Wednesday, 26 June 2019

PTK Biologi Kelas X SMA Kurikulum 2013

Loggo








LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



PENGGUNAAN MEDIA EDUKATIF PERMAINAN DOMINO SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN AKTIVITAS DAN  HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI INVERTEBRATA KELAS X MIA 2
DI SMA NEGERI  1 .................... SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2018/2019



Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat Golongan dari ........ ke ..........





Oleh

.......................................
NIP. .......................................








SMA NEGERI 1 ....................
Alamat : …………………………………………………………………..
2019

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Penggunaan Media Edukatif Permainan Domino sebagai Upaya Meningkatan Aktivitas dan  Hasil Belajar Biologi Materi Invertebrata Kelas X MIA 2 di SMAN 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
      b.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Identitas Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : .......................................
      b.   NIP                                      :  .......................................
      c.   Pangkat / Golongan             : .......................................
      d.   Jabatan                                 : Guru Biologi 
      e.   Instansi                                 : SMAN 1 ....................
      f.    Tempat Penelitian                :  SMAN 1 ....................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Januari 2019 sampai dengan Bulan Maret 2019)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

                        Mengetahui                                  ...................., 18 Maret 2019
                     Kepala Sekolah                                                Peneliti




           ……………………………                         .......................................
            NIP. …………………….                     NIP. .......................................

Mengesahkan
Pengawas Sekolah



…………………………….
NIP. …………………..
ABSTRAK


Latar belakang masalah penelitian ini adalah proses pembelajaran biologi yang kurang variatif dan tidak ada inovasi pembelajaran sehingga berujung pada  rendahnya aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 ..................... Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan menggunakan media edukatif permainan domino. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan model penelitian mengacu pada model spiral dari S. Kemmis dan McTaggart. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 ....................  dengan jumlah siswa 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis ketuntasan dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media edukatif permainan domino dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa. Terbukti dari pengukuran aktivitas belajar biologi siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 .................... pada kondisi awal hanya 11 siswa atau 31,43%,  siklus I ada 22 siswa atau 62,86%, dan pada siklus II ada 33 siswa atau 94,29%, dan peningkatan ketuntasan dan hasil belajar biologi siswa yang awalnya pada pembelajaran pra siklus siswa yang tuntas ada 7 siswa atau  20,00%, pada siklus I mengalami kenaikan yaitu ada 18 siswa atau 51,73%, dan pada siklus II ada 31 siswa atau 88,57%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni nilai dengan KKM 75 di atas 85%.  Adapun peningkatan nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 66,29 pada kondisi awal menjadi 74,00 pada siklus pertama dan 82,86pada siklus kedua. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan  media edukatif permainan domino pada pembelajaran biologi materi invertebrata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar, kartu domino









KATA PENGANTAR

Penulis bersyukur kepada  Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuniaNyalah seluruh proses penelitian sampai penulisan laporan penelitian tindakan kelas berjudul “Penggunaan Media Edukatif Permainan Domino sebagai Upaya Meningkatan Aktivitas dan  Hasil Belajar Biologi Materi Invertebrata Kelas X MIA 2 di SMAN 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019” dapat terselesaikan. Laporan penelitian tindakan kelas ini dibuat untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat dan golongan dari ……. ke …….. Peneliti mengakui, dengan terselesaikannya penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini, tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak.  
Penelitipun menyadari,  bahwa penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini masih banyak kekurangannya. Untuk itu, segala kritik dan saran yang sifatnya membangun, akan peneliti terima dengan senang hati. Akhirnya peneliti berharap semoga penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.


....................,      Maret 2018
Peneliti


DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah ........................................................      1
B.       Identifikasi Masalah ..............................................................      4
C.       Pembatasan Masalah .............................................................      4
D.      Rumusan Masalah .................................................................      5
E.       Tujuan Penelitian....................................................................      5

BAB      II     KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................      7
B.   Kerangka Berpikir .................................................................    23
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................    24

BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Setting Penelitian...................................................................    25
B.       Metode dan Rancangan Penelitian ........................................    25
C.       Subjek Penelitian....................................................................    28
D.      Teknik Pengumpulan Data ....................................................    28
E.       Validasi Data..........................................................................    29
F.        Analisis Data..........................................................................    30
G.      Prosedur Penelitian ................................................................    31
H.      Indikator dan Kriteria Keberhasilan ......................................    36

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data .......................................................................    37
B.   Hasil Penelitian ......................................................................    56
C.   Pembahasan Hasil Penelitian..................................................    60

BAB      V     SIMPULAN DAN SARAN
A.  Simpulan ................................................................................    65
B.   Saran.......................................................................................    66

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL
Tabel                                                                                                           Halaman
Tabel      4.1     Rekapitulasi Hasil Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal.......      38
Tabel      4.2     Data Aktivitas Belajar Siswa Pada Kondisi Awal....................      39
Tabel      4.3     Rekapitulasi Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus I ................      45
Tabel      4.4     Rekapitulasi Data Aktivitas belajar Siswa Pada Siklus Pertama                    47
Tabel      4.5     Rekapitulasi Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus II ...............      53
Tabel      4.6     Data Aktivitas belajar Siswa Pada Siklus Kedua.....................      55
Tabel      4.7     Peningkatan  Hasil Belajar Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II...      57
Tabel      4.8     Peningkatan  Aktivitas belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                       58



























DAFTAR GAMBAR
GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1  Kerangka Berfikir Penelitian Tindakan Kelas...........................      23
Gambar    3.1  Daur PTK (dimodifikasi dari Arikunto, 2006 : 46)..................      26
Gambar    4.1 Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan Belajar Berdasarkan Nilai Tes Hasil Belajar pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II................................................................      57
Gambar    4.2 Peningkatan  Aktivitas belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                       59



                


























DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    5     :    Instrumen Pengumpulan Data
                               (LKS dan Lembar Tes Formatif  Siklus I dan II)
Lampiran    6     :    Analisis Data Hasil Penelitian
                               (Daftar Nilai dan Lembar Penilaian Aktivitas Belajar Siswa Pra Siklus, Siklus I dan II)
Lampiran    7     :    Daftar Hadir Siswa
Lampiran    8     :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    9     :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 
Lampiran    10   :    Berkas Pelaksanaan Seminar PTK


LEMBAR KERJA SISWA
SIKLUS  I

Petunjuk

Invertebrata merupakan kelompok hewan yang paling banyak dimuka bumi, hidup pada lingkungan yang beragam, dari lingkungan hutan, gua, sampai lumpur dasar laut. Hewan vertebrata hidup pada semua lingkunga biologi baik didataran, air laut, air tawar maupun udara. Invertebrata terdiri dari Filum Porifera, Filum Colentrata, Filum Platyhelmithes, Filum Nematoda, Filum Annelida, Filum Molusca, Filum Arthropoda dan Filum Echinodermata. Sedangkan vertebrata terdiri dari Filum Chordata.

Lengkapilah tabel berikut!

Invertebrata
Ciri-ciri khusus
Contoh spesies
Peranan
1. Filium Porifera
2. Filum Coelenterata
3. Filum Pltyhelminthes
4. Filum Nematoda
5. Filum Annelida
6. Filum Molusca
7. Filum Arthropoda
8. Filum Echinodermata
9. Filum Chordata




==========================================================

Kelompok    :     ......................................
Ketua           :     ......................................
Anggota       :     1. ..................................
                           2. ..................................
                           3. ..................................
                           4. ..................................
                           5. ..................................



Nama               :  .......................................
No. Absen       :  .......................................
 



LEMBAR TES FORMATIF
SIKLUS I

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan menuliskan huruf  a, b, c, d,  atau e!

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiYqWWBjLqe20r1bnI0_8Wcnh-FpltK0Ddy3Z0gIY-3G3UgNWVA1y6jb-CYeM_i7RgysykehqK5858rP1OSYjMk19rZarq7x28YwAXwQtZuPwlmg9vB5WJVVuErENYUtWyWwG46tdikjSV/s1600/chepalopoda.jpg1.    Cephalopoda yang memiliki cangkang adalah…











a. Sotong
b. Gurita
c. Cumi - cumi
d. Loligo
e. Nautilus
2.    Berikut merupakan urutan reproduksi Obelila….
       a. Zigot – planula – gastrula - blastula
b. Zigot – blastula – gastrula - planula
c. Zigot – gastrula – blastula - planula
d. Zigot – planula – blastula - gastrula
e. Zigot – planula – medusa – polip
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJFXuNJrge24qR0H_KmYA5XHFRhmd6qzgJBzYYgFI7kL6TjQDW66n5g1LRctBwnE_DYZUowKuwlVsu58m61xFrEOmVM4ewgaHEGtBOnrLM3jAf16gprUgm8KD4Klg3o4vwDWcjF3CS49wd/s320/bekicot+yes.jpg3.    Yang berfungsi sebagai indra peraba dan pembau pada bekicot adalah









a. Kaki
b. Kepala
c. Radula
d. Tentakel pendek
e. Tentakel panjang

4.    Pada bagian kepala siput terdapat 2 pasang antena. 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlm8SX-vwT1wE4Y18q7Gf2ylqDVYuF6vM657YEvyCu2iPF92lqMNu_dmSbUGEX5mi39DLrBAe_aTm9ZyAjPDKvWLXRH6pvLMf5ah03rwjL4afSfc6IaC8G-m9GazxoTAXFgfoqCEO7mJU/s1600/belicot.jpg










Fungsi dari kedua pasang antena tersebut adalah….
a. Penglihat dan peraba
b. Peraba dan pembau
c. Penglihat dan penangkap mangsa
d. Peraba dan penangkap mangsa
e. Pembau dan penagkap mangsa

5.    Bagian yang mati ( tak hidup ) dari tubuh Porifera adalah….
a. Ameboid
b. Koanosit
c. Skleroblas
d. Pinakosit
e. Spikula
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhs3WTERjKSP4BVyswU0J0WkDS-RJIqJSst2NWweJ8vXXGxuut0DvSMBN-VgQs3Rgr0Bg0umULOKdqQD8DNW-gJhPtpcTY4TKTlN4iOnCcPpIStNVzN4hWRZwYUMGFrtDmI1pInIJNyvGaa/s320/ubur+ubur+laut.jpg6.    Coelenterata memiliki sel – sel yang berfungsi sebagai penyengat / penghasil racun. 







Sel – sel tersebut adalah….
a. Mesoglea
b. Nematosis
c. Endoderma
d. Tentakel
e. Medusa
7.    Polip dan medusa memiliki perbedaan mendasar pada ciri berikut, kecuali …
a. Pada cara reproduksinya
b. Pada bentuk tubuhnya
c. Pada posisi mulutnya
d. Terdapat tentakel
e. Pada pergerakannya
8.    Filum berikut semua anggotanya bersifat triploblastik dan memiliki rongga sebenarnya adalah ....
a. filum Coelenterata
b. filum Porifera
c. filum Nematoda
d. filum Platyhelminthes
e. filum Annelida
9.    Untuk membedakan hewan invertebrata, perlu diperhatikan hal-hal berikut, kecuali ....
a. rangka luar
b. simetri tubuh
c. segmentasi tubuh
d. warna eksoskeleton
e. tentakel dan antena
10.  Berikut adalah filum dari kelompok invertebrata, kecuali ....
a. Porifera   
b. Annelida
c. Cnidaria   
d. Mollusca
e. Chordata




















LEMBAR KERJA SISWA
SIKLUS  II

Petunjuk

Amatilah perbedaan-perbedaan pada contoh-contoh anggota Filum Cacing di bawah ini!













Isilah   tabel   berikut   dan   jawablah   pertanyaan   yang   ada   berdasarkan   hasil pengamatanmu dan informasi dari berbagai sumber!


Filum Platyhelminthes
Filum
Nemathelminthes (Nematoda)
Filum Annelida
Bentuk Tubuh












Cara Hidup
(Free living/ hidup bebas atau parasitic)









Contoh















==========================================================
Kelompok    :     ......................................
Ketua           :     ......................................
Anggota       :     1. ..................................
                           2. ..................................
                           3. ..................................
                           4. ..................................
                           5. ..................................














Nama               :  .......................................
No. Absen       :  .......................................
 


LEMBAR TES FORMATIF
SIKLUS II

Pilihlah  dengan  cara  menyilang  (X)  huruf  a,  b,  c, d,  atau e  di  depan  jawaban  yang  tepat!


1.    Perhatikan gambar ini 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjapcOK0jP9ttbpTvtG8TedrtNHLjXWdLK9AxMHr-ffJi44EgmbOy06oP2IFYtAAJy5-tIY1dqbXKHmpKDsaRNNOMemR6g-l-8536qiA16aF9PBsJTZIt2lptLM5kXT2D47JO4znhAfKHtN/s400/porifera.jpg












Sel – sel yang bertugas untuk mengedarkan makanan ke seluruh tubuh. Sel – sel tersebut adalah…
a. Sel ameboid
b. Koanosit
c. Skleroblas
d. Pinakosit
e. Spikula
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOW16rgRyNiR1j0OIEbXda67qOg2DhIQjCJKzjB_zDF5WaGzkOmP0hpGBwRyTWERM0NPlZQ92ULG-NUXGOAjowe2MGvTJtHxo2fYDKwQiQY1YWZB1R1uSOeHfvyHvA10m66gt1o5ZYa8g1/s400/planaria+platyhelminthes.jpg2.    Perhatikan salah satu contoh cacing palanaria anggota Platyhelminthes ini








Platyhelminthes tidak memiliki sistem pembuluh darah.  Bagaimana cara mengedarkan makanan keseluruh tubuhnyapada hewan cacing planaria atau dugesia diatas ?
a. Dengan menggunakan sistem gastrovaskuler
b. Dengan menggunakan triplobastik
c. Dengan menggunakan sistem limfa
d. Dengan menggunakan mesoderm
e. Dengan gerakan otot – otot
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNkwFaQkw9cDrkW3JjwHN_qdmBksJK5IZ8wQ_OkiuBdW1BvKIcZAVxvO6YBiSo_ItcRaZdEL6m7Nqu-v-sGQvc2rDO7EwzKKjOWN91hrZUCioEyLuO4KhB1AP5eRWN4Wf_TadhhZmwpHCQ/s320/cacing+hati.jpg3.    Berikut merupakan urutan daur hidup cacing Fasciola hepatica kelompok Trematoda ini ..









a. Telur – mirasidium – siput air – sporosista – redia – serkaria – hewan ternak
b. Telur – sporosista – siput air – mirasidium – redia – srekaria – hewan ternak
c. Telur – redia – siput air – sporosista – mirasidium – serkaria – hewanternak
d. Telur – redia – siputair – serkaria – sporosista – mirasidum – hewan ternak
e. telur – mirasidium – redia – serkaria
4.    Cacing berikut yang menyerang hati manusia melalui perantaraan daging ikan, yaitu…
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwu02frT_Yo5hlvaIYFOI4iytLNToZgsw1qkicDTmvIFkkLnYMILeqU8ELU3BgDja_DfcfSKsE_DInU-bvyrlIm7LMF6ObvK8RurjCX674m3SFUimOEXI1x8QxCfwLLU_JexNoEf1ZePkv/s320/cacing+hati+ikan.jpg













a. Fasciola hepatica
b. Clonorchis sinensis
c. Schistosoma japonicum
d. Taenia saginata
e. Dugesia trigina 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzlFTSSKSVC61U5D80NqxnuLB3vG0K1O1HeDSBnXuK6RvW-E1D2CA7YLVgsjv86qMRZ9cc7sxg30NypU8JSWrpp3f1IoBxpaVZk444uscM9lii_KjX8P8pLtwsqRgqQDYvQNErAk0kSZiY/s320/cacing+gelang.jpg5.    Manakah diantara pertanyaan berikut yang salah tentang Annelida yang meliputi Polychaeta - Oligochaeta - Hirudinea ?









a. Memiliki sistem saraf tangga tali
b. Memilki sistem pembuluh darah terbuka
c. Memiliki nefridia
d. Kebanyakan hermafrodit
e. Anggota Annelida ada yang beserta banyak
6.    Annelida dibedakan menjadi 3 kelas meliputi Polychaeta - Oligochaeta - Hirudinea berdasarkan….
a. Alat geraknya
b. Panjang tubuhnya
c. Cara hidupnya
d. Ada tidaknya seta ( duri )
e. Cara reproduksinya
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgehW8GkGYrxwv9hIlpWdKrrHYOeeBN8a1mvItzEGKmi9gJZ4338beM7TDPHR3GlT4d8ghyphenhyphen4cFwuVp_dz89VtjtK90YGLHFo0ML7cSJfFgopJ6dduDDkaKj72ZX_BOXOGhwGzTafKU2nGic/s320/cacing+tanah+anelida.jpg7.    Dibandingkan dengan cacing yang lain, 













Annelida merupakan cacing yang memiliki tingkatan yang paling tinggi, alasannya adalah…
a. Memiliki selom sesungguhnya
b. Bersifat hermafrodit
c. memiliki sistem pencernaan yang lengkap
d. Memiliki seta
e. Memiliki nefridia

8.    Jenis cacing yang hidup didalam usus halus manusia adalah…
a. Planaria
b. Ascaris lumbricoides
c. Pheretima sp
d. Enterobius vermicularis
e. Fasciola hepatica
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvU_83f-cjcs0L0FOEzeH0yp7lw_mFNthSNeUF3hz6Hc0iYgQTBS8pMCTuw0KR7OqEhkLuLtKpvGeSKrG75FiSRBaePsvVuDMfxkGp55y1NmK_r9HedZmilFr8BSVaFDjnQQPZJ2vozpMU/s320/daging.jpg9.    Didalam otot daging sapi atau babi dapat dijumpai cacing pita dalam bentuk….









a. Sistiserkus
b. Skoleks
c. onkosfer
d. Proglotid
e. Sporosista

10. Perhatikan gambar ini
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEKdKDScHFgPZrE0cqhQ7A6936Wtwp38WpOk_nDz555MuNFfyz9mtcDK1NKEDs2k5qQARsd-ihFXG-7JA3EVe51hEtHzdIKkPEQ-XmQf4pPGaTqOVbzNM2SRiCxvlp1Xv6u4_snNdY3Vw/s320/cacing+tanah+1.jpg












Alat ekskresi cacing yang terlihat pada gambar adalah…
a. Badan malpighi
b. Sel – sel api
c. Ginjal
d. Nefridium
e. Berada didekat anus



Untuk mendapatkan file lengkap............... (Bab 1, 2, 3, 4, 5, Daftar Pustaka, RPP 2 siklus, Lembar Kerja Siswa 2 Siklus, Tes Formatif 2 Siklus, Analisis Data ....................)  silahkan klik disini