Loggo
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA
SISWA KELAS 7B SMP NEGERI ........................... SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Diajukan untuk Memenuhi
Syarat Kenaikan Pangkat golongan ........ ke ......
Unsur Pengembangan Profesi Guru
........................................................
NIP. ...................
SMP NEGERI ...................
Jl. …………………… Kecamatan ..................., Kabupaten ...................
Provinsi ...................
2021
LEMBAR PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Aritmatika Sosial menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Siswa Kelas 7B SMP Negeri ........................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021
b. Bidang Ilmu : Matematika
c. Kategori Penelitian : Teknik Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
2. Ketua Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ..................................................
b. NIP : ..................................................
c. Pangkat / Golongan : ……………………………….
d. Jabatan : Guru
e. Instansi : SMP Negeri ...................
f. Tempat Penelitian : SMP Negeri ...................
3. Lama Penelitian : 3 bulan (Bulan Januari 2021 sampai dengan Bulan Maret 2021)
4. Sumber Biaya : Swadaya
Mengetahui ..................., 15 Maret 2021
Kepala Sekolah Peneliti
……………………… ...................
NIP. …………………. NIP. ...................
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
……………………………
NIP. ……………………
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar matematika materi aritmatika sosial siswa kelas 7B SMPN …………… melalui penggunaan aplikasi Google Classroom. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar tes hasil belajar. Teknik analisa data menggunakan teknik desktiptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7B SMP Negeri ................... Hasil penelitian ini menunjukkan melalui penggunaan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 55,00 pada kondisi awal, menjadi 66,88 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 78,44 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 10 orang siswa (31,25%) pada kondisi awal, menjadi 53,46% atau 17 siswa, dan pada siklus terakhir menjadi 87,50% atau 28 siswa. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika materi aritmatika sosial siswa kelas 7B SMPN …………… Dari penjelasan di atas indikator keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua, sehingga pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan selesai dan tuntas pada siklus kedua.
Kata kunci : hasil belajar, google classroom
KATA PENGANTAR
Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada peneliti sehingga peneliti menyelesaikan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) di SMP Negeri ................... Kabupaten ................... dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Aritmatika Sosial menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Siswa Kelas 7B SMP Negeri ........................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021”, yang Alhamdulillah tepat pada waktunya. Penelitian disusun dalam rangka memenuhi penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan III/c ke III/d.
Pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini. Akhir kata, peneliti sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan penelitian ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.
..................., Maret 2021
Peneliti
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .............................................................. 1
B. Identifikasi Masalah .................................................................... 4
C. Rumusan Masalah ....................................................................... 4
D. Tujuan Penelitian ......................................................................... 4
E. Manfaat Penelitian ...................................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori................................................................................. 6
B. Kerangka Pikir Penelitian............................................................ 19
C. Hipotesis Tindakan...................................................................... 21
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian......................................................................... 22
B. Metode dan Rancangan Penelitian ............................................. 23
C. Subjek Penelitian.......................................................................... 25
D. Teknik dan Pengumpulan Data ................................................... 25
E. Validasi Data............................................................................... 26
F. Analisis Data................................................................................ 26
G. Prosedur Penelitian...................................................................... 27
H. Indikator dan Kriteria Keberhasilan............................................ 31
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 32
B. Hasil Penelitian............................................................................ 41
C. Pembahasan................................................................................. 43
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ..................................................................................... 46
B. Saran ........................................................................................... 46
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 2.1 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Materi Aritmatika Sosial 10
Tabel 4.1 Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal........................... 33
Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siklus Pertama.......................... 36
Tabel 4.3 Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siklus Kedua............................ 40
Tabel 4.4 Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II ..................................................................................................... 42
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas........................ 20
Gambar 3.1 Model PTK (pengembangan) (Sarwiji Suwardi, 2008: 35)...... 24
Gambar 4.1 Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II ............................................................................................... 42
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran 1 : Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 : Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran 4 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran 5 : Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 6 :
Lampiran 7 : Data Hasil Tes Formatif Pembelajaran Matematika Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 8 : Daftar Nilai Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 9 : Lembar Observasi Kegiatan Guru Dalam Proses Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 10 : Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 11 : Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika merupakan ilmu yang sangat penting dan dipelajari mulai dari sekolah dasar (SD) sampai dengan sekolah menengah atas (SMA). Sedangakan pendidikan merupakan satu hal penting yang menentukan perkembangan suatu bangsa, maka untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, diperlukan modal dari hasil pendidikan itu sendiri. Pembelajaran matematika juga memiliki sifat yang abstrak, pemahaman konsep yang benar sangat penting karena untuk memahami konsep matematika yang baru diperlukan prasyarat pemahaman terhadap konsep tersebut.
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika cukup menyulitkan siswa dan guru saat pandemi Covid-19, apalagi siswa harus belajar dari rumah. Belajar jarak jauh di rumah berarti orang tua memiliki peran penting untuk memantau kegiatan anak di rumah selama sekolah diliburkan di Era Covid-19 ini, apalagi kalau siswa diajak belajaran matematika melalui Daring (dalam jaringan). Sudah saatnya guru meninggalkan proses pembelajaran yang mengutamakan hapalan atau menemukan satu jawaban soal yang benar, metode pembelajaran era globalisasi saat ini, pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan untuk pengembangan media dan multimedia pembelajaran matematika.
Guru sebagai tenaga professional pendidikan memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Guru harus mampu untuk menjelaskan pengetahuan yang dimiliki kepada siswanya melalui pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan dan model-model pengajaran yang sesuai dengan pokok bahasan dan tingkat kognitif siswa. Selain itu, guru juga harus memperhatikan bahwa siswa adalah peserta didik yang harus diikutsertakan secara aktif dalam proses belajar mengajar sehingga materi yang diajarkan lebih bermakna bagi siswa dan tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai (Dimyati dan Mudjiono, 2012 : 20).
Pemilihan pendekatan atau strategi pembelajaran yang akan digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar dapat mempengaruhi minat dan motivasi siswa untuk belajar. Selain itu, juga dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi ataupun konsep-konsep dasar yang akhirnya memberikan pengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa.
Pelajaran matematika seringkali dianggap siswa sebagai mata pelajaran yang sangat sulit dan menakutkan. Padahal siswa mengiginkan memperoleh informasi tentang hal yang ada disekitarnya dalam keadaan yang sebenarnya. Pembelajaran matematika pada saat ini masih dianggap membosankan. Sikap pasif siswa dalam pembelajaran dan sistem pengajaran yang monoton telah berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dirasa masih kurang. Nilai antara siswa berkemampuan berfikir baik dengan yang kurang terlihat mencolok.
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, khususnya siswa kelas 7.B SMPN ................... yang merupakan subjek penelitian peneliti. Diperoleh hasil bahwa 68,75% siswa atau 22 siswa mendapatkan nilai di bawah standar ketuntasan yaitu 70. Model pengajaran yang terjadi di kelas tersebut secara umum masih menggunakan metode ceramah yang kegiatannya lebih banyak melibatkan guru sehingga siswa dalam proses belajar mengajar lebih cenderung pasif. Kondisi ini menunjukkan bahwa diperlukannya suatu usaha perbaikan dalam model pengajaran matematika yang dapat merangsang siswa untuk belajar secara aktif dalam proses belajar mengajar.
Dalam masa pandemi COVID-19 saat ini, pembelajaran yang dilakukan secara daring memanfaatkan teknologi informasi sebagai media untuk pelaksanaan pembelajaran. Namun, perubahan proses pembelajaran yang dilakukan secara tiba-tiba akibat adanya virus COVID-19 ini tidak jarang membuat guru (pendidik), peserta didik, maupun orangtua menjadi kaget. Adanya perubahan ini mengharuskan pendidik merespon dengan sikap dan tindakan untuk mau belajar hal-hal baru. Pemanfaatan teknologi harus menjadi acuan bagi guru untuk mampu menghadirkan proses pembelajaran yang memberikan ruang gerak bagi siswa untuk mampu bereksplorasi, memudahkan interaksi serta kolaborasi antar siswa maupun siswa dengan guru utamanya dalam pembelajaran matematika. Penyusunan materi serta penggunaan alat peraga atau media pembelajaran dalam proses pembelajaran secara daring yang dilakukan oleh guru dengan siswa harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan intelektual siswa. Hal ini dilakukan agar siswa lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan.
Salah satu metode pembelajaran online yang saat ini sedang berkembang dan mulai digunakan adalah Google Classroom. Google Classroom adalah aplikasi khusus yang digunakan untuk pembelajaran online yang dapat dilakukan dari jarak jauh sehingga memudahkan guru untuk membuat, mengelompokkan dan membagikan tugas selain itu guru dan siswa bisa setiap saat melakukan kegiatan pembelajaran melalui kelas online Google Classroom dan siswa nantinya juga dapat belajar, menyimak, membaca dan mengirim tugas dari jarak jauh. Dalam proses pembelajaran melalui Google Classroom siswa diberi materi sehingga siswa langsung dapat memahami materi yang disampaikan guru melalui Google Classroom tersebut. Selain itu siswa juga diberi penugasan oleh guru dan mengirimkan hasil laporannya ke Google Classroom. Google Classroom menjadi salah satu alternatif untuk memberikan materi dan soal-soal tanpa menggunakan media cetak.
Google
Classroom merupakan satu platform asinkron yang
disediakan
oleh akun Google. Aplikasi ini gratis dan mudah untuk diakses peserta didik.
Dalam proses pembelajaran guru dapat membagikan materi, memberi tugas
melalui aplikasi ini. Kelebihan dari aplikasi Google Classroom dibanding
aplikasi lain yaitu aplikasi Google
Classroom dapat digunakan untuk
membuat dan mengelola kelas, tugas, nilai serta dapat memberikan masukan
secara langsung. Peserta didik juga dapat melihat materi dan tugas yang
diberikan, mengirim tugas, maupun memantau nilai dan masukan dari guru.
Adanya kelebihan tersebut diharapkan peserta didik dapat lebih mudah
belajar secara madiri menggunakan aplikasi Google
Classroom sehingga
dapat meningkatkan hasil belajarnya.
Dari uraian di atas, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Aritmatika Sosial menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Siswa Kelas 7B SMP Negeri ........................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021”.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, timbul permasalahan sebagai berikut:
1. Adanya pandemi Covid 19 mengakibatkan pembelajaran tidak bisa
dilaksanakan secara tatap muka, sehingga harus dilaksanakan secara
jarak jauh (daring)
2. Tidak semua platform (aplikasi pembelajaran jarak jauh dapat
diterapkan
di semua sekolah)
3. Aplikasi pembelajara yang diterapkan masih mempunyai beberapa kekurangan,
yaitu kurang adanya interaksi langsung antara guru dengan
peserta didik
4. Kurang optimalnya hasil belajar peserta didik dapat disebabkan
karena
aplikasi pembelajaran yang kurang sesuai.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran matematika materi aritmatika sosial siswa kelas 7.B SMPN ................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 ?
2. Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran matematika materi aritmatika sosial siswa kelas 7.B SMPN ................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021?
D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian adalah :
1. Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran matematika materi aritmatika sosial siswa kelas 7.B SMPN ................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021?
2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran matematika materi aritmatika sosial siswa kelas 7.B SMPN ................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021?
E. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah :
1. Manfaat Teoritis
a. Untuk memberikan kontribusi terhadap kajian yang berkaitan dengan pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom
b. Sebagai bahan masukan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan
2. Manfaat Praktis
a. Bagi siswa
1) Dapat menerapkan aplikasi Google Classroom pada pembelajaran jarak jauh yang dapat memudahkan belajar secara mandiri
2) Dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
b. Bagi Guru
1) Sebagai masukan pengetahuan seputar bagaimana penggunaan
aplikasi Google Classroom pada
pembelajaran jarak jauh.
2) Sebagai acuan untuk lebih meningkatkan kreativitas pembelajaran.
c. Bagi Sekolah
Penelitian ini memberikan sumbangan bagi sekolah dengan masukan dan perbaikan proses pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika di kelas sehingga dapat meningkatkan kualitas sekolah pada umumnya di masa pandemi Covid 19.