Sunday 5 April 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT : MAPEL PAI SMA











LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS



PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI
SMAN 2 ........... KABUPATEN ...........   
TAHUN PELAJARAN 2013/2014






Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b






Oleh

..........................................
NIP. ..............................







SMA NEGERI 2 ...........
Jl. ....................................................
2014

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Penerapan Metode Mind Mapping Sebagai  Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 ........... Kabupaten ...........    Tahun Pelajaran 2013/2014
      b.   Bidang Ilmu                         : Pendidikan Agama Islam
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMA N 2 ...........
      f.    Tempat Penelitian                :  SMA N 2 ...........
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya




                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           

Mengetahui/Mengesahkan

             Kepala Dinas Pendidikan                                 Kepala Sekolah
                                  


                 …………………….                                   ………………….
NIP.……………………..      NIP.……………………..
KATA PENGANTAR


Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis  dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 2 ........... Kabupaten ...........  Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IVa ke IVb.
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ………………. yang telah memberi pengesahan terhadap laporan PTK ini.
2.      Pengawas SMA Dinas Pendidikan …………………
3.      Kepala sekolah SMAN 2 ........... Kabupaten ........... yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMAN 2 ........... Kabupaten ........... yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
5.      Semua pihak yang telah membantu yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................     vi
DAFTAR TABEL..............................................................................................    vii
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................   viii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................     ix

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah ........................................................       
B.       Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.       Pembatasan Masalah .............................................................       
D.      Rumusan Masalah .................................................................       
E.       Tujuan Penelitian....................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Jenis Penelitian ......................................................................       
B.       Setting Penelitian dan Sumber Data .....................................       
C.       Tempat dan Waktu Penelitian................................................       
D.      Subjek dan Objek Penelitian .................................................       
E.       Instrumen Penelitian ..............................................................       
F.        Teknik Pengumpulan Data ....................................................       
G.      Teknik Analisis Data .............................................................       
H.      Prosedur Pelaksanaan Tindakan ............................................       
I.         Indikator Keberhasilan...........................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Tindakan
      1.  Pra Siklus...........................................................................       
      2.  Siklus I ..............................................................................       
      3.  Siklus II.............................................................................       
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

2.1    Contoh Kriteria dan Skala Penilaian........................................................         
2.2    Contoh Kriteria Penskoran .....................................................................         
3.1    Kriteria Penilaian Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa.....................         
3.2    Kriteria Penilaian Hasil Belajar................................................................         
4.1    Nilai Test Pra Siklus.................................................................................         
4.2    Observasi Keaktifan Siswa Pra Siklus.....................................................         
4.3    Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Pra Siklus..........................         
4.4    Observasi Guru Pra Siklus.......................................................................         
4.5    Nilai Test Siklus pertama.........................................................................         
4.6    Observasi Keaktifan Siswa Siklus pertama.............................................         
4.7    Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Siklus pertama..................         
4.8    Observasi Guru Siklus pertama................................................................         
4.9    Nilai Test Siklus  kedua...........................................................................         
4.10  Observasi Keaktifan Siswa Siklus  kedua...............................................         
4.11  Prosentase Hasil Observasi Keaktifan Siswa Siklus  kedua....................         
4.12 Observasi Guru Siklus  kedua..................................................................         
4.13 Rekapitulasi Peningkatan Nilai Test dan Ketuntasan Belajar Siswa  Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua.....................................................................................         
4.14  Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua   .................................................................................................................
4.15 Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Guru Kegiatan Pembelajaran Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua.....................................................................................         










DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


2.1    Skema Alur Penetapan KKM..................................................................         
2.2    Bagan Kerangka Berfikir.........................................................................         
4.1    Peningkatan Nilai Test dan Ketuntasan Belajar Siswa  Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua.......................................................................................................         
 4.2   Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua                       
 4.3   Peningkatan Kemampuan Guru Kegiatan Pembelajaran Pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus  kedua.......................................................................................................         






























DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

1.        Surat Ijin Penelitian
2.        Surat Kesediaan Menjadi Observer
3.        Jurnal Kegiatan Penelitian
4.        Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
5.        Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
6.        Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
7.        Daftar Hadir Peneliti Dan Observer
8.        Daftar Nilai Kegiatan Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
9.        Lembar Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
10.    Lembar Observasi Hasil Pengamatan Kegiatan Guru Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
11.    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
12.    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian















PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI
SMAN 2 ........... KABUPATEN ...........   
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Oleh :

..............................................
NIP. ...........................

ABSTRAK


Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan ketuntasan belajar dengan metode mind mapping pada siswa kelas XI SMAN 2 ........... Kabupaten ............ Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ). Adapun langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Semester 1  di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2014/2015, berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan
Teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa hasil observasi,  tes dan dokumentasi pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Ada dua jenis data yang dapat dikumpulkan yaitu data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa), dan data kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberi gambaran terhadap suatu mata pelajaran yang baru (kognitif), pandangan atau sikap siswa ketika mengikuti pelajaran, perhatian antusias, kepercayaan diri dan motivasi belajar yang kesemuanya itu dapat dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ketuntasan belajar  sebelum diadakan perbaikan pembelajaran 22,73% atau 5 siswa, pada siklus pertama 12 siswa  atau 54,44% dan pada siklus terakhir menjadi 21 siswa atau 95,45%. Demikian halnya dengan nilai rata-rata hasil belajar dari 55,91 menjadi 64,09 dan pada siklus terakhir menjadi 73,64. Keaktifan siswa juga meningkat dari 7 siswa (31,82%) menjadi 45,45% atau 10 siswa dan 22 atau 100% pada siklus terakhir. Demikian pula dengan kemampuan guru dalam mengajar dari 45,45 dengan kriteria kurang menjadi 61,43 dengan kriteria cukup dan 88,57 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulannya adalah penerapan Metode Mind Mapping terbukti dapat meningkatkan Ketuntasan Belajar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMAN 2 ........... Kabupaten ...........    Tahun Pelajaran 2013/2014.


Kata kunci: Mind Mapping,  Ketuntasan Belajar




BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Metode adalah sekumpulan cara yang digunakan untuk mencapai tujuan. Apabila dihubungkan dengan dunia pendidikan maka metode merupakan sekumpulan cara yang digunakan untuk menyampaikan ilmu pendidikan agar tujuan dari pendidikan itu tercapai. Dengan kata lain metode merupakan alat untuk metransfer ilmu pengetahuan yang dalam hal ini adalah ilmu pendidikan agama Islam. Oleh karena itu sebagai guru yang profesional dituntut untuk menguasai berbagai macam metode dalam pembelajaran. Dan untuk menguasai berbagai macam metode tersebut guru sebagai pendidik harus mempunyai wawasan yang luas dan utuh tentang kegiatan pembelajaran untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan.
Metode yang diterapkan guru dalam mengajar dapat mempengaruhi keefektifan dan keberhasilan pembelajaran. Pemilihan metode yang tepat dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif, sehingga siswa dapat dengan mudah menerima materi pembelajaran dengan baik. Selain itu, keberhasilan pembelajaran dan proses pengajaran efektif, guru harus mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi tidak bertumpu pada satu metode saja. Metode yang bervariasi dapat merubah kejenuhan siswa, sehingga siswa lebih senang dan semangat dalam belajar. Penggunaan metode pembelajaran disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai, materi yang disampaikan sesuai dengan kemampuan siswa dan kemampuan guru.
Banyak sekali metode-metode pembelajaran yang dapat diterapkan guru ketika KBM berlangsung, salah satunya yaitu metode mind mapping. Dalam metode mind mapping siswa diberikan keleluasaan dalam mencatat hal-hal yang berkenaan dengan materi pelajaran. Selain itu, setiap siswa juga dapat berkreatifitas sesuai dengan kemampuannya tanpa ada tekanan dari siapapun. Metode ini juga membantu siswa dalam memanfaatkan potensi kedua otaknya yaitu otak kanan dan otak kiri. Karena interaksi dari otak tersebut dapat memicu kreativitas siswa yang memberi kemudahan dalam proses mengingat dan berfikir, untuk mengidentifikasi ide-ide dengan kata-kata kunci yang telah dibuat sehingga memberikan kemudahan dalam mengingat materi pelajaran ( Bobby De Porter, 1999:152 ).
Mind mapping sebagai metode pembelajaran yang memerlukan konsentrasi daya ingat siswa dalam memetakan pelajaran yang dihadapinya akan menghasilkan daya ingat yang lebih baik dari metode sebelumnya, sehingga dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah pada mapel PAI. Dengan menerapkan metode ini diharapkan siswa dapat mencapai keberhasilan yang ditandai dengan adanya ketuntasan dalam belajar. Belajar tuntas atau ketuntasan belajar dapat diartikan sebagai suatu penguasaan penuh dalam materi pembelajaran yang dapat dibuktikan dengan hasil belajar yang baik pada materi pembelajaran tersebut, dalam hal ini adalah materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah dalam mapel PAI. Untuk mengetahui ketuntasan belajar maka pelu dilakukan uji kompetensi dalam bentuk ulangan harian baik secara tertulis, lisan, maupun perbuatan, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas ( Sunarto, 2007:49 ).
Ketuntasan belajar ini, ditentukan oleh guru berdasarkan penetapan kriteria ketuntasan minimal. Penetapan kriteria ketuntasan belajar ini, merupakan langkah awal pelaksanaan penilaian hasil belajar sebagai bagian dari langkah pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum berbasis kompetensi yang menggunakan acuan kriteria dalam penilaian, mengharuskan guru dan satuan pendidikan menetapkan kriteria minimal yang menjadi tolok ukur pencapaian kompetensi. Hal ini sesuai dengan Permendiknas RI Nomor 23 Tahun 2006 tetang Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Keberhasilan siswa untuk mencapai ketuntasan belajar sangat ditentukan oleh besar kecilnya semangat belajar siswa itu sendiri. Dalam hal ini mapel PAI dengan spesifikasi materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah di Kelas XI. Pada pembelajaran dengan materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah diharapkan siswa mampu menjelaskan pengertian tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah, menyebutkan macam-macam tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah, menyebutkan ketentuan tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah, dan mampu menyebutkan hikmah tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah. Selain itu, materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah juga dapat memotivasi siswa untuk menumbuh kembangkan pengetahuan siswa tentang betapa pentingnya materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah yang merupakan rukun islam yang keempat, yang kedudukan selalu bersandingan dengan sholat.
Apabila pengetahuan siswa sudah berkembang tidak menutup kemungkinan siswa akan mampu mencapai ketuntasan minimal. Pada prakteknya kegiatan pembelajaran PAI dalam materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah sering kurang efektif dan cenderung membosankan karena pada dasarnya siswa belum mempunyai pengetahuan yang luas tentang materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah. Selain itu guru dalam menyampaikan materi monoton tidak ada variasi. Bentuk catatan yang diberikan pada siswapun hanya sebatas catatan biasa dan tidak menarik perhatian siswa, sehingga siswa tidak tertarik untuk belajar. Kemudian dalam menyampaikan materi dan pemberian catatan guru tidak memberikan keleluasaan pada siswa. Materi dan catatan yang disampaikan guru tersebut tekstual dengan buku pegangan. Hal ini berakibat pada kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga siswapun dalam memahami materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah ini merasa kesulitan.
Dari kesulitan dalam memahami materi maka berakibat pula pada hasil uji kompetensi, dan batas kriteria minimal tidak dapat tercapai. Dari hasil analisis masalah tersebut diatas ditemukan dugaan kuat bahwa faktor dominan penyebab munculnya masalah berupa siswa belum menguasai dan belum paham materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah, siswa belum bisa menunjukkan ketuntasan belajar yang baik, siswa tidak tertarik dengan materi adalah guru hanya menggunakan metode ceramah saja pada saat mengajarkan materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah dalam mapel PAI dan pemberian catatan yang tidak menarik. Mencermati faktor penyebab munculnya masalah tersebut diatas, dapat dirumuskan alternative solusi berupa penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran PAI. Dengan metode mind mapping maka akan diharapkan dapat meningkatkan beberapa aspek dalam proses pembelajaran yaitu: konsentrasi, kreativitas, daya ingat dan pemahaman, sehingga siswa dapat mengambil keputusan belajar yang lebih baik. Dengan demikian, kesulitan belajar akan dapat teratasi. Selain itu ketika proses belajar mengajar akan tercipta suasana yang menyenangkan dan pada akhirnya akan berimbas pada penerimaan materi pembelajaran pada siswa serta meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Maka dari itu, peneliti melakukan kegiatan berupa penelitian tindakan kelas yang berjudul: Penerapan Metode Mindmapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas XI Semester 1  Pada Materi Tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah SWT di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2013/2014
B.       Identifikasi Masalah
Dari uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasi penyebab munculnya permasalahan pembelajaran pada siswa Kelas XI SMAN 2 ........... Kabupaten ........... khususnya pada pembelajaran PAI, yaitu
1.         Sebagian besar siswa cenderung tidak aktif dalam proses pembelajaran PAI.
2.         Motivasi belajar sebagian besar siswa masih rendah dalam pembelajaran PAI.
3.         Sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam mempelajari PAI.
4.         Kecenderungan sebagian besar siswa tidak tertarik mengikuti pelajaran PAI.
5.         Sebagian besar perhatian dan kosentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI masih sangat kurang.
6.         Masih kurangnya variasi metode pembelajaran PAI yang digunakan di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... khususnya pada pembelajaran PAI.
C.      Pembatasan Masalah
Untuk menghindari meluasnya permasalahan dalam penelitian ini, maka dalam penelitian ini permasalahan dibatasi pada penggunaan metode
Mind Mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas Kelas XI Semester 1  Pada Materi Tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah SWT di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun Pelajaran 2014/2015
D.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan:
1.        Bagaimana ketuntasan belajar siswa Kelas XI dalam mapel PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... tahun 2014?
2.        Apa kelebihan penggunaan metode mind mapping untuk pembelajaran PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah Kelas XI di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... tahun 2014?
3.        Apakah penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa Kelas XI dalam mapel PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun 2014?
E.       Tujuan Penelitian
 Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia tentunya mempunyai suatu tujuan. Adapun tujuan dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui :
1.         Ketuntasan belajar siswa Kelas XI dalam mapel PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... tahun 2014?
2.         Kelebihan penggunaan metode Mind Mapping untuk pembelajaran PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah Kelas XI di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... tahun 2014?
3.         Apakah penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa Kelas XI dalam mapel PAI pada materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah di SMAN 2 ........... Kabupaten ........... Tahun 2014?
F.       Manfaat Penelitian
Dari hasil penelitian ini diharapkan memberi manfaat kajian keilmuwan metode pelajaran dalam pembelajaran PAI . selain itu diharapkan mampu memberi manfaat praktis sebagai berikut:
1.    Bagi siswa diharapkan setelah metode ini diterapkan dapat meningkatkan ketuntasan belajar dalam materi tanda-tanda beriman kepada Rasul Allah
2.    Hasil penelitian ini dapat diterapkan secara langsung oleh guru PAI baik dalam pembelajaran di kelas maupun diluar kelas agar ketuntasan belajar siswa dapat meningkat.
3.    Bagi sekolah penelitian ini dapat dijadikan panduan untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran mata pelajaran yang lainnya bukan hanya mapel PAI kususnya bagi kelas yang dijadikan obyek penelitian.

Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini