Friday 13 May 2016

PTK SBK SMP












UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SISWA
KELAS XII IPA-1 SMAN 1 ...................
KABUPATEN ...................
TAHUN PELAJARAN 2014/2115


Diajukan  pada Penilaian Angka Kredit
Unsur Pengembangan Profesi Guru untuk Kenaikan Pangkat
dari Golongan ….. ke ……







Oleh


…………………………………..
NIP . ……………………..









SMA NEGERI 2 BANDAR
Jl...........................................................   Kode Pos ...........
2013
LEMBAR PENGESAHAN


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran 2014/215
b.   Bidang Ilmu                               : Seni
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ………………………….
      b.   NIP                                      :  …………………………….
      c.   Pangkat / Golongan             : …………….
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMAN 1 ...................
      f.    Tempat Penelitian                :  SMAN 1 ...................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan …………..)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti




                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah



………………….
NIP.……………………..
UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SISWA
KELAS XII IPA-1 SMAN 1 ...................
KABUPATEN ...................
TAHUN PELAJARAN 2014/2115



Oleh

…………………………………..
NIP . ……………………..


ABSTRAK


Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar siswa XII IPA-1  SMAN 1 ................... pada pembelajaran seni tari dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisa deskriptif komparatif, yang memaparkan dan membandingkan data hasil belajar siswa dari setiap siklusnya.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa Minat siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Dari kondisi awal sebesar 3 siswa (15%), pada siklus I meningkat menjadi  12 siswa atau 60% dan meningkat menjadi 19 siswa atau 95% pada siklus II. Peningkatan ini terjadi karena siswa sudah lebih mendengarkan, memperhatikan penjelasan guru dengan seksama, berani mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dengan tepat, mengelompok secara heterogen dan lebih aktif dalam berdiskusi maupun kegiatan pembelajaran Snowball Throwing. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, nilai rata-rata  pada kondisi awal sebesar 56,50,  siklus I sebesar 64,50 meningkat menjadi 74,50 pada siklus II.  Dengan persentase ketuntasan belajar pada kondisi awal 2 siswa atau 10%,  siklus I sebesar 10 siswa atau  50% dan 90% atau 18 siswa pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar seni tari dan menuntaskan siswa kelas XII IPA-1  SMAN 1 ................... Tahun Ajaran 201../201.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Snowball Throwing





KATA PENGANTAR


Puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya, sehingga tugas penelitian dengan judul “Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran 2014/215” dapat diselesaikan tepat pada waktunya.  Penulisan laporan ini sebagai persyaratan pada Penilaian Angka Kredit  Unsur Pengembangan Profesi Guru untuk Kenaikan Pangkat  dari Golongan ….. ke …..
Sepenuh hati penulis menyadari bahwa tersusunnya karya ini bukan semata-mata karena kemampuan dan usaha penulis, namun juga berkat bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan sedalam-dalamnya kepada:
1.      …………………………., selaku ……………………………….. yang telah ………………………………….
2.      …………………………., selaku ……………………………….. yang telah ………………………………….
3.      …………………………., selaku ……………………………….. yang telah ………………………………….
4.      …………………………., selaku ……………………………….. yang telah ………………………………….
Semoga amal ibadah baik Bapak, Ibu, serta teman-teman mendapat balasan setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa. Karena terbatasnya pengetahuan, penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih banyak kekurangannya dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang dapat digunakan sebagai pijakan berikutnya..
                                                                                                     
                                                                               ........., ...................................

                                                                                                Penulis



DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN...............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI......................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar BelakangMasalah...........................................................       
B.      Identifikasi Masalah................................................................
C.      Batasan Masalah ....................................................................
D.      RumusanMasalah....................................................................                   
E.       TujuanPenelitian......................................................................       
F.       ManfaatPenelitian...................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.      Kajian Teoritis.........................................................................       
B.      Kerangka Berpikir...................................................................       
C.      Hipotesis Tindakan.................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Desain Penelitian ....................................................................       
B.      Tempat dan Waktu Penelitian.................................................       
C.      Subjek dan Objek Penelitian...................................................       
D.      Teknik dan Alat Pengumpulan  Data......................................       
E.       Teknik Analisa Data................................................................
F.       Prosedur Penelitian.................................................................
G.      Kriteria Keberhasilann Tindakan............................................       
BAB     IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.      Deskripsi Hasil Penelitian.......................................................
1.    Kondisi Awal.....................................................................
2.    Siklus I...............................................................................
3.    Siklus II..............................................................................
B.   Pembahasan.............................................................................       
BAB      V     PENUTUP
A.  Simpulan ................................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN






DAFTAR TABEL


TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa.........
Tabel   3.2     Kriteria Penilaian Hasil Belajar....................................................
Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Minat Belajar siswa Pada Kondisi Awal       
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Kondisi Awal.................
Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Minat belajar siswa Pada Siklus I      
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Siklus I...........................
Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Minat belajar siswa Pada Siklus II     
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Siklus II.........................
Tabel   4.7     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Minat belajar siswa Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                                                                                                     
Tabel   4.8     Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II     






           


















DAFTAR GAMBAR


GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1     Kerangka Pikir Penelitian.........................................................
Gambar    3.1     Model Penelitian Tindakan Kelas (Suharsimi, 2012: 16)..........
Gambar    4.1     Peningkatan Hasil Pengamatan Minat belajar siswa Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..................................................................................................
Gambar    4.2     Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

                     


                         





DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran    4     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran    5     Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran    6     Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran    7     Daftar Hadir Siswa
Lampiran    8     Daftar Hadir Peneliti dan Observer
Lampiran    9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    10   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II





BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Pada umumnya, kemampuan masyarakat dalam mengapresiasi karya seni masih kurang. Kemampuan masyarakat dalam mengapresiasi karya seni baru pada tahap penerimaan (mengamati, menyenangi karya seni), sangat sedikit yang mampu memberikan tanggapan secara rasional terhadap karya seni. Tingkat kesadaran masyarakat mengenai fungsi seni bagi kehidupan kurang disadari, padahal kehadiran karya seni dalam berbagai aspek kehidupan dirasakan sangat penting dan tidak dapat kita pisahkan kehadirannya. Fenomena rendahnya tingkat apresiasi masyarakat terhadap karya seni diperkuat pandangan Hamdan (2001:1) bahwa masalah kekurangtahuan masyarakat terhadap keragaman produk seni rupa disebabkan oleh karena fasilitas untuk mensosialisasikan karya seni (pada umumnya) jauh dari mencukupi, disamping kurangnya wacana apresiasi di kalangan masyarakat sendiri.
Seiring dengan masih rendahnya tingkat apresiasi seni di masyarakat dalam konteks pendidikan seni pada jenjang pendidikan formal ditentukan sikap apriori dari berbagai pihak. Mata pelajaran ini hanya dipandang sebagai pelengkap saja. Padahal tanpa kita sadari bahwa dalam praktek kehidupan, kita tidak bisa lepas dari aspek berkesenian. Khisbiyah dan Sabardila (2004:xi) menegaskan bahwa pendidikan seni di tingkat pendidikan dasar dan menengah (SD sampai SMU) ditenggarai telah mengalami keterpinggiran dalam tiga hal: 1) pendidikan seni dianggap lebih rendah dari pada jenis pendidikan atau mata pelajaran lain, sebagai akibatnya kesenian dijadikan mulok, jumlah jam terbatas; 2) pendidikan seni seringkali tidak diberikan secara profesional, pendidikan seni dilakukan oleh guru yang tidak berlatar belakang pendidikan kesenian sehingga hanya menekankan aspek teoritis, dengan mengabaikan praktek atau pengalaman berkesenian; dan 3) pendidikan seni tidak dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, termasuk buku rujukan dan perlengkapan atau peralatan kesenian, sehingga tidak memungkinkan terjadinya proses penghayatan dan pergaulan dengan seni yang lebih mendalam, penggalian potensi, dan pengembangan kreativitas seni peserta didik.
Peran guru dalam proses pencapaian tujuan belajar memiliki andil yang besar selain sebagai pendidik dan pengajar, guru juga sebagai fasilitator dan motivator. Begitu juga dalam pembelajaran tari guru harus berusaha memotivasi siswanya agar pembelajaran tari diminati karena pembelajaran Seni Tari di Sekolah Menengah Pertama ini pada intinya bukan mencetak dan mendidik siswanya menjadi seorang penari, tetapi lebih kepada pemenuhan kebutuhan atau ranah ketrampilan (psikomotorik), pembentukan sikap (afektif) dan pengetahuan (kognitif). Oleh karena itu melalui pembelajaran tari di sekolah diharapkan mampu membentuk karakter siswa sesuai dengan yang diharapkan yaitu siswa termotivasi minatnya untuk belajar, berdisiplin, bertanggung jawab, menghargai hasil karya orang lain, mempunyai sensitivitas yang tinggi, bersosialisasi dengan lingkungan secara baik dan sebagainya.
Pembelajaran tari di SMAN 1 ................... ini wajib diikuti siswa, maka sebagai peneliti harus memberikan materi yang benar-benar bisa diterima baik siswa putra maupun putri, hal ini di maksudkan agar pembelajaran efektif dan siswa termotivasi untuk mengeluarkan ide dan pendapatnya baik pada saat apresiasi ataupun berkreasi gerak. Untuk itu hendaknya guru dapat memperhatikan pembelajaran tari di sekolah sesuai dengan perkembangan psikologis anak, serta memberikan materi yang mudah dicerna, di pahami, dan dikuasai anak.
Bila terjadi proses pembelajaran kurang optimal bisa disebabkan karena pembelajaran yang kurang mempertimbangkan karakteristik siswa. Hal ini sejalan dengan pendapat Karli dan Margaretha (2004:6) bahwa : “ Pembelajaran di kelas masih menggunakan metoda ceramah dan tanya jawab sehingga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi langsung dengan benda benda konkret ataupun model artifisial”.
Pembelajaran dimaksudkan sebagai proses interaksi antara siswa dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran adalah suatu cara untuk menjadikan orang belajar, artinya terjadi proses memanipulasi lingkungan untuk memberi kemudahan orang belajar, untuk memperoleh perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar yang mengarah kepada ranah psikomotor, afektif dan kognitifnya. Begitu juga dalam pembelajaran seni tari diharapkan adanya jalinan interaksi yang baik antara siswa dengan guru serta lingkungan, sehingga ketiga ranah di atas dapat dicapai secara maksimal.
Di SMAN 1 ................... ini meskipun pembelajaran tari diberlakukan bagi semua siswa, tapi pada kenyataannya peneliti masih kesulitan dalam mengkondisikan kelas, khususnya kelas XII IPA-1, hal ini bisa dilihat dari sikap dan perilaku siswa. Begitu pula dengan siswa kelas XII IPA-1menunjukan sikap kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran tari. Selain itu umumnya pembelajaran tari hanya diikuti atau diminati oleh beberapa siswa saja, hal ini salah satunya disebabkan karena pelajaran tari dianggapnya tidak penting karena tidak masuk dalam katagori mata pelajaran yang diujikan secara nasional sehingga ada kecenderungan pada sebagian orang menganggap sepele pada pembelajaran tari.
Beberapa siswa beranggapan bahwa pelajaran menari hanya diperuntukkan bagi anak yang mempunyai bakat menari saja, bagi yang kurang berbakat dirasakan akan sangat memberatkan. Sebagai seorang guru tari dalam melaksanakan kewajibannya bukan hanya sekedar melakukan kegiatan rutin saja, tetapi juga melaksanakan aktivitas yang dinamis dengan berusaha memberikan pemahaman kepada siswa akan pentingnya pembelajaran seni tari untuk mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan motorik siswa.
Sehubungan dengan hal di atas, maka keberhasilan seorang guru dalam menumbuhkan minat siswa pada suatu pembelajaran merupakan modal utama dalam menciptakan suasana belajar, karena jika minat siswa terhadap suatu bidang studi tertentu sudah tertanam dalam dirinya, maka ia akan selalu berupaya untuk mencari tahu lebih jauh. Dengan mempelajari banyak hal yang diminatinya, maka ia akan lebih memahami dan mengerti bahkan mampu manguasai bidang yang didalaminya
Dalam hal ini ditegaskan pula oleh Imansyah Alipandie (1984:16) bahwa : Jika minat siswa dapat dibangkitkan untuk kemudian seluruh perhatiannya dapat dipusatkan kedalam bahan pelajaran yang diberikan oleh guru, maka keadaan kelas akan lebih tenang sebab siswa tidak akan mempunyai kesempatan melakukan pelanggaran ketertiban kelas. Dengan demikian pelajaran dapat berfungsi dengan baik, mudah diterima dan dimengerti oleh siswa untuk ditimbulkan kembali. Minat memiliki peranan cukup besar dalam belajar, tanpa adanya minat, kemungkinan besar siswa tidak akan berhasil dalam kegiatan belajar tersebut karena sesuatu yang menarik minat tentu akan menarik perhatiannya, sehingga siswa akan bersungguh-sungguh dalam belajar.
Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran melalui pendekatan tari bertema ini, ialah agar siswa aktif dan kreatif baik dalam mengeksplor gerak tari sesuai dengan ide dan gagasan yang diamati siswa, baik pengamatan tentang alam sekitar, kehidupan sehari-hari, aktivitas manusia, perangai binatang, dan sebagainya, sebagai contoh melalui pengamatan terhadap perangai seekor burung merak yang sedang bercengkrama, diharapkan siswa mampu menampilkan kreativitasnya dengan mengeksplor gerak hingga menjadi sebuah gerak tari. Kemudian ditampilkan di muka kelas secara kelompok, dengan bimbingan dan arahan guru melalui gerak-gerak bertema, sehingga siswa bisa terpancing keaktifannya. Selain itu melalui pengamatan aktivitas kehidupan sehari-hari yang dijadikan ide penciptaan gerak, siswa mampu berkreasi gerak tari tani, tari bercocok tanam, tari tenun, tari nelayan, dan lain sebagainya. Proses penciptaan tari bertema yang dimulai dari sebuah ide dan pengamatan alam sekitar yang dapat dikembangkan melalui berbagai macam bentuk gerak, kemudian dieksplorasi melalui unsur-unsur tari yaitu ruang, tenaga, dan tempo. Proses penciptaan tari bertema melalui ide siswa dengan hasil kreativitasnya diharapkan mempunyai makna atau nilai yang bermanfaat bagi dirinya, yaitu dengan melakukan proses pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangannya menuju kedewasaannya, memahami nilai hidup dan melakukan aktivitas sesuai dengan apa yang diharapkan.
Data hasil pra kegiatan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Dari KKM yang telah ditentukan yaitu 70, hanya 2 siswa yang mampu melampaui KKM dan selebihnya yaitu 18 siswa belum dapat mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Hasil tersebut menunjukkan adalah permasalahan dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan sehingga memerlukan tindakan khusus untuk mengatasinya.
Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar. Yaitu metode yang memuat pengalaman belajar dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu metode yang dapat memuat keaktifan dan pengalaman belajar siswa tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Prinsipnya model pembelajaran kooperatif tipe ini membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok mempunyai satu orang ketua yang akan bertugas untuk menjelaskan materi yang diberikan guru kepada anggota kelompoknya. Lalu tiap siswa menulis satu pertanyaan dan dilempar seperti bola salju kepada siswa yang lain. Selain itu pembagian kelompok ini bertujuan agar siswa dapat berkolaborasi dengan teman, lingkungan dan guru sehingga diharapkan setiap siswa akan siap dalam kegiatan pembelajaran dan merangsang siswa untuk belajar baik belajar dari guru maupun belajar dari siswa yang lain.
Berdasarkan paparan di atas peneliti menyikapi masalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran praktek tari, merupakan permasalahan yang harus diatasi agar proses pembelajaran tercapai secara maksimal. Untuk itu maka melalui pembelajaran dengan pendekatan tari bertema ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa. Sehubungan dengan hal tersebut peneliti merasa tertarik untuk mengkaji lebih jauh melalui penelitian yang berjudul Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran 2014/215”.
B.  Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah terdapat beberapa masalah dalam penelitian ini. Adapun-masalah tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1.    Minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya khususnya seni tari masih rendah
2.    Rendahnya aktivitas (keterlibatan) siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
3.    Belum berkembangnya keterampilan proses pada siswa.
4.    Pembelajaran seni budaya khususnya seni tari yang didominasi oleh metode ceramah dan model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi.
C.  Batasan Masalah
Permasalahan yang berkaitan dengan judul sangat luas, sehingga tidak mungkin permasalahan yang ada dapat terjangkau dan terselesaikan semua. Oleh karena itu, perlu adanya pembatasan dan pemfokusan masalah sehingga yang diteliti lebih jelas dan kesalahpahaman dapat dihindari. Untuk itu perlu dibatasi ruang lingkup dan fokus masalah yang diteliti adalah “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Seni Tari  Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran 2014/215”.
D.  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, dapat dirumuskan masalah secara umum yaitu :
1.    Bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan minat belajar Seni Tari  Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran 2014/215?
2.    Bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Seni Tari  Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran 2014/215?


E.  Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditentukan, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa XII IPA-1  SMAN 1 ................... pada pembelajaran seni tari dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing.
F.   Manfaat Penelitian
Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan pembelajaran khususnya pada kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas XII IPA-1 pada pembelajaran seni tari. Adapun secara detail manfaat yang diharapkan dari penelitian ini diantaranya :
1.      Manfaat Teoretis
Memberikan sumbangan pikiran sebagai pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai bahan kajian khususnya dalam upaya peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran kooperatif
2.      Manfaat Praktis
a.    Bagi Siswa
1)   Dapat memberikan pengalaman menarik dan bermakna di dalam mengikuti pembelajaran seni budaya khususnya seni tari.
2)   Peningkatan pemahaman pembelajaran seni budaya khususnya seni tari berupa konsep berfikir siswa melalui tahapan mengamati, menganalisis dan akhirnya dapat mengapresiasi sebuah karya seni khususnya seni tari dengan baik.
b.   Bagi guru
1)   Melalui PTK ini guru dapat menjawab permasalahan yang dihadapi di sekolah mengenai model pembelajaran yang bervariasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran seni budaya khususnya seni tari.
2)   Mendorong guru untuk menciptakan proses belajar mengajar yang bisa menumbuhkan ketertarikan siswa dalam belajar.
3)   Meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan dan memanfaatkan segala sumber daya kreatifitas anak yang ada di lingkungan siswa dalam proses pembelajaran sehingga keterampilan proses siswa dapat dimaksimalkan.
c.    Bagi Sekolah
1)   Sekolah mampu mengevaluasi model pembelajaran yang tepat untuk peningkatan pemahaman belajar siswa
2)   Dapat digunakan sebagai alternatif dalam menentukan strategi dalam memberikan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing






BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori
1.    Minat Belajar
a.    Pengertian Minat Belajar
Minat merupakan salah satu aspek psikis yang dapat mendorong manusia mencapai tujuan. Seseorang yang memiliki minat terhadap suatu objek, cenderung memberikan perhatian atau merasa senang yang lebih besar kepada objek tersebut. Namun, apabila objek tersebut tidak menimbulkan rasa senang, maka orang itu tidak akan memiliki minat atas objek tersebut. Oleh karena itu, tinggi rendahnya perhatian atau rasa senang seseorang terhadap objek dipengaruhi oleh tinggi rendahnya minat seseorang tersebut. Minat adalah kecenderungan yang menetap dalam subjek untuk merasa tertarik pada bidang atau hal tertentu dan merasa senang berkecimpung dalam bidang itu (Winkel, 1984: 30). Adanya suatu ketertarikan yang sifatnya tetap di dalam diri subjek atau seseorang yang sedang mengalaminya atas suatu bidang atau hal tertentu dan adanya rasa senang terhadap bidang atau hal tersebut, sehingga seseorang mendalaminya.
Minat adalah kesadaran seseorang, bahwa suatu objek, seseorang, suatu soal atau suatu situasi mengandung sangkut-paut dengan dirinya (Witherington, 1983: 135), merupakan suatu kesadaran yang ada pada diri seseorang tentang hubungan dirinya dengan segala sesuatu yang ada di luar dirinya. Hal-hal yang ada di luar diri seseorang, meskipun tidak menjadi satu, tetapi dapat berhubungan satu dengan yang lain karena adanya kepentingan atau kebutuhan yang bersifat mengikat.
 Minat mengarahkan perbuatan kepada suatu tujuan dan merupakan dorongan bagi perbuatan tersebut. Dalam diri manusia terdapat dorongan-dorongan (motif-motif) yang mendorong manusia untuk berinteraksi dengan dunia luar, motif menggunakan dan menyelidiki dunia luar (manipulate and exploring motives). Dari manipulasi dan eksplorasi yang dilakukan terhadap dunia luar itu, lama-kelamaan timbullah minat terhadap sesuatu tersebut. Apa yang menarik minat seseorang mendorongnya untuk berbuat lebih giat dan lebih baik (Purwanto, 2007: 56). Minat, mampu memberikan dorongan kepada seseorang untuk berinteraksi dengan dunia luar yang sekiranya menarik untuk diketahui, menjadikannya memiliki semangat tinggi untuk mengetahui sesuatu yang telah menarik hatinya. Minat bukanlah merupakan sesuatu yang dimiliki oleh seseorang begitu saja, melainkan merupakan sesuatu yang dapat dikembangkan (Singer, 1991: 93).
Minat yang telah ada dalam diri seseorang bukanlah ada dengan sendirinya, namun ada karena adanya pengalaman dan usaha untuk mengembangkannya. Minat dapat timbul karena daya tarik dari luar dan juga datang dari hati sanubari. Minat yang besar terhadap sesuatu merupakan modal yang besar artinya untuk mencapai atau memperoleh benda atau tujuan yang diminati itu. Minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat belajar yang kurang akan menghasilkan prestasi yang rendah (Dalyono, 1996: 56-57). Dalam usaha untuk memperoleh sesuatu, diperlukan adanya minat. Besar kecilnya minat yang dimiliki akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan diperoleh.
Berdasarkan pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa minat adalah kecenderungan yang mengarahkan manusia terhadap bidang bidang yang ia sukai dan tekuni tanpa adanya keterpaksaan dari siapapun. Minat pula yang mengarahkan manusia untuk berprestasi dalam berbagai hal atau bidang yang ia sukai dan tekuni. Seseorang yang mempunyai minat terhadap suatu hal atau bidang tertentu, maka ia akan senantiasa mengarahkan dirinya terhadap bidang tersebut dan senang menekuninya dengan sungguh- sungguh tanpa adanya paksaan.Apabila seorang guru ingin berhasil dalam melakukan kegiatan belajar mengajar harus dapat memberikan rangsangan kepada murid agar ia berminat dalam mengikuti proses belajar mengajar tersebut. Apabila murid sudah merasa berminat mengikuti pelajaran, maka ia akan dapat mengerti dengan mudah dan sebaliknya apabila murid merasakan tidak berminat dalam melakukan proses pembelajaran ia akan merasa tersiksa mengikuti pelajaran tersebut.
Menurut Nasution (2000: 34) belajar sebagai perubahan kelakuan berkat pengalaman dan latihan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
disebutkan bahwa belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian,
berlatih, dan berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Dengan belajar tindakan atau perilaku siswa berubah menjadi baik. Berhasil atau tidaknya perubahan baik itu tergantung pada siswa itu sendiri dan tergantung pula oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya.
Berdasarkan pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa
Minat belajar adalah kecenderungan yang mengarahkan siswa terhadap
bidang-bidang yang ia sukai dan tekuni tanpa adanya keterpaksaan dari
siapapun untuk meningkatkan kualitasnya dalam hal pengetahuan,
ketrampilan, nilai, sikap, minat, apresiasi, logika berpikir, komunikasi, dan kreativitas. Merupakan ketertarikan atau kesenangan pada suatu pelajaran sehingga dapat menimbulkan perubahan perilaku pada diri siswa yang relatif tetap untuk lebih memperhatikan dan mengingat secara terus menerus yang diikuti rasa senang untuk memperoleh suatu kepuasan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
b.    Aspek-aspek Minat Belajar
Menurut Hurlock (1990:422) Mengemukakan bahwa minat memiliki dua aspek yaitu:
1)   Aspek kognitif
Aspek ini didasarkan atas konsep yang dikembangkan seseorang mengenai bidang yang berkaitan dengan minat. Konsep yang membangun aspek kognitif di dasarkan atas pengalaman dan apa yang dipelajari dari lingkungan.
2)   Aspek afektif
Aspek afektif ini adalah konsep yang membangun konsep kognitif dan dinyatakan dalam sikap terhadap kegiatan atau objek yang menimbulkan minat. Aspek ini mempunyai peranan yang besar dalam memotivasikan tindakan seseorang. Berdasarkan uraian tersebut, maka minat terhadap mata pelajaran IPS yang dimiliki seseorang bukan bawaan sejak lahir, tetapi dipelajari melalui proses penilaian kognitif dan penilaian afektif seseorang yang dinyatakan dalam sikap. Dengan kata lain, jika proses penilaian kognitif dan afektif seseorang terhadap objek minat adalah positif maka akan menghasilkan sikap yang positif dan dapat menimbulkan minat.
c.    Indikator Minat Belajar
Menurut Slameto (2003 :58) siswa yang berminat dalam belajar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1)   Ada rasa keterikatan pada sesuatu aktivitas-aktivitas yang diminati.
2)   Ada rasa suka dan senang pada sesuatu yang diminati.
3)   Memperoleh suatu kebanggaan dan kepuasan pada sesuatu yang diminati
4)   Lebih menyukai suatu hal yang menjadi minatnya daripada yang lainnya.
5)   Dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan.
d.   Faktor- faktor yang mempengaruhi minat belajar
 Dengan minat yang tinggi tentunya akan menghasilkan prestasi belajar yang tinggi pula. Apabila siswa mempunyai minat yang tinggi terhadap amat pelajaran,  prestasi belajar pun akan tinggi pula. Hal ini juga dapat dilihat dengan apabila ptrestasi siswa tersebut tinggi tentunya siswa tersebut mempunyai minat yang tinggi pula. Sehingga dapat dilihat minat mempunyai hubungan dengan prestasi belajar. Salah satu pendorong dalam keberhasilan belajar adalah minat terutama minat yang tinggi. Minat itu tidak muncul dengan sendirinya akan tetapi banyak faktor yang dapat mempengaruhi munculnya minat.
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa antara lain :
1)   Motivasi
Minat seseorang akan semakin tinggi bila disertai motivasi, baik yang bersifat internal ataupun eksternal. Menurut D.P. Tampubolon (1993: 41) minat merupakan “perpaduan antara keinginan dan kemampuan yang dapat berkembang jika ada motivasi”. seorang siswa yang ingin memperdalam Ilmu Pengetahuan sosialnya tentang tokohtokoh dalam kemerdekaan indonesia misalnya, tentu siswa tersebutakan terarah minatnya untuk membaca buku-buku tentang sejarah kemerdekaan Indonesia, mendiskusikannya, dan sebagainya.
2)   Belajar
Minat dapat diperoleh melalui belajar, karena dengan belajar siswa yang semula tidak menyenangi suatu pelajaran tertentu, lama kelamaan lantaran bertambahnya pengetahuan mengenai pelajaran tersebut, minat pun tumbuh sehingga ia akan lebih giat lagi mempelajari pelajaran tersebut. Hal ini sesuai dengan pendapatnya Singgih D. Gunarsa dan Ny. Singgih D.G (1989: 68)bahwa “minat akan timbul dari sesuatu yang diketahui dan kita dapat mengetahui sesuatu dengan belajar, karena itu semakin banyak belajar semakin luas pula bidang minat”.
3)   Bahan Pelajaran dan Sikap Guru
Faktor yang dapat membangkitkan dan merangsang minat adalah faktor bahan pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Bahan pelajaran yang menarik minat siswa, akan sering dipelajari oleh siswa yang bersangkutan. Dan sebaliknya bahan pelajaran yang tidak menarik minat siswa tentu akan dikesampingkan oleh siswa, sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Slameto (1991: 187) bahwa “Minat mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap belajar, karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, maka siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya, karena tidak ada daya tarik baginya”.
4)   Keluarga
Orang tua adalah orang yang terdekat dalam keluarga, oleh karenanya keluarga sangat berpengaruh dalam menentukan minat seorang siswa terhadap pelajaran. Apa yang diberikan oleh keluarga sangat berpengaruhnya bagi perkembangan jiwa anak. Dalam proses perkembangan minat diperlukan dukungan perhatian dan bimbingan dari keluarga khususnya orang tua.
5)   Teman Pergaulan
Melalui pergaulan seseorang akan dapat terpengaruh
arahminatnya oleh teman-temannya, khususnya teman akrabnya.
Khusus bagi remaja, pengaruh teman ini sangat besar karena dalam
pergaulan itulah mereka memupuk pribadi dan melakukan aktifitas
bersama-sama untuk mengurangi ketegangan dan kegoncangan yang
merekaalami. Apabila seseorang bergaul dengan orang yang berkepribadian baik tentu orang tersebut akan terpengaruh menjadi baik pula. Begitu pula dalam hal minat, orang yang bergaul dengan orang yang mempunyai minat yang besar dalam belajar tentu orang tersebut juga dapat terpengaruh. Karena teman pergaulan sangat berpengaruh terhadap kepribadian siswa.
6)   Lingkungan
Melalui pergaulan seseorang akan terpengaruh minatnya. Hal ini
ditegaskan oleh pendapat yang dikemukaakn oleh Crown L dan A. Crow (1988: 352) bahwa “minat dapat diperoleh dari kemudian sebagai dari pengalaman mereka dari lingkungan di mana mereka tinggal”.Lingkungan sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Lingkungan adalah keluarga yang mengasuh dan membesarkan anak, sekolah tempat mendidik, masyarakat tempat bergaul, juga tempat bermain sehari-hari dengan keadaan alam
dan iklimnya, flora serta faunanya. Besar kecilnya pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan bergantung kepada keadaan lingkungan anak itusendiri serta jasmani dan rohaninya.
7)   Cita-cita
Setiap manusia memiliki cita-cita di dalam hidupnya, termasuk para siswa. Cita-cita juga mempengaruhi minat belajar siswa, bahkan cita-cita juga dapat dikatakan sebagai perwujudan dari minat seseorang dalam prospek kehidupan di masa yang akan datang. Cita-cita ini senantiasa dikejar dan diperjuangkan, bahkan tidak jarang meskipun mendapat rintangan, seseorang tetap berusaha untuk mencapainya.
8)   Bakat
Melalui bakat seseorang akan memiliki minat. Ini dapat dibuktikan dengan contoh: bila seseorang sejak kecil memiliki bakat menyanyi, secara tidak langsung ia akan memiliki minat dalam hal menyanyi. Jika ia dipaksakan untuk menyukai sesuatu yang lain, kemungkinan ia akan membencinya atau merupakan suatu beban bagi dirinya. Oleh karena itu, dalam memberikan pilihan baik sekolah maupun aktivitas lainnya sebaiknya disesuaikan dengan bakat dimiliki.
9)   Hobi
Bagi setiap orang hobi merupakan salah satu hal yang menyebabkan timbulnya minat. Sebagai contoh, seseorang yang memiliki hobi terhadap matematika maka secara tidak langsung dalam dirinya timbul minat untuk menekuni ilmu matematika, begitupun dengan hobi yang lainnya. Dengan demikian, faktor hobi tidak bisa dipisahkan dari faktor minat.
10)    Media Massa
Apa yang ditampilkan di media massa, baik media cetak atau pun media elektronik, dapat menarik dan merangsang khalayak untuk memperhatikan dan menirunya. Pengaruh tersebut menyangkut istilah, gaya hidup, nilai-nilai, dan juga perilaku sehari-hari. Minat khalayak dapat terarah pada apa yang dilihat, didengar, atau diperoleh dari media massa.
11)    Fasilitas
Berbagai fasilitas berupa sarana dan prasarana, baik yang berada di rumah, di sekolah, dan di masyarakat memberikan pengaruh yang positif dan negatif. Sebagai contoh, bila fasilitas yang mendukung upaya pendidikan lengkap tersedia, maka timbul minat anak untuk menambah wawasannya. Tetapi apabila fasilitas yang ada justru mengikis minat pendidikannya, seperti merebaknya tempat-tempat hiburan yang ada di kota-kota besar, tentu hal ini berdampak negatif bagi pertumbuhan minat yang sudah ada dalam diri anak tersebut.
2.    Hasil Belajar
Bloom (dalam Suprijono, 2011: 6-7), hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Domain kognitif adalah knoledge (pengetahuan, ingatan), comprehension (pemahaman, menjelaskan, meringkas, contoh), application (menerapkan), analysis (menguraikan, menentukan hubungan), synthesis (mengorganisasikan, merencanakan, membentuk bangunan baru), dan evaluation (menilai). Domain afektif adalah receiving (sikap menerima), responding (memberikan respons), valuing (nilai), organitation (organisasi), characterization (karakterisasi). Domain psikomotor meliputi initiatory, pre-routine dan rountinized. Psikomotor juga mencakup keterampilan produktif, teknik, fisik, sosial, manajerial dan intelektual. Selain itu Suprijono (2011: 5), mengemukakan bahwa hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan ketrampilan.
Selanjutnya Gagne (dalam Suprijono, 2011: 5-6) hasil belajar berupa:
a.    Informasi verbal yaitu kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis. Kemampuan merespon secara spesifik terhadap rangsangan spesifik. Kemampuan tersebut tidak memerlukan manipulasi simbol, pemecahan masalah maupun penerapan aturan.
b.    Keterampilan intelektual yaitu kemampuan mempresentasikan konsep dan lambang. Keterampilan intelektual terdiri dari kemampuan mengategorisasi, kemampuan analitis-sintesis fakta-konsep dan mengembangkan prinsip-prinsip keilmuan. Keterampilan intelektual merupakan kemampuan melakukan aktivitas kognitif yang bersifat khas.
c.    Strategi kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya sendiri. Kemampuan ini meliputi penggunaan konsep dan kaidah dalam memecahkan masalah.
d.   Keterampilan motorik yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordinasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani.
e.    Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasakan penilaian terhadap objek tersebut. Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai. Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar perilaku.
Menurut Anni (2004: 4), hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Sementara menurut Lindgren (dalam Suprijono, 2011: 7), hasil pembelajaran meliputi kecakapan, informasi, pengertian dan sikap.  Pengertian di atas dapat disimpulkan oleh peneliti bahwa hasil belajar adalah suatu kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut mengalami aktivitas belajar.
Lima kategori hasil belajar yang sikemukakan oleh Gagne (dalam Sudjana, 1990: 22), yakni: informasi verbal, kecakapan intelektual, strategi kognitif, sikap dan keterampilan. Sedangkan yang dikutip dari Bloom mengungkapkan tiga tujuan pengajaran yang merupakan kemampuan seseorang yang harus dicapai dan merupakan hasil belajar yaitu: kognitif, afektif dan psikomotorik.
Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu:
a.    Faktor dari dalam diri siswa, meliputi kemampuan yang dimilikinya, motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial IPS, faktor fisik dan psikis.
b.    Faktor yang datang dari luar diri siswa atau faktor lingkungan, terutama kualitas pengajaran.
Sedang hasil belajar yang dicapai siswa menurut Sudjana (1990: 56) melalui proses belajar mengajar yang optimal ditunjukkan dengan ciri-ciri sebagai berikut:
a.    Kepuasan dan kebanggaan yang dapat menumbuhkan motivasi belajar intrinsik pada diri siswa. Siswa tidak mengeluh dengan prestasi yang rendah dan ia akan berjuang lebih keras untuk memperbaikinya atau setidaknya mempertahankan apa yang telah dicapai.
b.    Menambah keyakinan dan kemampuan dirinya, artinya ia tahu kemampuan dirinya dan percaya bahwa ia mempunyai potensi yang tidak kalah dari orang lain apabila ia berusaha sebagaimana mestinya.
c.    Hasil belajar yang dicapai bermakna bagi dirinya, seperti akan tahan lama diingat, membentuk perilaku, bermanfaat untuk mempelajari aspek lain, kemauan dan kemampuan untuk belajar sendiri dan mengembangkan kreativitasnya.
d.   Hasil belajar yang diperoleh siswa secara menyeluruh (komprehensif), yakni mencakup ranah kognitif, pengetahuan atau wawasan, ranah afektif (sikap) dan ranah psikomotorik, keterampilan atau perilaku.
e.    Kemampuan siswa untuk mengontrol atau menilai dan mengendalikan diri terutama dalam menilai hasil yang dicapainya maupun menilai dan mengendalikan proses dan usaha belajarnya.
3.    Pembelajaran Seni Tari
Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan diri seseorang. Perubahan sebagai hasil belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk, seperti perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, kecakapan, kebiasaan dan perubahan-perubahan aspek lain yang ada pada individu yang belajar. Perubahan-perubahan tersebut terjadi karena berbagai usaha yang dilakukan oleh individu yang belajar, dan perubahan yang terjadi berupa hasil belajar (Syarifudin, 2010: 24). Belajar adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku maupun kecakapan (Purwanto, 2007: 102).  Seseorang yang belajar akan mengalami perubahan yang baik di dalam dirinya.
Perubahan tersebut akan mempengaruhi di segala aspek, baik di dalam bidang akademik maupun pergaulan dengan lingkungannya. Pembelajaran menunjuk pada proses belajar yang menempatkan peserta sebagai center stage performance. Pembelajaran lebih menekankan pada tumbuhnya kebutuhan peserta didik terhadap kesadaran dalam memahami arti penting interaksi dirinya dengan lingkungan yang menghasilkan pengalaman. Kebutuhan baginya mengembangkan seluruh potensi kemanusiaan yang dimilikinya (Suprijono, 2009: x). Peserta atau siswa di dalam pembelajaran ditempatkan sebagai pusat perhatian, siswa memiliki kesadaran betapa pentingnya menjalin sebuah hubungan yang timbal balik dengan lingkungan dan hal tersebut merupakan sebuah kebutuhan dalam rangka meningkatkan potensi yang dimikinya. Perbuatan belajar terjadi karena interaksi seseorang dengan lingkungannya yang akan menghasilkan suatu perubahan tingkah laku pada berbagai aspek, di antaranya pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Perubahan-perubahan yang terjadi disadari oleh individu yang belajar, berkesinambungan dan akan berdampak pada fungsi kehidupan lainnya. Selain itu, perubahan bersifat positif, terjadi karena peran aktif dari pembelajar, tidak bersifat sementara, tujuan perubahan yang terjadi meliputi keseluruhan tingkah laku, yaitu sikap, keterampilan, pengetahuan, dan sebagainya (Jihad, 2008: 4). Adanya hubungan timbal-balik seseorang dengan lingkungannya yang mampu membuat perubahan yang positif dalam diri seseorang, terjadi karena adanya peran aktif dari diri seseorang. Perubahan positif itu akan berkembang sesuai dengan keaktifan dari diri pembelajar tersebut.
Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Surya, 2004). Suatu usaha yang dilakukan seseorang untuk melakukan suatu perubahan perilaku yang positif di dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Pembelajaran merupakan setiap kegiatan yang dirancang oleh guru untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan atau nilai yang baru dalam suatu proses yang sistematis melalui tahap rancangan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam konteks kegiatan belajar mengajar (Knirk dan Gustafson, 2005).
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. (UU No. 20/2003, Bab I Pasal Ayat 20). Segala sesuatu yang berkaitan dengan proses belajar, yang telah dirancang oleh guru dalam sebuah proses interaksi yang sistematis untuk membantu seseorang dalam mempelajari suatu hal baru di dalam suatu lingkungan.
Aktivitas manusia sepanjang sejarah mencakup berbagai macam kegiatan, di antaranya adalah “seni” yang di dalamnya termasuk tari (Hadi, 2005: 29). Tari merupakan salah satu cabang dari seni, yang telah tercipta sejak lama. Tari sebagai karya seni merupakan alat ekspresi dan sarana komunikasi seniman kepada orang lain (penonton/penikmat). Sebagai alat ekspresi, tari mampu menciptakan untaian gerak yang dapat membuat penikmatnya peka terhadap sesuatu yang ada dan terjadi di sekitarnya. Tari adalah sebuah ungkapan, pernyataan, dan ekspresi dalam gerak yang memuat komentar-komentar mengenai realitas kehidupan, yang bisa merasuk di benak penikmatnya setelah pertunjukan selesai (Jazuli, 2007: 4).
Tari digunakan oleh penciptanya sebagai alat komunikasi dalam menyampaikan sebuah maksud yang diungkapkan melalui gerak yang dipahami oleh penonton, sehingga maksud yang disampaikan dapat diterima dan dipahami oleh penonton. Tari adalah jenis kesenian yang terkait langsung dengan gerak tubuh manusia. Tubuhlah yang menjadi alat utama dan gerak tubuh merupakan media dasar untuk mengungkapkan ekspresi seni tari (Sumaryono, 2005: 1). Unsur utama pokok dalam tari adalah gerak tubuh manusia yang sama sekali lepas dari unsur ruang, waktu dan tenaga. Tari merupakan keindahan ekspresi jiwa pengungkapannya berupa gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika. Target yang hendak dicapai pada pembelajaran tari di sekolah bukan hanya menjadikan anak bisa menari, akan tetapi bagaimana bisa menumbuhkan apresiasi siswa terhadap tari serta tumbuhnya kepercayaan diri sebagai unsur penting dalam mengembangkan kepribadian. Jadi yang diperlukan dalam proses pembelajaran adalah mengasah keberanian siswa untuk mengeksplorasi pengalaman estetis tanpa dibebani persoalan teknis.
4.    Pembelajaran Kooperatif
Menurut Slavin (dalam Isjoni, 2011: 15), pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompokkelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya 4-6 orang dengan struktur kelompok heterogen.
Sedangkan Sunal dan Hans (dalam Isjoni, 2011: 15), mengemukakan pembelajaran kooperatif merupakan suatu cara pendekatan atau serangkaian strategi yang khusus dirancang untuk memberi dorongan kepada peserta didik agar bekerjasama selama proses pembelajaran.
Menurut Ariani dan Idris (2009: 16-17) pembelajaran kooperatif mengupayakan seorang peserta didik mampu mengajarkan kepada peserta lain. Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang bersamaan, ia menjadi narasumber bagi teman yang lain. Pengorganisasian pembelajaran dicirikan siswa yang bekerja dalam situasi pembelajaran kooperatif didorong untuk bekerjasama pada suatu tugas bersama, dan mereka harus mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugasnya. Mereka akan berbagi peghargaan bila mereka berhasil sebagai kelompok.
Pembelajaran kooperatif berbeda dengan metode diskusi yang biasanya dilaksanakan di kelas, karena pembelajaran kooperatif menekankan pembelajaran dalam kelompok kecil dimana siswa belajar dan bekerjasama untuk mencapai tujuan yang optimal. Pembelajaran kooperatif meletakkan tanggung jawab individu sekaligus kelompok, sehingga diri siswa tumbuh dan berkembang sikap dan perilaku saling ketergantungan secara positif. Kondisi ini dapat mendorong siswa untuk belajar, bekerja dan bertanggungjawab secara sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidaktidaknya tiga tujuan pembelajaran penting. Menurut Depdiknas tujuan pertama pembelajaran kooperatif, yaitu meningkatkan hasil akademik, dengan meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademiknya. Siswa yang lebih mampu akan menjadi nara sumber bagi siswa yang kurang mampu, yang memiliki orientasi dan bahasa yang sama. Sedangkan tujuan yang kedua, pembelajaran kooperatif memberi peluang agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai perbedaan latar belajar. Perbedaan tersebut antara lain perbedaan suku, agama, kemampuan akademik, dan tingkat sosial. Tujuan penting ketiga dari pembelajaran kooperatif ialah untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Keterampilan sosial yang dimaksud antara lain, berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya.
Menurut Ibrahim, dkk. pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang positif untuk siswa yang hasil belajarnya rendah sehingga mampu memberikan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Selanjutnya, Cooper mengungkapkan keuntungan dari metode pembelajaran kooperatif, antara lain: 1) siswa mempunyai tanggung jawab dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, 2) siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, 3) meningkatkan ingatan siswa, dan 4) meningkatkan kepuasan siswa terhadap materi pembelajaran.
Menurut Lundgren (dalam Isjono, 2011: 16), unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif sebagai berikut:
a.    Para siswa harus memiliki persepsi bahwa mereka “tenggelam atau berenang bersama”.
b.    Para siswa harus memiliki tanggung jawab terhadap siswa atau peserta didik lain dalam kelompoknya, selain tanggung jawab terhadap diri sendiri dalam mempelajari materi yang dihadapi.
c.    Para siswa harus berpandangan bahwa mereka semua memiliki tujuan yang sama.
d.   Para siswa membagi tugas dan bertanggung jawab diantara para anggota kelompok.
e.    Para siswa diberikan satu evaluasi atau penghargaan yang akan ikut berpengaruh terhadap evaluasi kelompok.
f.     Para siswa berbagi kepemimpinan sementara mereka memperoleh ketrampilan bekerja sama dalam belajar.
g.    Setiap siswa akan diminta mempertanggung jawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Ciri-ciri pembelajaran yang menggunakan model kooperatif adalah sebagai berikut:
a.    Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya.
b.    Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
c.    Bilamana mungkin, anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin berbeda-beda.
d.   Penghargaan lebih berorientasi kelompok daripada individu.
Adapun manfaat pembelajaran kooperatif bagi siswa yaitu sebagai berikut:
a.    Meningkatkan kemampuan untuk bekerjasama dan bersosialisasi
b.    Melatih kepekaan diri, empati melalui variasi perbedaan sikap dan perilaku selama bekerja sama.
c.    Mengurangi rasa kecemasan dan menumbuhkan rasa percaya diri.
d.   Meningkatkan motivasi belajar, harga diri dan sikap perilaku yang positif, sehingga pembelajaran kooperatif siswa akan tahu kedudukannya dan belajar untuk saling menghargai satu sama lain.
e.    Meningkatkan prestasi belajar dengan menyelesaikan tugas akademik, sehingga dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit.
5.    Model Pembelajaran Koperatif Tipe Snowball Throwing (Bola salju)
Salah satu tipe yang ada dalam metode pembelajaran kooperatif adalah Snowball Throwing (bola Salju). Dengan model tersebut diharapkan siswa akan berani mengungkapkan pendapatnya dalam kelompoknya sendiri, kemudian dalam kelompok lain.
Menurut Djamarah (2010; 396) bahwa model kooperatif tipe Snowball Throwing (bola salju) digunakan dalam upaya mendapatkan jawaban yang dihasilkan dari diskusi anak didik secara berttingkat. Diawali dengan pembagian kelompok. Setelah kelompok terbentuk guru memberikan tugas berupa permasalahan-permasalahan yang harus diskusikan jawabannya. Setelah diskusi intra kelompok usai, dua orang dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompoknya bergabung dengn kelompok yang lain disampingnya. Anggota kelompok yang baru yang sudah berjumlah empat orang memiliki kewajiban untuk menyeleseaikan tugas secara berempat, kemudian adalah menyajikan hasil kerja kelompoknya secara berempat dalam kelompok yang baru. Kelompok berempat tadi bergabung lagi menjadi kelompok berdelapan dengan tugas yang sama yakni mempresentasikan san mengakaji tugas-tugas yang ada, namun hasilnya pasti berbeda dengan kelompok awal dan hasil itulah yang yangkan dibandingkan dan dipresentasikan dalam kelas. Apabila presentasi telah berakhir maka tugas guru adalah menyimpulkankan dengan memberikan ulasan-ulasan sebagai hasil dari perbandingan masing-masing kelompok dari hasil kelompok terkecil hingga hasil kelompok yang terakhir. Semua anak didik yang ada dalam kelompok kecil sampai pada kelompok terakhir bertugas menerima keritikan perbaikan dengan mencocokkannya hasil kerja yang telah dikaji dan dipresentasikan.
Model pembelajaran Snowball Throwing ini menurut Lie dalam Djamarah (20010: 61) memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain. Melalui model Snowball Throwing ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen, masing-masing kelompok disesuaikan dengan jumlah anak yang ada dengan waktu yang tersedia untuk pembelajaran. Diskusi , dan kerja sama mengkaji, mempresentasi dan menyusun laporan suatu peristiwa dengan tema tertentu yang disampaikan guru. Setelah selesai, satu orang anak dari kelompok akan menyempaikan hasil kajian untuk semua anak yang ada dikelas.
Adapun kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Snow bolling (bola salju) adalah sebagai berikut:
a.    Kelebihan dari bola salju ini antara lain
1) Memberikan kesempatan terhadap siswa untuk menentukan konsep sendiri dengan cara memecahkan masalah dalam kelompok terkecil .
2) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menciptakan kreatifitas dalam melakukan komunikasi dengan teman sekelompoknya.
3) Melatih anak untuk bersikap terbuka, jujur, disiplin, dan kreatif terhadap teman.
4) Meningkatkan motivasi belajar anak didik dalam belajar.
5)  Membantu guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran, karena langkah pembelajaran kooperatif mudah diterapkan di sekolah.
b.    Kelemahan model pembelajaran Snowball Throwing (bola salju)
1) Memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan diskusi.
2) Seperti kelompok biasa anak yang pandai menguasai jalannya diskusi, sehingga anak yang kurang pandai memiliki kesempatan yang sedikit untuk mengeluarkan pendapatnya.
3) Yang tidak terbiasa belajar kelompok akan merasa asing dan sulit untuk bekerjasama.
Langkah-langkah pembelajaran melalui model pembelajaran Snow Bolling (bola salju) adalah sebagai berikut:
a.    Anak bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 2 (dua) orang.
b.    Setelah selesai, dua orang dari masing-masing digabungkan lagi debgan kelompok samping menjadi 4 (empat) orang.
c.    Kelompok berempat bertugas sebagaimana tugas dari kelompok yang berdua dan membagikan hasil kerja dan informasi ke anggta kelompok yang baru.
d.   Kelompok yang baru mengkaji dan melaporkan hasil temuan kekelompok kelompok lain.
e.    Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja yang ada.
f.     Kemudian menyatu lagi dengan kelompok yang baru lagi sehingga menjadi 8 (delapan) orang, demikian seterusnya, hingga terakhir menjadi satu kelompok besar
g.    Terakhir satu orang menyuarakan hasil terakhir dari kajian tugas yang ada
h.    Guru menyimpulkan dengan mengulas materi dengan membandingkannya dari hasil masing kelompok dari yang terkecil hingga kelompok terkahir.
B.  Kerangka Pikir
Pada saat proses belajar mengajar, kebanyakan guru menggunakan
pembelajaran yang cenderung menekankan pada aktivitas guru dalam
menyampaikan pembelajaran di kelas sedangkan siswa hanya pasif dalam
kegiatan pembelajaran dan mengikuti apa saja yang disajikan guru. Dalam
pembelajaran, guru kebanyakan menyampaikan materi dengan cepat dan
menggunakan metode yang kurang bervariasi. Hal tersebut membuat siswa
menjadi kurang bergairah atau bersemangat dalam pembelajaran sehingga
kegiatan belajar mengajar akan terasa membosankan.
Melihat kondisi seperti itu, peneliti mencari pemecahan masalah
melalui penerapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Salah satu
metode pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif adalah dengan penerapan
metode snowball throwing. Metode ini memadukan pendekatan komunikatif,
integratif dan ketrampilan proses. Kegiatan melempar bola pertanyaan ini
akan membuat kelompok menjadi dinamis, karena kegiatan siswa tidak hanya
berfikir, menulis, bertanya atau berbicara. Akan tetapi mereka juga melakukan
aktivitas fisik yaitu menggulung kertas dan melemparkannya pada siswa lain.
Dengan demikian situasi pembelajaran akan menjadi aktif, menarik, dan
menyenangkan sehingga akan muncul gairah atau semangat untuk belajar dan
motivasi siswa untuk belajar meningkat. Dalam penelitian ini kerangka pikir dapat digambarkan dengan bagan sebagai berikut:


Minat dan Hasil Belajar Meningkat
 

















Gambar 2.1 Kerangka Pikir

C.  Hipotesis Tindakan
Hipotesis tindakan pada pelaksanaan Penelitian tindakan kelas ini, dapat mengajukan hipotesis:
1.    Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan minat belajar Seni Tari  Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran 2014/215.
2.    Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Seni Tari  Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran 2014/215.






Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini