LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI
SMAN 2 ........... KABUPATEN ...........
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b
Oleh
..........................................
NIP. ..............................
SMA
NEGERI 2 ...........
Jl.
....................................................
2014
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. a. Judul Penelitian : Penerapan Metode Mind Mapping Sebagai Upaya
Meningkatkan Ketuntasan Belajar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa
Kelas XI SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2013/2014
b.
Bidang Ilmu : Pendidikan
Agama Islam
c.
Kategori Penelitian : Strategi
Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian
Tindakan Kelas
2. Ketua
Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ……………..
b.
NIP : ………….
c. Pangkat / Golongan : Pembina, IV/a
d. Jabatan :
e. Instansi :
SMA N 2 ...........
f.
Tempat Penelitian : SMA
N 2 ...........
3. Lama
Penelitian : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan …….
20…)
4. Sumber
Biaya : Swadaya
…………….,…………………….
Petugas Perpustakaan Peneliti
…………………….. ………………………
NIP. …………………….. NIP. ……………………..
Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Dinas Pendidikan Kepala Sekolah
……………………. ………………….
NIP.…………………….. NIP.……………………..
KATA PENGANTAR
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala
limpahan rahmat dan hidayahNya
sehingga penulis dapat menyelesaikan
laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 2 ...........
Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh
penulis dalam rangka memenuhi pengajuan
pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan
pangkat dari golongan IVa ke IVb.
Terselesaikannya penelitian
ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan penulis mengucapkan terima kasih dan
penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung
maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang
terhormat:
1.
Kepala
Dinas
Pendidikan Kabupaten ………………. yang
telah memberi pengesahan terhadap laporan PTK ini.
2.
Pengawas SMA Dinas Pendidikan …………………
3.
Kepala
sekolah SMAN 2 ........... Kabupaten ........... yang telah memberikan Saran,
Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.
Bapak
dan Ibu Guru SMAN 2 ........... Kabupaten ........... yang telah membimbing dan
memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan
Kelas ini dapat terselesaikan dengan
lancar.
5.
Semua pihak yang telah membantu yang
tidak dapat disebutkan satu persatu.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam
penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya
berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun.
Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
......................, ...................
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vii
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... viii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... ix
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah ........................................................
B.
Identifikasi Masalah ..............................................................
C.
Pembatasan Masalah .............................................................
D.
Rumusan Masalah .................................................................
E.
Tujuan Penelitian....................................................................
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ...........................................................................
B. Kerangka Berpikir .................................................................
C. Hipotesis Tindakan ................................................................
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Jenis Penelitian ......................................................................
B.
Setting Penelitian dan Sumber Data .....................................
C.
Tempat dan Waktu Penelitian................................................
D.
Subjek dan Objek Penelitian .................................................
E.
Instrumen Penelitian ..............................................................
F.
Teknik Pengumpulan Data ....................................................
G.
Teknik Analisis Data .............................................................
H.
Prosedur Pelaksanaan Tindakan ............................................
I.
Indikator Keberhasilan...........................................................
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Tindakan
1. Pra Siklus...........................................................................
2. Siklus I ..............................................................................
3. Siklus II.............................................................................
B. Pembahasan............................................................................
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ............................................................................
B. Saran.......................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
2.1 Contoh Kriteria dan Skala Penilaian........................................................
2.2 Contoh Kriteria Penskoran .....................................................................
3.1 Kriteria Penilaian Hasil Observasi Aktivitas
Belajar Siswa.....................
3.2 Kriteria Penilaian Hasil Belajar................................................................
4.1 Nilai Test Pra Siklus.................................................................................
4.2 Observasi Keaktifan Siswa Pra Siklus.....................................................
4.3 Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Pra Siklus..........................
4.4 Observasi Guru Pra Siklus.......................................................................
4.5 Nilai Test Siklus pertama.........................................................................
4.6 Observasi Keaktifan Siswa Siklus pertama.............................................
4.7 Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Siklus pertama..................
4.8 Observasi Guru Siklus pertama................................................................
4.9 Nilai Test Siklus kedua...........................................................................
4.10 Observasi Keaktifan Siswa Siklus kedua...............................................
4.11 Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Siklus kedua....................
4.12 Observasi Guru Siklus kedua..................................................................
4.13 Rekapitulasi
Peningkatan Nilai Test dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan
Siklus kedua.....................................................................................
4.14 Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pada
Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus
kedua .................................................................................................................
4.15 Rekapitulasi
Peningkatan Kemampuan Guru Kegiatan Pembelajaran Pada Kondisi Awal, Siklus
Pertama dan Siklus kedua.....................................................................................
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1 Skema Alur Penetapan KKM..................................................................
2.2 Bagan Kerangka Berfikir.........................................................................
4.1 Peningkatan Nilai Test dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan
Siklus kedua.......................................................................................................
4.2 Peningkatan
Keaktifan Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus kedua
4.3 Peningkatan
Kemampuan Guru Kegiatan Pembelajaran Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan
Siklus kedua.......................................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
1.
Surat Ijin Penelitian
2.
Surat
Kesediaan Menjadi Observer
3.
Jurnal Kegiatan Penelitian
4.
Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus I
5.
Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus II
6.
Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
7.
Daftar Hadir Peneliti Dan Observer
8.
Daftar Nilai Kegiatan Pra Siklus, Siklus I dan Siklus
II
9.
Lembar Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam
Kegiatan Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
10. Lembar
Observasi Hasil Pengamatan Kegiatan Guru Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus
II
11. Contoh
Hasil Pekerjaan Siswa
12. Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI
SMAN 2 ........... KABUPATEN ...........
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
Oleh :
..............................................
NIP. ...........................
ABSTRAK
Penelitian
ini merupakan upaya untuk meningkatkan ketuntasan belajar dengan metode mind
mapping pada siswa kelas XI SMAN 2 ........... Kabupaten ............
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis menggunakan Penelitian Tindakan
Kelas ( Classroom Action Research ). Adapun langkah-langkah dalam
penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
Kelas XI Semester 1 di SMAN 2 ...........
Kabupaten ........... Tahun Pelajaran
2014/2015, berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan
Teknik
observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa hasil observasi, tes dan dokumentasi pembelajaran. Data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif. Ada dua jenis data yang dapat
dikumpulkan yaitu data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa), dan data
kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberi
gambaran terhadap suatu mata pelajaran yang baru (kognitif), pandangan atau
sikap siswa ketika mengikuti pelajaran, perhatian antusias, kepercayaan diri
dan motivasi belajar yang kesemuanya itu dapat dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan
belajar sebelum diadakan perbaikan
pembelajaran 22,73% atau 5 siswa, pada siklus pertama 12 siswa atau 54,44% dan pada siklus terakhir menjadi
21 siswa atau 95,45%. Demikian halnya dengan nilai rata-rata hasil belajar dari
55,91 menjadi 64,09 dan pada siklus terakhir menjadi 73,64. Keaktifan siswa
juga meningkat dari 7 siswa (31,82%) menjadi 45,45% atau 10 siswa dan 22 atau
100% pada siklus terakhir. Demikian pula dengan kemampuan guru dalam mengajar
dari 45,45 dengan kriteria kurang menjadi 61,43 dengan kriteria cukup dan 88,57
dengan kriteria sangat baik. Kesimpulannya adalah penerapan Metode Mind Mapping
terbukti dapat meningkatkan Ketuntasan Belajar Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Siswa Kelas XI SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: Mind Mapping, Ketuntasan Belajar
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Metode adalah sekumpulan cara yang
digunakan untuk mencapai tujuan. Apabila dihubungkan dengan dunia pendidikan
maka metode merupakan sekumpulan cara yang digunakan untuk menyampaikan ilmu
pendidikan agar tujuan dari pendidikan itu tercapai. Dengan kata lain metode
merupakan alat untuk metransfer ilmu pengetahuan yang dalam hal ini adalah ilmu
pendidikan agama Islam. Oleh karena itu sebagai guru yang profesional dituntut
untuk menguasai berbagai macam metode dalam pembelajaran. Dan untuk menguasai
berbagai macam metode tersebut guru sebagai pendidik harus mempunyai wawasan
yang luas dan utuh tentang kegiatan pembelajaran untuk memperoleh hasil yang
sesuai dengan harapan.
Metode yang diterapkan guru dalam
mengajar dapat mempengaruhi keefektifan dan keberhasilan pembelajaran.
Pemilihan metode yang tepat dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang
kondusif, sehingga siswa dapat dengan mudah menerima materi pembelajaran dengan
baik. Selain itu, keberhasilan pembelajaran dan proses pengajaran efektif, guru
harus mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi tidak bertumpu pada satu
metode saja. Metode yang bervariasi dapat merubah kejenuhan siswa, sehingga
siswa lebih senang dan semangat dalam belajar. Penggunaan metode pembelajaran
disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai, materi yang disampaikan sesuai
dengan kemampuan siswa dan kemampuan guru.
Banyak sekali metode-metode pembelajaran
yang dapat diterapkan guru ketika KBM berlangsung, salah satunya yaitu metode mind
mapping. Dalam metode mind mapping siswa diberikan keleluasaan dalam
mencatat hal-hal yang berkenaan dengan materi pelajaran. Selain itu, setiap
siswa juga dapat berkreatifitas sesuai dengan kemampuannya tanpa ada tekanan
dari siapapun. Metode ini juga membantu siswa dalam memanfaatkan potensi kedua
otaknya yaitu otak kanan dan otak kiri. Karena interaksi dari otak tersebut
dapat memicu kreativitas siswa yang memberi kemudahan dalam proses mengingat
dan berfikir, untuk mengidentifikasi ide-ide dengan kata-kata kunci yang telah
dibuat sehingga memberikan kemudahan dalam mengingat materi pelajaran ( Bobby
De Porter, 1999:152 ).
Mind mapping sebagai metode pembelajaran yang memerlukan konsentrasi daya ingat
siswa dalam memetakan pelajaran yang dihadapinya akan menghasilkan daya ingat
yang lebih baik dari metode sebelumnya, sehingga dapat meningkatkan ketuntasan
belajar siswa dalam materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah pada mapel
PAI. Dengan menerapkan metode ini diharapkan siswa dapat mencapai keberhasilan
yang ditandai dengan adanya ketuntasan dalam belajar. Belajar tuntas atau
ketuntasan belajar dapat diartikan sebagai suatu penguasaan penuh dalam materi
pembelajaran yang dapat dibuktikan dengan hasil belajar yang baik pada materi
pembelajaran tersebut, dalam hal ini adalah materi tanda-tanda beriman kepada
Rasul Allah dalam mapel PAI. Untuk mengetahui ketuntasan belajar maka pelu
dilakukan uji kompetensi dalam bentuk ulangan harian baik secara tertulis,
lisan, maupun perbuatan, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan
kenaikan kelas ( Sunarto, 2007:49 ).
Ketuntasan belajar ini, ditentukan oleh
guru berdasarkan penetapan kriteria ketuntasan minimal. Penetapan kriteria
ketuntasan belajar ini, merupakan langkah awal pelaksanaan penilaian hasil
belajar sebagai bagian dari langkah pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Kurikulum berbasis kompetensi yang menggunakan acuan kriteria dalam
penilaian, mengharuskan guru dan satuan pendidikan menetapkan kriteria minimal
yang menjadi tolok ukur pencapaian kompetensi. Hal ini sesuai dengan
Permendiknas RI Nomor 23 Tahun 2006 tetang Standar Kompetensi Lulusan ( SKL )
untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Keberhasilan siswa untuk mencapai
ketuntasan belajar sangat ditentukan oleh besar kecilnya semangat belajar siswa
itu sendiri. Dalam hal ini mapel PAI dengan spesifikasi materi tanda-tanda beriman
kepada Rasul Allah di Kelas XI. Pada pembelajaran dengan materi tanda-tanda beriman
kepada Rasul Allah diharapkan siswa mampu menjelaskan pengertian tanda-tanda beriman
kepada Rasul Allah, menyebutkan macam-macam tanda-tanda beriman kepada Rasul
Allah, menyebutkan ketentuan tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah, dan mampu
menyebutkan hikmah tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah. Selain itu, materi tanda-tanda
beriman kepada Rasul Allah juga dapat memotivasi siswa untuk menumbuh
kembangkan pengetahuan siswa tentang betapa pentingnya materi tanda-tanda beriman
kepada Rasul Allah yang merupakan rukun islam yang keempat, yang kedudukan
selalu bersandingan dengan sholat.
Apabila pengetahuan siswa sudah
berkembang tidak menutup kemungkinan siswa akan mampu mencapai ketuntasan
minimal. Pada prakteknya kegiatan pembelajaran PAI dalam materi tanda-tanda beriman
kepada Rasul Allah sering kurang efektif dan cenderung membosankan karena pada
dasarnya siswa belum mempunyai pengetahuan yang luas tentang materi tanda-tanda
beriman kepada Rasul Allah. Selain itu guru dalam menyampaikan materi monoton
tidak ada variasi. Bentuk catatan yang diberikan pada siswapun hanya sebatas
catatan biasa dan tidak menarik perhatian siswa, sehingga siswa tidak tertarik
untuk belajar. Kemudian dalam menyampaikan materi dan pemberian catatan guru
tidak memberikan keleluasaan pada siswa. Materi dan catatan yang disampaikan
guru tersebut tekstual dengan buku pegangan. Hal ini berakibat pada kurang
antusiasnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga siswapun dalam
memahami materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah ini merasa kesulitan.
Dari kesulitan dalam memahami materi
maka berakibat pula pada hasil uji kompetensi, dan batas kriteria minimal tidak
dapat tercapai. Dari hasil analisis masalah tersebut diatas ditemukan dugaan
kuat bahwa faktor dominan penyebab munculnya masalah berupa siswa belum
menguasai dan belum paham materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah, siswa
belum bisa menunjukkan ketuntasan belajar yang baik, siswa tidak tertarik
dengan materi adalah guru hanya menggunakan metode ceramah saja pada saat
mengajarkan materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah dalam mapel PAI dan
pemberian catatan yang tidak menarik. Mencermati faktor penyebab munculnya
masalah tersebut diatas, dapat dirumuskan alternative solusi berupa penggunaan
metode mind mapping dalam pembelajaran PAI. Dengan metode mind
mapping maka akan diharapkan dapat meningkatkan beberapa aspek dalam proses
pembelajaran yaitu: konsentrasi, kreativitas, daya ingat dan pemahaman,
sehingga siswa dapat mengambil keputusan belajar yang lebih baik. Dengan
demikian, kesulitan belajar akan dapat teratasi. Selain itu ketika proses
belajar mengajar akan tercipta suasana yang menyenangkan dan pada akhirnya akan
berimbas pada penerimaan materi pembelajaran pada siswa serta meningkatnya
ketuntasan belajar siswa. Maka dari itu, peneliti melakukan kegiatan berupa
penelitian tindakan kelas yang berjudul: Penerapan
Metode Mindmapping Sebagai
Upaya Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas XI Semester 1 Pada Materi Tanda-tanda
beriman kepada Rasul Allah SWT di SMAN 2 ...........
Kabupaten ........... Tahun Pelajaran
2013/2014
B.
Identifikasi Masalah
Dari uraian sebagaimana latar belakang
masalah di atas, maka dapat diidentifikasi penyebab munculnya permasalahan
pembelajaran pada siswa Kelas XI SMAN 2 ........... Kabupaten ........... khususnya
pada pembelajaran PAI, yaitu
1.
Sebagian besar siswa
cenderung tidak aktif dalam proses pembelajaran PAI.
2.
Motivasi belajar sebagian
besar siswa masih rendah dalam pembelajaran PAI.
3.
Sebagian besar siswa merasa
kesulitan dalam mempelajari PAI.
4.
Kecenderungan sebagian besar
siswa tidak tertarik mengikuti pelajaran PAI.
5.
Sebagian besar perhatian dan
kosentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI masih sangat kurang.
6.
Masih kurangnya variasi
metode pembelajaran PAI yang digunakan di SMAN 2 ........... Kabupaten ...........
khususnya pada pembelajaran PAI.
C.
Pembatasan Masalah
Untuk menghindari meluasnya permasalahan
dalam penelitian ini, maka dalam penelitian ini permasalahan dibatasi pada
penggunaan metode
Mind Mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas Kelas XI Semester 1 Pada Materi Tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah SWT di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2014/2015
Mind Mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas Kelas XI Semester 1 Pada Materi Tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah SWT di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2014/2015
D.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas
dapat dirumuskan:
1.
Bagaimana ketuntasan belajar
siswa Kelas XI dalam mapel PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul
Allah di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... tahun 2014?
2.
Apa kelebihan penggunaan
metode mind mapping untuk pembelajaran PAI pada materi tanda-tanda beriman
kepada Rasul Allah Kelas XI di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... tahun
2014?
3.
Apakah penerapan metode mind
mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa Kelas XI dalam mapel
PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah di SMAN 2 ...........
Kabupaten ........... Tahun 2014?
E.
Tujuan Penelitian
Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia
tentunya mempunyai suatu tujuan. Adapun tujuan dalam penilitian ini adalah
untuk mengetahui :
1.
Ketuntasan belajar siswa Kelas
XI dalam mapel PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah di SMAN 2
........... Kabupaten ........... tahun 2014?
2.
Kelebihan penggunaan metode Mind
Mapping untuk pembelajaran PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul
Allah Kelas XI di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... tahun 2014?
3.
Apakah penerapan metode Mind
Mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa Kelas XI dalam mapel
PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah di SMAN 2 ........... Kabupaten
........... Tahun 2014?
F.
Manfaat Penelitian
Dari hasil penelitian ini diharapkan
memberi manfaat kajian keilmuwan metode pelajaran dalam pembelajaran PAI .
selain itu diharapkan mampu memberi manfaat praktis sebagai berikut:
1.
Bagi siswa diharapkan
setelah metode ini diterapkan dapat meningkatkan ketuntasan belajar dalam
materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah
2.
Hasil penelitian ini dapat
diterapkan secara langsung oleh guru PAI baik dalam pembelajaran di kelas
maupun diluar kelas agar ketuntasan belajar siswa dapat meningkat.
3.
Bagi sekolah penelitian ini
dapat dijadikan panduan untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran mata
pelajaran yang lainnya bukan hanya mapel PAI kususnya bagi kelas yang dijadikan
obyek penelitian.
Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini