LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN
UNTUK MENINGKATKAN
MOTIVASI DAN HASIL
BELAJAR IPA MATERI MENYEBUTKAN
AKTIVITAS ALAM
YANG DAPAT MEMPENGARUHI
PERMUKAAN BUMI
PADA SISWA KELAS V
SEKOLAH DASAR
NEGERI ..............
KECAMATAN ..............
KABUPATEN ..............
Disusun dan Diajukan sebagai
Salah Satu Syarat Tugas
Mata Kuliah Pemantapan
Kemampuan Profesional
(PDGK 4501) Program S1 PGSD
FKIP
Universitas Terbuka
Oleh :
..............
NIM. .......................
UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH ..............
.........
LEMBAR
IDENTITAS DAN
PENGESAHAN
Laporan penelitian tindakan
kelas ini disusun dan diajukan sebagai persyaratan dalam penyusunan laporan
pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan
Profesional (PDGK 4501) Program S1 PGSD
FKIP Universitas Terbuka UPBJJ ...............
Nama
Mahasiswa : ..............
NIM : ..............
Program
Studi : S1 PGSD
Tempat Penelitian : Sekolah
Dasar Negeri .............. UPT Disdikpora Kecamatan .............. Kabupaten ..............
Pembelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V / 2
Masalah yang merupakan fokus
perbaikan yaitu :
1. Apakah melalui penerapan metode
eksperimen dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa mata pelajaran IPA materi menyebutkan
aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi ?
2.
Apakah melalui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata
pelajaran IPA materi menyebutkan
aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi ?
..............,
17 Mei 2012
|
|
Menyetujui
Dosen
Pembimbing
…………………………..
NID.
……………
|
Mahasiswa,
..............
NIM. ..............
|
ABSTRAK
............... NIM. ............... Penerapan Metode Eksperimen Untuk
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Menyebutkan Aktivitas Alam
Yang Dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri ..............
Kecamatan .............. Kabupaten ............... FKIP Universitas
Terbuka. …………..
Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan dengan dikuasainya materi
pembelajaran siswa. Tercapainya tujuan pembelajaran siswa dapat diukur dengan
tes hasil pembelajaran atau
formatif. Temuan di lapangan, di tempat peneliti bertugas menunjukkan adanya
kesenjangan antar harapan dan kenyataan. Dalam proses pembelajaran ada
anggapan yang mengatakan bahwa materi yang diajarkan oleh guru semuanya
dapat diserap oleh
siswa. Sebagai seorang
guru ilmu pengetahuan
alam tentu pernyataan tersebut
tidak tepat. karena banyak konsep-konsep
abstrak dalam IPA yang cukup sulit
untuk dipahami oleh
para siswa Sekolah
Dasar. Berdasarkan hal
tersebut peneliti mencoba melakukan upaya perbaikan pembelajaran melalui
Penelitian Tindakan Kelas menerapkan metode eksprimen, yang dilaksanakan dalam
tiga siklus di mana pada setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Tujuan yang
ingin dicapai adalah meningkatkannya motivasi dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPA materi menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi
permukaan bumi. Hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan
metode eksperimen mampu motivasi belajar dari 31,25% atau 5 siswa pada studi awal menjadi, 56,25% atau 9 siswa,
meningkat menjadi 81,25% atau 13 siswa dan pada akhir siklus ketiga menjadi
100% atau semua siswa menyatakan termotivasi pada pelaksanaan proses pembelajaran, serta terbukti juga mampu
meningkatkan nilai rata-rata kelas dari 68,75 pada studi awal menjadi
73,13 pada siklus pertama, meningkat
menjadi 79,38 dan pada akhir siklus ketiga menjadi 83,75 dengan tingkat
ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 4 orang
siswa (25%) pada studi awal, menjadi 50% atau 8 siswa, meningkat lagi
menjadi 68,75% atau 11 siswa dan pada
siklus terakhir menjadi 100% atau 16 siswa dari 16 siswa yang mengikuti
pelaksanaan perbaikan pembelajaran Kesimpulannya adalah penggunaan metode eksperimen
mampu motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri ..............
Kecamatan .............. Kabupaten .............. Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci : peningkatan, metode,
eksperimen, motivasi, hasil belajar
KATA PENGANTAR
Puji syukur
peneliti panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala nikmat
dan rahmat-Nya sehingga peneliti dapat menyelesaikan penyusunan laporan
perbaikan pembelajaran pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK
4501) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Laporan PKP
ini dapat peneliti selesaikan dengan baik berkat dukungan dan bantuan dari
berbagai pihak. Untuk itu peneliti mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Rektor Universitas Terbuka
2.
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Terbuka
3.
Ketua Jurusan Pendidikan FKIP
Universitas Terbuka
4.
Kepala UPBJJ Universitas Terbuka ..............
5.
Drs. ……………., selaku Dosen Pembimbing yang telah membimbing mahasiswa
dengan sabar.
6.
Kepala SD Negeri .............. beserta Dewan Guru yang telah menyediakan
sarana prasarana selama penelitian
7.
Teman sejawat yang telah membantu dalam penelitian dari awal sampai
dengan selesai.
8.
Semua pihak yang tidak dapat
peneliti sebutkan satu persatu.
Karena
keterbatasan peneliti, maka penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna.
Untuk itu, saran-saran dan kritik dari pembaca sangat peneliti harapkan. Dan semoga laporan ini dapat bermanfaat
bagi peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar.
................., Mei
2012
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN.............................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah......................................................... 1
B. Rumusan Masalah .................................................................. 3
C. Tujuan Penelitian.................................................................... 4
D. Manfaat Penelitian.................................................................. 4
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 5
B. Hasil Penelitian yang Relevan................................................ 26
C. Kerangka Berpikir ................................................................. 30
D. Hipotesis Tindakan ................................................................ 32
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Setting Penelitian .................................................................. 33
B. Subjek
Penelitian ................................................................... 33
C. Data
dan Sumber Data .......................................................... 33
D. Teknik Pengumpulan Data .................................................... 34
E. Validitas Data ........................................................................ 35
F. Teknik Analisa Data .............................................................. 36
G. Kriteria Keberhasilan ............................................................. 36
H. Prosedur
Penelitian ................................................................ 37
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Pelaksanaan Tindakan............................................................ 41
B. Hasil Penelitian ...................................................................... 63
C. Pembahasan............................................................................ 76
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan............................................................................. 81
B. Saran dan Tindak Lanjut........................................................ 81
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
4.1 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi
permukaan bumi................................... 64
4.2 Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi
permukaan bumi.................... 65
4.3 Rekapitulasi Nilai Tes
Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam
yang dapat mempengaruhi permukaan bumi................................... 67
4.4 Rekapitulasi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi
permukaan bumi 66
4.5 Rekapitulasi Nilai Tes
Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam
yang dapat mempengaruhi permukaan bumi................................... 70
4.6 Rekapitulasi Motivasi Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi
Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi........................................... 71
4.7 Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi.................... 73
4.8 Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi 74
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1 Kerangka Berpikir ................................................................................... 31
4.1 Beberapa bentuk Menyebutkan Aktivitas Alam
yang Dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi (Sumber : Buku IPA V, Poppy K Devi, dkk, 2010: 155-156) ................................. 43
4.2 Beberapa bentuk Menyebutkan Aktivitas Alam
yang Dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi karena Gelombang dan Kebakaran Hutan
(Sumber : Buku IPA 5, Yustina Beny,
dkk, 2010: 175) 46
4.3 Upaya Mencegah Abrasi di Pantai Akibat Ombak
Laut (Sumber : Buku IPA V, Dwi
suhartanti, dkk, 2010: 161)................................................................................................ 51
4.4 Peristiwa Pasang Surut Air Laut (Sumber : Buku IPA 5, Budi Wahyono, dkk, 2010:
124) 54
4.5 Menyebutkan Aktivitas Alam yang Dapat
Mempengaruhi Permukaan Bumi Karena Erosi (Sumber : Buku IPA 4, Heri Sulistyanto, dkk, 122).......................................................... 59
4.6 Menyebutkan Aktivitas Alam yang Dapat
Mempengaruhi Permukaan Bumi (Sumber : Buku
IPA 5, Dwi S, dkk, 2010 : 160).................................................................................. 61
4.7 Diagram Batang Perbandingan Angka
Nilai Rerata Prestasi Belajar, dan Siswa Belum Tuntas pada Setiap Siklus
Perbaikan Pembelajaran..................................................... 73
4.8 Diagram Batang Peningkatan Motivasi Belajar pada Setiap Siklus Perbaikan
Pembelajaran 75
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN Halaman
1.
Rencana Perbaikan Pembelajaran
Siklus I............................................... 86
2.
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II.............................................. 98
3.
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus III............................................ 109
4.
Lembar Observasi Guru........................................................................... 121
5.
Lembar Observasi Terhadap Siswa.......................................................... 123
6.
Format Kesediaan sebagai Teman Sejawat dalam Penyelenggaraan PKP 124
7.
Surat Keterangan Pengamat.................................................................... 125
Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, III, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini