Friday, 29 March 2019

CONTOH PTS KEPALA SEKOLAH DASAR










LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH


UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAJAR DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT MELALUI BIMBINGAN INDIVIDU DI  SDN ........................
SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018





Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
dari Golongan ....... ke .......






Oleh


....................
NIP. ....................








SEKOLAH DASAR NEGERI ........................
Alamat : .......................................................................................................
KABUPATEN ........................
2018


HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH


1.   a.  Judul Penelitian         :    Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengajar dengan Teknik Pembelajaran Berbasis Power Point Melalui Bimbingan Individu di  SDN ........................  Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018
       b. Kategori Penelitian     :    Penelitian Tindakan Sekolah
2.    Identitas Peneliti
            a.                                 Nama Lengkap            :           .............................................
            b.                                 NIP      :           ..............................................
            c.                                 Pangkat / Golongan     :           ..............................................
            d.                                Jabatan             :           Kepala Sekolah
            e.                                 Sekolah            :           SDN ........................
3.     Jumlah peneliti               :    1 orang
4.     Lokasi                             :    Sekolah Dasar Negeri ........................
                                                    Kecamatan ………… Kabupaten ........................
5.     Jangka waktu                 :    4 (empat) bulan
                                                    (Januari 2018 s.d. April 2018)



                        Mengetahui                                 ........................, 27 April 2018
                     Kepala Sekolah                                                Peneliti




               .....................................                             .....................................
                   NIP. ....................                                     NIP. ....................


Mengesahkan
Pengawas Sekolah




…………………………….
NIP. ……………………..




ABSTRAK


Peningkatan  mutu  pembelajaran  di  sekolah  sangat  tergantung  dari  beberapa faktor.  Faktor  yang  sangat  penting  antara  lain  adalah  foktor  kemampuan  guru dalam  membuat  media  pembelajaran  yang  kreatif,  inovatif,  efektif,  dan menyenangkan, salah satunya adalah dengan media powerpoint. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan bimbingan individu  sebagai upaya meningkatkan  kemampuan guru dalam mengajar dengan media pembelajaran berbasis power point. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan  dalam  dua  siklus dengan 2 kali pertemuan pada masing-masing siklusnya. subjek penelitian adalah guru kelas di SDN ........................ sebanyak 8 guru. Metode  pengumpulan  data dalam penelitian ini  adalah  observasi, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisa data dilakukan dengan teknik deskriptif  berupa naratif, grafik atau dalam bentuk tabel.  Dari  hasil  penelitian  dan  analisa  data,  ternyata pada  siklus  kedua,  kemampuan  guru  membuat  powerpoint  untuk  media pembelajaran  meningkat  secara  signifikan  dan  memenuhi  indikator  yang  telah ditetapkan sebesar 85%. Dari dua siklus yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam memberdayakan ICT dengan membuat media pembelajaran berbasis powerpoint terbukti meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil observasi dari 49,05 dengan kriteria KURANG, pada kondisi awal, menjadi 67,14 dengan kriteria CUKUP pada siklus pertama dan pada siklus terakhir menjadi 84,76 dengan kriteria SANGAT BAIK.  Peningkatan kemampuan secara individu untuk masing-masing guru juga semakin membaik pada setiap siklusnya, yaitu 0% atau tidak ada guru yang dinyatakan mampu membuat media pembelajaran berbasis powerpoint  pada kondisi awal, meningkat menjadi 25% atau 2 orang guru pada siklus pertama serta mengalami peningkatan menjadi 8 orang guru atau 100% pada siklus terakhir dengan penjelasan 5 guru atau 62,50% dalam kriteria SANGAT BAIK dan 3 guru  atau 37,50%  dalam kriteria BAIK. Dari  hasil  penelitian  ini,  dapat  disimpulkan  bahwa  untuk  meningkatkan kemampuan  guru  membuat  powerpoint  untuk  media  pembelajaran  dapat dilakukan dengan kegiatan bimbingan individu kepada guru-guru di SDN ........................  Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata  Kunci  :  bimbingan individu, media pembelajaran, powerpoint







KATA PENGANTAR

Puji syukur allhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan laporan penelitian tindakan sekolah ini. Penulisan laporan penelitian tindakan sekolah ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat ke Golongan ………...
Penulis menyadari akan segala kekurangan dalam penulisan laporan penelitian tindakan sekolah ini. Maka dari itu kepada pembaca diharapkan untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun ke arah perbaikan. Dalam penulisan laporan Penelitian Tindakan Sekolah ini, penulis banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini dengan segala ketulusan hati penulis menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah dengan tulus ikhlas membantu penulis. Penulis berharap semoga Allah Swt. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu.
Penulis menyadari sepenuhnya keterbatasan ilmu yang dimiliki, sehingga mungkin terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan  laporan Penelitian Tindakan Sekolah ini. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat diharapkan. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Amin!.

........................,     April 2018
Penulis







DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii
ABSTRAK..........................................................................................................    iii
KATA PENGANTAR........................................................................................    iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................     v
DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

BAB    I     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1
B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4
C.  Rumusan Masalah .......................................................................     4
D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     4
E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

BAB    II   LANDASAN TEORI
A.  Kajian Teori.................................................................................     6
B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   20
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   21

BAB    III METODE PENELITIAN         
A.  Setting Penelitian.........................................................................   22
B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   22
C.  Subjek Penelitian..........................................................................   24
D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   24
E.   Validasi Data...............................................................................   25
F.   Analisis Data................................................................................   26
G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   27
H.  Indikator dan Kriteria Keberhasilan ...........................................   29

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data.............................................................................   30
B.  Hasil Penelitian............................................................................   38
C.  Pembahasan.................................................................................   42

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  
A.  Simpulan .....................................................................................   47
B.  Saran ...........................................................................................   47

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL
TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Tabel Kriteria Penilaian Hasil Penelitian.....................................      27
Tabel   4.1     Rekapitulasi Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point pada Kondisi Awal......................................................................      32
Tabel   4.2     Rekapitulasi Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point pada Siklus I................................................................................      34
Tabel   4.3     Rekapitulasi Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point pada Siklus II..............................................................................      37
Tabel   4.4     Rekapitulasi Kemampuan Guru  Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Kondisi Awal.....................................................................      38
Tabel   4.5     Rekapitulasi Kemampuan Guru  Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Siklus I................................................................................      39
Tabel   4.6     Rekapitulasi Kemampuan Guru  Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Siklus II..............................................................................      40
Tabel   4.7     Rekapitulasi Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.................................      41












DAFTAR GAMBAR
GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1 Bagan Kerangka Pikir...............................................................      21
Gambar    3.1                                                                                                      Siklus dalam Penelitian Tindakan Sekolah......................................................................................      23
Gambar    4.1 Rekapitulasi Kemampuan Guru  alam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Kondisi Awal...................................................................      39
Gambar    4.2 Rekapitulasi Kemampuan Guru  alam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Siklus Pertama .................................................................      40
Gambar    4.3 Rekapitulasi Kemampuan Guru  alam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Siklus Kedua....................................................................      41
Gambar    4.4 Rekapitulasi Kemampuan Guru  Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...............................      42















DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

1.        Surat Ijin Penelitian
2.        Jurnal Kegiatan Penelitian
3.        Berkas Instrumen Pengumpulan Data
4.        Hasil Analisis Data
5.        Daftar Hadir
6.        Foto Dokumentasi Kegiatan Penelitian
7.        Berkas Pelaksanaan Seminar Penelitian Tindakan Kelas






BAB III 
METODE  PENELITIAN
A.  Setting Penelitian
1.    Lokasi Penelitian
Penelitian tindakan sekolah  ini  dilaksanakan di  Sekolah Dasar Negeri ........................ yang beralamat di Jalan  ……………………. Kecamatan .................. Kabupaten .........................
2.    Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan selama 4 (empat) bulan yaitu dari bulan Januari 2015 s.d. April 2015. Penjelasan secara rinci mengenai waktu pelaksanaan penelitian dapat dilihat pada bagian lampiran 2 penelitian tindakan sekolah ini.
3.    Jenis Penelitian
Peneltian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
B.  Metode dan Rancangan Penelitian
Penelitian tindakan sekolah ini merupakan tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dengan menggunakan media powerpoint. Tindakan yang dilakukan adalah melaksanakan pembinaan dengan teknik individual yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pendekatan deskriptif. Apabila datanya telah terkumpul lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok data, yaitu kuantitatif yang berbentuk angka-angka dan data kualitatif yang dinyatakan dalam kata-kata atau simbol. Data kualitatif yang berbentuk kata-kata tersebut disisihkan untuk sementara, karena akan sangat berguna untuk menyertai dan melengkapi gambaran yang diperoleh dari analisis data kuantitatif (Arikunto, 2006). Sehingga dalam penelitian ini diperlukan dulu data kuantitatif yang berbentuk angka, setelah itu baru diperjelas dengan kata-kata.

Penjelasan secara rinci tentang pelaksanaan kegiatan penelitian pada tiap siklusnya sebagaimana dijelaskan pada diagram di bawah ini.









Gambar 3.1  Siklus dalam Penelitian Tindakan Sekolah

Dari gambar diagram siklus di atas, dapat dijelaskan rincian kegiatan pada setiap siklusnya, yaitu :
  1. Perencanaan
Rencana penelitian tindakan merupakan tindakan yang tersusun, dan dari segi definisi mengarah pada tindakan. Rencana bersifat fleksibel karena tindakan sosial dalam batas tertentu tidak dapat diramalkan. Rencana disusun berdasarkan hasil pengamatan awal yang reflektif.
  1. Tindakan
Tindakan pertama yang dilakukan peneliti adalah menjelaskan penggunaan media pembelajaran berbasis power point dengan melaksanakan bimbingan secara individu dilanjutkan pelaksanaan supervisi kunjungan kelas kepada masing-masing guru.
  1. Observasi
Observasi dilakukan selama tindakan berlangsung menggunakan instrumen antara lain lembar observasi penggunaan media pembelajaran berbasis power point dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil observasi digunakan sebagai data yang bersifat kualitatif untuk menilai keberhasilan penelitian secara proses yaitu peningkatan kemampuan mengajar dengan menggunakan teknik pembelajaran berbasis power point.
  1. Refleksi
Refleksi dilakukan dengan cara mengumpulkan semua catatan dan data yang diperlukan selama pembelajaran. Kemudian semua catatan dan data tersebut dianalisis dan hasilnya didiskusikan untuk mengetahui kebenaran data tersebut. Selain itu hasil refleksi tersebut juga untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang masih terjadi selama pembelajaran. Dengan demikian peneliti, dapat menentukan tindakan ulang untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Tindakan ulang tersebut berupa siklus-siklus lanjutan dari siklus I.
C.  Subjek dan Objek Penelitian
Yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas di SDN ........................ sebanyak 8 orang guru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah peningkatan kemampuan guru dalam mengajar dengan teknik pembelajaran berbasis power point.
D.  Metode dan Alat Pengumpulan Data
1.   Metode
Metode  pengumpulan  data dalam penelitian ini  adalah  observasi, dan dokumentasi
a.       Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data dan mengetahui   kemampuan masing-masing guru dalam mengajar dengan teknik pembelajaran berbasis power point.
b.      Dokumentasi, dipergunakan mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, foto dan sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan penelitian (Arikunto, 2006 : 206).
2.   Alat Pengumpulan Data
   Alat pengumpulan data dalam PTS ini sebagai berikut.
a.       Observasi menggunakan lembar observasi untuk mengetahui peningkatan kemampuan masing-masing guru dalam mengajar dengan teknik pembelajaran berbasis power point. (secara lengkap dapat dilihat pada bagian lampiran-lampiran)
b.      Dokumentasi, dipergunakan mencari data mengenai hal- hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, foto dan sebagainya (Arikunto, 2006 : 206).
E.  Validasi Data
Validitas merupakan derajat ketepatan antara data yang terjadi pada obyek penelitian dengan data yang dapat dilaporkan oleh peneliti (Sugiyono, 2010: 117). Jadi data yang valid adalah data “yang tidak berbeda” antara data yang dilaporkan oleh peneliti dengan data yang sesungguhnya terjadi pada obyek penelitian.
Pada penelitian ini, validitas data dilakukan dengan triangulasi. Terdapat dua macam teknik triangulasi yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini, yaitu :
1.    Triangulasi dengan Sumber
Triangulasi dengan sumber berarti membandingkan dan menilai balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh. Langkah-langkah triangulasi dengan sumber, adalah : a) Membandingkan data hasil pengamatan (observasi) dengan data hasil dokumentasi. b) Membandingkan apa yang dikatakan orang di depan umum dengan apa yang dikatakan secara pribadi. c) Membandingkan apa yang dikatakan orang-orang tentang situasi penelitian dengan apa yang dikatakannya sepanjang penelitian. d) Membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang dari berbagai kalangan seperti orang biasa, orang yang berpendidikan menengah atau tinggi, orang berada, dan orang pemerintahan.
2.    Triangulasi dengan Metode
Pada triangulasi dengan metode terdapat 2 strategi, yaitu : a) Pengecekan derajat kepercayaan penemuan hasil penelitian beberapa teknik pengumpulan data. b) Pengecekan derajat kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang sama. Dengan kata lain triangulasi berarti cara terbaik untuk menghilangkan perbedaan-perbedaan konstruksi kenyataan yang ada dalam suatu studi saat mengumpulkan data tentang berbagai kejadian dan hubungan dari berbagai pandangan. Dengan triangulasi peneliti dapat melihat hasil temuannya dengan jalan membandingkannya. Untuk itu peneliti melakukannya, dengan jalan : 1) Mengajukan berbagai macam variasi pertanyaan. 2) Melihat dengan berbagai sumber data. 3) Memanfaatkan berbagai metode agar proses pengecekan kepercayaan data dapat dilakukan.
F.   Metode Analisis Data
Analisis data dapat dilakukan melalui tiga tahap yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data dan membuat kesimpulan. Mereduksi data merupakan kegiatan menyeleksi data sesuai dengan fokus permasalahan. Pada tahap ini peneliti mengumpulkan semua instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk dikelompokkan sesuai masalah. Hal ini juga memungkinkan peneliti untuk membuang data yang tidak diperlukan. Mendeskripsikan data dilakukan agar data yang telah diorganisir menjadi bermakna.
Bentuk deskripsi tersebut dapat berupa naratif, grafik atau dalam bentuk tabel. Tahap terakhir adalah membuat kesimpulan dari data yang telah dideskripsikan. Tahap menganalisis dan menginterpretasikan data merupakan tahap yang paling penting karena hal ini untuk memberikan makna dari data yang telah dikumpulkan. Hasil analisis dan interpretasi data merupakan jawaban dari rumusan masalah yang telah ditentukan sebelumnya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif serta kuantitatif.
Penghitungan data kuantitatif adalah dengan menghitung rata-rata peningkatan kinerja berdasarkan skor yang diperoleh dari lembar observasi yang telah disusun sebelumnya. Dengan rata-rata yang diperoleh dapat diketahui persentase peningkatan kinerja. Adapun cara menghitung hasil (skor) yang diperoleh dengan rumus mean atau rerata nilai menurut Suharsimi Arikunto (2010: 284-285) yaitu sebagai berikut:


Keterangan :
x       =   Mean (rata-rata)
∑x     =   Jumlah nilai
N      =   Jumlah yang akan dirata-rata

Berdasarkan pendapat di atas agar diperoleh hasil analisis kualitatif maka dari perhitungan persentase kemudian dimasukkan ke dalam lima kategori predikat. Menurut Suharsimi Arikunto (2010:269) lima kategori predikat tersebut yaitu seperti pada tabel berikut:
Tabel 3.1 Tabel Kriteria Penilaian Hasil Penelitian
No
Rentang Skor
Kriteria Penilaian
Keterangan
1
0-49
Kurang
Belum Tuntas
2
50-69
Cukup
Belum Tuntas
3
70-79
Baik
Tuntas
4
>=80
Sangat Baik
Tuntas

Adapun analisis data secara deskriptif kualitatif dalam penelitian ini adalah memaknai data dengan cara membandingkan hasil dari sebelum dilakukan tindakan dan sesuadah tindakan. Analisis data ini dilakukan pada saat tahapan refleksi. Hasil analisis digunakan sebagai bahan refleksi untuk melakukan perencanaan lanjut dalam siklus selanjutnya.
G. Prosedur Penelitian
Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Sekolah, Dengan empat langkah pokok yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi dengan melibatkan 6 orang guru kelas di SDN ......................... 
Penjelasan mengenai prosedur pelaksanaan kegiatan bimbingan individu  dapat dijelaskan di bawah ini.
1.    Siklus Pertama
a.    Perencanaan Tindakan
1)   Mengidentifikasi masalah terkait dengan kemampuan guru-guru di SDN ........................ dalam mengajar dengan teknik pembelajaran berbasis power point.
2)   Menetapkan waktu pelaksanaan kegiatan pembinaan bagi guru-guru dalam mengajar dengan teknik pembelajaran berbasis power point.
3)   Menetapkan kriteria keberhasilan peningkatan kemampuan guru dalam mengajar dengan teknik pembelajaran berbasis power point.
4)   Menyusun instrumen yang diperlukan, yaitu lembar observasi kemampuan dalam mengajar dengan teknik pembelajaran berbasis power point.
b.     Pelaksanan Tindakan
Menerapkan pelaksanan tindakan sesuai dengan rencana-rencana tindakan:
a.      Setiap peserta menerima bimbingan teori mengajar dengan teknik pembelajaran berbasis power point.                                                                                                                
b.     Peserta diberi tugas untuk menentukan tema pembelajaran yang akan dibuat teknik pembelajaran berbasis power point.
c.      Peserta diminta untuk mempresentasikan tugas-tugas yang diberikan dan ditanggapi oleh peserta lainnya.
d.     Pelaksanaan diskusi tentang teknik pembelajaran berbasis power point bersama para guru.
e.      Membuat kesimpulan akhir pembinaan kemampuan guru dalam mengajar dengan teknik pembelajaran berbasis power point.
f.      Melaksanakan kegiatan kunjungan kelas bagi guru-guru dalam mengajar dengan teknik pembelajaran berbasis power point.
c.      Pengamatan (observasi)
1.      Melaksanakan pengamatan pelaksanaan pembelajaran sesuai rencana dengan menggunakan lembar observasi
2.      Mengamati kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh masing-masing guru pada saat pelaksanaan kegiatan kunjungan kelas. Selain itu dilakukan pemotretan yang meng-close up pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh masing-masing guru dengan menggunakan teknik pembelajaran berbasis power point.
d.     Refleksi
a.      Mengevaluasi tindakan yang telah dilakukan dan mendiskusikan tindakan bersama dengan para guru.
b.     Kesimpulan dan saran untuk perbaikan pada tahap berikutnya.

H.  Indikator Keberhasilan
Secara keseluruhan setelah data terkumpul, selanjutnya dipergunakan untuk menilai keberhasilan tindakan, dengan indikator sebagai berikut :
1.   Terjadi peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik pembelajaran berbasis power point.
2.   Indikator  keberhasilan  tindakan  yaitu  apabila  85%  guru  sudah  dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan teknik pembelajaran berbasis power point.
 


Untuk mendapatkan file lengkap............... silahkan klik disini