Loggo
LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
PENGGUNAAN
MEDIA EDUKATIF PERMAINAN DOMINO SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI INVERTEBRATA
KELAS X MIA 2
DI
SMA NEGERI 1 ....................
SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat Golongan dari ........ ke ..........
Oleh
.......................................
NIP. .......................................
SMA NEGERI 1 ....................
Alamat : …………………………………………………………………..
2019
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.
a. Judul
Penelitian : Penggunaan
Media Edukatif Permainan Domino sebagai Upaya Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Materi Invertebrata
Kelas X MIA 2 di SMAN 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
b. Jenis
Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
2.
Identitas Peneliti
a. Nama
Lengkap dan Gelar : .......................................
b. NIP
: .......................................
c. Pangkat
/ Golongan : .......................................
d. Jabatan
: Guru Biologi
e. Instansi
: SMAN 1 ....................
f. Tempat
Penelitian : SMAN 1 ....................
3.
Lama Penelitian : 3
bulan (Bulan Januari 2019 sampai dengan Bulan Maret 2019)
4. Sumber Biaya :
Swadaya
Mengetahui ....................,
18 Maret 2019
Kepala Sekolah Peneliti
…………………………… .......................................
NIP. ……………………. NIP. .......................................
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
…………………………….
NIP. …………………..
ABSTRAK
Latar belakang
masalah penelitian ini adalah proses pembelajaran biologi yang kurang variatif
dan tidak ada inovasi pembelajaran sehingga berujung pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar biologi
siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 ..................... Tujuan yang hendak dicapai
adalah untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan menggunakan
media edukatif permainan domino. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian
Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan model penelitian mengacu
pada model spiral dari S. Kemmis dan McTaggart. Setiap siklus terdiri dari
tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 .................... dengan jumlah siswa 35 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. validasi data dilakukan dengan teknik
triangulasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis ketuntasan dan analisis komparatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan media edukatif permainan domino dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar biologi siswa. Terbukti dari pengukuran aktivitas
belajar biologi siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 .................... pada kondisi
awal hanya 11 siswa atau 31,43%, siklus
I ada 22 siswa atau 62,86%, dan pada siklus II ada 33 siswa atau 94,29%, dan
peningkatan ketuntasan dan hasil belajar biologi siswa yang awalnya pada
pembelajaran pra siklus siswa yang tuntas ada 7 siswa atau 20,00%, pada siklus I mengalami kenaikan yaitu
ada 18 siswa atau 51,73%, dan pada siklus II ada 31 siswa atau 88,57%, hasil
ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni nilai dengan KKM 75 di atas
85%. Adapun peningkatan nilai rata-rata
hasil belajar meningkat dari 66,29 pada kondisi awal menjadi 74,00 pada siklus
pertama dan 82,86pada siklus kedua. Berdasarkan penjelasan di atas dapat
disimpulkan bahwa penerapan media
edukatif permainan domino pada pembelajaran biologi materi invertebrata dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 ....................
Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar, kartu domino
KATA PENGANTAR
Penulis
bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuniaNyalah seluruh proses penelitian
sampai penulisan laporan penelitian tindakan
kelas berjudul “Penggunaan Media Edukatif Permainan Domino
sebagai Upaya Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Materi Invertebrata
Kelas X MIA 2 di SMAN 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019” dapat terselesaikan. Laporan penelitian tindakan kelas ini dibuat untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat dan golongan
dari ……. ke …….. Peneliti mengakui, dengan
terselesaikannya penulisan laporan penelitian
tindakan kelas ini, tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai
pihak.
Penelitipun menyadari, bahwa
penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini masih banyak
kekurangannya. Untuk itu, segala kritik dan saran yang sifatnya membangun, akan
peneliti terima dengan senang hati. Akhirnya peneliti berharap semoga penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat
bagi semua pihak.
....................,
Maret 2018
Peneliti
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ........................................................ 1
B. Identifikasi Masalah .............................................................. 4
C. Pembatasan Masalah ............................................................. 4
D. Rumusan Masalah ................................................................. 5
E. Tujuan Penelitian.................................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 7
B. Kerangka Berpikir ................................................................. 23
C. Hipotesis Tindakan ................................................................ 24
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Setting Penelitian................................................................... 25
B.
Metode dan Rancangan Penelitian ........................................ 25
C.
Subjek Penelitian.................................................................... 28
D.
Teknik Pengumpulan Data .................................................... 28
E.
Validasi Data.......................................................................... 29
F.
Analisis Data.......................................................................... 30
G.
Prosedur Penelitian ................................................................ 31
H.
Indikator dan Kriteria Keberhasilan ...................................... 36
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data ....................................................................... 37
B. Hasil Penelitian ...................................................................... 56
C. Pembahasan Hasil Penelitian.................................................. 60
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ................................................................................ 65
B. Saran....................................................................................... 66
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 4.1 Rekapitulasi
Hasil Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal....... 38
Tabel 4.2 Data
Aktivitas Belajar Siswa Pada Kondisi Awal.................... 39
Tabel 4.3 Rekapitulasi
Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus I ................ 45
Tabel 4.4 Rekapitulasi
Data Aktivitas belajar Siswa Pada Siklus Pertama 47
Tabel 4.5 Rekapitulasi
Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus II ............... 53
Tabel 4.6 Data
Aktivitas belajar Siswa Pada Siklus Kedua..................... 55
Tabel 4.7 Peningkatan Hasil Belajar Pra Siklus, Siklus I dan Siklus
II... 57
Tabel 4.8 Peningkatan Aktivitas belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II 58
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Kerangka
Berfikir Penelitian Tindakan Kelas........................... 23
Gambar 3.1 Daur
PTK (dimodifikasi dari Arikunto, 2006 : 46).................. 26
Gambar 4.1 Peningkatan
Nilai, dan Ketuntasan Belajar Berdasarkan Nilai Tes Hasil Belajar pada Pra
Siklus, Siklus I dan Siklus II................................................................ 57
Gambar 4.2 Peningkatan Aktivitas belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II 59
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 : Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 : Jurnal
Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 : Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran 4 : Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran 5 : Instrumen
Pengumpulan Data
(LKS dan Lembar
Tes Formatif Siklus I dan II)
Lampiran 6 : Analisis Data Hasil Penelitian
(Daftar Nilai dan
Lembar Penilaian Aktivitas Belajar Siswa Pra Siklus, Siklus I dan II)
Lampiran 7 : Daftar Hadir Siswa
Lampiran 8 : Contoh
Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 9 : Dokumentasi
Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 10 : Berkas Pelaksanaan Seminar PTK
LEMBAR KERJA SISWA
SIKLUS I
Petunjuk
Invertebrata merupakan kelompok hewan yang paling
banyak dimuka bumi, hidup pada lingkungan yang beragam, dari lingkungan hutan,
gua, sampai lumpur dasar laut. Hewan vertebrata hidup pada semua lingkunga
biologi baik didataran, air laut, air tawar maupun udara. Invertebrata terdiri
dari Filum Porifera, Filum Colentrata, Filum Platyhelmithes, Filum Nematoda,
Filum Annelida, Filum Molusca, Filum Arthropoda dan Filum Echinodermata.
Sedangkan vertebrata terdiri dari Filum Chordata.
Lengkapilah tabel berikut!
Invertebrata
|
Ciri-ciri khusus
|
Contoh spesies
|
Peranan
|
1. Filium Porifera
2. Filum Coelenterata
3. Filum Pltyhelminthes
4. Filum Nematoda
5. Filum Annelida
6. Filum Molusca
7. Filum Arthropoda
8. Filum Echinodermata
9. Filum Chordata
|
==========================================================
Kelompok :
......................................
Ketua : ......................................
Anggota :
1. ..................................
2.
..................................
3.
..................................
4.
..................................
5.
..................................
Nama : .......................................
No.
Absen : .......................................
LEMBAR TES FORMATIF
SIKLUS I
Pilihlah salah satu jawaban yang paling
benar dengan menuliskan huruf a, b, c,
d, atau e!
a. Sotong
b. Gurita
c. Cumi - cumi
d. Loligo
e. Nautilus
b. Gurita
c. Cumi - cumi
d. Loligo
e. Nautilus
2. Berikut
merupakan urutan reproduksi Obelila….
a. Zigot – planula –
gastrula - blastula
b. Zigot – blastula – gastrula - planula
c. Zigot – gastrula – blastula - planula
d. Zigot – planula – blastula - gastrula
e. Zigot – planula – medusa – polip
b. Zigot – blastula – gastrula - planula
c. Zigot – gastrula – blastula - planula
d. Zigot – planula – blastula - gastrula
e. Zigot – planula – medusa – polip
a. Kaki
b. Kepala
c. Radula
d. Tentakel pendek
e. Tentakel panjang
b. Kepala
c. Radula
d. Tentakel pendek
e. Tentakel panjang
4. Pada bagian kepala siput
terdapat 2 pasang antena.
Fungsi dari kedua pasang antena
tersebut adalah….
a. Penglihat dan peraba
b. Peraba dan pembau
c. Penglihat dan penangkap mangsa
d. Peraba dan penangkap mangsa
e. Pembau dan penagkap mangsa
a. Penglihat dan peraba
b. Peraba dan pembau
c. Penglihat dan penangkap mangsa
d. Peraba dan penangkap mangsa
e. Pembau dan penagkap mangsa
5. Bagian yang mati ( tak hidup
) dari tubuh Porifera adalah….
a. Ameboid
b. Koanosit
c. Skleroblas
d. Pinakosit
e. Spikula
a. Ameboid
b. Koanosit
c. Skleroblas
d. Pinakosit
e. Spikula
Sel – sel tersebut adalah….
a. Mesoglea
b. Nematosis
c. Endoderma
d. Tentakel
e. Medusa
a. Mesoglea
b. Nematosis
c. Endoderma
d. Tentakel
e. Medusa
7. Polip dan medusa memiliki
perbedaan mendasar pada ciri berikut, kecuali …
a. Pada cara reproduksinya
b. Pada bentuk tubuhnya
c. Pada posisi mulutnya
d. Terdapat tentakel
e. Pada pergerakannya
a. Pada cara reproduksinya
b. Pada bentuk tubuhnya
c. Pada posisi mulutnya
d. Terdapat tentakel
e. Pada pergerakannya
8. Filum berikut semua
anggotanya bersifat triploblastik dan memiliki rongga sebenarnya adalah ....
a. filum Coelenterata
b. filum Porifera
c. filum Nematoda
d. filum Platyhelminthes
e. filum Annelida
a. filum Coelenterata
b. filum Porifera
c. filum Nematoda
d. filum Platyhelminthes
e. filum Annelida
9. Untuk membedakan hewan
invertebrata, perlu diperhatikan hal-hal berikut, kecuali ....
a. rangka luar
b. simetri tubuh
c. segmentasi tubuh
d. warna eksoskeleton
e. tentakel dan antena
a. rangka luar
b. simetri tubuh
c. segmentasi tubuh
d. warna eksoskeleton
e. tentakel dan antena
10. Berikut adalah filum dari
kelompok invertebrata, kecuali ....
a. Porifera
b. Annelida
c. Cnidaria
d. Mollusca
e. Chordata
a. Porifera
b. Annelida
c. Cnidaria
d. Mollusca
e. Chordata
LEMBAR KERJA SISWA
SIKLUS II
Petunjuk
Amatilah perbedaan-perbedaan pada contoh-contoh anggota Filum Cacing di bawah ini!
Isilah tabel berikut
dan jawablah pertanyaan yang ada
berdasarkan hasil
pengamatanmu dan informasi dari
berbagai sumber!
|
Filum Platyhelminthes
|
Filum
Nemathelminthes (Nematoda)
|
Filum Annelida
|
Bentuk Tubuh
|
|
|
|
Cara
Hidup
(Free living/ hidup bebas atau parasitic)
|
|
|
|
Contoh
|
|
|
|
==========================================================
Kelompok :
......................................
Ketua : ......................................
Anggota :
1. ..................................
2.
..................................
3.
..................................
4.
..................................
5.
..................................
Nama : .......................................
No.
Absen : .......................................
LEMBAR TES FORMATIF
SIKLUS II
Pilihlah dengan
cara menyilang (X)
huruf a, b, c, d,
atau e
di depan jawaban
yang tepat!
1. Perhatikan
gambar ini
Sel – sel yang bertugas untuk
mengedarkan makanan ke seluruh tubuh. Sel – sel tersebut adalah…
a. Sel ameboid
b. Koanosit
c. Skleroblas
d. Pinakosit
e. Spikula
a. Sel ameboid
b. Koanosit
c. Skleroblas
d. Pinakosit
e. Spikula
Platyhelminthes tidak memiliki
sistem pembuluh darah. Bagaimana cara mengedarkan makanan keseluruh
tubuhnyapada hewan cacing planaria atau dugesia diatas ?
a. Dengan menggunakan sistem gastrovaskuler
b. Dengan menggunakan triplobastik
c. Dengan menggunakan sistem limfa
d. Dengan menggunakan mesoderm
e. Dengan gerakan otot – otot
a. Dengan menggunakan sistem gastrovaskuler
b. Dengan menggunakan triplobastik
c. Dengan menggunakan sistem limfa
d. Dengan menggunakan mesoderm
e. Dengan gerakan otot – otot
a. Telur – mirasidium – siput
air – sporosista – redia – serkaria – hewan ternak
b. Telur – sporosista – siput
air – mirasidium – redia – srekaria – hewan ternak
c. Telur – redia – siput air –
sporosista – mirasidium – serkaria – hewanternak
d. Telur – redia – siputair –
serkaria – sporosista – mirasidum – hewan ternak
e. telur – mirasidium – redia –
serkaria
4. Cacing berikut yang
menyerang hati manusia melalui perantaraan daging ikan, yaitu…
a. Fasciola hepatica
b. Clonorchis sinensis
c. Schistosoma japonicum
d. Taenia saginata
e. Dugesia trigina
b. Clonorchis sinensis
c. Schistosoma japonicum
d. Taenia saginata
e. Dugesia trigina
5. Manakah diantara pertanyaan berikut yang salah tentang Annelida
yang meliputi Polychaeta - Oligochaeta - Hirudinea ?
a. Memiliki sistem saraf tangga
tali
b. Memilki sistem pembuluh darah terbuka
c. Memiliki nefridia
d. Kebanyakan hermafrodit
e. Anggota Annelida ada yang beserta banyak
b. Memilki sistem pembuluh darah terbuka
c. Memiliki nefridia
d. Kebanyakan hermafrodit
e. Anggota Annelida ada yang beserta banyak
6. Annelida dibedakan menjadi 3
kelas meliputi Polychaeta - Oligochaeta - Hirudinea berdasarkan….
a. Alat geraknya
b. Panjang tubuhnya
c. Cara hidupnya
d. Ada tidaknya seta ( duri )
e. Cara reproduksinya
b. Panjang tubuhnya
c. Cara hidupnya
d. Ada tidaknya seta ( duri )
e. Cara reproduksinya
Annelida merupakan cacing yang
memiliki tingkatan yang paling tinggi, alasannya adalah…
a. Memiliki selom sesungguhnya
b. Bersifat hermafrodit
c. memiliki sistem pencernaan yang lengkap
d. Memiliki seta
e. Memiliki nefridia
a. Memiliki selom sesungguhnya
b. Bersifat hermafrodit
c. memiliki sistem pencernaan yang lengkap
d. Memiliki seta
e. Memiliki nefridia
8. Jenis cacing yang hidup
didalam usus halus manusia adalah…
a. Planaria
b. Ascaris lumbricoides
c. Pheretima sp
d. Enterobius vermicularis
e. Fasciola hepatica
a. Planaria
b. Ascaris lumbricoides
c. Pheretima sp
d. Enterobius vermicularis
e. Fasciola hepatica
a. Sistiserkus
b. Skoleks
c. onkosfer
d. Proglotid
e. Sporosista
b. Skoleks
c. onkosfer
d. Proglotid
e. Sporosista
10. Perhatikan gambar ini
Alat ekskresi cacing yang
terlihat pada gambar adalah…
a. Badan malpighi
b. Sel – sel api
c. Ginjal
d. Nefridium
e. Berada didekat anus
a. Badan malpighi
b. Sel – sel api
c. Ginjal
d. Nefridium
e. Berada didekat anus
Untuk
mendapatkan file lengkap............... (Bab 1, 2, 3, 4, 5, Daftar Pustaka, RPP 2 siklus, Lembar Kerja
Siswa 2 Siklus, Tes Formatif 2 Siklus, Analisis Data
....................) silahkan klik disini