(2)   Meningkatnya kemampuan berpikir siswa dalam belajar IPS.
(3)   Meningkatnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
b.    Manfaat bagi guru
(1)   Guru mampu menciptakan situasi pembelajaran PAIKEM.
(2)   Meningkatnya profesionalisme guru.
c.    Manfaat bagi sekolah
(1)   Menambah khasanah bacaan tentang model pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) yang bisa diterapkan untuk mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar.
(2)   Sebagai masukan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitasnya berkaitan dengan perbaikan pembelajaran di sekolah.
(3)   Sebagai bahan acuan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di sekolah.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teoritis
1.    Ruang Lingkup Hasil Belajar
Bloom (dalam Suprijono, 2011: 6-7), hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Domain kognitif adalah knoledge (pengetahuan, ingatan), comprehension (pemahaman, menjelaskan, meringkas, contoh), application (menerapkan), analysis (menguraikan, menentukan hubungan), synthesis (mengorganisasikan, merencanakan, membentuk bangunan baru), dan evaluation (menilai). Domain afektif adalah receiving (sikap menerima), responding (memberikan respons), valuing (nilai), organitation (organisasi), characterization (karakterisasi). Domain psikomotor meliputi initiatory, pre-routine dan rountinized. Psikomotor juga mencakup keterampilan produktif, teknik, fisik, sosial, manajerial dan intelektual. Selain itu Suprijono (2011: 5), mengemukakan bahwa hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan ketrampilan.
Selanjutnya Gagne (dalam Suprijono, 2011: 5-6) hasil belajar berupa:
a.    Informasi verbal yaitu kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis. Kemampuan merespon secara spesifik terhadap rangsangan spesifik. Kemampuan tersebut tidak memerlukan manipulasi simbol, pemecahan masalah maupun penerapan aturan.
b.    Keterampilan intelektual yaitu kemampuan mempresentasikan konsep dan lambang. Keterampilan intelektual terdiri dari kemampuan mengategorisasi, kemampuan analitis-sintesis fakta-konsep dan mengembangkan prinsip-prinsip keilmuan. Keterampilan intelektual merupakan kemampuan melakukan aktivitas kognitif yang bersifat khas.
c.    Strategi kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya sendiri. Kemampuan ini meliputi penggunaan konsep dan kaidah dalam memecahkan masalah.
d.   Keterampilan motorik yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordinasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani.
e.    Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasakan penilaian terhadap objek tersebut. Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai. Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar perilaku.
Menurut Anni (2004: 4), hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Sementara menurut Lindgren (dalam Suprijono, 2011: 7), hasil pembelajaran meliputi kecakapan, informasi, pengertian dan sikap.  Pengertian di atas dapat disimpulkan oleh peneliti bahwa hasil belajar adalah suatu kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut mengalami aktivitas belajar.
Lima kategori hasil belajar yang sikemukakan oleh Gagne (dalam Sudjana, 1990: 22), yakni: informasi verbal, kecakapan intelektual, strategi kognitif, sikap dan keterampilan. Sedangkan yang dikutip dari Bloom mengungkapkan tiga tujuan pengajaran yang merupakan kemampuan seseorang yang harus dicapai dan merupakan hasil belajar yaitu: kognitif, afektif dan psikomotorik.
Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu:
a.    Faktor dari dalam diri siswa, meliputi kemampuan yang dimilikinya, motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial IPS, faktor fisik dan psikis.
b.    Faktor yang datang dari luar diri siswa atau faktor lingkungan, terutama kualitas pengajaran.
Sedang hasil belajar yang dicapai siswa menurut Sudjana (1990: 56) melalui proses belajar mengajar yang optimal ditunjukkan dengan ciri-ciri sebagai berikut:
a.    Kepuasan dan kebanggaan yang dapat menumbuhkan motivasi belajar intrinsik pada diri siswa. Siswa tidak mengeluh dengan prestasi yang rendah dan ia akan berjuang lebih keras untuk memperbaikinya atau setidaknya mempertahankan apa yang telah dicapai.
b.    Menambah keyakinan dan kemampuan dirinya, artinya ia tahu kemampuan dirinya dan percaya bahwa ia mempunyai potensi yang tidak kalah dari orang lain apabila ia berusaha sebagaimana mestinya.
c.    Hasil belajar yang dicapai bermakna bagi dirinya, seperti akan tahan lama diingat, membentuk perilaku, bermanfaat untuk mempelajari aspek lain, kemauan dan kemampuan untuk belajar sendiri dan mengembangkan kreativitasnya.
d.   Hasil belajar yang diperoleh siswa secara menyeluruh (komprehensif), yakni mencakup ranah kognitif, pengetahuan atau wawasan, ranah afektif (sikap) dan ranah psikomotorik, keterampilan atau perilaku.
e.    Kemampuan siswa untuk mengontrol atau menilai dan mengendalikan diri terutama dalam menilai hasil yang dicapainya maupun menilai dan mengendalikan proses dan usaha belajarnya.
2.    Pembelajaran Kooperatif
Menurut Slavin (dalam Isjoni, 2011: 15), pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompokkelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya 4-6 orang dengan struktur kelompok heterogen.
Sedangkan Sunal dan Hans (dalam Isjoni, 2011: 15), mengemukakan pembelajaran kooperatif merupakan suatu cara pendekatan atau serangkaian strategi yang khusus dirancang untuk memberi dorongan kepada peserta didik agar bekerjasama selama proses pembelajaran.
Menurut Ariani dan Idris (2009: 16-17) pembelajaran kooperatif mengupayakan seorang peserta didik mampu mengajarkan kepada peserta lain. Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang bersamaan, ia menjadi narasumber bagi teman yang lain. Pengorganisasian pembelajaran dicirikan siswa yang bekerja dalam situasi pembelajaran kooperatif didorong untuk bekerjasama pada suatu tugas bersama, dan mereka harus mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugasnya. Mereka akan berbagi peghargaan bila mereka berhasil sebagai kelompok.
Pembelajaran kooperatif berbeda dengan metode diskusi yang biasanya dilaksanakan di kelas, karena pembelajaran kooperatif menekankan pembelajaran dalam kelompok kecil dimana siswa belajar dan bekerjasama untuk mencapai tujuan yang optimal. Pembelajaran kooperatif meletakkan tanggung jawab individu sekaligus kelompok, sehingga diri siswa tumbuh dan berkembang sikap dan perilaku saling ketergantungan secara positif. Kondisi ini dapat mendorong siswa untuk belajar, bekerja dan bertanggungjawab secara sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidaktidaknya tiga tujuan pembelajaran penting. Menurut Depdiknas tujuan pertama pembelajaran kooperatif, yaitu meningkatkan hasil akademik, dengan meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademiknya. Siswa yang lebih mampu akan menjadi nara sumber bagi siswa yang kurang mampu, yang memiliki orientasi dan bahasa yang sama. Sedangkan tujuan yang kedua, pembelajaran kooperatif memberi peluang agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai perbedaan latar belajar. Perbedaan tersebut antara lain perbedaan suku, agama, kemampuan akademik, dan tingkat sosial. Tujuan penting ketiga dari pembelajaran kooperatif ialah untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Keterampilan sosial yang dimaksud antara lain, berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya.
Menurut Ibrahim, dkk. pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang positif untuk siswa yang hasil belajarnya rendah sehingga mampu memberikan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Selanjutnya, Cooper mengungkapkan keuntungan dari metode pembelajaran kooperatif, antara lain: 1) siswa mempunyai tanggung jawab dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, 2) siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, 3) meningkatkan ingatan siswa, dan 4) meningkatkan kepuasan siswa terhadap materi pembelajaran.
Menurut Lundgren (dalam Isjono, 2011: 16), unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif sebagai berikut:
a.    Para siswa harus memiliki persepsi bahwa mereka “tenggelam atau berenang bersama”.
b.    Para siswa harus memiliki tanggung jawab terhadap siswa atau peserta didik lain dalam kelompoknya, selain tanggung jawab terhadap diri sendiri dalam mempelajari materi yang dihadapi.
c.    Para siswa harus berpandangan bahwa mereka semua memiliki tujuan yang sama.
d.   Para siswa membagi tugas dan bertanggung jawab diantara para anggota kelompok.
e.    Para siswa diberikan satu evaluasi atau penghargaan yang akan ikut berpengaruh terhadap evaluasi kelompok.
f.     Para siswa berbagi kepemimpinan sementara mereka memperoleh ketrampilan bekerja sama dalam belajar.
g.    Setiap siswa akan diminta mempertanggung jawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Ciri-ciri pembelajaran yang menggunakan model kooperatif adalah sebagai berikut:
a.    Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya.
b.    Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
c.    Bilamana mungkin, anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin berbeda-beda.
d.   Penghargaan lebih berorientasi kelompok daripada individu.
Adapun manfaat pembelajaran kooperatif bagi siswa yaitu sebagai berikut:
a.    Meningkatkan kemampuan untuk bekerjasama dan bersosialisasi
b.    Melatih kepekaan diri, empati melalui variasi perbedaan sikap dan perilaku selama bekerja sama.
c.    Mengurangi rasa kecemasan dan menumbuhkan rasa percaya diri.
d.   Meningkatkan motivasi belajar, harga diri dan sikap perilaku yang positif, sehingga pembelajaran kooperatif siswa akan tahu kedudukannya dan belajar untuk saling menghargai satu sama lain.
e.    Meningkatkan prestasi belajar dengan menyelesaikan tugas akademik, sehingga dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit.
3.    Model Pembelajaran Koperatif Tipe Snowball Throwing (Bola salju)
Salah satu tipe yang ada dalam metode pembelajaran kooperatif adalah Snowball Throwing (bola Salju). Dengan model tersebut diharapkan siswa akan berani mengungkapkan pendapatnya dalam kelompoknya sendiri, kemudian dalam kelompok lain.
Menurut Djamarah (2010; 396) bahwa model kooperatif tipe Snowball Throwing (bola salju) digunakan dalam upaya mendapatkan jawaban yang dihasilkan dari diskusi anak didik secara berttingkat. Diawali dengan pembagian kelompok. Setelah kelompok terbentuk guru memberikan tugas berupa permasalahan-permasalahan yang harus diskusikan jawabannya. Setelah diskusi intra kelompok usai, dua orang dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompoknya bergabung dengn kelompok yang lain disampingnya. Anggota kelompok yang baru yang sudah berjumlah empat orang memiliki kewajiban untuk menyeleseaikan tugas secara berempat, kemudian adalah menyajikan hasil kerja kelompoknya secara berempat dalam kelompok yang baru. Kelompok berempat tadi bergabung lagi menjadi kelompok berdelapan dengan tugas yang sama yakni mempresentasikan san mengakaji tugas-tugas yang ada, namun hasilnya pasti berbeda dengan kelompok awal dan hasil itulah yang yangkan dibandingkan dan dipresentasikan dalam kelas. Apabila presentasi telah berakhir maka tugas guru adalah menyimpulkankan dengan memberikan ulasan-ulasan sebagai hasil dari perbandingan masing-masing kelompok dari hasil kelompok terkecil hingga hasil kelompok yang terakhir. Semua anak didik yang ada dalam kelompok kecil sampai pada kelompok terakhir bertugas menerima keritikan perbaikan dengan mencocokkannya hasil kerja yang telah dikaji dan dipresentasikan.
Model pembelajaran Snowball Throwing ini menurut Lie dalam Djamarah (20010: 61) memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain. Melalui model Snowball Throwing ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen, masing-masing kelompok disesuaikan dengan jumlah anak yang ada dengan waktu yang tersedia untuk pembelajaran. Diskusi , dan kerja sama mengkaji, mempresentasi dan menyusun laporan suatu peristiwa dengan tema tertentu yang disampaikan guru. Setelah selesai, satu orang anak dari kelompok akan menyempaikan hasil kajian untuk semua anak yang ada dikelas.
Adapun kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Snow bolling (bola salju) adalah sebagai berikut:
a.    Kelebihan dari bola salju ini antara lain
1) Memberikan kesempatan terhadap siswa untuk menentukan konsep sendiri dengan cara memecahkan masalah dalam kelompok terkecil .
2) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menciptakan kreatifitas dalam melakukan komunikasi dengan teman sekelompoknya.
3) Melatih anak untuk bersikap terbuka, jujur, disiplin, dan kreatif terhadap teman.
4) Meningkatkan motivasi belajar anak didik dalam belajar.
5)  Membantu guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran, karena langkah pembelajaran kooperatif mudah diterapkan di sekolah.
b.    Kelemahan model pembelajaran Snowball Throwing (bola salju)
1) Memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan diskusi.
2) Seperti kelompok biasa anak yang pandai menguasai jalannya diskusi, sehingga anak yang kurang pandai memiliki kesempatan yang sedikit untuk mengeluarkan pendapatnya.
3) Yang tidak terbiasa belajar kelompok akan merasa asing dan sulit untuk bekerjasama.
Langkah-langkah pembelajaran melalui model pembelajaran Snow Bolling (bola salju) adalah sebagai berikut:
a.    Anak bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 2 (dua) orang.
b.    Setelah selesai, dua orang dari masing-masing digabungkan lagi debgan kelompok samping menjadi 4 (empat) orang.
c.    Kelompok berempat bertugas sebagaimana tugas dari kelompok yang berdua dan membagikan hasil kerja dan informasi ke anggta kelompok yang baru.
d.   Kelompok yang baru mengkaji dan melaporkan hasil temuan kekelompok kelompok lain.
e.    Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja yang ada.
f.     Kemudian menyatu lagi dengan kelompok yang baru lagi sehingga menjadi 8 (delapan) orang, demikian seterusnya, hingga terakhir menjadi satu kelompok besar
g.    Terakhir satu orang menyuarakan hasil terakhir dari kajian tugas yang ada
h.    Guru menyimpulkan dengan mengulas materi dengan membandingkannya dari hasil masing kelompok dari yang terkecil hingga kelompok terkahir.
C. Kerangka Pikir
Pada saat proses belajar mengajar, kebanyakan guru menggunakan
pembelajaran yang cenderung menekankan pada aktivitas guru dalam
menyampaikan pembelajaran di kelas sedangkan siswa hanya pasif dalam
kegiatan pembelajaran dan mengikuti apa saja yang disajikan guru. Dalam
pembelajaran, guru kebanyakan menyampaikan materi dengan cepat dan
menggunakan metode yang kurang bervariasi. Hal tersebut membuat siswa
menjadi kurang bergairah atau bersemangat dalam pembelajaran sehingga
kegiatan belajar mengajar akan terasa membosankan.
Melihat kondisi seperti itu, peneliti mencari pemecahan masalah
melalui penerapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Salah satu
metode pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif adalah dengan penerapan
metode snowball throwing. Metode ini memadukan pendekatan komunikatif,
integratif dan ketrampilan proses. Kegiatan melempar bola pertanyaan ini
akan membuat kelompok menjadi dinamis, karena kegiatan siswa tidak hanya
berfikir, menulis, bertanya atau berbicara. Akan tetapi mereka juga melakukan
aktivitas fisik yaitu menggulung kertas dan melemparkannya pada siswa lain.
Dengan demikian situasi pembelajaran akan menjadi aktif, menarik, dan
menyenangkan sehingga akan muncul gairah atau semangat untuk belajar dan
motivasi siswa untuk belajar meningkat. Dalam penelitian ini kerangka pikir dapat digambarkan dengan bagan sebagai berikut:















Gambar 2.1 Kerangka Pikir Peningkatan Motivasi Belajar IPS dengan
Menggunakan Metode Snowball Throwing
B.  Hipotesis Tindakan
Hipotesis tindakan pada pelaksanaan Penelitian tindakan kelas ini, dapat mengajukan hipotesis: jika pada proses pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (bola salju), maka motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 ................. pada mata pelajaran IPS, akan meningkat.
 




Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini