Tuesday, 9 May 2023

PTK MATEMATIKA SMP

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

 

 

 

UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN MENGGUNAKAN

METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS VII  

SMP NEGERI ....................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

 

 

 

 

Diajukan untuk Memenuhi  Salah Satu Persyaratan

Kenaikan Pangkat Dari Golongan ….. ke …….

 

 

 

 

 

 

Oleh :

 

 

……………………

NIP . ……………………..

 

 

 

 

 

SMP NEGERI …………………………

Alamat : Jl. ……………………………………………………………….

Kecamatan .................... Kabupaten .................

2019

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)

 

 

1.    a. Judul Penelitian           :    Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Pembelajaran Matematika Materi Himpunan menggunakan  Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas VII   SMP Negeri ....................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2019/2020

 

       b. Kategori Penelitian      : Penelitian Tindakan Kelas

 

2.    Identitas Peneliti

       a. Nama Lengkap            :    ………………………………………………….

       b. NIP                              :    ………………………………………………….

       c. Pangkat / Golongan     :    ………………………………………………….

       d. Jabatan                        :    ………………………………………………….

       e. Sekolah                        :    SMPN ………………………………………….

3.     Jumlah peneliti               :    1 orang

4.     Lokasi                             :    SMPN ………………………………………….

5.     Jangka waktu                 :    3 bulan (Juli 2019 s.d September 2019)

 

                                                                             

                        Mengetahui                              ……………., 16 September 2019

                     Kepala Sekolah                                                Peneliti

 

 

 

 

                ……………………..                               ………………………

            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           

 

 

Mengetahui/Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

………………………….

NIP. …………………….

 

 

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN ......................... pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. siswa. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan Siklus II dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN ......................... yang berjumlah 21. Teknik pengumpulan data  dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi.  Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Data  yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi  dan tes dianalisis  ke dalam  bentuk  deskripsi. Hasil penelitian membuktikan penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan minat siswa menunjukkan perolehan pada studi awal 5 siswa atau 23,81, naik menjadi 15  siswa atau 71,43% pada siklus pertama, dan 95,24% atau 20 siswa pada siklus kedua. Hal tersebut didukung pula oleh hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi 58,10, naik menjadi 65,71 pada siklus pertama, dan  74,76  pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 3 siswa (14,29%) pada studi awal, meningkat menjadi  57,14% atau 12  siswa pada siklus pertama,  serta  19  siswa atau  90,48% pada siklus kedua dan secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN .........................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada pelajaran matematika materi himpunan.

 

Kata Kunci : diskusi, minat, hasil belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik. Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu  Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Pembelajaran Matematika Materi Himpunan menggunakan  Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas VII   SMP Negeri ....................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan …. Ke golongan ….. Peneliti mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini

Peneliti menyadari PTK yang peneliti susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat peneliti harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTK  di masa mendatang. Sebagai akhir kata, peneliti berharap dengan penyusunan PTK ini  bisa bermanfaat  untuk  mengevaluasi masalah yang peneliti hadapi dan mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan khususnya di SMPN ......................... Kecamatan .................. Kabupaten ..........................

 

 

…………..,      September 2019

 

Peneliti

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     5

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     5

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

 

BAB    II   LANDASAN TEORI

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   27

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   29

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   30

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   30

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   32

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   32

E.   Validasi Data...............................................................................   33

F.   Teknik Analisis Data....................................................................   34

G.  Prosedur Penelitian......................................................................   35

H.  Indikator Keberhasilan.................................................................   37

                                                                                                     

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   39

B.  Hasil Penelitian............................................................................   51

C.  Pembahasan Hasil Penelitian.......................................................   54

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   57

B.  Saran ...........................................................................................   58

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel                                                                                                           Halaman           

Tabel      4.1    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika pada Studi Awal                        40

Tabel      4.2 Rekapitulasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran Matematika pada Kondisi Awal           ........................................................................................... 41

Tabel      4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika pada Siklus I                  44

Tabel      4.4 Rekapitulasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran Matematika pada Siklus I                     45

Tabel      4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika pada Siklus II                 49

Tabel      4.6    Rekapitulasi Peningkatan Minat  Siswa Pembelajaran Matematika pada Siklus II                50

Tabel      4.7    Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika pada Studi Awal, Siklus I dan Siklus II...........................................................................         51

Tabel      4.8    Rekapitulasi Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika pada Studi Awal, Siklus I dan Siklus II...................................................         53

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar    2.1   Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas......................         28

Gambar    3.1  Alur PTK (Aqib, 2010:31).....................................................         31

Gambar    4.1   Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Hasil dan Ketuntasan Belajar pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran .............................................         52

Gambar    4.2   Diagram Batang Peningkatan Minat Siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran       ........................................................................................... 53

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

LAMPIRAN                                                                                                              

 

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I

Lampiran    4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II

Lampiran    5     Berkas Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    6     Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran    7     Daftar Hadir Siswa

Lampiran    8     Daftar Hadir Peneliti dan Observer

Lampiran    9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    10   Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II

 

 

BAB II

KAJIAN  PUSTAKA

A.     Kerangka Teori

1.    Pembelajaran Matematika

a.    Pengertian Pembelajaran Matematika

Matematika menurut riwayat dan perwujudannya adalah suatu pengetahuan, hal ini juga dapat dilihat dari asal-usul perkataan matematika itu sendiri. Istilah matematika berasal dari kata latin mathematica, yang semula diambil dari kata Yunani, mathematike yang berarti “relating to learning”, dari akar kata mathema yang berarti ilmu atau pengetahuan (science, knowledge) yang sebelumnya berhubungan erat dengan kata mathanein yang mengandung arti belajar (to learn). Jadi, berdasarkan asal-usulnya kata Matematika itu sendiri semula berarti pengetahuan yang diperoleh dari proses belajar (Gie, 1993: 5). Kemudian James dan James dalam (Suherman, 2003:16) mengatakan bahwa “Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dalam jumlah yang banyak ke dalam tiga bidang yaitu aljabar, geometri, dan analisis.”

Selanjutnya matematika akan diajarkan dijenjang persekolahan yaitu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang disebut dengan matematika sekolah. Soedjadi (2000: 37) mengemukakan bahwa matematika sekolah adalah unsur-unsur atau bagian-bagian dari matematika yang dipilih berdasarkan atau berorientasi pada kepentingan pendidikan dan perkembangan IPTEK. Matematika sekolah tetap memiliki ciri-ciri yang dimiliki oleh matematika yaitu objek kajian yang abstrak serta berpola pikir deduktif konsisten (Suherman, 2003: 54). Matematika sekolah merupakan bagian dari matematika sebagai ilmu yang dipilih atas dasar kepentingan pengembangan kemampuan berpikir dan kepribadian peserta didik serta kepentingan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perlu selalu dapat sejalan dengan tuntutan kepentingan peserta didik untuk menghadapi tantangan dan tuntutan kehidupan masa depan.

b.    Tujuan Pembelajaran Matematika

Menurut Pedoman Mata Pelajaran (PMP) Matematika Sekolah Menengah pertama / Madrasah Tsanawiyah sesuai dengan salinan lampiran 3 Peraturan mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 tahun 2015 tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah, tujuan pembelajaran Matematika agar peserta didik memiliki kemampuan sebagi berikut.

(1)   Memahami konsep Matematika, merupakan kopetensi dalam menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah.

(2)   Menggunakan pola sebagai dugaan dalam penyelesaian masalah, dan mampu membuat generalisasi berdasarkan fenomena atau data yang ada.

(3)   Menggunakan penalaran pada sifat, melakukan manipulasi Matematika baik dalam pemecahan masalah dalam konteks Matematika maupun di luar Matematika (kehidupan nyata, ilmu dan teknologi) .

(4)   Mengkomunikasikan gagasan, penalaran serta mampu menyusun bukti Matematika dengan menggunakan kalimat lengkap simbol, tabel, diagram,atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.

(5)   Memiliki sikap menghargai keguanaan Matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari Matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

Berdasarkan uaraian diatas dapat disimpulkan bahwa buku teks pelajaran yang baik harus memenuhi tujuan pembelajaran Matematika yang telah ditentukan oleh Depdiknas sehingga buku teks pelajaran tersebut layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

2.      Minat Belajar

Ada beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli tentang minat seperti halnya. Jersild dan Tasch dalam Nurkancana, W. & Sunartana (1986: 229) menekankan bahwa minat/interest menyangkut aktivitas-aktivitas yang dipilih secara bebas oleh individu. Sedangkan menurut Doyles Fryer dalam Nurkancana, W. & Sunartana (1986: 229) minat adalah gejala psikis yang berkaitan dengan objek/aktivitas yang menstimulir perasaan senang pada individu.

Lingkungan  sebagai  sumber  belajar  adalah  system  kondisional  yang mempengaruhi  tingkah  laku  individu  yang  dapat  membangkitkan  minat  siswa dalam belajarnya. Adapun pengertian mengenai minat antara lain : Minat  adalah  kecenderungan  hati  yang  tinggi  terhadap  sesuatu  (Kamus Besar Bahasa Indonesia 1989).  Pendapat lain menurut Sudjana (2010: 24) “ minat berasal  dari    pengalaman  yang  dilakukan  sesuatu  yang  menarik  akan mendatangkan  kesenangan  yang  sangat  besar  pengaruhnya  pada  diri  sendiri  sehinga timbul keingintahuan yang mendalam”.

Dari  pengertian  di atas  dapat  disimpulknan  bahwa  minat  adalah  keinginan yang tinggi dan kuat dari diri individu untuk melakukan sesuatu dan berguna bagi dirinya.  Sesuatu yang dilakukan  tentunya yang dapat menarik perhatian didinya, membuat  dirinya  senang,  melakukannya  mudah  dan  tidak  sulit  serta  pengaruh terhadap dirinya besar sekali.

Dalam  hal  ini    minat  dalam  belajar  berarti  siswa  merasa  tertarik  untuk dapat  mempelajari  bahan  pelajaran,  dia  akan  bersungguh-sungguh  perhatian terhadap  apa  yang  diberikan  oleh  guru,  rasa  ingin  tahunya  tinggi,    merasa penasaran  dengan  apa  yang  dipelajari  dan  dilihatnya.  Minat  akan  menjadikan suatu  tujuan  belajar  yang diharapkan  akan  tercapai.  Menurut  Purwanto  (1990:6) “menaruh  minat  dari  pengalaman yang dilakukan, timbul/berkembang minat mendatangkan kesenangan/keputusan. Minat sangat besar pengaruhnya dalam  kegiatan  proses  belajar  mengajar,  karena  kalau  pelajaran  tidak  menaruh minat siswa, maka tidak akan terjadi proses belajar dengan baik”.

Hilgard  mengemukakan  pendaptnya  bahwa  minat  adalah  Intersest  is  persisting tendency  to  pay  attention  to  end  enjoy  some  activity  or  content”.  Minat  adalah kecenderungan  yang  tetap  untuk  memperhatikan  dan  mengenang  beberapa  kegiatan (Slameto, 2003 : 57). Kegiatan  yang diminati seseorang, diperhatikan terus menerus yng disertai  dengan  rasa  senang.  Jadi  dalam  hal  ini  minat  sangat  berbeda  dengan  perhatian, karena  perhatian  sifatnya  sementara  (tidak  dlam  waktu  yang  lama)  dan  belum  diikuti dengan  perasaan  senang,  sedangkan  minat  selalu  diikuti  dengan  perasan  senang  dan  dari situ pula diperoleh kepuasaan. Suatu  minat  dapat  diekspresikan  melalui  suatu  pernyataan  yang  menunjukan bahwa siswa lebih menyukai suatu hal dari pada yang lainnya dapat pula dimanifestasikan melalui partisifasi dalam bentuk aktifitas. Siswa memiliki minat terhadap subjek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadp subjek tersebut. Karena pemusatan perhatian  yang intensif terhadap meteri pelajaran dapat memungkinkan siswa untuk belajar lebih giat dan akhirnya mencapai prestasi yang diinginkan.

Reber  yang  pendapatnya  dikutip  oleh  Muhibbin  Syah  (2004  :  136)  menyatakan bahwa  minat  banyak  dipengaruhi  oleh  faktor-faktor  internal  diantaranya  : pemusatan perhatian,  keingintahuan,  motivasi  dan  kebutuhan.  Siswa  yang  minat  terhadap  suatu pelajaran maka ia akan mempunyai pengetahuan yang luas tentang pelajaran tersebut.  Minat  belajar  seseorang  dapat  mempengaruhi  kualiltas  hasil  belajar,    karena  itu bila  bahan  pelajaran  yang  dipelajari  tidak  sesuai  dengan  minat  siswa,  siswa  tidak  akan belajar  dengan  baik  karena  siswa  tersebut  tidak  mempunyai  daya  tarik  untuk mempelajarinya. Siswa enggan untuk belajar karena ia tidak mendapatkan kepuasan dari pelajaran tersebut.

Walaupun minat atau interest didefinisikan secara berbeda-beda, tetapi minat senantiasa erat hubungannya dengan perasaan individu, objek, aktivitas dan situasi. Selain itu, minat sangat erat hubungannya dengan kebutuhan. Minat yang timbul dari kebutuhan anak-anak akan merupakan faktor pendorong bagi anak dalam melaksanakan usahanya.

Jadi, dapat dilihat bahwa minat sangat penting dalam pendidikan, sebab merupakan sumber dari usaha. Anak-anak tidak perlu mendapatkan dorongan dari luar, apabila pekerjaan yang dilakukannya cukup menarik minatnya.

 Hurlock (1993:18) menjelaskan bahwa minat adalah sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang ingin dilakukan ketika bebas memilih. Ketika seseorang menilai bahwa sesuatu akan bermanfaat, maka akan menjadi berminat, kemudian hal tersebut akan mendatangkan kepuasan. Ketika kepuasan menurun maka minatnya juga akan menurun. Sehingga minat tidak bersifat permanen, tetapi minat bersifat sementara atau dapat berubah-ubah. 

Crow & Crow (1984:64) menjabarkan bahwa minat dapat menunjukkan kemampuan untuk memperhatikan seseorang, Sesuatu barang atau kegiatan atau sesuatu yang dapat memberi pengaruh terhadap pengalaman yang telah distimuli oleh kegiatan itu sendiri. Minat dapat menjadi sebab sesuatu kegiatan dan hasil dari turut sertanya dalam kegiatan tersebut. Lebih lanjut, Crow and Crow menyebutkan bahwa minat mempunyai hubungan yang erat dengan dorongan-dorongan, motif-motif dan respon-respon emosional.  Hal senada juga dikemukakan oleh Suryabrata (2003 :78) bahwa suatu aktivitas akan dilakukan atau tidak sangat tergantung sekali oleh minat seseorang terhadap aktivitas tersebut, disini nampak bahwa minat merupakan motivator yang kuat untuk melakukan suatu aktivitas. Aiken ( dalam Catharina: 2004) mengungkapkan definisi minat sebagai kesukaan terhadap kegiatan melebihi kegiatan lainnya. Ini berarti minat berhubungan dengan nilai-nilai yang membuat seseorang mempunyai pilihan dalam hidupnya. Minat berfungsi sebagai daya penggerak yang mengarahkan seseorang melakukan kegiatan tertentu yang spesifik, lebih jauh lagi minat mempunyai karakteristik pokok yaitu melakukan kegiatan yang dipilih sendiri dan menyenangkan sehingga dapat membentuk suatu kebiasaan dalam diri seseorang.

3.      Hasil belajar

a.       Pengertian Hasil Pembelajaran

Pembelajaran  adalah  suatu  kegiatan  yang  dilakukan  secara  sadar  dan sengaja,  maka  pembelajaran  itu  bertujuan  membantu  siswa  agar  memperoleh berbagai  pengalaman  dan  dengan  pengalaman  itu  tingkah  laku  siswa  bertambah, baik  kuantitas  maupun  kualitas.  Tingkah  laku  yang  dimaksud  meliputi pengetahuan, ketrampilan dan nilai atau norma yang berfungsi sebagai pengendali sikap dan perilaku siswa. Tujuan-tujuan  belajar  diusahakan  untuk  dicapai  dalam  proses  atau kegiatan  belajar  pembelajaran.  Tujuan  pembelajaran  adalah  tujuan  yang menggambarkan  pengetahuan,  kemampuan  ketrampilan  dan  sikap  siswa  akibat dari hasil belajar yang telah dilakukan siswa (Arikunto, 2002: 132). Tujuan  pembelajaran  erat  kaitannya  dengan  hasil  belajar  yang  dicapai siswa.  Hasil  belajar  merupakan  refleksi  dari  tujuan  belajar  yang  ditetapkan  oleh guru dalam kurikulum yang dibuatnya.

Hasil belajar adalah perubahan perilaku baik berupa perilaku baik berupa pengetahuan, keterampilan, atau sikap sebagai hasil dari proses belajar. Dalam pedoman pelaksanaan Kurikulum SMP/MTs (1995:69) disebutkan bahwa Pencapaian Hasil Belajar adalah informasi tentang pengetahuan, sikap dan perilaku serta keterampilan yang dicapai oleh siswa setelah berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar selama kurun waktu tertentu.

Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Proses penilaian terhadap hasil belajar dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan-tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Selanjutnya dari informasi tersebut guru dapat menyusun dan membina kegiatan-kegiatan siswa lebih lanjut, baik untuk keseluruhan kelas maupun individu.

b.      Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar 

Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor  dari  dalam  diri  siswa  dan  faktor  dari  luar  diri  siswa  (Sudjana, 1989:39). Dari pendapat ini faktor yang dimaksud adalah faktor dalam diri siswa perubahan kemampuan yang dimilikinya. Hasil  belajar  siswa  disekolah 70  %  dipengaruhi  oleh   kemampuan  siswa  dan  30  %  dipengaruhi  oleh lingkungan”  (Demikian  juga  faktor  dari  luar  diri  siswa  yakni  “lingkungan  yang  paling  dominan  berupa  kualitas  pembelajaran” (Sudjana,2002:39).  “Belajar   adalah  suatu  perubahan  perilaku,  akibat interaksi dengan lingkungannya. Perubahan perilaku dalam proses  belajar  terjadi  akibat  dari  interaksi  dengan  lingkungan.  Interaksi biasanya  berlangsung  secara  sengaja.  Dengan  demikian  belajar  dikatakan berhasil apabila terjadi perubahan dalam diri individu. Sebaliknya apabila terjadi  perubahan  dalam  diri  individu  maka  belajar  tidak  dikatakan berhasil. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kamampuan siswa dan kualitas pengajaran.  Kualitas  pengajaran  yang  dimaksud  adalah  profesional  yang dimilikioleh guru. Artinya kemampuan dasar guru baik di bidang kognitif(intelektual),  bidang  sikap  (afektif)  dan  bidang  perilaku  (psikomotorik).

Dari beberapa pendapat di atas, maka hasil belajar siswa dipengaruhi olehdua  faktor  dari  dalam  individu  siswa  berupa  kemampuan  personal (internal)  dan  faktor  dari  luar  diri  siswa  yakni  lingkungan.  Dengandemikian  hasil  belajar  adalah  sesuatu  yang  dicapai  atau  diperoleh  siswaberkat adanya usaha atau fikiran yang mana hal tersebut dinyatakan dalambentuk penguasaan, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai aspek kehidupan sehingga nampak pada diri indivdu penggunaanpenilaian terhadap sikap, pengetahuan dan kecakapan dasar  yang terdapatdalam  berbagai  aspek  kehidupan  sehingga  nampak  pada  diri  individuperubahan tingkah laku secara kuantitatif. 

Hasil belajar dibagi menjadi tiga macam hasil belajar yaitu : (a). Keterampilan dan kebiasaan; (b). Pengetahuan dan pengertian; (c). Sikap dan cita-cita, yang masing-masing golongan dapat diisi dengan bahan yang ada pada kurikulum sekolah, (Nana Sudjana, 2004:22). Faktor-faktor yang mempengaruhi Hasil belajar yaitu :

a.   Faktor Internal (dari dalam individu yang belajar).

Faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar ini lebih ditekankan pada faktor dari dalam individu yang belajar. Adapun faktor yang mempengaruhi kegiatan tersebut adalah faktor psikologis, antara lain yaitu : motivasi, perhatian, pengamatan, tanggapan dan lain sebagainya.

b.   Faktor Eksternal (dari luar individu yang belajar).

Pencapaian tujuan belajar perlu diciptakan adanya sistem lingkungan belajar yang kondusif. Hal ini akan berkaitan dengan faktor dari luar siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi adalah mendapatkan pengetahuan, penanaman konsep dan keterampilan, dan pembentukan sikap.

Hasil belajar yang diperoleh siswa adalah sebagai akibat dari proses belajar yang dilakukan oleh siswa, harus semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa. Proses belajar merupakan penunjang hasil belajar yang dicapai siswa, (Nana Sudjana, 1989:111)

4.      Metode Pembelajaran

Kata  metode  berasal  dari  bahasa  Latin  yaitu”methodo  yang  berarti  ”jalan”. Dengan  demikian  metode  erat  hubungannya  dengan  pemilihan  jalan,  arah  atau  pola dalam berbuat sesuatu untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan mengajar dapat diartikan sebagai suatu proses membawa anak didik dari suatu tingkat kecakapan tertentu ke  tingkat  kecakapan  yang  menjadi  tujuan  pendidikan.  Dengan  demikan  metode mengajar  adalah  metode  yang  dipergunakan  oleh  seorang  pengajar  untuk  membawa anak didiknya ke tujuan pengajarannya (E. Kusmana, 2004:1).

Seperangkat  pengetahuan  dan  pengalamannya  mempersiapkan  program pembelajaran  dengan  baik  dan  sistematis.  Usaha  tersebut  dimaksudkan  agar  anak didiknya  memiliki  kecakapan,  pengetahuan,  dan  kepribadian  yang  dilakukan  oleh guru  di  sekolah  dengan  menggunakan  cara-cara  tertentu.  Cara-cara  yang  ditempuh oleh guru itulah yang disebut sebagai metode pembelajaran.

Sudjana (2001 : 8) berpendapat bahwa : “Metode  pembelajaran  dapat  berarti    upaya  yang  sistemik  dan  disengaja oleh  pendidik  untuk  menciptakan  kondisi-kondisi  agar  peserta  didik  melakukan kegiatan  belajar,  dalam  kegiatan  ini  terjadi  interaksi  edukatif  antar  kedua  pihak yaitu  antar  peserta  didik  yang  melakukan  kegiatan  belajar  dengan  pendidik  yang melakukan kegiatan mengajar”

 Pembelajaran  di  kelas  akan  tercapai  dengan  baik  apabila  kita  mampu menentukan  metode  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  materi  pembelajaran. Penentuan  metode  pembelajaran  adalah  hal  pertama  yang  harus  dilakukan, sehingga  sasaran  yang  diharapkan  dapat  tercapai  atau  terlaksana  dengan  baik. Karena metode atau cara pendekatan  yang dalam fungsinya  yang merupakan alat untuk mencapai tujuan. Dengan demikian jika pengetahuan tentang metode dapat diklasifikasikannya  dengan  tepat  maka  sasaran  untuk  mencapai  tujuan  akan semakin efektif dan efisien.

Metode  mengajar  yang  diterapkan  dalam  suatu  pengajaran  dikatakan efektif  bila  menghasilkan  sesuatu  sesuai  yang  diharapkan  atau  dapat  dikatakan tujuan  telah  tercapai,  bila  semakin  tinggi  kekuatannya  untuk  menghasilkan sesuatu  semakin  efektif  pula  metode  tersebut.  Sedangkan  metode  mengajar dikatakan efisien jika penerapannya dalam menghasilkan sesuatu yang diharapkan itu  relatif  menggunakan  tenaga,  usaha  pengeluaran  biaya  dan  waktu  minimum, semakin  kecil  tenaga,  usaha,  biaya  dan  waktu  yang  dikeluarkan  maka  semakin efisien metode tersebut.

Metode  atau  cara  yang  diharapkan  dapat  terlaksana  dengan  baik,  jika materi  yang  diajarkan  dirancang  terlebih  dahulu.  Dengan  kata  lain  bahwa  untuk menerapkan  suatu  metode  atau  cara  dalam  pembelajaran  matematika  sebelum  menyusun strategi belajar  mengajar,  dan  akhirnya  dapat  dipilih  alat  peraga  atau  media pembelajaran sebagai pendukung materi pelajaran  yang akan diajarkan.

5.      Diskusi Kelompok

Metode  diskusi  adalah  salah  satu  metode  pembelajaran  agar  siswa  dapat berbagi pengetahuan, pandangan, dan keterampilan. (Sumiati, 141, 2008). Tujuan dari  metode  diskusi  adalah  untuk  mengeksplorasi  pendapat  atau  pandangan  yang berbeda dan untuk mengidentifikasi berbagai kemungkinan. Pembelajaran  diskusi  kelompok  adalah  suatu  pembelajaran  teman  sebaya dimana  siswa  bekerja  dalam  kelompok  yang  mempunyai  tanggung  jawab individual maupun kelompok terhadap ketuntasan tugas-tugas. Pada pembelajaran diskusi  kelompok,  siswa  ditempatkan  pada  kelompok-kelompok  diskusi  dan tinggal  bersama  sebagai  satu  kelompok  untuk  beberapa  minggu  atau  bulan. Mereka  berlatih  ketrampilan-ketrampilan  untuk  bekerja  sama  dengan  baik, membantu teman dalam kelompoknya masing-masing (Suradi, 2004).

Menurut  pendapat  Mulyasa  E  (2008:  116-117),  diskusi  adalah percakapan  ilmiah  yang  responsif    berisikan  pertukaran  pendapat  yang  dijalin dengan  pertanyaan-pertanyaan  problematik  pemunculan  ide-ide  dan  pengujian ide-ide ataupun pendapat dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam kelompok  itu  yang  diarahkan  untuk  memperoleh  pemecahan  masalahnya  dan untuk  mencari  kebenaran.  Pengertian  lain  metode  diskusi  adalah  suatu  cara penyajian  bahan  pelajaran  diman  guru  memberi    kesempatan  pada  anak  didik untuk  mengadakan  pembicaraan  ilmiah  guna  mengumpulkan  pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan masalah. 

Adapun  ciri-ciri  dari  penggunaan  model  pembelajaran  diskusi  kelompok adalah sebagai berikut: 

a.       Siswa  bekerja  dalam  kelompok  secara  diskusi  kelompok  untuk  menuntaskan materi belajarnya. 

b.      Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. 

c.       Bilamana  mungkin,  anggota  kelompok  berasal  dari  ras,  budaya,  suku,  jenis kelamin yang berbeda-beda. 

Diskusi kelompok dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan penting,  yaitu  hasil  belajar  akademik,  penerimaan  terhadap  keragaman  dan pengembangan ketrampilan sosial (Fida Rachmadiati: 2003: 7).  Terdapat  enam  langkah  utama  atau  tahapan  di  dalam  pelajaran  yang menggunakan pembelajaran kooperatif, yaitu: 

a.       Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.

Pelajaran  dimulai  dengan  guru  menyampaikan  pelajaran  dan  memotivasi siswa untuk belajar. 

b.      Menyajikan informasi 

Fase  ini  diikuti  oleh  penyajian  informasi,  seringkali  dengan  bahan  bacaan daripada secara verbal. 

c.       Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar. 

Guru  menjelaskan  kepada  siswa  bagaimana  caranya  membentuk  kelompok belajar dan membantu setiap kelompok melakukan transisi secara efisien. 

d.      Membimbing kelompok bekerja dan belajar 

Guru  membimbing  kelompok-kelompok  belajar  pada  saat  mereka mengerjakan tugas mereka. 

e.       Evaluasi  Pada  tahap  ini  pembelajaran 

Diskusi  kelompok meliputi  presentasi hasil akhir kerja kelompok atau evaluasi tentang apa yang mereka pelajari. 

f.       Memberi penghargaan 

Pada tahap  akhir  guru memberi penghargaan terhadap usaha-usaha dan hasil belajar kelompok maupun individu. 

Pembelajaran  diskusi  kelompok  memberikan  kesempatan  kepada  anak didik untuk bekerjasama dengan sesama dalam tugas-tugas  yang terstruktur (Lie, 2002:17).  Setiap  anggota  kelompok  bertanggung  jawab  tidak  hanya  untuk mempelajari konsep yang diajarkan, tetapi juga untuk bekerjasama dalam belajar. Keberhasilan individu dalam belajar diorientasikan oleh keberhasilan kelompok.  Jadi sistem pengajaran diskusi kelompok bisa didefinisikan sebagai sistem kerja/belajar  kelompok  yang  terstruktur.  Yang  termasuk  dalam  struktur  ini  ada lima  unsur  pokok  (Johnson&Johnson,  1993),  yaitu  saling  ketergantungan  yang positif,  tanggung  jawab  individual,  interaksi  personal,  keahlian  kerjasama  dan proses kelompok. 

Terdapat  beberapa  variasi  dari  model  pembelajaran  diskusi  kelompok adalah salah satunya. Di dalam pembelajaran ini, siswa bekerja dalam kelompok-kelompok  kecil  menggunakan  inkuiri  Diskusi  kelompok(pembelajaran  Diskusi kelompok bercirikan penemuan), diskusi kelompok dan perencanaan kooperatif. 

Dalam  metode  ini,  siswa  tergabung  dalam  kelompok-kelompok  yang terdiri  dari  empat  sampai  enam  anggota.  Setelah  memilih  subtopik  dari  sebuah topik  yang sedang dipelajari seluruh kelas, kelompok-kelompok itu memecahkan  subtopik mereka. Setiap kelompok kemudian membuat presentasi/peragaan untuk mengkomunikasikan temuanya kepada seluruh kelas. 

Guru  yang  menggunakan  diskusi  kelompok  memiliki  sedikitnya  tiga tujuan,  yaitu:  (1).  Diskusi    Kelompok  membantu  siswa  belajar  bagaimana menyelidiki  suatu  topik  secara  sistematis  dan  analitis  (proses  inkuiri),  (2). Pemahaman  yang  mendalam  atas  suatu  materi,  (3).  Diskusi  belajar  bagaimana bekerjasama dalam memecahkan suatu masalah. 

Menurut  Sharan  dkk.(1984),  terdapat  enam  tahapan  Diskusi    Kelompok yaitu sebagai berikut: 

a.       Pemilihan topik 

Siswa  memilih  subtopik  dari  topik  yang  dipelajari,  yang  biasanya ditetapkan  oleh  guru.  Dalam  hal  ini  siswa  memilih  lembar  kegiatan yang disediakan oleh guru. Selanjutnya siswa diorganisasikan menjadi empat  sampai  enam  anggota  tiap  kelompok  menjadi  kelompok-kelompok  yang  berorientasi  tugas.  Komposisi  kelompok  hendaknya heterogen secara akademis maupun etnis. 

b.      Perencanaan Diskusi kelompok

Siswa  dan  guru  merencanakan  prosedur  pembelajaran,  tugas  dan tujuan khusus tentang subtopik yang telah dipilih pada tahap pertama. 

c.       Implementasi 

Siswa  menerapkan  rencana  yang  telah  mereka  kembangkan  didalam tahap  kedua.  Kegiatan  pembelajaran  hendaknya  melibatkan  ragam aktivitas dan ketrampilan yang luas dan hendaknya mengarahkan siswa kepada  jenis-jenis  sumber  belajar  yang  berbeda  baik  didalam  maupun diluar  sekolah.  Guru  secara  ketat  mengikuti  kemajuan  tiap  kelompok dan menawarkan bantuan bila diperlukan. 

d.      Analisis dan sintesis 

Siswa  menganalisis  dan  mengevaluasi  informasi  yang  diperoleh  pada tahap  ketiga  dan  merencanakan  bagaimana  informasi  tersebut diringkas  dan  disajikan  sebagai  bahan  untuk  dipresentasikan  kepada seluruh kelas. 

e.       Presentasi hasil final 

Beberapa kelompok menyajikan hasil penyelidikannya kepada seluruh kelas, dengan tujuan agar siswa yang lain terlibat satu sama lain dalam pekerjaan mereka dan memperoleh perspektif luas pada topik itu. 

f.       Evaluasi 

Siswa dan guru mengevaluasi tiap konstibusi kelompok terhadap kerja kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi yang dilakukan dapat berupa penilaian individual atau kelompok. 

Menurut  pendapat  Mulyasa  E  (2008:  116-117),  diskusi  adalah percakapan  ilmiah  yang  responsif    berisikan  pertukaran  pendapat  yang  dijalin dengan  pertanyaan-pertanyaan  problematik  pemunculan  ide-ide  dan  pengujian ide-ide ataupun pendapat dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam kelompok  itu  yang  diarahkan  untuk  memperoleh  pemecahan  masalahnya  dan untuk  mencari  kebenaran.  Pengertian  lain  metode  diskusi  adalah  suatu  cara penyajian  bahan  pelajaran  diman  guru  memberi    kesempatan  pada  anak  didik untuk  mengadakan  pembicaraan  ilmiah  guna  mengumpulkan  pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan masalah.  Guru harusnya memanfaatkan metode ini sebagai proses yang melibatkan dua  individu  atau  lebih,  berintegrasi  secara  verbal  dan  saling  berhadapan  dan bertukar informasi, saling mempertahankan pendapat dan memecahkan sebuah masalah  tertentu  agar  menjadi  masalah  bersama  dan  tanggung  jawab  bersama pula.  Dalam  diskusi  selalu  ada  suatu  pokok  yang  akan  dibicarakan.  Dalam percakapan  itu  diharapkan  para  pembicara  tidak  menyimpang  dari  pokok pembicaraan.  Dalam  diskusi,  semua  anggota  turut  berpikir  dan  diperlukan disiplin yang ketat.

Skinner (dalam Raharjo, 1989 : 57)  berpendapat bahwa belajar adalah suatu perubahan tingkah laku atau perilaku. Artinya pada saat orang belajar ditemukan hal-hal sebagai berikut : kesempatan terjadinya peristiwa yang menimbulkan respons pembelajaran. Hopkins (1993:21) mengatakan bahwa “sekolah yang mendorong terjadinya inovasi pada diri para guru telah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan untuk para siswanya”.

  Diskusi  kelompok  adalah  suatu  proses  yang  teratur  dan  melibatkan sekelompok  orang  dalam  berinteraksi  tatap  muka  untuk  mengambil  kesimpulan dan  memecahkan  masalah  (Mulyasa  E,  2008:  89).  Hal  yang  diperhatikan  dalam membimbing diskusi kelompok adalah sebagai berikut (1) memusatkan perhatian peserta didik pada tujuan dan topik diskusi, (2) memperluas masalah atau urunan pendapat, (3) menganalisis pandangan peserta didik, (4) meningkatkan partisipasi peserta  didik,  (5)  menyebarkan  kesempatan  berpartisipasi,  dan  (6)  menutup diskusi. 

Kelemahan dan kelebihan metode diskusi secara terperinci sebagai berikut :

a.       Pendapat serta  pertanyaan siswa dapat menyimpang dari   pokok persoalan

b.      Kesulitan dalam menyimpulkan  sering menyebabkan tidak ada    penyelesaian

c.       Membutuhkan waktu cukup banyak  

d.      Siswa belajar bermusyawarah

e.       Siswa mendapat kesempatan untuk menguji tingkat pengetahuan masing-masing

f.       Belajar menghargai orang  lain

g.      Mengembangkan cara ber pikir dan sikap ilmiah 

Martinis Yamin (2007 : 158) mengemukakan pendapatnya bahwa metode diskusi kelompok merupakan interaksi antara siswa dan siswa atau siswa dengan guru untuk menganalisis, memecahkan masalah, menggali atau memperdebatkan topik atau permasalahan tertentu.

Metode diskusi kelompok ini digunakan oleh guru, pelatih, dan instruktur bila;

a.   Menyediakan bahan, topik, atau masalah yang akan didiskusikan,

b.   Menyebutkan pokok-pokok masalah yang akan dibahas atau memberikan studi khusus kepada siswa sebelum menyelenggarakan diskusi,

c.   Menugaskan siswa untuk menjelaskan, menganalisis, dan meringkas,

d.   Membimbing diskusi, tidak memberi ceramah,

e.   Sabar terhadap kelompok yang lamban dalam mendiskusikannya,

f.    Waspada terhadap kelompok yang tampak kebingungan atau berjalan dengan tidak menentu,

g.   Melatih siswa dalam menghargai pendapat orang lain.

Metode diskusi ini tepat digunakan bila;

a.   Siswa berada di tahap menengah atau tahap akhir prores belajar,

b.   Pelajaran formal atau magang,

c.   Perluasan pengetahuan yang telah dikuasai siswa,

d.   Belajar mengidentifikasi dan memecahkan masalah serta mengambil keputusan,

e. Membiasakan siswa berhadapan dengan berbagai pendekatan, interpretasi, dan kepribadian,

f.    Menghadapi masalah secara berkelompok,

6.      Manfaat Diskusi Kelompok

Metode  diskusi  berfungsi  untuk  merangsang  siswa  berpikir  kritis,  kreatif dan  demokrasi  untuk  memecahkan  masalah  dengan  multistrategi  dimana  harus memerlukan wawasan untuk mampu mencari jalan terbaik. Menurut Mulyasa, E (2008: 90) Melalui diskusi kelompok memungkinkan peserta didik  untuk:

a.       Berbagi informasi dan pemahaman dalam pemecahan suatu masalah.

b.      Meningkatkan  pemahaman  terhadap  masalah  yang  penting  dalam

c.       pembelajaran.

d.      Meningkatkan keterlibatan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

e.       Mengembangkan kemampuan berpikir dan berkomunikasi.

f.       Membina  kerjasama  yang  sehat  dalam  kelompok  yang  kohesif  dan

g.      bertanggung jawab. 

Diskusi kelompok merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang paling sering digunakan. Diskusi kelompok memiliki karateristik antara lain:

a.       Melibatkan sekitar 3 sampai 5 orang peserta dalam setiap kelompok.

b.      Berlangsung  secara  informal,  sehingga  setiap  anggota  dapat

c.       berkomunikasi langsung dengan anggota lain.

d.      Memiliki tujuan yang dicapai dengan kerja sama antar anggota kelompok.

e.       Berlangsung secara sistematis.

7.      Langkah-langkah Diskusi

Untuk  menyukseskan  jalannya  diskusi  kelompok,  terdapat  beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh pemimpin diskusi sebagai berikut:

a.       Memusatkan perhatian, yang dapat dilakukan dengan cara (a) merumuskan tujuan diskusi secara jelas, (b) merumuskan kembali masalah, jika terjadi penyimpangan,  (c)  menandai  hal-hal  yang  tidak  relevan  dengan  topik diskusi (d) merangkum hasil pembicaraan.

b.      Memperjelas  masalah  atau  urunan  pendapat  melalui  (a)  menguraikan kembali  dan  merangkum  pendapat  peserta,  (b)  mengajukan  pertanyaan kepada seluruh anggota kelompok tentang pendapat setiap anggota.

c.       Menguraikan setiap gagasan anggota kelompok.

d.      Meningkatkan  urunan  peserta  didik  dengan  cara:  (a)  mengajukan pertanyaan  kunci  yang  menantang,  (b)  memberi  contoh  secara  tepat,  (c) menghangatkan suasana dengan pertanyaan yang mengundang perbedaan pendapat,  (d)  memberikan  waktu  berfikir,  (e)  mendengarkan  dengan penuh perhatian.

e.       Menyebarkan kesempatan berpartisipasi, melalui (a) memancing pendapat peserta  yang  tidak  berpartisipasi,  (b)  memberikan  kesempatan  pertama untuk  peserta  yang    kurang  berpartisipasi,  (c)  mencegah  terjadinya monopoli pembicaraan, (d) mendorong peserta didik untuk mengomentari pendapat  temannya,  (e)  meminta  pendapat  peserta  didik  ketika  terjadi kebuntuan.

f.       Menutup  kegiatan  diskusi  dengan  cara  (a)  merangkum  hasil  diskusi,  (b) tindak  lanjut,  (c)  menilai  proses  diskusi  yang  telah  dilakukan  Beberapa hal yang perlu dipersiapkan guru agar diskusi kelompok dapat digunakan secara  efektif  dalam  pembelajaran  adalah  (a)  topik  yang  sesuai,  (b) pembentukan  kelompok  secara  tepat,  (c)  pengaturan  tempat  duduk  yang memungkinkan semua peserta didik dapat berpartisipasi secara aktif.

Agar proses pembelajaran dengan metode diskusi dapat berjalan dengan lancar dan  menghasilkan  tujuan  belajar  secara  efektif,  perlu  diperhatikan  langkah-langkah berikut (Mulyasa E, 2008: 116-117):

a.       Merumuskan tujuan dan masalah yang akan dijadikan topik diskusi.

b.      Menyiapkan  sarana  dan  prasarana,  serta  peranan  peserta  didik  sesuai          dengan diskusi yang akan dilakukan.

c.       Memberi  pengarahan  kepada  peserta  didik  secukupnya  agar  melibatkan  diri secara aktif dalam kegiatan diskusi.

d.      Menciptakan  suasana  yang  kondusif  sehingga  peserta  didik  dapat mengemukakan  pendapat  secara  bebas  untuk  memecahkan  masalah  yang didiskusikan.

e.       Memberikan kesempatan kepada peserta didik secara merata agar diskusi tidak didominasi oleh beberapa orang saja.

f.       Menyesuaikan penyelenggaraan diskusi dengan waktu yang tersedia.

g.      Menyadari  peranan  guru  sebagai  fasilitator,  pengawas,  pembimbing,  maupun sebagai evaluator jalannya diskusi.

h.      Mengakhiri  diskusi  dengan  mengambil  kesimpulan  dari  hasil  yag  telah dibicarakan.  Kesimpulan  sebaiknya  dilakukan  oleh  peserta  didik  di  bawah bimbingan guru. 

B.         Kerangka Pikir

Di lapangan  penyajian  materi  matematika  hampir  selalu  disajikan  secara ceramah, dan berorientasi pada buku, Jadi siswa kurang aktif di kelas, sehingga kegiatan  belajar  mengajar  di kelas  menjadi  sangat  membosankan,  terhadap materi  yang  diajarkan,  sehingga  prestasi  belajar  pada  mata  pelajaran matematika masih rendah  dibandingkan  dengan mata pelajaran yang lain. Masalah  tersebut  dilatarbelakangi  karena  kurangnya  alat  peraga di sekolah  atau  media  pembelajaran  matematika. Kenyataan  di  lapangan walaupun ada  alat  peraga  atau  media  pembelajaran matematika kurang  dimanfaatkan  atau mungkin  kurang  bisa  menyajikan  sehingga  pembelajaran  matematika  kurang bermakna, atau bosan dan tidak menarik terutama di kelas VII.  

Untuk  mengatasi  masalah  yang  terjadi  maka  yang  paling  tepat  untuk menjadi  media  pembelajaran  adalah  dengan  menggunakan  metode  diskusi. Metode  diskusi  adalah  metode  yang  menghadapkan  siswa  pada  situasi. Permasalahan  dan  tujuan  metode  ini  adalah  untuk  memecahkan  suatu permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan siswa,  serta  untuk  membuat  suatu  keputusan karena pelaksanaan diskusi  lebih bersifat  bertukar  pengalaman  untuk  menentukan  keputusan  tertentu  secara bersama sama.

Penggunaan metode yang bervariasi siswa dapat berinteraksi dan dapat mengerti penjelasan dari guru guna meningkatkan motivasi belajar siswa, mempermudah siswa dalam memahami materi, dan diskusi kelompok siswa dituntut untuk belajar dalam kelompok-kelompok kecil, saling bekerja sama dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan materi pelajaran. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menjelaskan materi yang diajarkan serta menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Guru juga membantu siswa dalam mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar, mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah. Siswa dibantu untuk memcahkan merencanakan menyiapkan laporan dan berbagi tugas dengan temannya berdasarkan kegiatan yang dilakukan. Setelah itu dipresentasikan berdasarkan laporan yang telah dibuat. Dari presentasi tersebut, guru beserta siswa dapat melakukan refleksi atau evaluasi terhadap kegiatan dan proses-proses yang telah dilakukan.

Dalam bentuk bagan, kerangka pikir pelaksanaan kegiatan perbaikan pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok sebagaimana gambar di bawah ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.1. Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas

 

 

 

C.     Hipotesis Tindakan

Berdasarkan kajian teori dan kerangka pikir di atas, hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah  diduga minat dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN .........................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada pembelajaran matematika materi himpunan  akan meningkat setelah dalam pembelajaran menerapkan metode diskusi kelompok.

 

 

 Untuk mendapatkan file lengkap...............   silahkan klik disini