Tuesday, 9 May 2023

PTK IPA SMP

 

LOGO

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI ZAT DAN KARAKTERISTIKNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING  TIPE STAD SISWA KELAS 7A

SMP NEGERI ................SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

 

 

Diajukan untuk Memenuhi  Salah Satu Persyaratan

Kenaikan Pangkat Dari Golongan III/c ke III/d

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

…………..

NIP. …………………….

 

 

 

 

 

SMP NEGERI ................

Alamat : Jl. ……………………… ................

 Provinsi ……………….

2018

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(Classsroom Action Research)

 

1.   a.   Judul Penelitian          :    Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Materi Zat dan Karakteristiknya menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning  Tipe STAD Siswa Kelas 7A SMP Negeri ................Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

      b.   Jenis Penelitian           :    Penelitian Tindakan Kelas

2.    Identitas Peneliti

            a.                                 Nama Lengkap            :           …………..

            b.                                 NIP      :           ……………

            c.                                 Pangkat / Golongan     :           Penata, III/c

            d.                                Jabatan             :           Guru Mata Pelajaran

            e.                                 Sekolah            :           SMP Negeri ................

3.     Jumlah peneliti               :    1 orang

4.     Lokasi                             :    SMP Negeri ................

5.     Jangka waktu                 :    3 (tiga) bulan  mulai September 2018 sampai dengan November 2018

 

                 Mengetahui                                              ………, 19 November 2018

              Kepala Sekolah                                                            Peneliti

 

 

 

       ………………….……..                                        ………………….……

           NIP. …………….                                                 NIP. ……………

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

………….

NIP. ………………….

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa permasalahan yang dialami oleh siswa yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa sebagai akibat dari ketidaktertarikan siswa dalam belajar fisika. Luasnya materi pembelajaran fisika yang harus dihafal mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan sedangkan  dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki permasalahan di atas adalah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning  tipe STAD. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas 7A SMP Negeri ................sebanyak 30 orang siswa. Tahapan dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi dan teknik tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisa data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil analisis data  penelitian pada aspek motivasi belajar mengalami peningkatan dari 33,33% atau 10 siswa  pada studi awal menjadi, 60,00% atau 18 siswa, meningkat menjadi 93,33% atau 28 siswa pada siklus terakhir.  Peningkatan hasil belajar dari 63,50 meningkat menjadi 70,67 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 81,33  pada akhir siklus kedua serta didukung dengan peningkatan pada keadaan awal sebanyak 8 siswa (26,67%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan  penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa atau 56,67% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi  26 siswa atau  86,67%. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa metode problem solving terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 7A SMP Negeri .................

 

Kata Kunci : motivasi, hasil belajar, cooperative learning  tipe STAD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

            Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah senantiasa melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga Penelitian Tindakan Kelas, yang berjudul “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Materi Zat dan Karakteristiknya menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning  Tipe STAD Siswa Kelas 7A SMP Negeri ................Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019”,  dapat disusun sebagaimana mestinya.

            Selesainya pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu ucapan terima kasih peneliti sampaikan kepada:

1.      Pengawas Sekolah memberikan pengarahan, bimbingan dan pengesahan dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini.

2.      Kepala SMP Negeri ................yang telah memberikan saran, ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.

3.      Bapak dan Ibu Guru SMP Negeri ................ yang telah membimbing dan memotivasi serta mengarahkan peneliti hingga kegiatan pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah  ini dapat terselesaikan dengan lancar.

Akhirnya, dengan segala kerendahan hati peneliti menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, maka pada kesempatan ini peneliti mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan dari segenap pembaca. Akhir kata peneliti do’a kan semoga semua amal yang diberikan mendapat imbalan dari Allah SWT, dan semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

                                                                                        

……,    November 2018

 

Peneliti


DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     5

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     5

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   22

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   24

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   25

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   25

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   27

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   28

E.   Validasi Data...............................................................................   29

F.   Analisis Data................................................................................   29

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   30

H.  Indikator Keberhasilan ................................................................   35

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   36

B.  Hasil Penelitian............................................................................   49

C.  Pembahasan.................................................................................   53

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   58

B.  Saran ...........................................................................................   59

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

DAFTAR TABEL

 

TABEL                                                                                                       Halaman

 

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Motivasi Belajar Siswa...................................      30

Tabel   4.1     Hasil Tes Formatif Kondisi Awal................................................      37

Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal                                                                                                                38

Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Fisika pada  Siklus I                 41

Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Siklus I                     42

Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Fisika pada  Siklus II                46

Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Siklus II                   47

Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II               50

Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I dan Siklus II             51

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

GAMBAR                                                                                                  Halaman

 

Gambar 2.1     Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas.........................      23

Gambar 3.1     Daur PTK (dimodifikasi dari Arikunto, 2006 : 46)..................      26

Gambar  4.1     Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      51

Gambar  4.2     Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                    51

Gambar  4.3     Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II           .................................................................................................. 52

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I

Lampiran    4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II

Lampiran    5.a  Lembar Kerja Siswa Siklus  I, Lembar Tes Formatif Siklus I, Lembar Kerja Siswa Siklus  I, Lembar Tes Formatif Siklus I

                   5.b  Lembar Observasi Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa

Lampiran    6     Daftar Nilai Tes Hasil Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    7     Daftar Nilai Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    8     Daftar Hadir Siswa

Lampiran    9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    10   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran    11   Berkas Pelaksanaan  Seminar Penelitian Tindakan Kelas



 

BAB III

METODE PENELITIAN

A.  Setting Penelitian

1.    Tempat Penelitian

Dalam penelitian ini peneliti mengambil lokasi di kelas 7A SMP Negeri ................yang beralamat di ……….. Provinsi …………..

2.    Waktu Penelitian

Waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah 3 bulan, yaitu dari bulan  September 2018 sampai November 2018 dengan perhitungan waktu kurang lebih 12 minggu. Secara lebih rinci dapat dilihat pada bagian lampiran 3 tentang Jurnal Kegiatan Penelitian.

3.    Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah (Muslich, 2010:58). Dalam penelitian tindakan kelas terdapat langkah-langkah kegiatan seperti: a) perencanaan atau planning; b) tindakan atau acting; c) pengamatan atau observing; dan d) refleksi ataureflecting. (Arikunto, 2007:6)

B.     Metode dan Rancangan Penelitian

Metode penelitian adalah cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah classroom action research (Arikunto, 2010:23).

PTK merupakan kegiatan perbaikan pembelajaran yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang saling berkaitan dan berdaur atau siklus dengan empat langkah utama yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tahapan PTK di sini sebenarnya merupakan reflektif guru pada permasalahan yang dihadapi dalam kelasnya. Dari sinilah penelitian tindakan kelas akan dilakukan. Penjelasan secara rinci mengenai daur siklus PTK sebagaimana gambar 3.1 di bawah ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3.1  Daur PTK (dimodifikasi dari Arikunto, 2006:46)

 

Prosedur sebagaimana dijelaskan pada daur PTK di atas, selanjutkan ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan :

1.      Perencanaan

Perencanaan selalu mengacu kepada tindakan apa yang dilakukan, dengan mempertimbangkan keadaan dan suasana obyektif dan subyektif. Dalam perencanaan tersebut, perlu dipertimbangkan tindakan khusus apa yang dilakukan, apa tujuannya. Mengenai apa, siapa melakukan, bagaimana melakukan, dan apa hasil yang diharapkan. Setelah pertimbangan itu dilakukan, maka selanjutnya disusun gagasan-gagasan dalam bentuk rencana yang dirinci. Kemudian gagasan-gagasan itu diperhalus, hal-hal yang tidak penting dihilangkan, pusatkan perhatian pada hal yang paling penting dan bermanfaat bagi upaya perbaikan yang dipikirkan. Sebainya perencanaan tersebut didiskusikan dengan Guru yang lain untuk memperoleh masukan.

2.      Pelaksanaan Tindakan

Jika perencanan yang telah dirumuskan sebelumnya merupakan perencanaan yang cukup matang, maka proses tindakan semata-mata merupakan pelaksanaan perencanaan itu. Namun, kenyataan dalam praktik tidak sesederhana yang dipikirkan. Oleh sebab itu, pelaksanaan tindakan boleh jadi berubah atau dimodifikasi sesuai dengan keperluan di lapangan. Tetapi jangan sampai modifikasi yang dilakukan terlalu jauh menyimpang. Jika perencanaan yang telah dirumuskan tidak dilaksanakan, maka Guru hendaknya merumuskan perencanaan kembali sesuai dengan fakta baru yang diperoleh.

3.      Pengamatan

Hal yang tidak bisa dilupakan, bahwa sambil melakukan tindakan hendaknya juga dilakukan pemantauan secara cermat tentang apa yang terjadi. Dalam pemantauan itu, lakukan pencatatan-pencatatan sesuai dengan form yang telah disiapkan. Catat pula gagasan-gagasan dan kesan-kesan yang muncul, dan segala sesuatu yang benar-benar terjadi dalam proses pembelajaran. Secara teknis operasional, kegiatan pemantauan dapat dilakukan oleh Guru lain. Di sinilah letak kerja kolaborasi antar profesi. Namun, jika petugas pemantau itu bukan rekanan peneliti, sebaiknya diadakan sosialisasi materi observasi untuk menjaga agar data yang dikumpulkan tidak terpengaruh minat pribadinya. Untuk memperoleh data yang lebih obyektif,

4.      Refleksi

Refleksi adalah suatu upaya untuk mengkaji apa yang telah terjadi, yang telah dihasilkan, atau apa yang belum dihasilkan, atau apa yang belum tuntas dari langkah atau upaya yang telah dilakukan. Dengan perkataan lain, refleksi merupakan pengkajian terhadap keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan

C.    Subjek Penelitian

Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7A SMP Negeri ................Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa terdiri dari siswa laki-laki  …. siswa dan perempuan  …. siswa

 

 

D.    Teknis Pengumpulan Data

1.                Tes

Kasbolah (1999:100) menyebutkan bahwa tes adalah alat ukur yang penting dalam  penelitian ini, nilai yang diperoleh dari tes yang baik atau buruk dapat  dijadikan petunjuk mengenai taraf  kemampuan yang diukur.  Tes  adalah  alat  pengumpul  informasi  mengenai  hasil  belajar  yang  berupa pertanyaan  atau  kumpulan  pertanyaan.  Adapun  tes  dilakukan  sebanyak  dua  kali, yaitu postes pada setiap akhir siklus.  Tes yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes tulis berbentuk multiple choice (dapat dilihat pada lampiran)

2.                Observasi

Nawawi, (2006:57) memberikan penjelasan bahwa kegiatan observasi  dalam  penelitian  ini  digunakan  untuk  menginventariskan  data tentang  sikap  siswa  dalam  belajarnya,  serta  interaksi  antara  guru dengan  siswa  selama  proses  pembelajaran,  dengan  harapan  hal-hal  yang  tidak teramati  oleh  peneliti  ketika  penelitian  berlangsung  dapat  ditemukan.   Observasi  dilakukan  dengan  tujuan  untuk  memperoleh  informasi  tentang pembelajaran  dengan  menggunakan  penggunaan model Cooperative Learning tipe STAD   secara terperinci  baik  mengenai  aktivitas  siswa  maupun  komponen-komponen  pembelajaran  lainnya  guna  mengetahui  kondisi  kelas  pada  saat pembelajaran berlangsung.

3.                Dokumentasi

Menurut Suharsimi Arikunto (2010:201) menyebutkan bahwa dokumentasi merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis  dokumen  baik  tertulis,  gambar  maupun  elektronik. Metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah agenda, dan sebagainya. Hasil dari dokumentasi akan digunakan sebagai pelengkap dan penguat dari data-data yang didokumentasikan. Metode ini penulis gunakan untuk mendapatkan data rekapitulasi tentang; daftar peserta didik, daftar nilai prestasi peserta didik dan aktivitas peserta didik berupa dokumen gambar/foto selama kegiatan pembelajaran

E.     Validasi Data

Untuk menjamin kebenaran data yang dikumpulkan dan dicatat dalam penelitian maka dipilih dan ditentukan cara-cara yang tepat untuk mengembangkan validitas data yang diperolehnya. Dalam penelitian ini akan digunakan teknik triangulasi. Menurut Lexy Moeleong (2007:178) Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu, untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data tersebut.

Dalam penelitian ini validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan maksud untuk mengecek kebenaran data yang diperoleh dan membandingkannya dengan data yang diperoleh dari sumber lain. Kebenaran hasil wawancara dengan wali kelas dapat dibandingkan dengan arsip atau dokumen maupun melalui pengarnatan ketika proses belajar berlangsung. Triangulasi sumber data dilakukan untuk mengecek kebenaran data dari guru kelas maupun anak. Sedangkan triangulasi metode dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda untuk mendapatkan data yang sama. Observasi dapat dicek kebenarannya dari arsip atau dokumen dan wawancara.

F.     Analisa Data

Analisis dilakukan dengan menggunakan hasil pengumpulan informasi yang telah dilakukan dalam tahap pengumpulan data. Pada proses analisis dibahas apa yang diharapkan terjadi, apa yang kemudian terjadi, mengapa terjadi tidak seperti yang diharapkan, apa penyebabnya atau ternyata sudah terjadi seperti yang diharapkan, dan apakah perlu dilakukan tindaklanjut.

1.  Data mengenai hasil observasi

Hasil  observasi  terhadap  kegiatan  siswa  dianalisi dengan  menggunakan  teknik  deskriftif  kualitatif  digambarkan  dengan kata-kata atau kalimat. Berupa paparan dan penjelasan dengan kalimat yang  menggambarkan  mengenai  hasil  observasi  di  kelas  terhadap kegiatan guru dan siswa pada setiap siklus.  Komponen-komponen yang diamati atau dinilai dari motivasi siswa adalah kegiatan belajar mereka selama mengikuti pembelajaran menggunakan 4 kualifikasi nilai. Dalam bentuk tabel penilaian motivasi siswa sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

Tabel 3.1 Kriteria Penilaian Motivasi Belajar Siswa

 

No

Rentang Nilai

Kriteria Nilai

Keterangan

1

90-100

Sangat Baik

Tuntas

2

80-89

Baik

Tuntas

3

70-79

Cukup

Blm Tuntas

4

60-69

Kurang

Blm Tuntas

5

<=50

Sangat Kurang

Blm Tuntas

 

2.  Data mengenai hasil belajar

Analisis data hasil penelitian yang tergolong data kuantitatif berupa hasil belajar (pre test dan post test) dengan cara persentase yaitu dengan menghitung peningkatan ketuntasan belajar siswa secara individual jika siswa tersebut mampu mencapai nilai 65 dan ketuntasan klasikal jika siswa yang memperoleh nilai 65 ini jumahnya sekitar 85% dari jumlah seluruh siswa dan masing-masing dihitung dengan menggunakan rumus : Analisis tersebut dilakukan  dengan menghitung ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal dengan rumus sebagai berikut:

Ketuntasan individual   =      x  100 %

Ketuntasan klasikal    =    x  100 %

Keterangan:

Ketuntasan indiviual : Jika siswa mencapai ketuntasan  > 75

Ketuntasan klasikal : Jika  > 85% dari seluruh siswa mencapai ketuntasan  > 85

 

G.    Prosedur Penelitian

  1. Siklus I

Pelaksanaan siklus I dibagi dalam dua pertemuan. Masing-masing
pertemuan dialokasikan selama dua jam pelajaran (
90 menit). Pada setiap
pertemuan, peneliti akan menggunakan dua jam pelajaran untuk menerapkan
model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dan pada akhir siklus, peneliti akan mengadakan tes formatif. Tindakan yang akan dilaksanakan pada siklus I antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.

a.    Perencanaan

Perencanaan dilakukan oleh peneliti sebelum penelitian dilaksanakan. Dalam tahap ini, peneliti mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dan melaksanakan beberapa tindakan untuk mendukung jalannya penelitian. Tindakan yang dilaksanakan peneliti pada tahap perencanaan antara lain: (1) mengidentifikasi masalah yang dihadapi peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran; (2) merancang skenario pembelajaran yang mengarah pada model cooperative learning tipe STAD siklus I; (3) merancang alat peraga, media, lembar kegiatan siswa dan kisi-kisi tes formatif siklus I; (4) menyusun lembar pengamatan motivasi belajar siswa siklus I; (5) menyusun tes formatif siklus I.

b.    Pelaksanaan

Tindakan yang dilakukan guru saat pelaksanaan penelitian antara lain: (1) menyiapkan rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran yang telah disiapkan, dibuat dengan model cooperative learning tipe STAD; (2) menyiapkan media dan lembar kegiatan siswa; (3) melakukan presensi siswa sebelum memulai pelajaran; (4) memberikan pelajaran Fisika materi zat dan karakteristiknya dengan ceramah diselingi tanya jawab; (5) membagi siswa menjadi 4 kelompok sesuai dengan nilai awal siswa; (6) membimbing siswa dalam kerja kelompok; (7) mengkonfirmasi jawaban setiap kelompok; (8) memberikan kuis dan piagam penghargaan; (9) menyimpulkan materi pembelajaran; (10) siswa mengerjakan tes formatif I pada akhir siklus I.
Pada pembagian kelompok, nilai awal diambil dari nilai tes formatif siswa
pada prasiklus. Setiap kelompok terdiri dari 6 siswa yang heterogen. Masing masing kelompok akan menerima lembar kegiatan siswa yang berbeda dari kelompok lainnya. Konfirmasi jawaban setiap kelompok dilaksanakan dengan cara setiap kelompok maju mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Kelompok lain dipersilakan untuk mengomentari jawaban dari kelompok yang sedang melakukan presentasi. Dalam hal ini guru bertugas meluruskan jawaban siswa yang kurang tepat. Setelah pengkonfirmasian jawaban, guru memberikan kuis. Kuis diberikan guru dalam bentuk tes individu dengan mengerjakan soal evaluasi, kemudian dari nilai tes individu tersebut guru menentukan skor perkembangan siswa. Skor perkembangan siswa yang baru, digunakan untuk pembentukan kelompok pada pertemuan selanjutnya.

c.    Pengamatan

Pengamatan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan indikator yang telah ditentukan. Pengamatan dilaksanakan oleh peneliti pada setiap pertemuan selama siklus penelitian. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka pengamatan difokuskan pada:

1)        Hasil belajar

Pengamatan hasil belajar dilakukan dengan menggunakan tes formatif 1 yang diberikan guru pada akhir siklus I. Pengamatan hasil belajar ini meliputi: (1) nilai rata-rata kelas; (2) banyaknya siswa yang tuntas belajar; (3) persentase tuntas belajar klasikal.

2)        Aktivitas siswa

Pengamatan aktivitas siswa meliputi: (1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru; (2) Kerjasama dalam kelompok; (3) Kemampuan dalam mengungkap pendapat; (4) Memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok; (5) Mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat; (6) Membuat perencanaan dan pembagian kerja yang matang; (7) Keputusan berdasarkan pertimbangan anggota lain; (8) Saling membantu dan menyelesaikan masalah; (9) Memperhatikan apa yang disampaikan guru.

d.   Refleksi

Refleksi ini merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah dilakukan dalam pemberian tindakan saat penelitian berlangsung. Refleksi dilakukan dengan menganalisis hasil pengamatan terhadap hasil semua kegiatan pada siklus I dan hasil diskusi yang dilakukan bersama pengamat untuk memperoleh gambaran berupa hal apa saja yang perlu diperbaiki Melalui pengamatan terhadap tindakan yang sudah dilakukan, dapat diketahui hal-hal yang perlu diperbaiki agar hasil belajar, aktivitas siswa  dapat mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil refleksi tersebut digunakan untuk merencanakan tindakan selanjutnya padasiklus II.

  1. Siklus II

Siklus II dilaksanakan dalam dua pertemuan. Masing-masing pertemuan dilaksanakan dalam dua jam pelajaran. Tes Formatif akan dilaksanakan pada akhir siklus II. Diharapkan pada siklus ke II ini, ada peningkatan hingga memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan baik dari hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam pembelajaran. Tindakan yang akan dilaksanakan dalam siklus II ini antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

a.    Perencanaan

Perencanaan yang dilakukan pada siklus II sama dengan perencanaan pada siklus I. Perencanaan pada siklus II lebih dimatangkan agar hasil belajar, aktivitas siswa meningkat hingga memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Tindakan yang dilaksanakan peneliti pada tahap perencanaan antara lain: (1) merancang skenario pembelajaran yang mengarah pada model cooperative learning tipe STAD siklus II (2) merancang alat peraga, media, lembar kegiatan siswa, dan kisi-kisi tes formatif siklus II (3) menyusun lembar pengamatan motivasi belajar siswa siklus II; (4) menyusun tes formatif siklus II sesuai dengan kisi-kisi yang telah dibuat guru. Tindakan perencanaan disusun berdasarkan refleksi pada siklus pertama, sehingga ada perbaikan-perbaikan dari siklus I yang akan diterapkan pada siklus ke II.

b.    Pelaksanaan

Pelaksanaan tindakan merupakan implementasi atau penerapan isi
rancangan, yaitu menggunakan tindakan kelas. Tindakan yang
dilakukan guru saat pelaksanaan penelitian antara lain: (1) menyiapkan rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran yang telah disiapkan dibuat dengan model cooperative learning tipe STAD; (2) menyiapkan media dan lembar kegiatan siswa; (3) melakukan presensi siswa sebelum memulai pelajaran; (4) memberikan pelajaran Fisika materi zat dan karakteristiknya dengan ceramah diselingi tanya jawab; (5) membagi siswa menjadi 6 kelompok sesuai dengan nilai awal siswa; (6) membimbing siswa dalam kerja kelompok; (7) mengkonfirmasi jawaban setiap kelompok; (8) memberikan kuis dan piagam penghargaan; (9) menyimpulkan materi pembelajaran; (10) siswa mengerjakan tes formatif pada akhir siklus II. Pada pembagian kelompok berdasarkan nilai awal, diambil dari nilai tes formatif siswa pada prasiklus. Setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa yang heterogen. Masing-masing kelompok akan menerima lembar kegiatan siswa yang
berbeda dari kelompok lainnya.
Konfirmasi jawaban setiap kelompok dilaksanakan dengan cara setiap kelompok maju mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Kelompok lain dipersilakan untuk mengomentari jawaban dari kelompok yang sedang melakukan presentasi. Dalam hal ini guru bertugas meluruskan jawaban siswa yang kurang tepat. Setelah pengkonfirmasian jawaban, guru memberikan kuis. Kuis diberikan guru dalam bentuk tes individu dengan mengerjakan konfirmasi jawaban soal evaluasi, kemudian dari nilai tes individu tersebut guru menentukan skor perkembangan siswa.

c.    Pengamatan

Pengamatan yang dilakukan pada siklus II sama seperti yang dilakukan pada siklus I. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat perubahan dan perkembangan yang terjadi pada siklus I. Alat pengukuran pengamatan juga sama yaitu: hasil belajar siswa menggunakan tes formatif, aktivitas belajar siswa menggunakan lembar pengamatan aktivitas siwa berdasarkan deskriptor yang telah dibuat peneliti.

d.   Refleksi

Pada refleksi ini dimaksudkan untuk mengkaji semua tindakan baik pada siklus I maupun siklus II. Pada tahap ini peneliti membandingkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa pada siklus II dengan hasil belajar siswa, aktivitas siswa pada siklus I. Hasil perbandingan tersebut, kemudian dianalisis sebagai upaya untuk mengetahui tingkat perubahan yang terjadi selama penelitian. Jika selama proses penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan indikator keberhasilan, maka dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 7A pada mata pelajaran Fisika materi zat dan karakteristiknya.

H.    Indikator Keberhasilan

Indikator keberhasilan yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran melalui upaya perbaikan pembelajaran sebagai berikut :

  1. Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar siswa minimal 85% dari jumlah siswa secara keseluruhan.
  2. Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar fisika secara individual minimal mencapai KKM yaitu 75 dan secara klasikal minimal 85% siswa tuntas belajarnya

 

 

 

Untuk mendapatkan file lengkap...............   silahkan klik disini