PENGGUNAAN GAMBAR SERI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN
HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA
SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI ...................
ABSTRAK
Fokus masalah apakah penggunaan media gambar
berseri dalam pembelajaran materi menulis karangan sederhana dapat meningkatkan
minat dan hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri ............
Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk
mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan media gambar berseri dalam pembelajaran bahasa
Indonesia materi menulis karangan sederhana dan untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar siswa setelah penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran
bahasa Indonesia materi menulis karangan sederhana.
Prosedur pelaksanaan perbaikan pembelajaran
dengan melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas dilakukan dengan dua siklus di mana pada
setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.
Berdasarkan
hasil pengamatan dan tindakan perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa sebelum dilaksanakan
perbaikan pembelajaran melalui penggunaan media gambar seri pada pembelajaran
Bahasa Indonesia materi menulis
karangan sederhana jumlah siswa
yang tuntas belajarnya pada keadaan awal sebanyak 2 siswa (11,11%), setelah
dilaksanakan perbaikan dengan penggunaan media gambar seri pada siklus I
meningkat menjadi 10 siswa atau 55,56% dan pada siklus II meningkat kembali
menjadi 17 siswa atau 94,44%. nilai rata-rata hasil belajar menunjukkan
peningkatan yang cukup signifikan di mana pada kondisi awal sebesar 57,22 meningkat menjadi 65,00 pada siklus I dan pada akhir siklus
II meningkat menjadi 73,33, sedangkan
peningkatan minat pada kondisi awal sebesar 38,89% atau 7 siswa meningkat
menjadi 100% atau 35 siswa pada siklus terakhir.
Kesimpulannya adalah bahwa penggunaan media gambar seri
dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa pada pembelajaran
Bahasa Indonesia materi menulis
karangan sederhana di kelas V SD Negeri .......................Tahun Pelajaran ..................
Kata
Kunci : gambar seri, karangan, minat, hasil belajar
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pembelajaran bahasa
Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan
peserta didik untuk
berkomunikasi dalam bahasa
Indonesia dengan baik dan
benar, baik secara
lisan maupun tulisan,
serta menumbuhkan apreasiasi terhadap hasil karya kesastraan
manusia Indonesia. Keberadaan pengajaran bahasa dan sastra
Indonesia di sekolah
memiliki kedudukan penting
dalam membekali kemampuan berkomunikasi
siswa.
Pada
dasarnya, semua keterampilan
dalam bahasa Indonesia
penting untuk dikuasai, tetapi
menulis memang harus
diakui sebagai sebuah
aktivitas yang sangat berbeda
bila dibandingkan dengan
berbicara, membaca dan
menyimak. Menulis bukanlah kemampuan yang dapat dikuasai dengan
sendirinya, melainkan harus melalui proses
pembelajaran sehingga memang
diperlukan sebuah proses panjang untuk menumbuhkembangkan
tradisi menulis. Menulis merupakan kegiatan
yang dilakukan seseorang
untuk menghasilkan sebuah tulisan. Salah
satu bentuk menulis
adalah menulis narasi,
karena keterampilan menulis karangan
sederhana narasi siswa masih sangat rendah. Karangan sederhana merupakan bentuk
karangan sederhana yang bertujuan menggambarkan dengan sejelas-jelasnya tentang
peristiwa pada suatu
waktu kepada pembaca.
Hal terpenting dalam karangan
sederhana adalah unsur tindakan sehingga ketika membaca karangan sederhana
narasi pembaca seolah-olah melihat atau mengalami sendiri peristiwa itu
sendiri. Untuk mengatasi
masalah tersebut, digunakan
media gambar seri
untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa.
Berdasarkan uraian sebagaimana tersebut
di atas serta hasil tes awal yang dilaksanakan diketahui bahwa dari 18 orang
siswa, diketahui hanya ada dua orang siswa (11,11%) yang diketahui sudah
mengalami tuntas belajar, dengan perolehan nilai tes formatif nilai 70 ke atas,
sedangkan 16 orang siswa lainnya (88,89%) terbukti belum tuntas, dengan
perolehan nilai tes formatif kurang dari
nilai 70 atau di bawah KKM sebesar 70.
B.
Identifikasi Masalah
Melalui hasil diskusi, diperoleh
beberapa masalah yang menjadi penyebab
ketidakberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran, yaitu :
- Ketidaktepatan penggunaan metode dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru.
- Guru belum mampu mengelola kelas dengan sebaik-baiknya sehingga proses pembelajaran menjadi kurang menarik.
- Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran bahasa Indonesia yang berdampak hasil belajar rendah.
- Rendahnya keaktifan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran
- Kondisi ruangan kelas yang kurang mendukung pelaksanaan proses pembelajaran
C.
Analisis Masalah
Dalam menganalisis masalah yang sedang
terjadi, peneliti menempuh refleksi terhadap kinerja yang telah dilakukan,
mengkaji literatur, serta diskusi dengan supervisor dan teman sejawat. Hasil analisis masalah yang telah
dilakukan dapat diketahui bahwa kemungkinan yang menjadi faktor penyebab
rendahnya hasil belajar siswa dan aktivitas pembelajaran kurang kondusif adalah
sebagai berikut.
1. Guru kurang mampu memilih dan menggunakan
teknik pembelajaran yang tepat
2. Guru kurang mampu mengelola kelas dan ini
berdampak pada proses edukatif yang diharapkan kurang berhasil.
3. Metode pembelajaran yang digunakan tidak
sesuai dengan karakteristik siswa.
4. Penjelasan materi terlalu cepat, sehingga
kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.
5. Guru tidak melibatkan siswa secara aktif
dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi
Atas dasar itu peneliti merasa
terpanggil untuk melakukan upaya perbaikan, karena jika hal tersebut dibiarkan
maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi sumber utama penyebab turunnya
motivasi belajar siswa saat mempelajari materi pembelajaran selanjutnya.
Seiring dengan menurunnya motivasi belajar siswa berarti pula pada menurunnya
kualitas belajar. Sebelum hal ini terjadi pada siswa, akan lebih baiknya jika
diupayakan segera solusi alternatif dari persoalan tersebut dengan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis karangan
sederhana dengan menggunakan media
gambar seri di kelas V SD Negeri ............
Tahun Pelajaran ....................
D.
Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi dan analisis
masalah di atas, masalah yang muncul
sangatlah kompleks sehingga perlu dibatasi. Pembatasan masalah ini bertujuan
agar pembahasan masalah tidak terlalu luas. Penulis membatasi permasalahan yang
akan menjadi bahan penelitian yaitu
1.
Media yang digunakan dalam proses
pembelajaran keterampilan menulis karangan sederhana. Media pembelajaran ini
digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan
sederhana menggunakan media gambar seri yang akan mempermudah siswa dalam
mengembangkan gagasan atau ide dalam menulis karangan sederhana dan akhirnya
dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana yang berimplikasi
pada peningkatan minat dan hasil belajar siswa.
2. Sasaran penelitian adalah siswa kelas
V SD Negeri ................. pada Tahun
Pelajaran .......... dengan jumlah siswa sebanyak 18 siswa.
E.
Rumusan Masalah
Sebagaimana diuraikan pada latar belakang
masalah, maka dapat ditentukan perumusan masalah dalam pelaksanaan perbaikan
pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ini, yaitu :
1. Bagaimana meningkatkan minat
belajar siswa kelas V SD Negeri .............Tahun Pelajaran ............ pada pembelajaran bahasa
Indonesia materi menulis karangan sederhana dengan penggunaan media gambar
berseri?
2. Bagaimana meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SD Negeri ....... pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan sederhana dengan
penggunaan media gambar berseri?
F.
Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari
pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :
1.
Untuk mengetahui peningkatan minat
menulis siswa setelah menggunakan media
gambar berseri dalam pembelajaran materi menulis karangan sederhana sederhana.
2.
Untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa setelah penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran bahasa
Indonesia kompetensi dasar menulis karangan sederhana.
G.
Manfaat Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini diharapkan
dapat bermanfaat bagi :
1.
Manfaat Teoritis
Memberi sumbangan berupa informasi ilmiah data, penjelasan konsep dan teori bagi ilmu pendidikan khususnya bagi
pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar mengenai pembelajaran
menulis karangan sederhana.
2.
Manfaat Praktis
a.
Siswa
1) Siswa dapat lebih mudah dan
semangat dalam memahami materi pelajaran. Dengan cara
pembelajaran yang menarik,
dan tidak akan
membosankan siswa dalam menyimak
pelajaran sehingga siswa akan menyimak pelajaran dengan baik. Siswa akan lebih
aktif belajar dan
mereka bisa lebih
mudah dalam memahami pelajaran.
2) Meningkatkan kemampuan
menulis karangan sederhana
pada diri siswa, melatih kepercayaan
diri pada siswa
dalam proses pembelajaran.
3)
Siswa dapat lebih
mudah dan semangat
dalam memahami materi
pelajaran.
b.
Guru
1) Guru dapat
memahami hal-hal yang
perlu dilakukan untuk
menyampaikan pembelajaran
secara aktif dan
dan menarik siswa
dalam menyampaikan materi sehingga siswanya
mampu menyimak pelajaran
yang sedang diajarkan
dan apa yang diharapakan oleh
guru dapat tercapai.
2)
Guru mengetahui penggunaan alat
evaluasi yang sesuai untuk mengukur keterampilan menulis karangan sederhana
dengan baik.
3) Guru dapat
memahami hal-hal yang
perlu dilakukan untuk menyampaikan pembelajaran
secara aktif dan
menarik siswa dalam menyampaikan materi sehingga siswanya
mampu menyimak pelajaran yang sedang diajarkan
sehingga apa yang
diharapkan oleh guru
dapat tercapai. Selain itu
meningkatkan kualitas dan
kemampuan pengajaran, menambah pengetahuan, menjadikan guru yang
professional
c.
Sekolah
1) Sekolah dapat lebih mudah dalam
memperoleh alat peraga, penggunaan alat peraga
disekolah. Pihak sekolah
tidak harus mengeluarkan
biaya yang cukup besar untuk menyediakan
alat peraga, karena
alat peraga bisa
dibuat dari lingkungan sekitar dan
dapat dari siswa
itu sendiri.
2) Penelitian ini
semoga bermanfaat dan
dapat dijadikan sebagai
masukan dalam rangka
meningkatkan prestasi, minat
belajar, dan kualitas
dalam pelaksanaan pendidikan
Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, III, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini