Thursday, 28 August 2014

PKP IPA UT KELAS V



LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS





PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN

MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MENYEBUTKAN

AKTIVITAS ALAM YANG DAPAT MEMPENGARUHI

PERMUKAAN BUMI PADA SISWA KELAS V

SEKOLAH DASAR NEGERI ..............

KECAMATAN ..............

KABUPATEN ..............



Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Tugas
Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional
(PDGK 4501) Program S1 PGSD FKIP
Universitas Terbuka





Oleh :

..............
NIM. .......................






UNIVERSITAS TERBUKA

FAKULTAS KEGURUAN  DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH ..............
.........


LEMBAR
IDENTITAS DAN PENGESAHAN

Laporan penelitian tindakan kelas ini disusun dan diajukan sebagai persyaratan dalam penyusunan laporan pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional  (PDGK 4501) Program S1 PGSD FKIP  Universitas Terbuka UPBJJ ...............

Nama Mahasiswa           : ..............
NIM                               : ..............
Program Studi                : S1 PGSD
Tempat Penelitian          : Sekolah Dasar Negeri .............. UPT Disdikpora Kecamatan .............. Kabupaten ..............
Pembelajaran                  :  Ilmu Pengetahuan  Alam
Kelas/Semester               :  V / 2

Masalah yang merupakan fokus perbaikan yaitu :
1.      Apakah melalui penerapan metode eksperimen dapat  meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi  menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi ?
2.      Apakah melalui penerapan metode eksperimen dapat  meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi  menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi ?



.............., 17 Mei 2012
Menyetujui
Dosen Pembimbing



…………………………..

NID. ……………
Mahasiswa,




..............
NIM. ..............


ABSTRAK


............... NIM. ............... Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Menyebutkan Aktivitas Alam Yang Dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri .............. Kecamatan .............. Kabupaten ............... FKIP Universitas Terbuka. …………..
Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan dengan dikuasainya materi pembelajaran siswa. Tercapainya tujuan pembelajaran siswa dapat diukur dengan tes hasil pembelajaran atau formatif. Temuan di lapangan, di tempat peneliti bertugas menunjukkan adanya kesenjangan antar harapan dan kenyataan. Dalam proses pembelajaran ada anggapan yang mengatakan bahwa materi yang diajarkan oleh guru semuanya dapat  diserap  oleh  siswa.  Sebagai    seorang  guru  ilmu  pengetahuan  alam  tentu pernyataan tersebut tidak tepat.  karena banyak konsep-konsep abstrak dalam IPA yang  cukup  sulit  untuk  dipahami  oleh  para  siswa  Sekolah  Dasar. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba melakukan upaya perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas menerapkan metode eksprimen, yang dilaksanakan dalam tiga siklus di mana pada setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkannya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi. Hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen mampu motivasi belajar dari 31,25% atau 5 siswa  pada studi awal menjadi, 56,25% atau 9 siswa, meningkat menjadi 81,25% atau 13 siswa dan pada akhir siklus ketiga menjadi 100% atau semua siswa menyatakan termotivasi pada pelaksanaan proses  pembelajaran, serta terbukti juga mampu meningkatkan nilai rata-rata kelas dari 68,75 pada studi awal menjadi 73,13  pada siklus pertama, meningkat menjadi 79,38 dan pada akhir siklus ketiga menjadi 83,75 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 4 orang siswa (25%) pada studi awal, menjadi 50% atau 8 siswa, meningkat lagi menjadi  68,75% atau 11 siswa dan pada siklus terakhir menjadi 100% atau 16 siswa dari 16 siswa yang mengikuti pelaksanaan perbaikan pembelajaran Kesimpulannya adalah penggunaan metode eksperimen mampu motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri .............. Kecamatan .............. Kabupaten ..............  Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata Kunci : peningkatan, metode, eksperimen, motivasi, hasil belajar







KATA PENGANTAR



Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala nikmat dan rahmat-Nya sehingga peneliti dapat menyelesaikan penyusunan laporan perbaikan pembelajaran pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Laporan PKP ini dapat peneliti selesaikan dengan baik berkat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu peneliti mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Rektor Universitas Terbuka
2.      Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka
3.      Ketua Jurusan Pendidikan FKIP Universitas Terbuka
4.      Kepala UPBJJ Universitas Terbuka ..............
5.      Drs. ……………., selaku Dosen  Pembimbing yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.
6.      Kepala SD Negeri .............. beserta Dewan Guru yang telah menyediakan sarana prasarana selama penelitian
7.      Teman sejawat yang telah membantu dalam penelitian dari awal sampai dengan selesai.
8.      Semua pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu.
Karena keterbatasan peneliti, maka penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, saran-saran dan kritik dari pembaca sangat peneliti harapkan. Dan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar.
                                                                                                     
                                                                                   .................,    Mei  2012

                                                                                                Penulis



DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN..............................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................     1
B.   Rumusan Masalah ..................................................................      3
C.   Tujuan Penelitian....................................................................      4
D.  Manfaat Penelitian..................................................................      4
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................      5
B.   Hasil Penelitian yang Relevan................................................    26
C.   Kerangka Berpikir .................................................................    30
D.  Hipotesis Tindakan ................................................................    32
BAB     III    PELAKSANAAN PENELITIAN
A.  Setting  Penelitian ..................................................................    33
B.   Subjek Penelitian ...................................................................    33
C.   Data dan Sumber Data ..........................................................    33
D.  Teknik Pengumpulan Data ....................................................    34
E.   Validitas Data ........................................................................    35
F.   Teknik Analisa Data ..............................................................    36
G.  Kriteria Keberhasilan .............................................................    36
H.  Prosedur Penelitian ................................................................    37

BAB     IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Pelaksanaan Tindakan............................................................    41
B.   Hasil Penelitian ......................................................................    63
C.   Pembahasan............................................................................    76

BAB      V     SIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan.............................................................................    81
B.   Saran dan Tindak Lanjut........................................................    81

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN




DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

4.1    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi...................................      64

4.2    Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi....................      65

4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi...................................      67

4.4    Rekapitulasi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi                   66

4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi...................................      70

4.6    Rekapitulasi Motivasi Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi...........................................      71

4.7    Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi....................      73

4.8    Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Menyebutkan aktivitas alam yang dapat mempengaruhi permukaan bumi                   74










DAFTAR GAMBAR
GAMBAR                                                                                                  Halaman

2.1    Kerangka Berpikir ...................................................................................      31

4.1    Beberapa bentuk Menyebutkan Aktivitas Alam yang Dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi (Sumber : Buku IPA V, Poppy K Devi, dkk, 2010: 155-156) .................................      43

4.2    Beberapa bentuk Menyebutkan Aktivitas Alam yang Dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi karena Gelombang dan Kebakaran Hutan (Sumber : Buku IPA 5, Yustina Beny, dkk, 2010: 175)                 46
                                                  
4.3    Upaya Mencegah Abrasi di Pantai Akibat Ombak Laut (Sumber : Buku IPA V, Dwi suhartanti, dkk, 2010: 161)................................................................................................      51

4.4    Peristiwa Pasang Surut Air Laut (Sumber : Buku IPA 5, Budi Wahyono, dkk, 2010: 124)                  54

4.5    Menyebutkan Aktivitas Alam yang Dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi Karena Erosi (Sumber : Buku IPA 4, Heri Sulistyanto, dkk, 122)..........................................................      59

4.6    Menyebutkan Aktivitas Alam yang Dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi (Sumber : Buku IPA 5, Dwi S, dkk, 2010 : 160)..................................................................................      61

4.7    Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Prestasi Belajar, dan Siswa Belum Tuntas pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran.....................................................      73

4.8    Diagram Batang Peningkatan Motivasi Belajar pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran               75







DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                              Halaman

1.      Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I...............................................      86
2.      Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II..............................................      98
3.      Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus III............................................    109
4.      Lembar Observasi Guru...........................................................................    121
5.      Lembar Observasi Terhadap Siswa..........................................................    123
6.      Format Kesediaan sebagai Teman Sejawat dalam Penyelenggaraan PKP                    124
7.      Surat Keterangan Pengamat....................................................................    125


Untuk mendapatkan file secara lengkap terdiri dari BAB I, II, III, IV, V, lampiran2 serta halaman depan silahkan klik disini