LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI WHATSAPP GROUP
PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI ......................
SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2020-2021
Diajukan untuk Memenuhi Syarat Kenaikan Pangkat ........
Unsur Pengembangan Profesi Guru
…………………………..
NIP. ………………
SMP NEGERI ......................
Alamat : …………………………………………………..
Kecamatan …………….. Kabupaten ………………….
Provinsi …………………….
2021
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)
1. a. Judul Penelitian : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Menggunakan Media Video Pembelajaran dengan Aplikasi Whatsapp Group Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri ...................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2020-2021
b. Kategori Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
2. Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap : ………..
b. NIP : ……………….
c. Pangkat / Golongan : …………………………
d. Jabatan : Guru Mata Pelajaran
e. Sekolah : SMP Negeri ......................
3. Jumlah peneliti : 1 orang
4. Lokasi : SMP Negeri ......................
5. Jangka waktu : 3 (tiga) bulan (Januari 2017 s.d Maret 2017)
Mengetahui ......................, Maret 2017
Kepala Sekolah Peneliti
………………………..… …………………….…..
NIP. ……………. NIP. …………..
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
………………………..
NIP. …………………….
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPA kelas VII B SMP Negeri ....................... Pertanyaan penelitian diajukan yang berhubungan dengan tujuan penelitian tersebut yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi Kemmis & MC Taggart dengan 2 siklus melalui 4 tahapan yaitu (a) perencanaan (planning), (b) aksi atau tindakan (acting), (c) observasi (observing), dan (d) refleksi (reflecting) dengan Aplikasi Whatsapp Group . Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri ...................... pada semester 2 Tahun Pelajaran 2020-2021 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisa data hasil observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hal tersebut di atas dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik, yaitu dari rata-rata 55,87 menjadi 64,76 dan pada siklus kedua menjadi 72,17 Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar sudah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan standar nilai 65. Peningkatan ketuntasan belajar meningkat dari 9 siswa atau 39,13% menjadi 14 siswa atau 60,87% dan 91,30% atau 21 siswa pada siklus kedua.. Kesimpulannya adalah penggunaan media video pembelajaran dengan aplikasi whatsapp group terbukti dapat hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri ...................... semester 2 Tahun Pelajaran 2020-2021.
Kata kunci: hasil belajar, Whatsapp Group
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Menggunakan Media Video Pembelajaran dengan Aplikasi Whatsapp Group Pada Siswa Kelas Vii B SMP Negeri ...................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2020-2021”. Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IV/a ke IV/b.
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini
Dan akhirnya penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
......................, Maret 2017
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................ 1
B. Identifikasi Masalah.................................................................. 4
C. Perumusan Masalah................................................................... 5
D. Tujuan Penelitian....................................................................... 5
E. Manfaat Penelitian..................................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori................................................................................. 7
B. Kerangka Pikir............................................................................. 24
C. Hipotesis Tindakan...................................................................... 25
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitian ........................................................................ 26
B. Metode dan Rancangan Penelitian ............................................. 26
C. Subjek dan Objek Penelitian........................................................ 28
D. Teknik Pengumpulan Data........................................................... 28
E. Validasi Data............................................................................... 29
F. Teknik Analisis Data.................................................................... 30
G. Prosedur Penelitian...................................................................... 31
H. Indikator Keberhasilan .............................................................. 33
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 34
B. Hasil Penelitian............................................................................ 48
B. Pembahasan Hasil Penelitian....................................................... 52
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ................................................................................. 55
B. Saran ........................................................................................... 56
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 3.1 Pedoman dan Kriteria Penilaian Peningkatan Daya Ingat Siswa 30
Tabel 4.1 Rekapitulasi Penilaian Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal. 34
Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Observasi Daya Ingat Siswa pada Kondisi Awal 35
Tabel 4.3 Rekapitulasi Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus I................... 40
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Daya ingat Siswa pada Siklus I 41
Tabel 4.5 Rekapitulasi Penilaian Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus II.. 46
Tabel 4.6 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Daya ingat Siswa pada Siklus II 48
Tabel 4.7 Rekapitulasi Penilaian Tes Formatif Siswa Kondisi Awal Siklus I dan Siklus II 49
Tabel 4.8 Rekapitulasi Peningkatan Daya Ingat Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 52
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Bagan Kerangka Pikir............................................................. 25
Gambar 3.1 Model Spiral PTK Kemmis dan Mc Taggart (Suharsimi Arikunto, 2010: 132) 27
Gambar 4.1 Grafik Peningkatan Hasil dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan II................................................................................................ 50
Gambar 4.2 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa Pada Siklus I dan II 51
Gambar 4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Daya ingat siswa Pada Siklus I dan II ................................................................................................ 52
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran 5 Berkas Instrumen Pengumpulan Data Hasil Penelitian Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran 6.a Daftar Nilai Hasil Tes Formatif (Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II)
6.b Daftar Nilai Hasil Observasi Peningkatan Daya Ingat Siswa (Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II)
Lampiran 7 Daftar Hadir Siswa (Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II)
Lampiran 8 Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 9 Dokumentasi Kegiatan Penelitian (Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II)
Lampiran 10 Dokumen Pelaksanaan Seminar PTK
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pandemi Covid-19 merupakan musibah yang memilukan seluruh penduduk bumi. Seluruh segmen kehidupan manusia di bumi terganggu, tanpa kecuali pendidikan. Banyak negara memutuskan menutup sekolah, perguruan tinggi maupun Universitas, termasuk Indonesia. Krisis benar-benar datang tiba-tiba, pemerintah di belahan bumi manapun termasuk Indonesia harus mengambil keputusan yang pahit menutup sekolah untuk mengurangi kontak orang-orang secara masif dan untuk menyelamatkan hidup atau tetap harus membuka sekolah dalam rangka survive para pekerja dalam menjaga keberlangsungan ekonomi. Ada dua dampak bagi keberlangsungan pendidikan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Pertama adalah dampak jangka pendek, yang dirasakan oleh banyak keluarga di Indonesia baik di kota maupun di desa. Di Indonesia banyak keluarga yang kurang familier melakukan sekolah di rumah. Bersekolah di rumah bagi keluarga Indonesia adalah kejutan besar khususnya bagi produktivitas orang tua yang biasanya sibuk dengan pekerjaannya di luar rumah. Demikian juga dengan problem psikologis anak-anak peserta didik yang terbiasa belajar bertatap muka langsung dengan guru-guru mereka.Seluruh elemen pendidikan secara kehidupan sosial “terpapar” sakit karena Covid-19.
Pelaksanaan pengajaran berlangsung dengan cara online. Proses ini berjalan pada skala yang belum pernah terukur dan teruji sebab belum pernah terjadi sebelumnya. Tak Pelak di desa-desa terpencil yang berpenduduk usia sekolah sangat padat menjadi serba kebingungan, sebab infrastruktur informasi teknologi sangat terbatas. Penilaian siswa bergerak online dan banyak trial and error dengan sistem yang tidak ada kepastian, malah banyak penilaian yang banyak dibatalkan. Kedua adalah dampak jangka panjang. Banyak kelompok masyarakat di Indonesia yang akan terpapar dampak jangka panjang dari Covid-19 ini. Dampak pendidikan dari sisi waktu jangka panjang adalah aspek keadilan dan peningkatan ketidaksetaraan antar kelompok masyarakat dan antardaerah di Indonesia.
Dalam pembelajaran efektif juga memerlukan media sebagai perantaranya. Menurut Rusman (2012) media merupakan alat bantu yang dapat memudahkan pekerjaan. Setiap orang pasti ingin pekerjaan yang dilakukan dapat diselesaikan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan berpengaruh secara psikologis terhadap siswa. Selanjutnya diungkapkan bahwa penggunaan media pengajaran akan sangat membantu kefektifan proses pembelajaran dan penyampaian informasi pesan dan isi pembelajaran pada saau itu. Kehadiran media dalam pembelajaran juga dapat membantu peningkatan pemahaman siswa, penyajian data/informasi lebih menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi. Jadi dalam hal ini dikatakan bahwa fungsi media adalah sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan hasil kegiatan prasiklus di kelas VII B SMP Negeri ............dapat diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi pencemaran lingkungan belum optimal. Hal itu terlihat dari hasil nilai rata-rata kelas sebesar 55,87 dari keseluruhan siswa yang berjumlah 23 siswa dengan penjelasan 9 siswa atau 39,13% dinyatakan tuntas dan 60,87% atau 14 siswa dinyatakan belum tunyas sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ada di SMP Negeri ............yaitu 70.
Salah satu faktor penyebab kurang optimalnya nilai hasil belajar di kelas VII B yaitu proses pembelajaran IPA di kelas VII B SMP Negeri ............masih dilaksanakan secara daring dan belum banyak variasi penggunaan metode dan media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran daring (online). Salah satu jenis dari media pembelajaran yang cocok di masa pandemi Covid 19 adalah media audio visual. Media audio visual adalah pengabungan antara media audio dan media visual, sehingga penyajian media audio visual menjadi semakin kompleks dan sempurna (Sudjana, 201 3: 78). Macam dari media audio visual yaitu video atau film dan televisi pendidikan, media audio veisual memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Kelebihannnya yaitu (1) member pesan yang dapat diterima secara lebih merata, (2) sangat bagus untuk menerangkan suatu proses, (3) mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, (4) lebih realistis, dapat diulang dan dihentikan sesuai dengan kebutuhan. Adapun kelemahannya yaitu (1) jangkauannya terbatas, (2) sifat komunikasi hanya satu arah, (3) gambar relatif kecil, (4) kadang kala terjadi distorsi gambar dan warna akibat kerusakan atau gangguan magnetik.
Merebaknya pandemi Covid-19 atau virus corona merubah segala aktivitas kehidupan manusia termasuk bidang pendidikan, peniadaan KBM di sekolah harus disikapi dan diganti pembelajaran secara daring dengan cepat dan sedikit “darurat” yaitu salah satunya yang paling riil dan siap serta sederhana ialah memaksimalkan fungsi Whatsapp group kelas, hal ini dikarenakan Whatsapp group kelas semua anggotanya para siswa dan sudah “merata” ada di sekolah-sekolah yang ada di perkotaan dan di pedesaan.
Berdasarkan uraian di atas untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII B SMP Negeri ............dilakukan penelitian dengan memanfaatkan pendekatan yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara aktif di masa pandemi Covid 19. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dimanfaatkan yaitu media video pembelajaran dengan aplikasi whatsapp group yang diharapkan pembelajaran lebih bermakna bagi siswa, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
B. Identifikasi Masalah
Dari penjelasan sebagaimana latar belakang masalah di atas maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :
1. Kurangnya sumber belajar dan kurangnya suatu platform yang menyediakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran yang interaktif di masa pandemi Covid 10. Hal ini dapat menyebabkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran.
2. Perlunya pengembangan teknik dan metode pembelajaran sesuai dengan kondisi di masa pandemi Covid 19 yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimana implementasi pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan dengan memanfaatkan media video pembelajaran dengan aplikasi whatsapp group pada siswa kelas VII B SMP Negeri ............Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021?
2. Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan melalui media video pembelajaran dengan aplikasi whatsapp pada siswa kelas VII B SMP Negeri ............Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021?
D. Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui implementasi pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan dengan memanfaatkan media video pembelajaran dengan aplikasi whatsapp group pada siswa kelas VII B SMP Negeri ............Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.
2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan melalui media video pembelajaran dengan aplikasi whatsapp group pada siswa kelas VII B SMP Negeri ............Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.
E. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari hasil pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Manfaat teoritis
Pemanfaatan media video pembelajaran dengan aplikasi whatsapp sangat penting dalam pembelajaran IPA terutama di masa pandemi Covid 19 dan diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19.
2. Manfaat praktis
a. Bagi Siswa
Proses pembelajaran dengan media video pembelajaran dengan aplikasi whatsapp memberi dampak yang positif pada kegiatan pembelajaran secara mandiri oleh siswa khususnya di masa pandemi Covid 19.
b. Bagi Guru
Memberikan masukan bagi guru bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan media video pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp sangat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
c. Bagi Sekolah
Hasil penelitian ini sebagai acuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan memanfaatkan pendekatan belajar yang lebih efektif di masa pandemi Covid 19. Salah satunya dengan memanfaatkan media video pembelajaran dengan aplikasi whatsapp.
Untuk mendapatkan file lengkap............... silahkan klik disini