Wednesday, 23 December 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU SMP MATA PELAJARAN IPS SMP



LAPORAN
PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH



PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN
 IPS MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT
DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA
SISWA VIII-2 SMPN 7 ....................
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

















Oleh :


…………………..
NIP . ……………..








DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ……………
SMP ……………………………………
Jl. .....................................................................................
201.....

LEMBAR PENGESAHAN

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Peningkatan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran IPS Melalui Model Teams Games Tournament Dengan Media Teka-Teki Silang Pada  Siswa VIII-2 SMPN 7 ....................  Tahun Pelajaran 2011/2012
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Sekolah
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ………………………………..
      b.   NIP                                      :  ...........................
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMPN 7 ....................
      f.    Tempat Penelitian                :  SMPN 7 ....................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ………. sampai dengan Bulan …………)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti





                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah
                                  



………………….
NIP.……………………..


KATA PENGANTAR

Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Sekolah di SMP ............... dengan lancar.
Laporan Penelitian ini merupakan salah satu syarat dalam rangka memenuhi Diajukan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan ………. ke ……… yang telah saya laksanakan pada bulan ………….. sampai dengan akhir …………..
Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada yang terhormat:
1.      Kepala Dinas ……… ............... yang telah memberi pengesahan terhadap laporan PTK ini.
2.      Pengawas SMP/SMA …………………………..
3.      Kepala SMP …………… yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMP …………… yang telah memberikan sumbangan pemikiran dan memotivasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Sekolah  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Peneliti    menyadari     bahwa    laporan     Penelitian    ini     masih   jauh  dari  sempurna,   ini disebabkan   keterbatasan   pengetahuan   penulis.Untuk  itu  kritik   dan  saran  dari   pembaca   yang    budiman  sangat    penulis   harapkan,    hingga   nantinya   dapat  penulis    gunakan sebagai bahan perbaikan dalam menyusun laporan penelitian yang akan datang.
…………………….
Penulis




DAFTAR ISI
           
HALAMAN JUDUL .........................................................................................      i
LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................     ii
KATA PENGANTAR .......................................................................................    iii
DAFTAR ISI ......................................................................................................    iv
DAFTAR TABEL ..............................................................................................     v
DAFTAR GAMBAR .........................................................................................    vi
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... vii
ABSTRAK/RINGKASAN ................................................................................ viii
BAB       I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah........................................................      
B.     Alternatif Pemecahan Masalah .............................................      
C.     Perumusan Masalah...............................................................      
D.    Tujuan Penelitian...................................................................      
E.     Manfaat Penelitian ................................................................      
               II      KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.    Kajian Teori ..........................................................................      
B.     Kerangka Berpikir .................................................................      
C.     Hipotesis Tindakan ...............................................................      
BAB       III     METODOLODI PENELITIAN
A.    Setting Penelitian...................................................................      
B.     Sumber dan Jenis Data..........................................................      
C.     Teknik dan Alat Pengumpulan Data......................................      
D.    Validitas Data........................................................................      
E.     Prosedur Penelitian................................................................      
F.      Teknik Analisa Data .............................................................      
G.    Indikator Keberhasilan .........................................................      
BAB       IV     HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian......................................................................      
B.     Pembahasan ..........................................................................      
BAB       V      PENUTUP
A.    Kesimpulan ...........................................................................      
B.     Implikasi ...............................................................................      
C.     Saran .....................................................................................      
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN








DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                              halaman

Tabel   3.1    Pedoman Penilaian Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran                 
Tabel   3.2    Pedoman Penilaian Ketuntasan Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran             
Tabel   4.1    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Kondisi Awal.......................              
Tabel   4.2    Rekapitulasi Penilaian Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal...              
Tabel   4.3    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus I                   
Tabel   4.4    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPS pada Siklus I                     
Tabel   4.5    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus II                  
Tabel   4.6    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif pada Siklus II.......................              
Tabel   4.7    Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus              
Tabel   4.8    Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II.............................................................................................              
















DAFTAR GAMBAR


Gambar      2.1    Kerangka Berpikir..................................................................         

Gambar      3.1    Desain PTK Model Kemmis dan Mc. Taggart (Arikunto 2010:137)             

Gambar      4.1    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Kondisi Awal, Siswa Siklus I dan II...............................................................................................         

Gambar      4.2    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Kondisi Awal, Siklus I dan II         ...............................................................................................

Gambar      4.3    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Aktivitas Siswa Pada Temuan Awal,  Siklus I dan II.............................................................................................         





















DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                               Halaman

Lampiran   1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran   2     Surat Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran   3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran   5     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran   6     Daftar Hadir Siswa Pra siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   7     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer
Lampiran   8     Hasil Nilai Tes Formatif Siklus I
Lampiran   9     Hasil Nilai Tes Formatif Siklus II
Lampiran   10   Data Hasil Observasi Siklus I
Lampiran   11   Data Hasil Observasi Siklus II
Lampiran  12   Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran   13   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra siklus, Siklus I dan Siklus II











PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN
 IPS MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT
DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA
SISWA VIII-2 SMPN 7 ....................
TAHUN PELAJARAN 2011/2012


…………………..
NIP . ……………..

ABSTRAK

Permasalahan yang timbul yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang rendah, diantaranya faktor guru, siswa, dan fasilitas belajar. Solusi dari masalah ini adalah dilaksanakannya penelitian tindakan kelas menggunakan model Teams Games Tournament dengan media teka-teki silang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Teams Games Tournament dengan media teka-teki silang dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas III-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan media teka-teki silang untuk meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas III-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus. Pada tiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas III-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dari 9 siswa atau 31,03%, naik menjadi 19 siswa atau 65,52% pada siklus pertama, dan 100% atau 29 siswa pada siklus kedua. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada sebelum perbaikan hanya  56,90 pada studi awal, pada siklus I sebesar 65,17 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 75,52  pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  7 siswa (24,14%) pada sebelum perbaikan,  51,72% atau 15 siswa pada siklus pertama,  29 siswa atau 96,55% pada siklus kedua, dan masih ada 1 siswa (3,45%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dengan media teka-teki silang dapat aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas kelas III-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar, TGT, teka-teki silang.

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal utama yang didambakan dalam melaksanakan pendidikan di sekolah. Dalam proses pembelajaran, komponen utama adalah guru dan siswa. Agar proses pembelajaran berhasil, guru harus membimbing siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat, karena metode pembelajaran merupakan sarana interaksi antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan metode yang kurang tepat dapat menimbulkan kebosanan, kurang dipahami dan monoton, sehingga siswa tidak teraktivitas untuk belajar.
Dalam suatu lembaga pendidikan keberhasilan proses belajar-mengajar dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Hasil belajar merupakan prestasi belajar peserta didik yang dapat diukur dari nilai siswa setelah mengerjakan soal yang diberikan oleh guru pada saat evaluasi dilaksanakan. Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam individu maupun dari luar individu.
Permasalahan belajar seperti yang diungkapkan tersebut terjadi pada siswa di SMPN 7 .................... di kelas VIII-2. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian nilai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang masih rendah. Menurut data pra siklus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII-2, tujuh siswa atau 21,14% memperoleh nilai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada materi pranata sosial dari jumlah siswa secara keseluruhan sebanyak 29 siswa.
Berdasarkan fakta yang terjadi di kelas tersebut maka penelitiberinisiatif untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan dengan diberi unsur permainan, sehingga diharapkan siswa kelas VIII-2 lebih teraktivitas dengan begitu hasil belajarnya dapat memenuhi KKM. Untuk mengatasi permasalahan di kelas VIII-2 SMPN 7 .................... peneliti bersama tim kolaborasi berinisiatif menetapkan alternatif tindakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran PKn yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) dengan media teka-teki silang pada pada saat pembelajaran PKn. Model pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan dan reinforcement (Hamdani, 2011:92).
Pembelajaran Teams Games Tournament adalah salah
satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Aktivitas belajar dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran Teams Games Tournament memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks di samping menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Dalam model pembelajaran Teams Games Tournament, permainan tidak berupa kuis melainkan turnamen mingguan, dimana siswa memainkan game akademik dengan anggota tim lain untuk menyumbangkan poin bagi skor timnya. Pembelajaran model Teams Games Tournament akan memanfaatkan game atau permainan akademik yang dimainkan dalam suatu turnamen. Dalam turnamen itu siswa bertanding mewakili timnya dengan anggota tim lain yang setara dalam kinerja akademik mereka.
Menurut Suarjana (dalam Istiqomah 2006), kelebihan model pembelajaran Teams Games Tournament yaitu: 1) adanya turnamen akan membuat aktivitas belajar siswa lebih tinggi karena model pembelajaran yang berupa permainan memang lebih menarik bagi siswa; 2) guru akan lebih mudah menguasai kelas secara menyeluruh karena guru sebagai fasilitator pada saat turnamen berlangsung; 3) proses belajar mengajar berlangsung dengan keaktifan siswa, adanya turnamen dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas karena siswa akan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik; 4) mendidik siswa untuk berlatih bersosialisasi dengan orang lain; 5) TGT meningkatkan kerjasama dengan teman yang lain, dengan adanya tim yang mempunyai tingkat kemampuan berbeda-beda memungkinkan siswa yang lebih pandai akan membantu siswa yang kurang pada saat memahami materi; 6) semua siswa berpartisipasi penuh pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
Menurut Rinaldi Munir (2005), Permainan teka-teki silang atau crossword puzzle adalah suatu permainan dimana kita harus mengisi ruang-ruang kosong berbentuk kotak-kotak dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Petunjuk permainan biasanya dibagi kedalam kategori mendatar dan menurun tergantung arah kata yang harus diisi. Permainan ini dapat disisipkan pada saat tahap turnamen. Permainan teka-teki silang dapat digunakan sebagai variasi dalam model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament karena dapat menumbuhkan rasa kebersamaan siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini sesuai dengan kelebihan dari model pembelajaran Teams Games Tournament yaitu dapat meningkatkan kerjasama dengan teman yang lain.
Apabila permainan teka-teki silang diterapkan pada pembelajaran PKn,
maka pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan bagi peserta didik sehingga anak akan teraktivitas untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik sehingga hasil belajar dan aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru meningkat. Model pembelajaran Team Game Tournament dengan media permainan teka-teki silang dinilai sangat efektif untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran IPS di SMP ………., karena melalui model pembelajaran tersebut siswa dituntut untuk bekerja secara berkelompok (team) untuk memahami materi yang diajarkan dan adanya permainan yang berupa turnamen. Dengan adanya turnamen (game tournament) akan menimbulkan persaingan sehingga aktivitas belajar siswa dapat meningkat. Sedangkan variasi permainan teka-teki silang dalam model pembelajaran Teams Games Tournament bertujuan untuk mengasah kemampua anak berfikir cepat dalam memahami materi-materi dalam pembelajaran PKn, melatih konsentrasi para siswa, mengusir kebosanan dan merupakan jenis permainan yang tepat untuk mengingatkan kembali terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan.
Berdasarkan latar belakang yang diungkapkan diatas maka penulis memilih judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dengan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Terpadu pada Materi Pranata Sosial Siswa Kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012.
B.  Alternatif Pemecahan Masalah
Dari identifikasi masalah tersebut maka alternatif tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada Kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012 akan dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media teka teki silang. Adapun langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament menurut Slavin (2010:163) yang telah divariasikan dengan permainan teka-teki silang adalah sebagai berikut :
1.    Guru mengadakan pre test untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan
2.    Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan bantuan media powerpoint.
3.    Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 3-5 orang siswa secara heterogen yang dikelompokkan berdasarkan hasil pre test yang diadakan sebelum pembelajaran. Siswa melakukan diskusi dalam kelompok dimana setiap anggota kelompok mendapat lembar diskusi secara individu.
4.    Setiap kelompok mempersentasikan hasil diskusi kelompok
5.    Setiap anggota kelompok mewakili kelompoknya untuk bertanding dengan
perwakilan dari kelompok lain dalam Tournament Teka Teki Silang
6.    Setelah semua kolom teka-teki silang terisi semua, perwakilan kelompok
yang bertanding kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian guru
menghitung perolehan nilai total yang diperoleh selama tournament. Tim yang mendapatkan skor tertinggi menjadi pemenang dalam tournament tersebut.
7.    Guru mengadakan evaluasi Pembelajaran.
C.  Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah diatas dirumuskan
permasalahan yang diteliti sebagai berikut :
1. Bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media teka teki silang?
2. Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media teka teki silang?
D.  Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media teka teki silang pada pembelajaran IPS.
2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media teka teki silang pada pembelajaran IPS.
E.  Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siswa, guru dan lembaga (sekolah) .
1. Bagi Siswa
a.  Memberi suasana belajar yang bervariasi dan praktis sehingga dapat membangkitkan semangat belajar siswa.
b. Memberi peluang siswa berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar.
c. Memberi peluang siswa menggunakan penalarannya selama pembahasan materi.
d. Memberi peluang siswa memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
2. Bagi Guru
a.  Memberikan alternatif pilihan bagi guru dalam penyampaian mata pelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT
b.  Memberikan informasi tentang pembelajaran yang efektif dan praktis sehingga dapat menumbuhkan semangat belajar siswa.
c.  Memberikan informasi bagi guru untuk lebih menekankan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.
2. Bagi Sekolah
Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dan hasil belajar siswa.
 

BAB II
LANDASAN TEORI
A. Tinjauan Pustaka
1.    Pembelajaran Kooperatif
a.    Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif berasal dari kata “kooperatif” yang artinya mengerjakan sesuatu secara bersama-sama dengan saling membantu satu sama lainnya sebagai satu kelompok atau tim.  Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) merupakan bentuk
pembelajaran dengan siswa belajar dan bekerja dalam kelompok- kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang heterogen.
Cooperative learning sama dengan kerja kelompok. Menurut Abdulhak
(dalam Rusman 2011:203) bahwa “pembelajaran cooperative dilaksanakan waktu shering proses antara peserta belajar, sehingga dapat diwujudkan pemahaman bersama di antara peserta pelajar itu sendiri.”
Menurut Nurulhayati (dalam Rusman 2011:203) Pembelajaran kooperatif adalah sterategi pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam kelompok kecil untuk saling berinteraksi. Menurut Slavin (dalam Rusman 2011:205) bahwa : (1) penggunaan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan sekaligus dapat meningkatkan hubungan sosial, menumbuhkan sikap toleransi, dan menghargai pendapat orang lain, (2) pembelajaran kooperatif dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mengintegrasikan pengetahuan dengan pengalaman.
Menurut Slavin (dalam Robert E. Salvin 2009:8) Pembelajaran
Kooperatif adalah para siswa akan duduk bersama dalam kelompok yang beranggotakan empat orang untuk menguasai materi yang akan disampaikan oleh guru. Belajar dengan model kooperatif dapat diterapkan untuk memotivasi siswa berani mengemukakan pendapatnya, menghargai pendapat teman, dan saling memberikan pendapat (sharing ideas). Selain itu dalam belajar biasanya siswa dihadapkan pada latihan soal-soal atau pemecahan masalah. Oleh sebab itu, pembelajaran kooperatif sangat baik untuk dilaksanakan karena siswa dapat bekerja sama dan saling tolong menolong mengatasi tugas yang dihadapinya.
b.    Tujuan Pembelajaran Kooperatif
Menurut Muslimin Ibrahim (dalam Isjoni, 2012: 27) terdapat tiga tujuan instruksional penting yang dapat dicapai dengan pembelajaran kooperatif yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, pengembangan keterampilan sosial.
1)   Hasil belajar akademik
Dalam belajar kooperatif meskipun mencakup beragam tujuan sosial, juga memperbaiki prestasi siswa atau tugas- tugas akademis penting lainnya. Beberapa ahli berpendapat bahwa model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep- konsep sulit. Para pengembang model ini telah menunjukkan bahwa model struktur penghargaan kooperatif telah dapat meningkatkan nilai siswa pada belajar akademik dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar pembelajaran kooperatif dapat memberi keuntungan baik pada siswa kelompok bawah maupun kelompok atas yang bekerja bersama menyelesaikan tugas- tugas Akademik.
2)   Penerimaan terhadap perbedaan individu
Tujuan lain model pembelajaran kooperatif adalah penerimaan secara luas dari orang-orang yang berbeda berdasarkan ras, budaya, kelas sosial, kemampuan, dan ketidakmampuannya. Pembelajaran kooperatif memberi peluang bagi siswa dari bebagai latar belakang dan kondisi untuk bekerja dengan saling bergantung pada tugas-tugas akademik dan melalui struktur penghargaan kooperatif akan belajar saling menghargai satu sama lain.
3)   Pengembangan keterampilan sosial
Tujuan penting ketiga pembelajaran kooperatif adalah mengajarkan kepada siswa keterampilan bekerjasama dan kolaborasi. Keterampilan ini amat penting untuk dimiliki oleh siswa, karena kenyataan yang dihadapi bangsa ini dalam mengatasi masalah- masalah sosial yang semakin kompleks, serta tantangan bagi peserta didik supaya mampu dalam menghadapi persaingan global.
c.    Unsur-unsur Pembelajaran Kooperatif
Unsur-unsur dalam pembelajaran kooperatif menurut Lungdren (dalam Isjoni 2012:13) sebagai berikut:
1)   Para siswa harus memiliki persepsi bahwa mereka “tenggelam atau berenang bersama”.
2)   Para siswa harus memiliki tanggung jawab terhadap siswa atau peserta didik lain dalam kelompoknya, selain tanggung jawab, terhadap diri sendiri dalam mempelajari materi yang dihadapi.
3)   Para siswa harus berpandangan bahwa mereka semua memiliki tujuan yang sama.
4)   Para siswa membagi tugas dan berbagi tanggung jawab diantara para anggota kelompok.
5)   Para siswa diberikan satu evaluasi atau penghargaan yang akan ikut
berpengaruh terhadap evaluasi kelompok.
6)   Para siswa berbagi kepemimpinan sementara mereka memperoleh ketrampilan bekerja sama selama belajar.
7)   Setiap siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Thompson, et al (dalam Isjoni, 2012:14) mengemukakan, pembelajaran kooperatif turut menambah unsuxr – unsur interaksi sosial pada pembelajaran. Pembelajaran kooperatif siswa belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil yang saling membantu satu sama lain. Kelas disusun dalam kelompok yang terdiri dari 4-6 orang dengan kemampuan yang heterogen. Maksud kelompok heterogen
adalah terdiri dari campuran kemampuan siswa, jenis kelamin, dan suku. Hal ini bermanfaat untuk melatih siswa menerima perbedaan dan bekerja dengan teman yang berbeda latar belakangnya. Pembelajaran koopertif yang diajarkan adalah keterampilan keterampilan khusus agar dapat bekerja sama dengan baik di dalam kelompoknya, seperti menjadi pendengar yang baik, siswa diberi lembar kegiatan yang berisi pertanyaan atau tugas yang direncanakan untuk diajarkan. Selama kerja kelompok, tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan.
d.   Langkah- langkah Model Pembelajaran Kooperatif
(Trianto, 2007: 28) Terdapat langkah utama atau tahapan di dalam pelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif.
Tabel 2.1 Tahapan Pembelajaran Kooperatif
Fase
Tingkah Laku Guru
Fase-1 Menyiapkan tujuan dan memotivasi Peserta didik
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi peserta didik belajar
Fase-2 Menyajikan informasi
Guru menyajikan informasi kepada peserta didik dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan
Fase-3 Mengorganisasikan Peserta didik ke dalam kelompok kooperatif
Guru menjelaskan kepada peserta didik bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transaksi secara efisien
Fase-4 Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing kelompokkelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka
Fase-5 Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya
Fase-6 Memberikan penghargaan
Guru memberi cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelomp

e.    Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran Kooperatif
Jarolelimek & Parker (dalam Isjoni, 2012:24) mengungkapkan tentang kelebihan dan kelemahan pembelajaran kooperatif. Kelebihan dari pembelajaran kooperatif antra lain :
1)   saling ketergantungan positif,
2)   adanya pengakuan dalam merespon perbedaan individu,
3)   siswa dilibatkan dalam perencanaan dan pengelolaan kelas,
4)   suasana kelas yang rileks dan menyenangkan,
5)   terjalinnya hubungan yang hangat dan bersahabat antara siswa dengan gurunya, dan
6)   memiliki banyak kesempatan untuk mengekspresikan pengalaman emosi yang menyenangkan.
Kelemahan pembelajaran kooperatif bersumber pada dua faktor, yaitu faktor dari dalam (intern) dan faktor dari luar (ekstern). Faktor dari dalam yaitu sebagai berikut:
1)  Guru harus mempersiapkan pembelajaran secara matang, disamping itu memerlukan lebih banyak tenaga, pemikiran dan waktu.
2) Agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar maka dibutuhkan dukungan fasilitas, alat dan biaya yang cukup memadai.
3)  Selama kegiatan diskusi kelompok berlangsung, ada kecenderungan topik permasalahan yang sedang dibahas meluas sehingga banyak yang tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dan
4)  Saat diskusi kelas, terkadang didominasi oleh seseorang, hal ini mengakibatkan siswa yang lain menjadi pasif.

2.    Metode TGT (Teams Games Tournament)
Ada beberapa tipe pembelajaran kooperatif dan salah satunya adalah Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Metode pembelajaran Teams Games Tournament adalah salah satu metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan turnamen akademik dan menggunakan kuis-kuis dan sistem skor kemajuan individu, dimana para siswa berlomba sebagai wakil mereka dengan anggota tim lain (Slavin, 2009:163). Dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT pembentukan tim sama dengan tipe STAD (Slavin, 2009:144) yaitu dibentuk kelompok-kelompok kecil yang mewakili seluruh bagian kelas terdiri 4-5 siswa yang heterogen baik dalam hal kinerja akademik, jenis kelamin, ras dan etnisitas.
Ada lima komponen-komponen utama dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT (Slavin, 2009:166) yaitu:
a. Presentasi di kelas Pada awal pembelajaran guru menyampaikan materi dalam presentasi kelas, biasanya dilakukan dengan pengajaran langsung atau dengan ceramah, diskusi yang dipimpin guru. Pada saat presentasi kelas ini, siswa harus benar benar memperhatikan dan memahami materi yang diberikan guru, karena akan membantu siswa bekerja lebih baik pada saat kerja kelompok dan pada saat game karena skor game akan menentukan skor kelompok.
b. Tim Kelompok biasanya terdiri atas 4-5 orang siswa. Fungsi kelompok adalah untuk lebih mendalami materi bersama teman kelompoknya dan lebih khusus untuk mempersiapkan anggota kelompok agar bekerja dengan baik dan optimal pada saat game.
 c. Permainan (Game) Game terdiri atas pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk menguji pengetahuan yang didapat siswa dari presentasi kelas dan pelaksanaan kerja tim.
d. Turnamen Turnamen adalah sebuah struktur dimana game berlangsung. Biasanya berlangsung pada akhir minggu atau akhir unit, setelah guru memberikan presentasi di kelas dan tim telah melaksanakan kerja kelompok terhadap lembar kegiatan.
e. Penghargaan kelompok (team recognise) Guru kemudian mengumumkan kelompok yang menang, masing-masing team akan mendapat sertifikat atau hadiah apabila rata-rata skor memenuhi kriteria yang ditentukan.
Dari penjelasan di atas maka pembelajaran kooperatif tipe TGT diharapkan dapat merangsang siswa sehingga termotivasi untuk belajar IPS dan menjadikan materi IPS lebih diminati dan asyik dipelajari oleh siswa SMP. Cukup banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar menguasai materi IPS terutama dalam hal ini adalah IPS. Kesulitan dalam belajar lebih disebabkan tingkat minat baca yang rendah, serta ketergantungan siswa dalam belajar terhadap guru. Jika tidak ada guru atau guru tidak hadir maka siswa yang kurang mandiri dan tidak terbiasa belajar secara mandiri akan memilih menunggu atau bahkan bermain dan bercanda dengan rekan sekelasnya. Prinsip belajar yang menyenangkan, bebas, kreatif, belajar sambil bermain, dengan persentase keterlibatan siswa yang tinggi perlu diterapkan didalam pembelajaran IPS.
Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan TTS (Teka Teki Silang). Teka Teki Silang atau disingkat TTS adalah suatu permainan di mana kita harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf  yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Petunjuknya biasa dibagi ke dalam kategori 'Mendatar' dan 'Menurun' tergantung posisi kata kata yang harus diisi. Teka Teki Silang juga merupakan salah satu sarana untuk dapat mengetahui dan mengingat pengetahuan yang kita miliki untuk dituangkan dalam jawaban pertanyaan yang ada baik dalam baris atau kolom. Teka Teki Silang yang digunakan dalam metode TGT ini dimaksudkan bahwa selain ada unsur permainannya dimana dengan mengisi Teka Teki Silang tersebut secara tidak sadar siswa belajar IPS sehingga diharapkan selain kesenangan juga didapatkan pengetahuan dan pemahaman materi pelajaran. Maka diharapkan dengan membuka, membaca, dan mencari jawaban Teka Teki Silang tersebut, siswa dapat memahami dan mengerti materi pelajaran IPS tersebut.
3.    Aktivitas Belajar Siswa
Aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Menurut Djamarah (2008: 38) aktivitas artinya kegiatan atau keaktifan. Jadi segala sesuatu yang dilakukan atau kegiatan-kegiatan yang terjadi baik fisik maupun non-fisik, merupakan suatu aktivitas. Aktivitas siswa selama proses belajar mengajar merupakan salah satu indikator adanya keinginan siswa untuk belajar.
Menurut Sagala (2011: 124) mempelajari psikologi berarti mempelajari tingkah laku manusia, baik yang teramati maupun yang tidak teramati. Segenap tingkah laku manusia mempunyai latar belakang psikologis, karena itu secara umum aktivitas-aktivitas manusia itu dapat dicari hukum psokologis yang mendasarinya.
Menurut Sardiman (2011: 22) belajar adalah merupakan suatu proses interaksi antara diri manusia dengan lingkungannya yang mungkin berwujud pribadi, fakta, konsep ataupun teori. Dapat di jelaskan bahwa belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor.
Berdasarkan pengertian tersebut yang dimaksud dengan aktivitas belajar adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh siswa baik fisik maupun mental/non fisik dalam proses pembelajaran atau suatu bentuk interaksi (guru dan siswa) untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang menyangkut kognitif, afektik dan psikomotor dalam rangka untuk mencapai tujuan belajar. Aktivitas yang diutamakan dalam pembelajaran adalah aktivitas yang dilakukan oleh siswa.
4.    Hasil Belajar
Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat pra-belajar. Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat terselesikannya bahan pelajaran (Dimyati & Mudjiono, 1999:250). Tingkat perkembangan tersebut dapat diartikan terjadinya peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Pengukuran hasil belajar dapat dilakukan dengan tes atau evaluasi. Sudjana (2009:22) mengemukakan bahwa ”Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya”.
Berdasarkan teori Taxonomy Bloom (Darsono. Max, Sugandhi, Martensi, Rusda & Nugroho, 2000:32) belajar adalah suatu kegiatan yang melibatkan individu secara keseluruhan, baik fisik maupun psikis, untuk mencapai suatu tujuan, dan dalam mencapai tujuan tersebut tiap orang mengalami perubahan dalam dirinya. Perubahan tersebut terjadi pada 3 ranah yaitu :
a. Ranah kognitif
Berkenaan dengan sikap hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam aspek yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisa, sintesa dan evaluasi. Keenam tujuan ini sifatnya hirarkis, artinya kemampuan evaluasi belum tercapai bila kemampuan sebelumnya belum dikuasai.
b. Ranah afektif
Berkenaan dengan sikap yang terdiri dari lima aspek yaitu penerimaan, partisipasi, penilaian, organisasi dan pembentukan pola hidup.
c. Ranah psikomotor
Berkenaan dengan hasil belajar yang terdiri dari enam aspek yaitu persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan yang terbiasa, gerakan yang komplek dan kreatifitas.
Ketiga ranah tersebut menjadi obyek penilaian hasil belajar. Diantara ketiga ranah itu, ranah kognitiflah yang paling banyak dinilai oleh para guru di sekolah karena berkaitan dengan kemampuan para siswa dalam menguasai isi bahan pengajaran. Hasil belajar digunakan oleh guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi.
Menurut Slameto (2003:54) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah sebagai berikut :
a.  Faktor dalam yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu yang belajar. Faktor dalam ini meliputi:
1)  Kondisi fisiologis, misalnya: keadaan jasmani, kondisi panca indera, tidak cacat, dan lain-lain.
2)  Kondisi psikologis, misalnya: kecerdasan, perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan dan kelelahan.
b.  Faktor luar yaitu faktor yang berasal dari luar individu yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor luar yang dimaksud adalah:
1) Faktor lingkungan, yang meliputi lingkungan alam dan lingkungan sosial.
2) Faktor instrumental, yaitu faktor yang ada dan penggunaannya dirancang sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan. Faktor instrumental itu antara lain: kurikulum, program pengajaran, sarana dan fasilitas, guru atau tenaga pengajar.
5.    Permainan teka-teki silang (crossword puzzle)
a.    Pengertian Permainan
Pada dasarnya permainan bisa merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat yang dapat memberikan informasi (menghasilkan pengertian), memberikan kesenangan, maupun mengembangkan kemampuan berpikir otak (Hamdani: 2011: 120)
Melalui bermain, anak belajar tentang diri mereka sendiri, anak juga
belajar meyakini sudut pandangnya sendiri, yang membuat ia termotivasi untuk menguasai dan mengembangkan jati diri, kepercayaan diri, ketenangan diri dan harga diri (Hamdani, 2011: 124).
Adanya permainan dapat mengembangkan kemampuan otak, membentuk imajinasi dan kepercayaan diri. Permainan dapat membentuk disipilin anak, anak memahami dan mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku saat proses pembelajaran berlangsung. Manfaat bermain bagi anak adalah dapat mengembangkan otot motorik kasar dan halusnya, meningkatkan penalaran, memahami keberadaan di lingkungannya, membentuk imajinasi, mengikuti peraturan, tertib dan disiplin.
b.    Pengertian Permainan Teka-Teki Silang
Teka-teki silang (crossword puzzle) merupakan permainan dengan mengisi kotak-kotak kosong dengan jawaban yang benar sesuai dengan soal. Permainan teka-teki silang memiliki manfaat mengasah kemampuan berpikir cepat dan memperluas kosakata yang dimiliki anak. Dalam permainan ini, pemain harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak-kotak) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Biasanya, petunjuk dibagi ke dalam kategori mendatar dan menurun, tergantung posisi kata-kata yang harus diisi. Permainan teka-teki silang sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak untuk mengasah otak kiri dan memperluas kosakata yang dimiliki anak.
c.    Manfaat Permainan Teka-Teki Silang
Manfaat teka-teki silang menurut Ghannoe (2010: 10) adalah :
1)   Mengasah daya ingat.
Siswa akan menyisir semua pengalaman-pengalamanya hingga waktu itu selanjutnya akan memilih-milih semua pengalamannya yang sekiranya cocok untuk menjawab.
2)   Mengembangkan kemampuan analisis.
Siswa akan mengulas semua pengalamanya dan menganalisis pengalaman-pengalamanya itu. Mana yang sosok untuk menjawab, dan mana yang cocok untuk berargumentasi terhadap Jawaban yang dipilihnya.
3)   Menghibur.
Ketika siswa sedang mengerjakan teka-teki silang (crossword puzzle) untuk dijawab, secara tidak lansung siswa akan melupakan ingatan-ingatan tertentu misalnya kecemasan dan kesibukan.
4)   Merangsang kreatifitas.
Secara tidak langsung, anak juga akan dibantu untuk menyalurkan potensi-potensi kreatif yang dimilikinya.
Zaini (2008:71) mengatakan teka-teki dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung. Bahkan strategi ini dapat melibatkan partisipasi peserta didik secara aktif sejak awal. Langkah-langkah dalam penggunaan media teka-teki silang adalah :(a) guru menulis kata-kata kunci, terminologi atau nama-nama yang berhubungan dengan materi. (b) guru membuat kisi-kisi yang dapat diisi dengan kata-kata yang telah dipilih (seperti dalam teka-teki silang) kemudian hitamkan bagian yang tidak diperlukan. (c) guru membuat pertanyaan-pertanyaan yang jawabanya adalah kata-kata yang telah di buat atau dapat juga hanya membuat pertanyaan-pertanyaan mengarah kepada kata-kata tersebut. (d) guru membagikan teka-teki ini kepada peserta didik (bisa individu atau kelompok). (e) siswa mengerjakan dan batasi waktu pengerjaanya. (f) guru memberikan hadiah kepada kelompok atau individu yang mengerjakan paling cepat paling benar.
Pada dasarnya, permainan teka-teki silang merupakan permainan mengingat, mencari dan mencocokan kata yang pas, tidak hanya sesuai dengan jawabannya tetapi juga jumlah kotak yang disediakan. Saat bermain pertama kali pemain akan membaca petunjuk dan melihat berapa jumlah kata yang disediakan dalam kotak. Kemudian ia akan mengingat dan mencari jawaban kata yang sesuai dengan petunjuknya. Kadang kala, pemain sudah menemukan kata atau jawaban yang tepat namun tidak cocok dengan jumlah kotak yang disediakan. Sehingga, otak pemain akan terus bekerja mencari kosakata-kosakata lain yang tidak pas, tidak hanya jawabannya tetapi juga cocok pada jumlah kotak yang disediakan.
Maka dari itu permainan ini lebih mengandalkan kemampuan otak kiri dalam mengingat dan mencari kosakata, serta kemampuan mencocokan kata dengan jumlah kotak yang disediakan.
6.    Teori Belajar yang Mendasari Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan Media Permainan Teka-Teki Silang
Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang berdasarkan paham konstruktivis (Hamdani, 2010:30). Teori belajar yang mendasari model pembelajaran kooperatif TGT dengan permainan teka-teki silang yaitu teori belajar konstruktivisme. Konstruktivisme adalah suatu pandangan bahwa siswa membina sendiri pengetahuan atau konsep secara aktif berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang ada. Dalam proses ini, siswa akan menyesuaikan pengetahuan yang diterima dengan pengetahuan yang ada untuk membina pengetahuan baru.
Menurut McBrien & Brandt (dalam Isjoni 2012: 47) menyebutkan bahwa konstruktivisme adalah satu pendekatan pengajaran berdasarkan pada penyelidikan tentang bagaimana manusia belajar. Kebanyakan penyelidik berpendapat bahwa setiap individu membina pengetahuan dan bukan hanya menerima pengetahuan dari orang lain. Ide dari teori ini, siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri. Otak pelajar dianggap  sebagai mediator yang menerima masukan dari luar dan menentukan apa yang akan dipelajari.
Teori belajar konstruktivisme menyatakan bahwa siswa membangun pengetahuannya sendiri. Guru tidak lagi bertindak sebagai pusat pembelajaran tetapi sebagai fasilitator dan motivator. Guru hanya membimbing siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan siswa menemukan sendiri pengetahuan yang dapat diperoleh melalui penelitian, pengamatan dan diskusi kelompok.
Dari uraian yang telah dipaparkan, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan permainan teka teki silang sesuai dengan tahapan teori belajar konstruktivisme karena sudah mencakup aktivitas yang aktif, dimana peserta didik membina sendiri pengetahuannya, mencari arti dari apa yang mereka pelajari dan merupakan proses menyelesaikan konsep dan ide-ide baru dengan kerangka berpikir yang telah ada.
B. Kerangka Pemikiran
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa,
salah satunya adalah motivasi. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor
intrinsik, berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar,
harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya
penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif dan kegiatan belajar yang
menarik. Dan yang dimaksud dengan kegiatan belajar yang menarik adalah
dengan penerapan berbagai macam metode pembelajaran yang menyenangkan,
dan guru harus bisa memilih metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa dan secara tidak langsung akan berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar dalam hal ini pada mata pelajaran IPS. Metode ceramah yang sering digunakan oleh guru akan membuat siswa
bosan dan sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Rasa bosan akan serta merta membuat siswa menjadi tidak bersemangat sehingga hasil belajarnya menjadi rendah. Hal ini tentu akan berbeda apabila menggunakan metode pembelajaran yang tepat karena dapat meningkatkan motivasi belajar, sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.
Pada Penelitian Tindakan Kelas ini diterapkan metode baru sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan dalam meningkatkan motivasi sehingga hasil belajarpun juga meningkat. Model pembelajaran alternatif tersebut adalah model pembelajaran Team Game Tournament, karena model pembelajaran tersebut merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan turnamen akademik dan menggunakan kuis-kuis dan sistem skor kemajuan individu, dimana para siswa berlomba sebagai wakil mereka dengan anggota tim lain. Metode kooperatif tipe TGT ini mengandung unsur permainan yang bisa menggairahkan semangat belajar dan mengandung reinforcement (penguatan). Dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media teka-teki silang ini diharapkan dapat memberikan hasil belajar IPS yang lebih baik pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi. Namun apabila dalam proses pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dengan media permainan teka-teki silang tersebut motivasi dan hasil belajar yang diperoleh belum memenuhi target yang telah ditentukan, maka pada kelas tersebut diberikan tindakan perbaikan lanjutan sampai target dapat tercapai. Dengan diterapkannya metode TGT (Teams Games Tournament) dengan media permainan teka-teki silang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Secara lebih jelasnya berikut ini adalah skema kerangka pemikiran



 













Gambar 2.2 Skema Kerangka Berpikir
C.   Hipotesis Tindakan
Berdasarkan uraian dari landasan teori dan kerangka berfikir maka hipotesis tindakan yang akan diajukan adalah sebagai berikut :
1.  Melalui penerapan model pembelajaran Team Game Tournament dengan media permainan teka-teki silang dapat meningkatkan motivasi siswa kelas VIII-2 SMPN 7 ..................... Tahun Pelajaran 2011/2012 Padapembelajaran IPS.
2.  Melalui penerapan model pembelajaran Team Game Tournament dengan media permainan teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 7 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012 Pada pembelajaran IPS..
 

 







SURAT IJIN PENELITIAN
No. ...................................


Sehubungan dengan rencana pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) di ………………… Kecamatan …………… Kabupaten …………….. oleh :

Nama
:
……………………….
NIP
:
………………………..
Pangkat/Gol
:
………………………
Unit Kerja
:
………………………………………………………………
Judul
:
………………………………………………………………
………………………………………………………………
………………………………………………………………
………………………………………………………………
………………………………………………………………

Pada prinsipnya kami memberikan ijin kepada yang bersangkutan untuk  melaksanakan kegiatan penelitian dimaksud untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan  kepada yang berkepentingan untuk menjadikan periksa.



                     Mengetahui                                     ……………………………
        Kepala UPT Dinas ...............                                 Kepala Sekolah




             ....................................                                     ...........................
              NIP. ..........................                                   NIP. ........................







Lampiran 2


SURAT KESEDIAAN MENJADI OBSERVER


Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                       :  
NIP                         :  
Jabatan                    :   Guru Kelas
Unit Kerja               :  
Alamat Sekolah       : 

Menyatakan  bahwa :

Nama                       :  
NIP                         :  
Jabatan                    :   Guru Kelas
Unit Kerja               :  


Menyatakan bersedia bertindak sebagai observer/guru mitra dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan

Demikian surat pernyataan ini dibuat  dengan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.



                     Mengetahui                                              ……………………..
                  Kepala Sekolah                                      Yang Membuat Pernyataan
                                                                                                       



                …………………                                       ………………………..
                 NIP. ………….                                           NIP. ………………







Lampiran 3

JURNAL KEGIATAN PENELITIAN

No
Kegiatan
Waktu
1
Persiapan Penelitian


a.       Pengajuan Permohonan Ijin


b.      Indentifikasi Masalah


c.       Diskusi Penentuan Masalah

2
Pelaksanaan Penilaian Pra Tindakan

3
Pelaksanaan Penelitian Siklus I


a.       Penentuan Rencana Tindakan


b.      Pelaksanaan Rencana Tindakan


Pertemuan Pertama


Pertemuan Kedua


c.       Observasi


d.      Refleksi

4
Pelaksanaan Penelitian Siklus II


a.       Penentuan Rencana Tindakan


b.      Pelaksanaan Rencana Tindakan


Pertemuan Pertama


Pertemuan Kedua


c.       Observasi


d.      Refleksi

5
Pengolahan Data

6
Penyusunan Laporan


a.       Penyusunan Draf Penelitian


b.      Penyempurnaan Draf


c.       Finishing



                     Mengetahui                                            ……………………….
                  Kepala Sekolah                                                      Peneliti



             ……………………..                                      ...................................
               NIP. ……………..                                       NIP............................






Lampiran : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMPN 7 ....................
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : VIII / 2
Standar Kompetensi   : 6.   Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar       : 6.1 mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü  Memahami arti hubungan sosial
Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial disosiatif

B. Materi Ajar
Bentuk-bentuk hubungan sosial
Ü  bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  Bentuk hubungan sosial disosiatif
C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi
b. Tanya jawab
c. Diskusi
d. Teka-teki silang
e. Observasi / Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan I dan II
Pendahuluan :
1.    Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2.    Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3.    Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
a.    Apakah kalian pernah marah kepada adik atau kakakmu dan kalian saling diam tak bertegur sapa?
b.    Apa yang kalian rasakan?
Kegiatan Inti :
a)    Kegiatan awal
(1)      Guru mengkondisikan kelas.
(2)      Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan seputar materi pembelajaran tentang pranata sosial
(3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
(4)      Guru melaksanakan pretest untuk mengetahui pengetahuan awal siswa
(5)      Guru memberikan motivasi kepada siswa.
b)   Kegiatan Inti
Eksplorasi:
(1)      Siswa memperhatikan presentasi materi tentang pranata sosial dengan media powerpoint.
(2)      Siswa menyimak dan mempelajari penjelasan dari guru yang berisi materi tentang pranata sosial.
(3)      Siswa menyebutkan contoh-contoh dari pranata sosial di kehidupan mereka sehari-hari.
(4)      Siswa mencatat materi dibuku catatan.
Elaborasi :
(1)      Siswa dikelompokkan menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa
(2)      Guru dibantu siswa membagi lembar kerja kepada masing-masing kelompok
(3)      Siswa secara berkelompok membahas materi.
(4)      Secara berkelompok siswa mengerjakan lembar kerja siswa. Semua siswa mendapatkan lembar kerja siswa. Dalam kerja kelompok semua anggota saling membantu dalam memahami materi.
(5)      Perwakilan tiap-tiap kelompok maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
(6)      Kelompok lain menanggapi hasil diskusi dari perwakilan kelompok yang ada di depan kelas.
(7)      Tanya jawab antara siswa dengan guru perihal hasil presentasi kelompok yang telah disampaikan.
(8)      Siswa bermain dalam turnamen sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
(9)      Siswa pandai ditempatkan pada meja turnamen merah, siswa dengan kemampuan sedang ditempatkan pada meja turnamen biru dan siswa kurang pandai ditempatkan pada meja turnamen kuning.
(10)  Guru membacakan aturan permainan.
(11)  Guru membacakan 1 soal teka-teki silang, siswa yang paling cepat mengangkat tangan mempunyai kesempatan menjawab pertanyaan.
(12)  Jawaban dari pertanyaan terdapat pada papan teka-teki silang. Kelompok yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapat poin dan berhak memilih nomor soal selanjutnya.
(13)  Demikian seterusnya sampai semua soal sudah berhasil dijawab semua oleh siswa. Dan teka teki silangnya dapat terbuka.
(14)  Guru menyebutkan skor kelompok dari skor individual yang diperoleh anggota kelompoknya.
Konfirmasi:
(1)      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya, apabila ada materi yang belum dipahami.
(2)      Guru memberikan penguatan atau reward
(3)      Guru memberikan umpan balik pembelajaran berupa penghargaan lisan kepada siswa yang bisa menjawab soal permainan teka-teki silang dan memotivasi siswa yang kurang berpartisipasi aktif pada saat tournament berlangsung.
c)    Kegiatan akhir
1)   Siswa bersama dengan guru menyimpulkan pembelajaran yang sudah dilakukan.
2)   Menyampaikan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan selanjutnya yaitu tentang pranata sosial
3)   Pemberian tugas rumah yaitu untuk membaca materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya.
4)   Salam Penutup

E. Sumber Belajar
_ Gambar-gambar yang sesuai materi.
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
A.    Penilaian
1. Prosedur Tes
a. Tes Proses   :    ada (lembar pengamatan aktivitas siswa)
b. Tes Akhir    :    ada (evaluasi)
2. Jenis Tes          :    Tes tertulis
3. Bentuk Tes      :    Pilihan ganda
4. Alat Tes           :    Soal evaluasi (terlampir)
5.  Kunci Jawaban
1.                                                            6.
2.                                                            7.
3.                                                            8.
4.                                                            9.
5.                                                            10.
6.  Pedoman Penilaian
Pedoman Penilaian tes formatif  untuk tiap siklus adalah sama, yaitu :
·         Tiap jawaban benar diberi skor        : 10
·         Tiap jawaban salah diberi skor         : 0

                                              Jumlah Perolehan Skor
·         Nilai Akhir      =   ----------------------------------    x 10
                                                       10

Contoh            =    Perolehan Skor = 60
                                            60
Nilai Akhir      =    ----------------- x  10
                                                         10
                              =    60
B.    Tindak Lanjut
1.      Diadakan perbaikan bagi siswa yang mendapat nilai kurang KKM
2.      Diadakan pengayaan bagi siswa yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan KKM



Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP ......................................
……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP ......................................





























LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
SIKLUS I

Kerjakan tugas ini secara berkelompok dalam buku tugas masing-masing, kemudian kumpulkan hasilnya kepada guru Anda.
 




1.












































3.







6.









1.


4.








2.













5.



























3.
2.














5.






























4.















































































6.



















MENDATAR :
1.      Seorang anak kecil mulai belajar mengambil peran orang yang berada di sekitarnya merupakan tahap
2.      Keseluruhan potensi yang diwarisi seseorang dari ayah dan ibunya merupakan sifat
3.      Proses belajar yang dilakukan oleh seorang (individu) untuk berbuat atau bertingkah laku berdasarkan patokan yang terdapat dan diakui dalam masyarakat
4.      Kelompok sosial yang memiliki kegemaran melanggar norma dan menerjang nilai-nilai yang baku
5.      Salah satu ....................... belakang seseorang melakuan perjudian adalah ingin cepat kaya.
6.      Seorang laki-laki beranting dan berambut gondrong merupakan perilaku

MENURUN :
1.      Lingkungan manusia sebelum lahir ataupun lingkungan masih dalam janin
2.      Keluarga merupakan tempat pertama dan utama seorang anak belajar hidup sosial media pertama untuk seorang anak besosialisasi
3.      Televisi , radio , surat kabar , majalah , dan lain-lain dapat memberikan model peranan jati dirinya merupakan contoh dari
4.      Kekuatan-kekuatan dalam diri  individu ke dalam dunia sosial
5.      Sosialisasi terjadi pada anak usia di bawah lima tahun merupakan sosialisasi
6.      Tempat pertama dan utama seorang anak belajar hidup sosial.
Nama Siswa    :  .......................................
No. Absen       :  .......................................
 

LEMBAR TES FORMATIF
SIKLUS I

1.    Berikut ini merupakan bentuk-bentuk hubungan sosial, kecuali ....
a. kerja sama                                                   c. persaingan
b. pertahanan                                                  d. pertentangan
2.    Berikut ini merupakan contoh tindakan cooperation, yaitu ....
a. membangun rumah                                     c. renovasi garasi
b. kerja bakti                                                  d. mencuci mobil
3.    Terjadinya pemberontakan merupakan bentuk interaksi sosial jenis ....
a. pertikaian                                                    c. kerja sama
b. persaingan                                                  d. kebersamaan
4.    Berjejernya pedagang kelontongan di pasar merupakan contoh dari hubungan sosial ....
a. pertikaian                                                    c. kerja sama
b. persaingan                                                  d. kebersamaan
5.    Melakukan sosialisasi kepada masyarakat merupakan contoh pengendalian secara ....
a. sukarela                                                      c. represif
b. preventif                                                     d. informasi
6.    Berikut ini merupakan tujuan terbentuknya hubungan sosial secara akomodasi, kecuali ....
a. mengurangi pertentangan
b. mencegah perpecahan
c. stabilitas
d. pembentukan kelompok baru
7.    Proses asimilasi akan timbul apabila ....
a. ada perbedaan budaya                               c. kebersamaan tujuan
b. homogen                                                    d. kerja sama
8.    Faktor yang dapat menghambat asimilasi ....
a. adanya toleransi
b. adanya sikap menghargai
c. adanya perbedaan warna kulit dan ciri jasmani
d. adanya kesamaan unsur budaya
9.    Dua orang tokoh partai bersaing untuk menduduki jabatan perdana menteri. Jika salah satu berhasil, maka yang kalah tetap diajak bekerja sama. Tindakan tersebut merupakan contoh hubungan sosial dalam proses ....
a. akomodasi                                                  c. konflik
b. asimilasi                                                      d. pertentangan
10. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempermudah terjadinya asimilasi,
kecuali ....
a. ada kelompok manusia yang berbeda kebudayaan
b. adanya pergaulan secara intensif
c. budaya dari kedua kelompok bisa beradaptasi
d. saling memusuhi
 



Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini