Wednesday, 3 May 2023

PTK SD KELAS 3 MAPEL IPA

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR  MATERI CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPP GROUP  PADA SISWA KELAS III  SD NEGERI 1 ...................... SEMESTER 1 

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

 

Diajukan  pada

Penilaian Angka Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru

untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

 

......................

NIP. ......................

 

 

 

 

 

 

SEKOLAH DASAR NEGERI 1 ......................

Alamat : Jl. …………………………, Kecamatan ……………..

Kabupaten ……………. Provinsi ……………..

2021

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar  Materi Ciri-Ciri Mahluk Hidup dalam Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group  pada Siswa Kelas III  SD Negeri 1 ...................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

      b.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran

      c.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas

 

2.   Identitas Peneliti

      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ......................

      b.   NIP                                      :  ......................

      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a

      d.   Jabatan                                 : Guru Kelas

      e.   Instansi                                 : SDN 1 ......................

      f.    Tempat Penelitian                :  SDN 1 ......................

3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan September 2021 sampai dengan November 2021)

4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

 

 

                   Mengetahui                                    ......................,   November 2021

                Kepala Sekolah                                                    Peneliti

 

 

 

 

          ………………………                                          ......................

           NIP. ………………..                                      NIP. ......................     

 

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

……………………….

NIP. ……………..

 

 

 

 

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR  MATERI CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBASIS WHATSAPP GROUP  PADA SISWA

KELAS III  SD NEGERI 1 ...................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

Oleh

 

......................

NIP. ......................

 

 

ABSTRAK

 

 

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran  materi ciri-ciri mahluk hidup dengan pembelajaran daring berbasis Whatsapp Group. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu (1) perencanaan (planning) ,  (2) pelaksanaan tindakan (action),  3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah kelas III SDN 1 ...................... dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif  teknik persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan siswa pada studi awal hanya 10 siswa atau 32,26%, naik menjadi 19 siswa atau 61,29% pada siklus pertama, dan 93,55% atau 29 siswa pada siklus kedua. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  sebesar 55,48 dengan siswa tuntas sebanyak 8 siswa atau 25,81%, siklus pertama nilai rata-rata sebesar 66,13 dengan siswa tuntas sebanyak 17 siswa atau 54,48%, dan siklus kedua nilai rata-rata sebesar 77,42 dengan siswa tuntas sebanyak 28 siswa atau 90,32%  sehingga dapat simpulkan bahwa semua indikator dan kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran telah terpenuhi dan tercapai pada siklus kedua. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran daring berbasis Whatsapp Group  terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar  materi ciri-ciri mahluk hidup siswa kelas III SDN 1 ...................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 .

 

Kata Kunci : whatsapp Group, keaktifan, prestasi belajar

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan karunia-Nyalah sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SDN 1 ......................  khususnya di kelas III dengan lancar. Penelitian ini merupakan salah satu syarat dalam rangka memenuhi Diajukan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IV/a ke IV/b.

Dalam penyusunan PTK ini tentu saja tidak terlepas  dari kerja sama antara peneliti selaku kepala sekolah dan semua guru yang ada di lingkungan SDN 1 ....................... Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTK ini kami sangat menghargai dan kami ucapkan terimakasih. Kami menyadari PTK yang peneliti susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat kami harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTK  di masa mendatang.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, memberikan balasan atas kebaikan yang telah diberikan kepada peneliti. Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.

 

 

 

......................,      November 2021

 

Peneliti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL.........................................................................................       i

HALAMAN PENGESAHAN...........................................................................      ii

ABSTRAK.........................................................................................................     iii

KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv

DAFTAR ISI......................................................................................................      v

DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi

DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii

DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................   viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah .............................................................      1

B.  Identifikasi Masalah ...................................................................      3

C.  Rumusan Masalah ......................................................................      3

D.  Tujuan Penelitian ........................................................................      4

E.   Manfaat Penelitian .....................................................................      4

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................      6

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................    23

C.  Hipotesis Tindakan.....................................................................    24

 

BAB    III METODE PENELITIAN

A.  Setting Penelitian........................................................................    25

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................    25

C.  Subjek Penelitian.........................................................................    26

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ..........................................    26

E.   Validasi Data...............................................................................    27

F.   Teknik Analisis Data...................................................................    28

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................    29

H.  Kriteria Keberhasilan ..................................................................    34

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................    35

B.  Hasil Penelitian...........................................................................    46

C.  Pembahasan.................................................................................    49

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN

A.  Simpulan ....................................................................................    53

B.  Saran ..........................................................................................    53

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 


DAFTAR TABEL

 

TABEL                                                                                                       Halaman

 

 

Tabel   3.1     Penilaian Hasil Observasi Keaktifan Belajar Siswa.....................      28

Tabel  4.1     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pada Kondisi Awal..................      36

Tabel  4.2     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Kondisi Awal                      36       

Tabel   4.4     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Siklus Pertama                     39

Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus Pertama                 40

Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus Kedua                   44

Tabel   4.6     Rekapitulasi Peningkatan keaktifan belajar Siswa pada Siklus Kedua                         45

Tabel   4.7     Rekapitulasi Prestasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                       47

Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                                                                                                           48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


DAFTAR GAMBAR

 

 

GAMBAR                                                                                                  Halaman

 

Gambar    2.1 Bagan Kerangka Pikir...............................................................      24

Gambar    3.1 Alur Pelaksanaan Tindakan dalam PTK...................................      26

Gambar    4.1 Diagram Peningkatan Nilai dan Ketuntasan Belajar pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..................................................................................................      47

Gambar    4.2 Diagram Batang Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ............................................................................      48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


DAFTAR LAMPIRAN

 

LAMPIRAN                                                                                                             

 

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I

Lampiran    4     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II

Lampiran    5     Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    6     Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran    7     Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran    8     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    9     Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran 10      Dokumen Pelaksanaan Seminar PTK

 

 

           

BAB III

METODE PENELITIAN

A.  Setting Penelitian

1.    Tempat Penelitian

Penelitian tindakan sekolah  ini  dilaksanakan di  SDN 1 ......................  yang beralamat di Jl. ................................, Kecamatan ........., Kabupaten ............. Provinsi .................

2.    Waktu Penelitian

Sedangkan waktu penelitian dimulai sejak  awal sampai dengan pertengahan semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 atau mulai bulan September 2021 sampai dengan November 2021.

3.    Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR). PTK atau CAR yaitu suatu bentuk kegiatan yang bersifat reflektif terhadap tindakan yang dilakukan penelitian tindakan kelas ini dapat membantu dalam memecahkan permasalahan di kelas guna memperbaiki proses pembelajaran yang telah dan akan dilakukan. Menurut Wardhani (2009: 1.4) PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. PTK yang terdiri dari empat tahap yaitu: merencanakan, melakukan tindakan, mengamati dan melakukan refleksi.

B.  Metode dan Rancangan Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan persiklus, tahap-tahap penelitian menurut Arikunto (2009: 17-18) yaitu: 1). Perencanaan (Planning) merupakan langkah pertama dalam setiap kegiatan, 2). Tindakan (Action) merupakan realisasi dari rencana yang telah dibuat, 3). Pengamatan (Observation) bertujuan untuk mengetahui kualitas tindakan yang dilakukan, 4). Refleksi (Reflection) bertujuan untuk melihat/merenungkan kembali apa yang telah dilakukan dan apa dampaknya bagi proses belajar siswa. Untuk lebih jelasnya alur pelaksanaan tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini dapat digambarkan seperti Bagan 3.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3.1 Alur Pelaksanaan Tindakan dalam PTK

C.  Subjek Penelitian

Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III SDN 1 ...................... Semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 yang jumlah siswanya 31 orang, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswi perempuan.

D.  Teknik Pengumpulan Data

Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sebagai berikut :

1.    Observasi

Observasi merupakan teknik mengumpulkan data dengan cara mengamati setiap kejadian yang sedang berlangsung dengan mencatatnya dengan alat observasi tentang hal-hal yang akan diamati atau diteliti (Sanjaya, 2009: 86). Observasi harus dilakukan pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Tahap ini menilai interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, dan hal-hal lainyang terkait dengan penelitian. Observasi dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang  keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui pembelajaran daring berbasis Whatsapp Group  . Observasi ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi yang telah disusun, kemudian dilakukan checklist (√) untuk mengamati setiap perubahan perilaku siswa menggunakan 5 indikator.

2.    Tes

Tes adalah instrument pengumpulan data untuk mengukur kemampuan siswa dalam aspek kognitif atau tingkat penguasaan materi pembelajaran (Sanjaya, 2009: 99). Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini peneliti menggunakan tes tertulis pada pertemuan pertama pada siklus I dan II. Tes pilihan ganda pada pertemuan kedua siklus I dan II. Data yang diperoleh dari tes ini digunakan untuk mengetahui prestasi siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran fisika dengan melalui pembelajaran daring berbasis Whatsapp Group  serta tes tertulis dalam bentuk lembar kerja siswa yang diberikan pada pertemuan pertama siklus I dan II.

3.    Metode Dokumentasi

Dokumentasi dipergunakan untuk mencatat secara keseluruhan kejadian-kejadian selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sekolah dan nama siswa serta foto rekaman proses tindakan penelitian.Observasi (observation) atau pengamatan merupakan suatu teknik atau cara mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung (Sukmadinata, 2009:220).

E.  Validasi Data

Untuk menjamin kebenaran data yang dikumpulkan dan dicatat dalam penelitian maka dipilih dan ditentukan cara-cara yang tepat untuk mengembangkan validitas data yang diperolehnya. Dalam penelitian ini akan digunakan teknik triangulasi. Menurut Lexy Moeleong (2000:178) Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu, untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data tersebut.

Dalam penelitian ini validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan maksud untuk mengecek kebenaran data yang diperoleh dan membandingkannya dengan data yang diperoleh dari sumber lain. Kebenaran hasil tes dapat dibandingkan dengan arsip atau dokumen maupun melalui pengamatan ketika proses belajar berlangsung. Triangulasi sumber data dilakukan untuk mengecek kebenaran data dari guru maupun anak. Sedangkan triangulasi metode dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda untuk mendapatkan data yang sama. Observasi dapat dicek kebenarannya dari arsip atau dokumen dan wawancara.

F.   Teknik analisis Data

Setelah data diperoleh melalui pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Maka langkah-langkah yang dilakukan selanjutnya untuk menganalisa hasil belajar siswa adalah sebagai berikut:

1.    Data Kualitatif

Komponen-komponen yang diamati atau dinilai dari keaktifan siswa adalah siswa hadir di kelas virtual, siswa mengunduh materi pembelajaran dan lks, siswa aktif berinteraksi dalam kelas virtual, siswa mengirimkan lks ke wa guru, siswa mengirimkan hasil tes formatif ke wa guru dengan kriteria Baik Sekali (BS), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K).

Tabel 3.1 Penilaian Hasil Observasi Keaktifan Belajar Siswa

No

Rentang Nilai

Kriteria Nilai

Keterangan

1

>=90

Sangat Baik (SB)

-

2

70-89

Baik (B)

Tuntas

3

50-69

Cukup (C)

Blm Tuntas

4

<50

Kurang (K)

Blm Tuntas

 

Adapun  perhitungan  persentase  keaktifan belajar  peserta  didik  dalam mengikuti pembelajaran adalah sebagai berikut:

 

 

2.    Data Kuantitatif

a.    Penilaian hasil belajar

Hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitaif.Menurut Arikunto (2009:45) analisis data dimaksudkan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Perolehan nilai setiap siswa melalui tes hasil belajar secara tertulis diolah dengan rumus :

1)        Ketuntasan Belajar Klasikal

 

Keterangan :

A = Ketuntasan

B = Jumlah Siswa Tuntas

C = Jumlah Seluruh Siswa

2)        Nilai rata-rata

 

 

Keterangan :

X = Nilai Rata-rata

∑Y= Jumlah Nilai Seluruh Siswa

n = Jumlah Seluruh Siswa

 

G. Prosedur Penelitian

1.    Siklus 1

a.    Perencanaan

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah penerapan tindakan yang dilakukan adalah pembelajaran dengan melalui pembelajaran daring berbasis Whatsapp Group  dengan tahapan sebagai berikut:

1) Merancang rencana pelaksaan pembelajaran (RPP) materi ciri-ciri mahluk hidup melalui pembelajaran daring berbasis Whatsapp Group.

2) Menyiapkan materi dan LKS untuk dibagikan siswa melalui Whatsapp Group

3) Merancang tes formatif siklus 1 beserta kunci jawaban dengan materi ciri-ciri mahluk hidup

4) Menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pembelajaran (laptop, jaringan internet, materi pembelajaran, LKS dan lain-lainnya)

b.    Pelaksanaan Tindakan

1)   Kegiatan Awal

a)    Guru membuat kelas virtual (Whatsapp Group Orang Tua/Wali Siswa) dan mengundang siswa ke dalam grup (minimal 3 hari sebelum pelaksanaan pembelajaran)

b)   Guru meminta bantuan orang tua siswa untuk mempersiapkan kelengkapan pembelajaran siswa.

c)    Dengan bantuan orang tua, siswa diminta bergabung dengan kelas virtual yang telah dibuat oleh guru

d)   Dengan dibantu oleh orang tua, siswa mengunduh LKS dan materi yang telah dibagikan oleh guru

e)    Dengan dibantu oleh orang tua, siswa mengumpulkan LKS yang telah diberikan oleh guru dengan mengirimkan lewat pesan whatsapp pribadi kepada guru (minimal sehari sebelum pelaksanaan kelas virtual)

2)   Kegiatan Inti

a)    Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.

b)   Guru meminta semua siswa untuk membaca doa sebelum belajar.

c)    Guru mengecek kehadiran siswa yang telah bergabung dengan kelas virtual (dilihat dari informasi siswa yang telah menjawab salam dan info pesan dibaca).

d)   Guru memberikan stimulus mengenai materi yang telah dipelajari oleh siswa sebagai pengantar pembelajaran.

e)    Guru memberikan apersepsi mengenai materi yang akan didiskusikan

f)    Guru bertugas sebagai pemimpin diskusi kemudian membuka diskusi dengan melempar pertanyaan sebagai stimulus kepada siswa.

g)   Dengan dibantu orang tua, siswa menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru.

h)   Dengan dibantu orang tua, siswa saling melempar pertanyaan yang sebelumnya telah disiapkan.

i)     Guru membimbing siswa selama proses diskusi dan memberikan klarifikasi materi pembelajaran dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul selama proses diskusi.

3)   Kegiatan Penutup

a)    Dengan dibantu orang tua, siswa diminta mengunduh lembar tes formatif yang telah disediakan

b)   Siswa diminta mengerjakan dengan jujur dan meminta bantuan orang tua untuk mengumpulkan lewat pesan whatsapp pribadi kepada guru untuk diberikan penilaian.

c.    Observasi

Pada tahap ini observasi dilakukan yang dilakukan dengan menggunakan observasi data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data mengenai hasil belajar siswa, observasi ini melalui data nilai hasil belajar siswa setelah mengerjakan tes siklus 1. Data sekunder merupakan data pendukung. Data sekunder meliputi data keaktifan belajar siswa. Pengamatan data sekunder dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran daring berbasis Whatsapp Group .

d.   refleksi

Berdasarkan hasil pengamatan seluruh kegiatan yang sudah dilakukan selanjutnya dilakukan analisis, pemaknaan, penjelasan dan penyimpulan data. Hasil kesimpulan yang didapat berupa tingkat keefektifan rancangan pembelajaran yang dibuat dan daftar permasalahan serta kendala-kendala yang dihadapi di lapangan. Hasil ini kemudian dijadikan dasar untuk melakukan perencanaan pada siklus II. Analisis dilakukan secara deskripsi terhadap data pengamatan.

2.    Siklus II

a.    Rencana Tindakan

Rencana kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah menentukan alternatif pemecahan masalah untuk memperbaiki kekurangan pada siklus I dan mengembangkan perangkat pembelajaran pada siklus I yang dinilai sudah cukup baik. Kegiatan ini meliputi :

1) Merevisi format skenario pembelajaran siklus I sesuai hasil refleksi I.

2) Merancang rencana pelaksaan pembelajaran (RPP) materi ciri-ciri mahluk hidupmelalui pembelajaran daring berbasis Whatsapp Group .

3) Merancang tes formatif siklus II beserta kunci jawaban dengan materi ciri-ciri mahluk hidup

4) Menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pembelajaran.

b.    Pelaksanaan Tindakan

Langkah-langkah pelaksanaan tindakan pada siklus II ini sesuai dengan rencana tindakan II berdasarkan refleksi siklus I, yaitu: Pelaksanaan siklus II meliputi pelaksaan pembelajaran materi ciri-ciri mahluk hidup. Adapun pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan melalui pembelajaran daring berbasis Whatsapp Group  sesuai dengan refleksi siklus I sebagai berikut :

1)   Kegiatan Awal

a)    Dengan bantuan orang tua, siswa diminta mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring

b)   Guru menyapa siswa

c)    Guru menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilakukan

d)   Dengan bantuan orang tua, siswa mengunduh LKS dan materi yang telah dibagikan oleh guru

e)    Dengan bantuan orang tua, siswa bergabung dengan kelas virtual yang telah dibuat oleh guru

f)    Dengan bantuan orang tua, siswa mengumpulkan LKS yang telah diberikan oleh guru dengan mengirimkan lewat pesan whatsapp pribadi kepada guru (minimal sehari sebelum pelaksanaan kelas virtual)

2)   Kegiatan Inti

a)    Dengan bantuan orang tua, siswa diminta bergabung dengan kelas virtual yang telah dipersiapkan guru melalui aplikasi whatsapp group

b)   Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.

c)    Guru meminta semua siswa untuk membaca doa sebelum belajar.

d)   Dengan bantuan orang tua siswa, guru mengecek kehadiran siswa yang telah bergabung dengan kelas virtual (dilihat dari informasi siswa yang telah menjawab salam dan info pesan dibaca).

e)    Guru memberikan stimulus mengenai materi yang telah dipelajari oleh siswa sebagai pengantar pembelajaran.

f)    Guru memberikan apersepsi mengenai materi yang akan didiskusikan

g)   Guru bertugas sebagai pemimpin diskusi kemudian membuka diskusi dengan melempar pertanyaan sebagai stimulus kepada siswa.

h)   Dengan bantuan orang tua, siswa menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru.

i)     Dengan bantuan orang tua siswa, siswa saling melempar pertanyaan yang sebelumnya telah disiapkan.

j)     Guru membimbing siswa selama proses diskusi dan memberikan klarifikasi materi pembelajaran dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul selama proses diskusi.

3)   Kegiatan Penutup

a)    Dengan bantuan orang tua siswa, siswa diminta mengunduh lembar tes formatif yang telah disediakan

b)   Dengan bantuan orang tua siswa, siswa diminta mengerjakan dengan jujur dan meminta bantuan orang tua siswa untuk mengumpulkan lewat pesan whatsapp pribadi kepada guru untuk diberikan penilaian.

c.    Observasi

Pada tahap ini observasi dilakukan yang dilakukan dengan menggunakan onservasi data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data mengenai hasil belajar siswa, observasi ini melalui data nilai hasil belajar siswa setelah mengerjakan tes siklus II. Data sekunder merupakan data pendukung. Data sekunder meliputi data keaktifan siswa. Pengamatan data sekunder dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran daring berbasis Whatsapp Group .

d.   Refleksi

 Berdasarkan hasil pengamatan seluruh kegiatan yang sudah dilakukan selanjutnya dilakukan analisis, pemaknaan, penjelasan dan penyimpulan data. Analisis terhadap peningkatan hasil belajar dilakukan dengan:

1)   Membandingkan hasil tes formatif siklus I dan tes formatif siklus II.

2)   Membandingkan ketuntasan siswa pada tiap siklus. Hasil analisis dan refleksi digunakan untuk menentukan kesimpulan akhir dari kegiatan pada siklus II apakah penelitian dicukupkan pada siklus II ataukah lanjut ke siklus III.

H.  Indikator keberhasilan

Siswa dapat dikatakan tuntas secara individual dalam belajar jika sudah memenuhi standar nilai KKM yang ditentukan  jika standar KKM yang ditentukan adalah 70 dan siswa tersebut melebihi nilai tersebut. Maka bisa dipastikan bahwa siswa tersebut tuntas, dan secara klasikal 85% dari jumlah dinyatakan tuntas belajarnya baik berdasarkan nilai hasil belajar maupun keaktifan belajar siswa.

 

Untuk mendapatkan file lengkap...............   silahkan klik disini